Pantai Bercak Pacitan, Keindahan Raja Ampat di Pacitan Yang Masih Alami

Setelah sebelumnya saya mengulas tentang Pantai Pangasan, kali ini saya akan membahas sebuah pantai kembali yang masih berada di Kabupaten Pacitan.

Pantai yang akan dibahas kali ini ialah Pantai Bercak Pacitan yang terletak di Kecamatan Pringkuku, Kabupaten Pacitan. Pantai Bercak digadang-gadang sebagai Raja Ampatnya Pacitan, karena memiliki panorama alam yang sangat indah.

Hiasan batu karang yang dengan gagahnya menghiasi Pantai Bercak, selain itu pantai tersebut dikelilingi bukit yang sangat indah dengan pepohonan yang cukup rindang.

Pantai Bercak Pacitan berada satu lokasi dengan Pantai Kasap, dari Pantai Kasap kamu tinggal berjalan sekitar 15 sampai 20 menit ke arah barat.

Landscape Pantai Bercak
Landscape Pantai Bercak. Sumber: jatimsmart.id

Simak juga: 11 Pantai Menawan Hati di Pacitan

Berikut ulasan lengkap mengenai Pantai Bercak Pacitan:

Lokasi Pantai Bercak Pacitan

Lokasi Pantai Bercak Pacitan berada di Gumuharjo, Desa Watukarung, Kecamatan Pringkuku, Kabupaten Pacitan Provinsi Jawa Timur.

Rute Menuju Pantai Bercak Pacitan

Rute menuju Pantai Bercak Pacitan cukup mudah, kamu tinggal lajukan kendaraanmu menuju Pantai Watu Karang yang merupakan pantai yang sering dikunjungi.

Karena pastinya Petunjuk menuju Pantai Watu Karung sudah dibuat permanen jadi akan lebih mudah dicari. Setelah mengikuti arah menuju Pantai Watu Karung, kamu akan menemukan petunjuk menuju Pantai Bercak.

Trekking Menuju Pantai Bercak Pacitan

Kamu tak dapat langsung menikmati keindahan pantai setelah memakirkan kendaraan. Harus sedikit trekking menapaki jalan di atas bukit.

Berjalan di atas bebatuan yang sudah tersusun dengan rapih di atas bukit, dengan pemandangan laut lepas yang sangat indah. Setelah menemukan sebuah pos kamu akan melanjutkan perjalanan dengan menuruni jalan yang masih berupa tanah dan bebatuan.

Berhati-hatilah ketika menuruni jalan tersebut, jangan sampai kamu berpijak pada pijakan yang salah. Kondisinya bisa saja licin. Setelah tiba di bawah keindahan Pantai Bercak Pacitan semakin nyata terlihat.

Jam Buka Pantai Bercak Pacitan

Jam operasional Pantai Bercak Pacitan dibuka selama 24 jam sehari dan 7 hari seminggu. Jadi kamu dapat datang kapan saja kamu mau. Namun mengingat masih kurangnya penerangan jalan pada saat melakukan trekking menuju lokasi, baiknya datang ketika matahari masih bersinar dengan terang.

Menikmati Pergantian Hari
Menikmati Pergantian Hari. Sumber: pinthar.net

SImak juga: Pantai Walaikiri, memori sampul album Terakhir Almarhum Glenn

Tiket Pantai Bercak Pacitan

Karena belum dikelola secara profesional sehingga belum ditentukan tiket masuk menuju Pantai Bercak Pacitan alias gratis. Kamu hanya akan mengeluarkan uang untuk biaya parkir saja, yakni Rp. 2.000 untuk motor dan Rp. 5.000 untuk mobil.

Fasilitas Pantai Bercak Pacitan

Fasilitas yang ada di Pantai Bercak pun belum terlalu lengkap, hanya ada sebuah warung sederhana yang menjajakan makanan dan minuman ringan. Mungkin perlu mendapatkan perhatian khusus dari pemerintah setempat. Fasilitas umum yang ada terdapat di Pantai Watu Karang.

Daya Tarik Pantai Bercak Pacitan

Daya tarik yang coba diberikan Pantai Bercak Pacitan diantaranya:

1. Keindahan Pantai Yang Mengagumkan

Hal yang sangat wajar jika pantai yang satu ini mendapat julukan “Raja Ampatnya Pacitan”, karena memiliki keindahan pantai yang sama seperti yang ada di Papua sana.

Menikmati Indahnya Pantai Bercak
Menikmati Indahnya Pantai Bercak. Sumber: pinthar.net

Terdapat dua buah batu karang yang sangat besar di bibir pantai, ditambah dengan indahnya bukit yang berada di sekitar area Pantai Bercak.

Pantai di Kecamatan Pringkuku memiliki pasir yang putih, begitu halnya dengan Pantai Bercak. Kamu akan menginjakkan kaki diatas hamparan pasir putih, dengan hiasan kerang-kerang kecil.

Disekitarnya terdapat bukit yang ditumbuhi pohon yang cukup rindang, deburan ombak di Pantai Bercak tak terlalu kencang serta memiliki air laut yang sangat jernih sekali.

Bermain Di Atas Pasir Putih
Bermain Di Atas Pasir Putih. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Lokasinya yang tersembunyi membuat Pantai Bercak tempat yang tepat untuk menenangkan diri dan hanya menikmati keindahan alam tanpa ada yang menganggu.

2. Camping

Untuk kamu yang memiliki jiwa petualang yang tinggi, kamu dapat mendirikan tenda diantara hamparan pasir putihnya dengan menghadap langsung ke arah pantai.

Menikmati keindahan Pantai Bercak lebih lama, menghabiskan malam ditengah deburan ombak serta langit yang berhiaskan bintang-bintang.

Bermain Air Di Pantai Bercak
Bermain Air Di Pantai Bercak. Sumber: www.siberkil.com

Simak juga: Pantai Puru Kambera sepanjang 5 Km

Tips Wisata Mengunjungi Pantai Bercak Pacitan

Berikut saya sampaikan beberapa tips wisata untuk kamu yang hendak mengunjungi Pantai Bercak Pacitan, yakni:

  • Lebih baik gunakan kendaraan roda dua untuk memudahkan akses menuju lokasi Pantai Bercak.
  • Bawalah persediaan makanan dan minuman untuk bekal kamu selama di Pantai Bercak Pacitan.
  • Gunakan alas kaki yang nyaman dan tidak licin.
  • Perhatikan kondisi cuaca ketika hendak menuju Pantai Bercak.
  • Untuk memasuki Pantai Bercak kamu harus melalui Pantai Kasap.
  • Jagalah kebersihan dan keasrian lokasi Pantai Bercak Pacitan.
  • Hindari perbuatan yang dapat merugikan diri sendiri dan orang lain.
  • Siapkan gadget kamu untuk mengabadikan keindahan Pantai Bercak Pacitan.
Mengabadikan Keindahan Pantai Bercak
Mengabadikan Keindahan Pantai Bercak. Sumber: www.dinilint.com

Simak juga: Rumah adat Prai Ijing Sumba

Penutup

Pantai Bercak Pacitan merupakan lokasi wisata air yang tepat untuk menikmati keindahan pantai yang masih sangat asri dan alami. Pantai ini belum banyak dijamah oleh tangan-tangan jahil manusia.

Kunjungi dan saksikanlah sendiri keindahan yang dihadirkan Pantai Bercak Pacitan!


Leave a Comment