Pantai Bercak Pacitan, Dikenal Sebagai Raja Ampat di Pacitan

Pntai Bercak Pcitan memiliki panorama yang sangat indah, saking indahnya warga setetmpat bahkan menyebutnya sebagi Raja Ampatnya Pacitan. Seperti pantai di Pacitan pada umumnya, Pantai Brecak memiliki pasir yang putih halus, dengan bukit karang yang mengelilingi dan beberapa bebatuan besar yang terdapat di bibir pantai.

Pantai Bercak Pacitan merupakan tempat wisata yang mirip dengan Raja Ampat. Masyarakat kerap menyebutnya sebagai Raja Ampatnya Pacitan. Pemandangannya pun tak kalah menarik dengan Pulau di Sorong tersebut.
Pantai Bercak Pacitan. Image via: @jelajahdunia

Sebelum sampai di Pantai indah ini, pengunjung akan mendapati batu karang yang eksotis. Kemudian bila beranjak ke atas bukit, terdapat sebuah menara yang dapat digunakan untuk melihat pemandangan pantai secara keseluruhan.

Kemudian, sesampainya di pantai pengunjung akan langsung merasakan suasana tenang yang membuat nyaman.  Selain itu, pantai Bercak juga memiliki air yang jernih dan pasing yang kekuningan. Maka dari itu, pantai ini dapat membuat para wisatawan merasa segar kembali apalagi dengan hembusan angin serta riuhnya ombak yang menerjang karang.

Sunset di pantai Bercak Pacitan
Peralihan hari. Image via: @jelajahdunia

Simak juga: 11 Pantai Menawan Hati di Pacitan

Lokasi Pantai Bercak Pacitan

Pantai Bercak terletak di Gumuharjo, Watukarung, Pringkuku, Kabupaten Pacitan. Berdekatan dengan tiga pantai lainnya. Yakni Pantai Kasap, Pantai Denombo dan Pantai Benteng Mati.

Rute Menuju Pantai Bercak Pacitan

Untuk mencapai kawasan wisata pantai Bercak Pacitan, pengunjung yang berangkat dari kota Pcitan dapat langsung menuju ke arah pantai Klayar atau pantai Watu Karung karena lokasinya yang bersebelahan.  Pengunjung cukup mengikuti petunjuk arah yang tersedia di perjalanan.

Sesampainya di pertigaan Pringkulu pengunjung dapat mengambil arah ke Watu Karung lalu lanjutkan hingga mendapati penunjuk arah yang memberikan informasi letak pantai Bercak. Selanjutnya lanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki hingga sampai ke tujuan.

Pasir putih Pantai Bercak Pacitan.
Pasir putih Pantai Bercak. Image via: @ho_ho_115

Jam Buka Pantai Bercak Pacitan

Karena beluma dapengelola resminya, Pantai  Bercak Pacitan dapat dikunjungi pengunjung sepanjang waktu. 24 jamd alam sehari,d an 7 hari dalam sepekan.

Perairan pantai bercak pacitan yang tenang.
Perairan yang tenang. Image via: @pantaibercak

SImak juga: Pantai Walaikiri, memori sampul album Terakhir Almarhum Glenn

Tiket Pantai Bercak Pacitan

Untuk dapat menikmati segala keindahan pemandangan pantai Bercak Pacitan ini, pengunjung belum dikenakan biaya tiket masuk, cukup bayar biaya parkir saja.

Fasilitas Pantai Bercak Pacitan

Selain pemandangan yang indah, fasilitasnya pun cukup lengkap. Terdapat warung makan, tempat ganti baju, spot foto, persewaan perahu, Musholla, dan lain sebagainya.

Daya Tarik Pantai Bercak Pacitan

  1. Pantai yang Indah

Ombak pantai bercak pacitan tidak besar sehingga ramah anak.
Ombak yang ramah anak. Image via: @denny_kurniawan1720

Pantai Bercak Pacitan memiliki pemandangan yang indah dengan ombak yang tak terlalu tinggi karena terhalangi oleh teluk yang mengelilinginya. Maka dari itu, objek wisata ini tergolong aman bagi wisatwan yang pergi bersama anak-anak.

