Pantai Balekambang, Wisata Malang yang Recommended Banget

| | ,

Malang merupakan salah satu kota di Jawa Timur yang mempunyai banyak obyek wisata populer. Saat mendengar nama kota ini, mungkin Anda teringat dengan Gunung Bromo, Batu Night Spectacular (BNS), Jatim Park, Museum Angkut, dan sebagainya. Tapi tahukah Anda kalau ternyata Malang juga mempunyai obyek wisata pantai menakjubkan?

Ya, obyek tersebut tak lain dan tak bukan adalah Pantai Balekambang. Pantai ini sudah lama terkenal  menjadi destinasi para wisatawan domestik maupun mancanegara.

Pantai Balekambang
Pantai Balekambang. Image via: www.instagram.com/balekambangmalang/

Pantai Balekambang juga memiliki keistimewaan yang berbeda dari pantai lainnya.Secara topografi dan wujudnya, pantai ini seringkali disebut sebagai ‘Tanah Lot’nya Jawa Timur.Tanah Lot merupakan obyek wisata pantai ternama di Bali dengan ciri khas bebatuan dan Pura yang ada di atas pulau karang.

Sama halnya dengan Tanah Lot Bali, Pantai Balekambang juga memiliki Pura di salah satu pulau karang.

Simak juga: daftar tempat wisata di Malang

Misteri Pantai Balekambang

Indonesia memiliki beragam kebudayaan yang seringkali menimbulkan sebuah misteri maupun mitos. Tidak diketahui darimana misteri atau mitos tersebut berasal, akan tetapi penyebarannya sudah turun temurun, sehingga masyarakatnya percaya. Begitu pula dengan Pantai Balekambang ini. Ada beberapa misteri dan mitos yang beredar luas di masyarakat sekitar hingga para wisatawan dari daerah lain juga mengetahuinya.

dago dream park
dago dream park

Mitos yang pertama adalah tentang kandasnya hubungan asmara bagi pasangan yang belum terikat secara halal atau belum menikah. Kabarnya, hubungan sepasang kekasih akan segera berakhir setelah mengunjungi Pantai Balekambang.

Mitos ini belum diketahui kebenarannya, tapi memang seperti itulah kepercayaan masyarakat sekitar.

Spot foto pantai balekambang
Spot foto pantai balekambang. Image via: bawaransel.com

Mitos kedua adalah air laut Pantai Balekambang bisa membuat wajah awet muda. Mungkin mitos ini sedikit aneh di telinga Anda yang baru mendengarnya. Namun percaya tak percaya, tak jarang wisatawan yang sampai mandi hingga berenang di tepian pantai demi membuktikannya.

Tentu semua kepercayaan ini tergantung masing-masing individu. Jika Anda tidak mempercayainya, cukup hargai saja dengan tidak mencela mitos-mitos tersebut.

Simak: review wisata ke Museum Angkut

Lokasi Pantai Balekambang Malang

Pantai Balekambang terletak di sebelah selatan Kota Malang. Tapi dimanakah lokasi tepatnya? Secara administratif Pantai Balekambang berada di Dusun Sumber Jambe, Desa Srigonco, Kecamatan Bantur, Malang. Anda harus menempuh jarak kurang lebih 67 kilometer dari pusat Kota Malang supaya bisa sampai ke sini. Dengan jarak tersebut, waktu tempuhnya kira – kira 1,5 – 2 jam menggunakan kendaraan pribadi.

Meskipun lumayan jauh, rasa lelah yang Anda rasakan selama perjalanan akan tergantikan dengan keindahan panorama pantai. Apalagi berbagai aktivitas dapat Anda lakukan di sana bersama pasangan, keluarga maupun para sahabat.

