Pantai Bercak Pacitan, Dikenal Sebagai Raja Ampat di Pacitan

Pantai Bercak Pacitan merupakan tempat wisata yang mirip dengan Raja Ampat. Masyarakat kerap menyebutnya sebagai Raja Ampatnya Pacitan. Pemandangannya pun tak kalah menarik dengan Pulau di Sorong tersebut.

Pantai Bercak Pacitan merupakan tempat wisata yang mirip dengan Raja Ampat. Masyarakat kerap menyebutnya sebagai Raja Ampatnya Pacitan. Pemandangannya pun tak kalah menarik dengan Pulau di Sorong tersebut.
Pantai Bercak Pacitan. Image via: @jelajahdunia

Sebelum sampai di Pantai indah ini, wisatawan dapat menyusuri batu karang dengan berjalan kaki sembari menikmati eksotisme pantai. Wisatawan pun dapat melihat keseluruhan pantai di menara yang terdapat di atas bukit.

Seperti pantai di Pacitan pada umumnya, Pantai Brecak memiliki pasir yang putih halus, dengan bukit karang yang mengelilingi dan beberapa bebatuan besar yang terdapat di bibir pantai. Suasana tenang dan nyaman akan langsung anda rasakan sesampainya di pantai ini, jauh dari raungan suara kendaraan dan serasa seperti berada di pantai pribadi.

Di Pantai Bercak, pengunjung bisa merasakan hembusan angin dan riuhnya suara ombak yang menghantam batu karang. Air pantai yang jernih dan pasir pantai yang kuning menambah keindahan Pantai Bercak. Cocok dinikmati dengan segarnya kelapa muda.

Sunset di pantai Bercak Pacitan
Peralihan hari. Image via: @jelajahdunia

Simak juga: 11 Pantai Menawan Hati di Pacitan

Lokasi Pantai Bercak Pacitan

Pantai Bercak terletak di Gumuharjo, Watukarung, Pringkuku, Kabupaten Pacitan. Berdekatan dengan tiga pantai lainnya. Yakni Pantai Kasap, Pantai Denombo dan Pantai Benteng Mati.

Rute Menuju Pantai Bercak Pacitan

Lokasi pantai yang bersebelahan dengan salah satu pantai yang sudah menjadi tujuan utama wisata di Pacitan yakni Pantai Watukarung membuat rute ke Pantai Brecak cukup mudah di cari. Jika berjalan dari kota Pacitan langsung menuju arah ke Pantai Klayar / Pantai Watu Karung.

Kedua pantai tersebut merupakan wisata unggulan pantai di Pacitan dan banyak dikunjungi wisatawan lokal maupun asing. Sehingga petunjuk arah ke dua pantai tersebut sudah memiliki petunjuk arah permanen dan ada di setiap tikungan. Ini memudahkan untuk dapat menuju pantai yang ada di sekitarnya.

Pasir putih Pantai Bercak Pacitan.
Pasir putih Pantai Bercak. Image via: @ho_ho_115

Setelah sampai di pertigaan Pringkuku ambil arah ke Watu Karung, terus ikuti petunjuk hingga bertemu di pertigaan Watu Karung / Klayar. Lalu ambil arah Watu Karung. Dari situ terus ikuti jalan hingga bertemu persimpangan dengan petunjuk arah berupa papan kayu yang menginformasikan letak Pantai pantai alternatif di sekitar area Watu Karung salah satunya Pantai Brecak.

Karena belum adanya akses jalan yang bisa di lewati kendaraan maka kendaraan bermotor di parkirkan di tempat yang sudah di sediakan warga. Dari tempat parkir tersebut anda harus berjalan dan pantai pertama yang akan anda lewati adalah Pantai Kasap.

Dari pantai tersebut menaiki perbukitan hingga tiba di tujuan utama yakni Pantai Bercak.

Jam Buka Pantai Bercak Pacitan

Karena beluma dapengelola resminya, Pantai  Bercak Pacitan dapat dikunjungi pengunjung sepanjang waktu. 24 jamd alam sehari,d an 7 hari dalam sepekan.

Perairan pantai bercak pacitan yang tenang.
Perairan yang tenang. Image via: @pantaibercak

SImak juga: Pantai Walaikiri, memori sampul album Terakhir Almarhum Glenn

Tiket Pantai Bercak Pacitan

Belum ada tiket masuk ke pantai ini hanya saja pengunjung membayar biaya parkir sebesar Rp 2.000/ Motor dan Rp 5.000/ Mobil.

Fasilitas Pantai Bercak Pacitan

Selain pemandangan yang indah, fasilitasnya pun cukup lengkap. Terdapat warung makan, tempat ganti baju, spot foto, persewaan perahu, Musholla, dan lain sebagainya.

Daya Tarik Pantai Bercak Pacitan

  1. Pantai yang Indah

Ombak pantai bercak pacitan tidak besar sehingga ramah anak.
Ombak yang ramah anak. Image via: @denny_kurniawan1720

Ombak di pantai Bercak Pacitan tidak terlalu besar, karena terlindungi dari teluk yang ada di sekeliling nya. Jadi aman jika pengunjung datang dengan anak – anak. Meski demikian tetap dengan pengawasan. Kondisi bawah lautnya masih berupa karang meskipun tidak tajam namun ada baiknya gunakan alas anti slip agar tidak terpeleset dan tergores batu karang.

