Pantai Atapupu, Pantai Indah di Perbatasan Negeri

Pantai Atapupu bertipikal pantai dengan topografi yang datar dan dangkal. Pengunjung dapat berekreasi pantai seperti berenang, bermain bola atau sekedar bermain air sambil menikmati suasana alam di pantai ini.

Pantai Atapupu bertipikal pantai dengan topografi yang datar dan dangkal. Pengunjung dapat berekreasi pantai seperti berenang, bermain bola atau sekedar bermain air sambil menikmati suasana alam di pantai ini.
Pantai Atapupu. Image via: nyero.id

Sementara itu, masyarakat setempat lebih mengenal pantai ini dengan nama Pantai Sukaerlaran atau pantai pasir putih dari pada pantai atapupu. Hal ini tak lepas dari kondisi sekitar pantai yang memang dibalut dengan hamparan pasir putih derta pepohonan yang rindang di sekelilingnya.

Kemudian, pepohonan bakau yang hadir begitu pas seakan menjadi penghias pantai di sisi kiri dan kananya. Hal ini tentu saja dapat memberikan suasana yang sejuk meskipun pada saat terik matahari di siang hari.

Tak hanya itu saja, kalau beruntung pengunjung bisa menjadi saksi akan panorama sunset yang hadir begitu elok dan mempesona kala senja. Namun selepas menyaksikan panorama ini alangkah baiknya segera pulang karena daerah ini masih sangat sepi dan gelap. Jadi begitu selesai sunset, lebih baik segera kembali ke Kota Atambua sambil berburu wisata kuliner malam.

Pantai Atapupu populer karena kepemilikan Pasir putih yang lapang.
Pasir putih yang lapang. Image via: batasnegeri.com

Simak juga: Berbagai tempat wisata di NTT

Lokasi Pantai Atapupu

Pantai Atapupu berada Hanya 6 km dari Pos Lintas Batas Negara (PLBN) RI-Timor Leste di Motaain. Tepatnya di Desa Kenebibi, Kecamatan Kakuluk Mesak, Kabupaten Belu, Nusa Tenggara Timur.

Dari pusat Kota Atambua jaraknya 30 km yang ditempuh dengan mobil sekitar 50 menit.

Rute Menuju Pantai Atapupu

Pantai Atapupu merupakan objek wisata yang cukup strategis karena berada di jalur utama trans Atambua-Timor Leste. Maka dari itu, pengunjung akan dimudahkan kala hendak berkunjung ke pantai ini. Para pengunjung bisa menggunakan jasa ojek maupun kendaraan peribadi untuk sampai ke pantai ini.

Sementara itu, jarak yang akan ditempuh bila memulai perjalanan dari kota Atambua adalah seskitar 30 km dengan estimasi waktu sekitar 1 jam. Kemudian, kondisi jalan yang akan ditempuh juga sudah beraspal bagus.

Bentanganpasir pantia Atapupu landai, panjang, dan datar
Panjang dan rindang. Image via: pikniktoday.com

Jam Buka Pantai Atapupu

Sebagai pantai yang sudah dikelola oleh badan khusus, pantai ini memiliki jam operasional tetap. Yaitu buka di pagi hari jam 07.00 dan tutup di petang hari pada jam 19.00.

Tiket Pantai Atapupu

Harga tiket masuk ke pantai Atapupu sebesar 5.000 rupiah/ orangnya. Sedangkan untuk biaya parkirnya adalah sebesar 5.000 rupiah/ motornya dan 10.000 rupiah  bagi kendaraan beroda empat.

Fasilitas Pantai Atapupu

Kala berkunjung ke pantai Atapupu, pengunjung akan mendapati beberapa lopo-lopo serta tempat duduk di sekitar pantai. fasilitas tersebut dapat pengunjung gunakan sebagi tempat untuk bersantai sejenak selepas bersenang-senang bermai air ataupun bermain pasir.

Selain itu, pengunjung juga bisa menyewa perahu atau sampan untuk berkeliling menyusuri keindahan Pantai Atapupu dan Motaain, dari para nelayan setempat.

Daya Tarik Pantai Atapupu

  1. Pantai berpasir putih

Jika dilihat dari atas, pantai Atapupu tampak sebagai bentangan Pasir putih yang amat panjang.
Pasir putih pantai. Image via: ceritatravelingku.blogspot.com

SImak juga: Gua Batu Hapu

Jika dilihat dari atas, pantai Atapupu tampak sebagai bentangan Pasir putih yang amat panjang. Sedangkan, ombak di perairannya tidak terlalu keras. Hal inilah yang menjadikan Pantai Atapupu begitu unik jika dibandingkan dengan pantai lainnya di Indonesia.

Keindahan pantai Atapupu bisa dilihat dari pemandangan yang luas dengan pantai yang memiliki pasir halus berwarna putih bersih. Tidak seperti pantai lain yang hanya terlihat garis horizon jika dilihat dari kejauhan. Hamparan pasir putih di sekitar pantai ini bahkan terlihat dari kejauhan.

Dengan luasnya pasir pantai ini, maka pengunjung bisa bebas bermain dan menghabiskan waktu di bibir pantai. Di tepi pantai juga ada banyak pohon hijau yang tumbuh subur dan menambah suasana tenang dan sejuk untuk pantai ini.

