Pantai Atapupu, Hamparan Pasir Putih Yang Indah di Perbatasan Negeri

Pantai Atapupu memiliki topografi yang datar dan dangkal. Pengunjung dapat melakukan banyak hal seperti berenang, bermain bola atau sekedar bermain air sambil menikmati suasana alam di pantai yang satu ini.

Hal ini tak lepas dari kondisi sekitar pantai yang memang dibalut dengan hamparan pasir putih ditambah dengan hadirnya pepohonan rindang di sekelilingnya.

Kemudian, pepohonan bakau yang hadir begitu pas seakan menjadi penghias pantai di sisi kiri dan kanannya. Hal ini tentu saja dapat memberikan suasana yang sejuk meskipun pada saat siang hari.

Tak hanya itu saja, kalau beruntung pengunjung bisa menjadi saksi akan panorama sunset yang hadir begitu elok dan mempesona kala senja.

Namun selepas menyaksikan panorama ini alangkah baiknya segera pulang karena daerah ini masih sangat sepi dan gelap. Jadi begitu selesai sunset, lebih baik segera kembali ke Kota Atambua dilanjutkan dengan melakukan wisata kuliner malam.

ciri khas pantai atapupu
ciri khas pantai atapupu. Google Maps. Sumber: Gabriella Stefani

Simak juga: Berbagai tempat wisata di NTT

Lokasi Pantai Atapupu

Lokasi Pantai Atapupu berada di Jl. Nasional Trans Timor, Desa Kenebi, Kecamatan Kakuluk Mesak, Kabupaten Belu, Nusa Tenggara Timur.

Rute Menuju Pantai Atapupu

Rute menuju Pantai Atapupu hanya berjarak 30 km dari Kota Atambua atau memakan waktu sekitar 1 jam lamanya, dan berada di jalur utama Trans Atambua-Timor Leste. Jalannya sangat mudah untuk dilalui karena sudah beraspal dan mulus.

Jam Buka Pantai Atapupu

Jam operasional Pantai Atapupu buka setiap hari mulai pukul 07 pagi hingga pukul 07 malam.

cantiknya sunset di pantai atapupu
cantiknya sunset di pantai atapupu. Google Maps. Sumber: Hairil Saleh

Tiket Pantai Atapupu

Tiket masuk dan parkir Pantai Atapupu terdiri dari:

  • Tiket masuk sebesar Rp. 5.000 per orang
  • Parkir motor membayar Rp. 5.000 per unit
  • Parkir mobil harus membayar sebesar Rp. 10.000 per unit

Fasilitas Pantai Atapupu

Fasilitas umum yang ada di Pantai Atapupu diantaranya:

  • Tempat menyimpan kendaraan
  • Lopo atau gazebo sederhana
  • Tempat duduk-duduk santai
  • Beberapa ayunan
  • Penyewaan perahu

Daya Tarik Pantai Atapupu

1. Pantai Dengan Hamparan Pasir Putih

hamparan pasir putih dihiasi hijaunya pepohonan
hamparan pasir putih dihiasi hijaunya pepohonan. Google Maps. Su Harto

SImak juga: Gua Batu Hapu

Jika dilihat dari atas, pantai Atapupu tampak sebagai bentangan pasir putih yang amat panjang. Hamparan pasir putih di sekitar pantai ini bahkan terlihat dari kejauhan.

Hal inilah yang menjadikan Pantai Atapupu begitu unik jika dibandingkan dengan pantai lain yang ada di Indonesia. Tidak seperti pantai lain yang hanya terlihat garis horizon, hamparan pasir putihnya menjadi view utama dari pantai ini.

Selain itu ombak di perairannya tidak terlalu keras, sehingga kamu dapat melakukan kegiatan berenang atau bermain air di Pantai Atapupu.

Di sekitar Pantai Atapupu terdapat banyak pohon hijau yang tumbuh dengan subur sehingga dapat kamu gunakan untuk berteduk dan duduk-duduk di sekitarnya sambil memandangi bentangan laut yang seakan tak terbatas.

Kondisi ini mungkin cukup berbeda dengan pantai lain di Nusa Tenggara Timur yang biasanya relatif gersang. Keberadaan pepohonan pantai ini menarik minat pengunjung.

Kamupun dapat mencoba beberapa wahana permainan seperti ayunan yang ada di sekitar Pantai Atapupu. Ayunan tersebut ada yang tepat di bibir pantai, ada pula yang berada di atas hamparan pasir putihnya yang lembut.

