Pantai Balekambang, Pantai Indah Di Malang Dengan Segala Daya Tariknya

Pantai Balekambang salah satu pilihan tempat wisata ketika kamu berada di Malang, Jawa Timur. Pantainya sangat indah, ditambah lagi lengkapnya fasilitas yang tersedia.

Yang menjadi daya tarik dari Pantai Balekambang ini ialah keberadaan sebuah pura yang notabene merupakan tempat beribadahnya umat Hindu.

Pura tersebut terletak di Pulau Ismoyo yang bernama Pura Amarta Jati, yang masih sering digunakan hingga saat ini. Karena lokasi puranya yang menjorok ke arah laut, banyak pengunjung yang menyandingkannya dengan Tanah Lot, yang ada di Bali.

Karena lokasi puranya yang sama-sama berada di atas batuan karang. Dan memiliki keindahan laut yang tak diragukan lagi.

lokasi pura yang berada di atas pulau karang
lokasi pura yang berada di atas pulau karang. google maps. sumber: Bagus sunggoro

Simak juga: daftar tempat wisata di Malang

Mitos Pantai Balekambang

Misteri sebuah tempat terkadang dapat dijadikan sebagai daya tarik tersendiri dari sebuah lokasi wisata, tak sedikit dari kisah-kisah misteri tersebut yang masih menjadi misteri.

Pantai Balekambang memiliki kisahnya tersendiri, dimana mitos tersebut berkembang secara turun temurun dari mulut ke mulut. Mitos yang hadir di Pantai Balekambang diantaranya:

  • Konon katanya, barangsiapa pasangan yang datang ke Pantai Balekambang belum menikah, hubungan mereka akan segera berakhir setelah mengunjungi pantai tersebut.
  • Mitos yang kedua mengatakan bahwa air laut dari Pantai Balekambang dapat membuat wajah awet muda.

Mitos tersebut banyak pengunjung yang mempercayainya namun ada pula dari mereka yang tidak percaya. Itu dikembalikan lagi pada dirimu sendiri.

Yang pasti kita harus menghargai serta menghormati cerita yang berkembang di tempat dimana kita berada. Ingatlah pepatah yang mengatakan “dimana langit dijunjung, disitu bumi dipijak”.

senja di pantai balekambang
senja di pantai balekambang. google maps. sumber: OngisBos Chanel

Simak: review wisata ke Museum Angkut

Lokasi & Alamat Pantai Balekambang

Pantai Balekambang secara administratif berada di Dusun Sumber Jambe, Desa Srigonco, Kecamatan Bantur, Malang.

Lokasinya berada di sebelah selatan Kota Malang.

Rute Menuju Pantai Balekambang

Jalan menuju Pantai Balekambang dari arah Malang yakni dengan mengarahkan kendaraanmu menuju Gadang kemudian Kendalpayak.

Teruskan perjalananmu hingga menuju Desa Gondanglegi, lanjutkan hingga tiba di Pantai Balekambang. Akses jalannya tak begitu sulit, dan dapat dilalui oleh kendaraan roda dua maupun roda empat.

Namun memang jalurnya cukup berkelok-kelok, dihiasi pula dengan tanjakan dan tikungan serta di beberapa wilayah jalurnya sempit.

Jarak yang harus ditempuh sekitar 67 km, dengan perkiraan waktu tempuh mencapai 2 jam tergantung pada caramu berkendara.

Namun, jarak yang jauh serta berliku tersebut akan terbayar lunas dengan keindahan yang diberikan oleh Pantai Balekambang.

jembatan menuju pulau ismoyo
jembatan menuju pulau ismoyo. google maps. sumber: Amalia Zahrina

Baca: info seputar Jatim Park 1

Jam Buka Pantai Balekambang

Jam operasional Pantai Balekambang dibuka setiap hari Senin hingga Minggu selama 24 jam nonstop.

Harga Tiket Pantai Balekambang

Tiket masuk Pantai Balekambang terdiri dari:

  • Senin hingga Jum’at sebesar Rp. 10.000,- per orang
  • Sabtu, Minggu, dan hari libur lainnya sebesar Rp. 15.000,- per orang
  • Parkir motor sebesar Rp. 5.000,-
  • Parkir mobil sebesar Rp. 10.000,-

Fasilitas Pantai Balekambang

Fasilitas yang ada di sekitar Pantai Balekambang sudah sangat memadai, dengan adanya:

  • Area untuk menyimpan kendaraan
  • Kamar mandi umum
  • Mushola
  • Warung-warung makanan dan minuman
  • Toko pakaian
  • Penginapan
  • Penyewaan ban

Penginapan

Di sekitar Pantai Balekambang terdapat penginapan atau hotel, diantaranya:

  • 3 Bedroom at Wirojoyo Homestay
  • Penginapan Wibisono II
  • Fira Homestay
  • Homestay Dhilpratis at Pantai Balekambang

Harga yang ditawarkan sekitar Rp. 300.000-an per malamnya, dengan fasilitas yang bersaing tentunya. Lokasinya yang dekat dengan Pantai Balekambang membuatmu lebih mudah menuju pantai.