Rute Ke Pantai Balekambang

Sebenarnya akses menuju Pantai Balekambang ini terbilang mudah. Tergantung dari jenis transportasi apa yang Anda gunakan, baik itu umum maupun pribadi. Akan lebih mudah lagi bila mengikuti rute yang diberikan melalui aplikasi Maps. Tetapi terkadang aplikasi ini tidak memberikan informasi rute akurat, sehingga Anda harus mencari jalan lain.

Bagi Anda yang bepergian bersama rombongan besar menggunakan alat transportasi pribadi, ambillah jalan ke arah Gadang dan Kendalpayak dari Malang. Kemudian ikuti jalan hingga menuju Desa Gondanglegi, lalu melewati Pagelaran, Bantur dan Srigonco. Setelah Srigonco, lanjutkan perjalanan kembali hingga sampai ke Pantai Balekambang.


Sedangkan bagi Anda yang menggunakan transportasi umum, rute dapat diambil menuju Terminal Arjosari di Malang. Lalu naiklah angkutan kota yang jurusannya ke Terminal Gadang. Setelah itu, ganti angkutan lagi menuju Bantur.

Turunlah di Kecamatan Gondanglegi maupun Pagelaran. Kemudian lanjutkan perjalanan dengan ojek yang banyak tersedia di sekitar, karena belum ada transportasi umum jurusan Pantai Balekambang secara langsung.

sunset
Sunset pantai balekambang. Image via: www.malangtimes.com

Baca: info seputar Jatim Park 1

Kondisi Jalan Sepanjang Perjalanan ke Pantai

Bila Anda bertanya tentang bagaimana kondisi jalan sepanjang perjalanan dari Malang ke Pantai Balekambang, jawabannya adalah bagus. Bagus di sini dalam artian jalanannya sudah beraspal halus, sehingga mudah dilalui kendaraan pribadi maupun umum. Tapi yang perlu diwaspadai adalah rute jalanan yang berkelok-kelok dan di beberapa wilayah masih sempit. Anda harus berhati-hati dan disarankan tidak mengebut untuk menghindari kecelakaan.

Meskipun rutenya berkelok-kelok dengan berbagai tanjakan dan tikungan, Anda tetap bisa menikmati keindahan pemandangan sekitar. Mulai dari pepohonan hijau di pinggir jalan nan asri dan hutan jati memukau saat memasuki wilayah Bantur.

Anda pun tak perlu cemas akan tersesat di perjalanan, sebab sudah banyak papan petunjuk yang mengarahkan jalan ke Pantai Balekambang dengan jelas.

ayunan
Spot foto. Image via: pantaimalang.com

Baca juga: review wisata Pantai Mbehi

Jam Buka di Pantai Balekambang

Sama seperti pantai pada umumnya, jam buka Pantai Balekambang cukup fleksibel.Anda dapat mengunjunginya setiap saat dalam waktu 24 jam. Terlebih lagi tersedia berbagai fasilitas yang semakin lengkap di sana, seperti hotel, villa dan berbagai tempat makan.

Jadi Anda tak akan kebingungan bila kemalaman atau ingin menghabiskan waktu di pantai dan sekitarnya.

Harga Tiket Masuk Pantai

Memasuki wilayah obyek wisata berarti Anda harus membayar biaya tiket masuk bukan? Jangan khawatir, mengunjungi obyek wisata pantai tak akan membuat kantong terkuras. Biayanya masih terjangkau dibandingkan dengan obyek wisata lainnya di pusat Kota Malang.

Anda cukup membayar sebesar 10 ribu rupiah saja untuk hari kerja dari Senin – Jum’at. Sedangkan weekend atau hari libur lain dikenakan biaya 15 ribu per orang.

Ada lagi biaya parkir sepeda motor sebesar 5 ribu rupiah dan kendaraan roda empat 10 ribu rupiah.

Daya Tarik Lainnya di Pantai Balekambang

Selain pesona pemandangan pantai yang tak perlu dipertanyakan lagi, ada berbagai daya tarik lainnya yang tak boleh Anda lewatkan. Berikut uraian selengkapnya :

3 Pulau Utama di Seberang Pantai

3 pulau
3 Pulau indah. Image via: Google Map.