2. Berenang

ragam kegiatan di pantai atapupu
ragam kegiatan di pantai atapupu. Google Maps. Sumber: imad Drughi

Pantai Atapupu menghadap ke arah utara, sehingga memiliki ombak yang sangat tenang sehingga aman untuk kamu bermain air lautnya.

Kamu dapat berenang atau sekedar bermain air di bibir pantainya yang memiliki kedalaman cukup dangkal. Hanya saja perlu hati-hati dengan tajamnya batu dan karang yang ada di dasar pantai.

Kamu dapat mengajak anak-anak untuk ikut bermain air Pantai Atapupu tanpa merasa khawatir. Mereka dapat melakukannya sambil bermain lembutnya pasir putih.

Pantai yang satu ini tak terlalu dikunjungi banyak wisatawan, sehingga terkadang kamu akan merasa seperti berada di kawasan pantai pribadi dimana tidak ada orang lain hanya ada kamu dan keluarga tercinta.

3. Hutan Bakau

hutan bakau yang cukup lebat
hutan bakau yang cukup lebat. Google Maps. Sumber: Bayu Takarai

Simak juga: Beningnya air Gua Haji Mangku

Di sekitar kawasan Pantai Atapupu terdapat hutan bakau yang lebat. Tanaman bakau ini bisa tumbuh dengan baik karena kondisi permukaan pantai yang landai dan mempunyai jarak yang relatif panjang.

Oleh sebab itu, tanaman bakau dapat terlindungi dengan baik dari gempuran ombak yang dapat merusak pertumbuhan tanaman tersebut.

Selain keberadaan hutan bakau, kawasan Pantai Atapupu juga ditumbuhi oleh berbagai jenis tumbuhan yang lain. Seperti pohon pinus yang berbaris tidak jauh dari garis pantai.

Dengan hadirnya berbagai jenis pepohonan yang tumbuh, hal tersebut memberi warna tersendiri ketika kamu berada di Pantai Atapupu.

Pantainya tidak menjadi monokrom hanya dengan warna pasir pantai saja. Jadi semakin bersemarak dengan aksen warna hijau segar pada beberapa tempat.

4. Menyaksikan Cantiknya Sunset

meyaksikan perubahan warna alam
meyaksikan perubahan warna alam. Google Maps. Sumber: Su Harto

Satu hal yang jangan kamu lewatkan ketika berada di Pantai Atapupu, yakni menyaksikan senja panorama pantai Atapupu menjadi luar biasa megah.

Hempasan ombak yang lebih tenang seakan menjadi pertanda jika lukisan alam yang indah akan segera diperlihatkan.  Matahari senja nampak begitu ramah seakan sedang menyapa para nelayan dengan warna khasnya yaitu oranye.

Suguhan lukisan alami ini tak ayalnya mampu menjadi pelipur lara siapa pun yang berada di dekatnya. Untuk itu rasanya sangat sayang jika pada saat momen ini berlangsung pengunjung tidak mengabadikannya lewat kamera.

Pengunjung bisa berpose tepat di belakang matahari terbenam sehingga nantinya akan didapati hasil foto yang membentuk siluet yang indah.

Simak juga: Air Terjun Cunca Rami di Flores

5. Menjelajahi Pantai Atapupu

Kamu dapat menjelajahi Pantai Atapupu dengan menggunakan perahu nelayan yang ada di sekitar pantai. Dengan begitu kamu dapat merasakan lebih dekat tenang dan birunya air di pantai tersebut.

bermain ayunan di pantai atapupu
bermain ayunan di pantai atapupu. Google Maps. Sumber: Yudhistira Haholongan Dwiputra Sakti Manik

Tips Mengunjungi Pantai Atapupu

Saat mengunjungi wisata pantai, termasuk pantai Atapupu ini, ada beberapa hal yang sebaiknya diperhatikan untuk disiapkan. Yakni:

  • Bawa Topi dan Sunblock
  • Bawa Camilan dan minuman
  • Bawa kacamata hitam
  • Jangan pakai sepatu kets, cukup sandal saja.

Penginapan

Belum tersedia penginapan di sekitar Pantai Atapupu. Jika kamu datang dari luar kota kamu dapat menemukan beberapa penginapan di Kota Atambua.

Penutup

Bagaimana? Menarik bukan? Itulah beberapa hal menarik yang dapat kamu ketahui mengenai Pantai Atapupu. Selebihnya dapat kamu rasakan langsung, ya.

Jangan lupa bawalah kamera favoritmu. Selamat Liburan!


Leave a Comment