Keberadaan pepohonan pantai ini menarik minat pengunjung. Pengunjung bisa berteduh dari teriknya sinar matahari saat berada di pantai. Kondisi ini mungkin cukup berbeda dengan pantai lain di Nusa Tenggara Timur yang biasanya relatif gersang.

  1. Berenang

Ombak yang tenang di pantai atapupu menyebabkan pantai ini coock utnuk bermain air bagi anak dan dewasa.
Ombak yang tenang. Image via: travel.detik.com

Jika pada umumnya pantai yang menghadap ke selatan dan berhadapan langsung dengan Samudera Hindia memiliki ombak besar dan kasar, berbeda dengan Pantai Atapupu. Pantai ini menghadap ke utara, sehingga memiliki ombak yang sangat tenang. Sehingga aman bagi kamu untuk bermain air.

Mengingat kedalaman pantai yang dangkal, berenang adalah aktivitas yang ideal. Hanya saja perlu hati-hati dengan tajamnya batu dan karang yang ada di dasar pantai.

Tidak perlu takut bahkan jika kamu membawa anak kecil sekalipun. Selain itu pengelola juga menyewakan pelampung, jadi pasti aman jika kamu berenang di sini. Cuma hati-hati saja pada karang di dasar air, beberapa banyak yang tajam.

Pasir putih, alam bersih, ombak yang tenang, pantai terpencil. Ketika kamu datang kemari pada hari sibuk, maka di jamin seolah kamu akan memiliki pantai pribadi, dan akan betah berada di sini.

  1. Hutan Bakau

hutan bakau di pantai atapupu dijaga oleh masyarakat dan pemerintah sekitar
Gotong royong menanam bakau. Image via: nttonlinenow.com

Simak juga: Beningnya air Gua Haji Mangku

Kawasan Pantai Atapupu ditumbuhi oleh hutan bakau. Tanaman bakau ini bisa tumbuh dengan baik di Pantai ini, karena kondisi permukaan pantai yang landai dan mempunyai jarak yang relatif panjang. Sehingga tanaman bakau terlindungi dengan baik dari gempuran ombak yang dapat merusak pertumbuhan tanaman tersebut.

Selain keberadaan hutan bakau, kawasan Pantai Atapupu juga ditumbuhi oleh jenis tumbuhan yang lain. Seperti pohon pinus yang berbaris tidak jauh dari garis pantai.

Keberadaan berbagai jenis pohon di pantai Atapupu memberikan warna tersendiri pada pantai ini. Pantai tidak menjadi monokrom hanya dengan warna pasir pantai saja. Jadi semarak dengan aksen warna hijau segar pada beberapa tempat.

Adanya tumbuhan bukan hanya menyegarkan mata saja, namun juga menyegarkan kondisi cuaca mikro. Pengunjung dapat duduk dengan nyaman menikmati keindahan pantai saat duduk di bawah pohon pinus. Dengan duduk di bawah rindang pohon pinus udara akan terasa sejuk dan nyaman.

  1. Sunset

Senja terasa indah dan romantis di Pantaidi Atapupu.
Senja di Atapupu. Image via: @hipolytus.minggu

Saat senja panorama pantai Atapupu menjadi luar biasa megah. Hempasan ombak yang lebih tenang seakan menjadi pertanda jika lukisan alam yang indah akan segera diperlihatkan.  Matahari senja nampak begitu ramah seakan sedang menyapa para nelayan dengan warna khasnya yaitu oranye.

Suguhan lukisan alami ini tak ayalnya mampu menjadi pelipur lara siapa pun yang berada di dekatnya. Untuk itu rasanya sangat sayang jika pada saat momen ini berlangsung pengunjung tidak mengabadikannya lewat kamera. Pengunjung bisa berpose tepat di belakang matahari terbenam sehingga nantinya akan didapati hasil foto yang membentuk siluet yang indah.

Nelayan pantai Atapupu berkegiatan diantara hutan bakau.
Nelayan Atapupu. Image via: lampungpro.co

Simak juga: Air Terjun Cunca Rami di Flores

Tips Mengunjungi Pantai Atapupu

Saat mengunjungi wisata pantai, termasuk pantai Atapupu ini, ada beberapa hal yang sebaiknya diperhatikan untuk disiapkan.

  • Bawa TopI dan Subblock
  • Bawa Camilan dan minuman
  • Bawa kacamata hitam
  • Jangan pakai sepatu kets, cukup sandal saja.

Objek Wisata Dekat Pantai Atapupu

Selain pantai Atapupu, belu juga memiliki pantai Berluli. Di Pantai ini pengunjung disuguhkan dengan pemandangan yang begitu eksotis berupa tebing karang di bagian pinggirnya. Di Pantai Berluli ini juga merupakan tempat yang cocok bagi kamu yang ingin bermain air dan hunting foto.

Ada juga pilihan pantai Teluk Gurita. Teluk Gurita ini awalnya merupakan pelabuhan dagang zaman Kolonial. Pengunjung akan dimanjakan dengan perairan yang jernih dan tenang serta perbukitan hijau di sekelilingnya menyajikan nuansa alam yang sejuk dan asri.

Bagaimana? Menarik bukan? Itulah beberapa hal menarik yang dapat kamu ketahui mengenai Pantai Atapupu. Selebihnya dapat kamu rasakan langsung, ya.

Jangan lupa kamera favoritmu. Selamat Liburan!

Baca juga:

Leave a Comment