Jika pengunjung hanya ingin sekedar menikmati pemandangan, maka cukup bersantai di atas bukit dengan menggelar tikar atau alas sejenisnya dan menikmati deretan pantai yang ada di sekitarnya dengan berbagai bentuk tebing karang / teluk.

Jika dirasa belum puas menikmati pemandangan dan air di pantai ini maka anda dapat mengunjungi pantai lainnya yang tempatnya hanya saling bersebelahan. Di antaranya adalah Pantai Sruni, Pantai Kasap, dan Pantai Denombo.

Atau jika anda penasaran ingin melihat secara langsung Pantai yang terkenal akan ombaknya di kalangan surfer baik lokal dan internasional maka bisa ke Pantai Watu Karung. Jika masih kurang, pengunjung juga bisa menikmati pengalaman seru mengarungi Sungai Cokel.

  1. Sungai Cokel

Susur sungai COkel yang bermuara ke pantai Bercak Pacitan.
Susur sungai COkel. Image via: @Net.Biro Jatim

Simak juga: Pantai Puru Kambera sepanjang 5 Km

Kali atau Sungai Cokel yang bermuara di antara Pantai Ngalian dan Pantai Bercak di kawasan wisata Watu Karung menghadirkan pesona dan sensasi tersendiri. Bersumber dari aliran sungai bawah tanah di Luweng Jaran, salah satu goa vertikal di Pacitan, air Kali Cokel jernih dan bersih. Debit air juga cukup besar dan selalu mengalir sepanjang tahun.

Walaupun Kali Cokel sendiri hanya memiliki panjang kurang dari 4 km namun sungai tersebut memiliki bentang lumayan lebar, yaitu antara 12 hingga 30 meter. Semakin ke muara semakin lebar. Sungai Cokel memang telah dikembangkan menjadi destinasi wisata alam yang cukup menarik dan menambah pilihan bagi pengunjung Pantai.

Pengelola menyediakan beberapa perahu yang bisa digunakan pengunjung untuk menyusuri sungai tersebut. Tiket naik perahu pun terhitung murah yakni Rp 20.000 untuk dewasa dan Rp10.000 untuk anak-anak. Sekali jalan, minimal harus ada dua penumpang dan kapasitas maksimal perahu 6 penumpang.

Kondisi Kali Cokel sangat aman untuk perahu bermanuver. Arus yang tenang, dasar sungai yang tidak terlalu dalam dan tidak banyak bebatuan di tengah sungai menjadi alasan. Selain itu, juru mudi perahu wisata, semua sudah pengalaman. Rata-rata adalah nelayan laut selatan yang biasa menantang ombak ganas di laut.

menikmati waktu bersama keluarag di pasir pantai bercak pacitan
Menikati hari. Image via: denny_kurniawan1720

Tips Mengunjungi Pantai Bercak Pacitan

Saat berlibur di Pantai Bercak Pacitan, berikut ini beberapa tips yang perlu ketahui:

  • Waspada saat naik bukit

Perlu diperhatikan saat ingin menaiki perbukitan dan bebatuan karang yang ada di pantai Kasap. Dikarenakan kondisi karang yang licin dan terjal karena banyaknya tumbuhan lumut. jangan sampai anda terpeleset atau terjatuh karena tidak berhati hati.

  • Pakai Alas Kaki Yang memadai dan Nyaman

Sebagian rute menuju pantai Bercak masih harus ditempuh dengan jalan kaki. Dan bahkan jalan itu melalui bebatuan karang. Karena itu faktor kenyamanan alas kaki harus sangat diperhatikan. Selain itu, saat menjelajah pantaipun, alas kaki tetap harus dipakai, akrena pantai bercak, pantainya berkarang.

Pose unik
Pose unik. Image via: @Pacitanisme

Simak juga: Rumah adat Prai Ijing Sumba

Objek Wisata Dekat Pantai Bercak Pacitan

Selain pantai Bercak, banyak pantai laur biasa di Pacitan. Salah satunya pantai Ngandul. Tidak hanya menyuguhkan birunya air laut. Ternyata pantai Pacitan ini mempunyai keistimewaan tersendiri dari pantai-pantai lainnya yang ada di Pacitan. Pantai Ngandul ini mempunyai air terjun yang terjadi karena patahan sungai yang airnya mengalir secara langsung ke laut.

Ada juga pantai yang paling populer di pacitan, yakni Watu Karung. Pantai Pacitan Watu Karung menawarkan ombak kelas dunia untuk para pecinta selancar. Ombak di sini mampu mencapai ketinggian 4 meter. Dengan ombak yang sangat bagus tersebut, tak heran peselancar kelas dunia macam jawara dunia Bruce Irons tertarik mencoba berselancar di sini.

Itulah sedikit ulasan mengenai tempat wisata indah Pantai Bercak Pacitan. Jangan lupa, saat wabah sudahmereda, ajak keluarga atau teman-teman anda berkunjung ke wisata ini agar lebih asik menikmati keindahan alamnya.

Baca juga:

Leave a Comment