Daya Tarik Lainnya di Pantai Balekambang

Daya tarik yang dimiliki Pantai Balekambang dapat kami infokan sebagai berikut:

1. Alamnya Yang Indah

pantai balekambang
pantai balekambang. google maps. sumber: Alfa Alkaaf

Baca juga: review wisata Pantai Mbehi

Keindahan Pantai Balekambang sudah tidak diragukan lagi, hamparan pasirnya yang putih serta cukup landai, birunya laut dipadukan dengan deburan ombak yang cukup kencang.

Jika dilihat melalui peta yang ada, Pantai Balekambang memiliki 3 pulau yang berdiri di atas batuan karang. Pulau-pulau tersebut bernama Pulau Ismoyo, Pulau Anoman dan Pulau Wisanggeni.

Di sekitar Pantai Balekambang tumbuh pepohonan yang cukup rindang, maka tak heran jika banyak keluarga yang memilih untuk berpiknik dibawah teduhnya pohon.

Tanah Lot versi Jawa Timur ini memang layak untuk kamu kunjungi, dan cocok untuk dijadikan tempat me time bersama keluarga tercinta.

2. Kehadiran Pura Amarta Jati

pura amarta jati
pura amarta jati. google maps. sumber: Hanik Fauziyah

Pura Amarta Jati merupakan daya tarik utama dari Pantai Balekambang, lokasinya yang berada di sebuah pulau karang sangat memikat para wisatawan.

Kamu bisa mengunjungi pura dengan terus berjalan kaki ke sebelah kanan, nantinya kamu akan melewati sebuah jembatan yang kamu lihat di area pantai.

Dilanjutkan dengan naik beberapa anak tangga, hingga akhirnya kamu tiba di depan pura. Banyak wisatawan yang berfoto di sekitar pura, apalagi pemandangan dari sini terlihat sangat mengagumkan.

Selain Pura Amarta Jati, di sekitar Pantai Balekambang juga terdapat sebuah makam seorang ulama yang berasal dari Jogja yang bernama Syaikh Abdul Jalil.

Lengkaplah perjalanan kamu ketika berada di Pantai Balekambang, alamnya dapet, keseruannya dapet, wisata religinya juga dapet…

3. Flying Fox Di atas Laut

bermain layang layang
bermain layang layang. google maps. sumber: Shon Cantik

Terdapat daya tarik lain yang ada di Pantai Balekambang, yakni bermain flying fox dari Pulau Ismoyo menuju pesisir Pantai Balekambang.

Kamu akan bergelantungan di atas lautan dengan melaju pada sebuah tali yang memanjang. Itu merupakan pengalaman yang tak terlupakan, dan seru banget pastinya.

Selain keseruan yang memacu adrenalin tersebut, di sini banyak pula pengunjung yang mengadakan camping bersama di atas hamparan pasirnya yang lembut. Serta ada pula pengunjung yang bermain layang-layang di sekitar pantai.

4. Rip Current

Ketika berada di Pantai Balekambang terdapat banyak sekali papan peringatan, supaya kamu tidak berenang melebihi batas yang sudah ada. Pembatas tersebut berupa sebuah bendera yang diletakkan di ambang batas aman.

Selain memiliki hempasan ombak yang cukup kencang, pantai ini juga memiliki Rip Current yakni arus balik yang terbentuk akibat arus datang tegak lurus garis pantai dan menemui garis pantai yang melengkung.

Jika kamu berenang di sekitar area Rip Current akan tertarik arus balik yang sangat kuat, yang mengakibatkan tenggelam karena kelelahan melawan arus.

Bukan berarti ketika di Pantai Balekambang kamu ngga bisa main air, bisa kok,,,yakni di area dekat jembatan yang menghubungkan pantai dengan Pulau Ismoyo. Disana arusnya lebih tenang sehingga aman untuk kamu bermain air bahkan mandi di air lautnya.


Tinggalkan komentar