Pantai Batu Karas, Pesona Yang Berbalut Mitos Di Pangandaran

|

Pantai Batu Karas adalah satu dari sekian banyak pantai-pantai yang populer di Kabupaten Pangandaran. Faktanya, setiap akhir pekan, apalagi setiap liburan tiba, Batu Karas Pangandaran selalu dipadati oleh para wisatawan.

Pantai Batu Karas dilengkapi dengan beragam fasilitas wisata yang akan memanjakan para wisatawan. Dan perlu diketahui bahwa Batu Karas Pangandaran sangat terkenal sebagai salah-satu spot surfing terbaik bagi para pemula.

pantai batu karas pangandaran
pantai batu karas pangandaran. google maps. sumber: cep budhi darma

Ada baiknya anda memilih paket wisata lebih dari satu hari. Karena Pantai Batu Karas lokasinya berdekatan dengan objek wisata lainnya, yang sama-sama populer, dan hits di kalangan wisatawan. Seperti :

Dan inilah review Pantai Batu Karas Pangandaran yang sudah kami sipakan untuk anda, sebagai referensi awal menentukan rencana, dan tujuan wisata anda di Kabupaten Pangandaran.

Lokasi Dan Alamat Pantai Batu Karas

Lokasi Pantai Batu Karas berda di alamat Desa Batu Karas, Kecamatan Cijulang, Kabupaten Pangandaran, Provinsi Jawa Barat.

Rute Menuju Pantai Batu Karas

wisata pantai batu karas
wisata pantai batu karas. google maps. sumber: Mohamad Reza

Jalan menuju lokasi Pantai Batu Karas Pangandaran bisa dilalui oleh kendaraan roda dua, maupun roda empat, bahkan dengan kendaraan besar seperti bus bisa masuk ke area parkirnya.

Jika pemberangkatan awal anda dari Green Canyon, maka jarak tempuh menuju Pantai Batu Karas sekitar 8 kilometer, dengan waktu tempuh 30 menit perjalanan.

Harga Tiket Masuk Pantai Batu Karas

  • Tiket masuk Pantai Batu Karas Rp. 6.000 per orang, tanpa kendaraan.
  • Tiket masuk Pantai Batu Karas Pangandaran jika menggunakan motor Rp. 14.000,
  • Harga tiket masuk Pantai Batu Karas dengan menggunakan mobil Rp. 65.000,
  • Harga tiket masuk Pantai Batu Karas Pangandaran dengan menggunakan bus besar Rp. 310.000.

Jam Buka Pantai Batu Karas

  • Pantai Batu Karas buka selama 24 jam.
  • Pantai Batu Karas beroperasional setiap hari.

Fasilitas Di Pantai Batu Karas

fasilitas wisata di pantai batu karas
fasilitas wisata di pantai batu karas. google maps. sumber: Tyo Pras

Fasilitas wisata di Pantai Batu Karas sudah sangat lengkap untuk menunjang kenyamanan wisata para pengunjung. Seperti :

  • Area parkir,
  • Toilet,
  • Toko pakaian,
  • Resto, atau cafe,
  • Wahana permainan,
  • Sewa ban, pelampung, atau alat surfing.

Simak juga: Curug Luhur Pangandaran

Penginapan Di Pantai Batu Karas

Para pengunjung bisa memilih opsi untuk menginap di kawasan Pantai Batu Karas Pangandaran. Terdapat beberapa pilihan penginapan, atau hotel, dengan beragam fasilitas, dan harga.

Simak juga : Curug Jebulan Pangandaran

Mitos Pantai Batu Karas

Inilah uniknya dunia wisata, pesona keindahannya hampir memiliki dimensi lain berupa sejarah, mitos, legenda, hingga cerita mesteri. Begitupun di Pantai Batu Karas Pangandaran.

Mitos Pantai Batu Karas terkait dengan perjalanan Raja Katomas. Beliau melakukan perjalanan panjang, hingga sampai ke kawasan sebuah pesisir yang banyak batu kerasnya, atau batu karangnya. Karena Batu Karas mempunyai arti batu yang keras.

Daya Tarik Pantai Batu Karas

1. Pesona Pantai

pesona pantai batu karas
pesona pantai batu karas. google maps. sumber: Tommy Kamajaya

Pesona Pantai Batu Karas Pangandaran sangat indah. Ombaknya tidak besar, dan area pasir pantainya sangat luas, cocok banget untuk menikmati kebersamaan bersama keluarga.

Di sisi kanannya terdapat sebuah area batu karang yang ditumbuhi oleh pepohonan. Sehingga area tersebut seakan-akan menjadi pemecah ombak yang datang.

2. Wahana Wisata

surfing
surfing. google maps. sumber: Ganjar Nugraha

Selain menyajikan keindahan alam pantai, Pantai Batu Karas juga dilengkapi dengan beragam wahana wisata yang akan menambah keseruan anda bersama keluarga.

Adapun beberapa wahana yang ada di Pantai Batu Karas adalah sebagai berikut:

  • Banana boat,
  • Surfing,
  • Sewa ban, atau pelampung.
  • Sewa perahu

Wahana yang paling banyak diminati oleh para wisatawana adalah penyewaan alat surfing.  Ombaknya tidak besar, dan sangat digemari oleh mereka yang ingin belajar tentang surfing. Kehati-hatian harus tetap menjadi nomor satu ya…

3. Wisata Kuliner

Bagi anda yang tidak membawa baju ganti, maka anda bisa membeli di toko sekitar Pantai Batu Karas. Dan jangan lupa untuk mencoba kuliner seafoodnya, sambil menikmati keindahan alam Pantai Batu Karas bersama keluarga tercinta.