Kemudian, kondisi bawah laut pantai ini berupa karang yang tidak tajam sehingga aman bila bermain air. Namun tetaplah berhati-hati dan sebaiknya gunakan alas kaki anti slip supaya tidak terpeleset.

Selanjutnya, pengunjung pun dapat bersantai sambil memandangi pemandangan pantai yang elok di atas bukit dengan menggelar tikar.  Jika dirasa masih kurang, siapa sangka pengunjung juga bisa bersenang -senang dengan mengarungi Sungai Cokel.

  1. Sungai Cokel

Susur sungai COkel yang bermuara ke pantai Bercak Pacitan.
Susur sungai COkel. Image via: @Net.Biro Jatim

Simak juga: Pantai Puru Kambera sepanjang 5 Km

Selain bersenang-senang dengan riuhnya ombak pantai, pengunjung juga dapat mengunjungi sungai Cokel yang sudah dikembangkan menjadi area wisata yang menarik. Sungai ini memiliki lebar yang cukup lumayan berkisar 12 hingga 30 meter dan semakin melebar menuju muara.

Pengunjung dapat menyusuri sungai ini dengan menggunakan perahu yang telah disediakan, dengan tarif Rp. 20,000 untuk dewasa dan Rp. 10,000 untuk anak-anak. Perahu ini dapat menampung hingga enam penumpang untuk sekali jalannya. Kemudian, untuk segi keamanan pengunjung tak perlu merasa khawatir karena perahu ini dikemudikan oleh juru mudi yang berpengalaman.

menikmati waktu bersama keluarag di pasir pantai bercak pacitan

Menikati hari. Image via: denny_kurniawan1720

Tips Mengunjungi Pantai Bercak Pacitan

Saat berlibur di Pantai Bercak Pacitan, berikut ini beberapa tips yang perlu ketahui:

  • Waspada saat naik bukit

Pada saat menaiki bukit, pengunjung akan mendapati kondisi karang yang agak licin dan terjal karena banyak ditumbuhi lumut. Maka dari itu selalu berhati-hati ketika melangkahkan kaki jangan sampai terpeleset dan jatuh.

  • Pakai Alas Kaki Yang memadai dan Nyaman

Sebagian rute menuju pantai Bercak masih harus ditempuh dengan jalan kaki. Dan bahkan jalan itu melalui bebatuan karang. Karena itu faktor kenyamanan alas kaki harus sangat diperhatikan. Selain itu, saat menjelajah pantaipun, alas kaki tetap harus dipakai, akrena pantai bercak, pantainya berkarang.

Pose unik
Pose unik. Image via: @Pacitanisme

Simak juga: Rumah adat Prai Ijing Sumba

Objek Wisata Dekat Pantai Bercak Pacitan

Selain pantai Bercak, banyak pantai laur biasa di Pacitan. Salah satunya pantai Ngandul. Pantai ini merupakan lokasi wisata pantai yang unik karena memiliki air terjun sebagai daya tarik utamanya. Air terjun ini terbentuk karena proses patahan sungai yang airnya mengalir langsung ke laut.

Ada juga pantai yang paling populer di pacitan, yakni Watu Karung. Pantai Pacitan Watu Karung menawarkan ombak kelas dunia untuk para pecinta selancar. Ombak di sini mampu mencapai ketinggian 4 meter. Dengan ombak yang sangat bagus tersebut, tak heran peselancar kelas dunia macam jawara dunia Bruce Irons tertarik mencoba berselancar di sini.

Itulah sedikit ulasan mengenai tempat wisata indah Pantai Bercak Pacitan. Jangan lupa, saat wabah sudahmereda, ajak keluarga atau teman-teman anda berkunjung ke wisata ini agar lebih asik menikmati keindahan alamnya.

Baca juga:

Leave a Comment