Pantai Balekambang mempunyai 3 pulau eksotis yang berdiri di atas bebatuan karang. Pulau-pulau tersebut adalah Pulau Ismoyo, Pulau Anoman dan Pulau Wisanggeni.

Semua pulau dapat diakses mudah dengan adanya jembatan beton sebagai penghubung. Artinya Anda dapat menyambangi pulau satu per satu untuk menikmati keelokannya masing-masing.

Sebagai Tempat Beribadah dan Berbagai Upacara Keagamaan

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, bahwa salah satu Pulau di Pantai Balekambang memiliki sebuah Pura yang menjadi tempat beribadah umat Hindu.Pura ini ada di Pulau Ismoyo. Anda dapat menyaksikan dari dekat seperti apa keunikan bentuk Pura dan menjelajahi sekitarnya.

melasti
Melasti. Image via: jejakpiknik.com

Selain itu, di dekat pantai ini juga terdapat makam dari seorang ulama dari Yogyakarta, bernama Syaikh Abdul Jalil.

Dalam berbagai kesempatan, banyak orang yang berziarah ke makam beliau. Lalu, upacara-upacara keagamaan seperti di bulan Muharram atau Suro juga sering diadakan. Jadi dapat dikatakan bahwa pantai ini menjadi tempat yang sakral bagi dua agama sekaligus, yaitu Islam dan Hindu.

Sunrise dan Sunset

Menikmati saat-saat terbit dan tenggelamnya matahari di obyek wisata pantai memang menjadi aktivitas yang paling disukai oleh sebagian besar wisatawan.Anda bisa menyaksikan langsung penampakan perubahan warna langit yang indah tanpa terhalang apapun.

Dengan begini, Anda akan semakin takjub dengan kuasa Tuhan dan bersyukur atas semua pemandangan yang dapat dilihat dengan mata kepala sendiri. Momen seperti ini akan sulit diperoleh ketika Anda kembali lagi ke rumah.

sunrise
Sunrise Pantai balekambang. Image via: www.maxnyoos.com

Flying Fox

Flaying Fox
Flying Fox . Image via: kiduldam.blogspot.com

Anda ingin merasakan sensasi outbond flying fox di atas lautan biru? Fasilitas ini bisa didapatkan loh. Silahkan datang menuju Pulau Ismoyo, kemudian Anda akan bergelantungan di atas pemandangan biota laut menuju pesisir Pantai Balekambang.

Selain mengasyikkan, kegiatan ini mampu memacu adrenalin Anda.Tapi sayangnya Flying Fox ini hanya dibuka pada weekend dan hari libur saja.

Camping di Pinggir Pantai

Camping di Pinggir Pantai.

Camping di Pinggir Pantai. Image via: aulyarohmana16.wordpress.comMenginap di hotel maupun villa tentu sudah biasa, tapi bagaimana kalau mendirikan tenda di pantai dan menginap di dalamnya? Pengalaman ini tak akan terlupakan. Anda dapat menikmati hembusan angin dan suasana pantai sepanjang hari. Menyenangkan bukan? Tapi pastikan ya mendirikan tenda yang agak jauh dari bibir pantai, supaya  tidak tersapu ombak pasang di malam hari.

Tertarik datang ke Pantai Balekambang? Rencanakan saja liburan Anda ke sana. Ajak keluarga besar maupun rekan-rekan agar dapat rekreasi bersama. Dijamin tak akan menyesal, justru Anda betah berlama-lama di pantai ini.

Pantai Balekambang, Wisata Malang yang Recommended Banget
4.6 (91.43%) 7 vote[s]

Spread the love
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Previous

12 Tempat Wisata di Lombok Yang Indah Banget

10 Tempat Wisata Di Kediri Terpopuler Saat Ini

Next

Artikel Wisata Lainnya

Leave a Comment