Pantai Boom Banyuwangi, Indahnya Sunset Dibalut Mewahnya Jembatan Causeway

Bali terkenal dengan pantainya yang sangat indah, semua orang pasti menginginkan untuk bertandang ke Pulau Dewata tersebut. Namun, untuk menikmati keindahan pantai seperti Bali, ternyata dapat kamu temukan di Banyuwangi, Jawa Timur.

Lokasi tersebut bernama Marina Boom Beach atau Pantai Boom Marina. Tempat wisata ini awalnya merupakan sebuah dermaga kapal pesiar yang dibangun oleh PT. Pelindo Property Indonesia.

Landmark Pantai Boom Banyuwangi
Landmark Pantai Boom Banyuwangi. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Seiring dengan berjalannya waktu dan penambahan fasilitas penunjang yang ada menjadikan Marina Boom Beach sebagai sebuah tempat wisata yang bertaraf internasional. Meskipun begitu fungsi dermaganya masih berjalan dengan baik.

Dermaga tersebut merupakan tempat bersandarnya kapal-kapal Yacht (Sail Boat) dan Power Boat (Super Yacht dan Mega Yacht) yang langsung terintegrasi dengan beberapa fasilitas resort pribadi.

Bermain Ayunan Dengan Panorama Pantai
Bermain Ayunan Dengan Panorama Pantai. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Simak juga: 14  lokasi wisata menawan di Banyuwangi

Yang selalu menjadi pusat perhatian para pengunjung ialah sebuah jembatan lintas atau Causeway yang didesain sangat cantik sekali, apalagi jika malam tiba.

Suasana Malaiboro pun akan kamu rasakan ketika berada di area Herritage Marina Boom Beach, dengan kehadiran bangunan zaman Belanda dihiasi lampu taman yang indah.

Masih banyak lagi hal seru dan menakjubkan yang akan kamu temui ketika berada di Marina Boom Beach atau Pantai Boom Marina ini. Berikut ulasan lengkap mengenai lokasi wisata yang satu ini:

Lokasi Pantai Boom Marina Banyuwangi

Lokasi Pantai Boom Marina terletak di Desa Kampungmandar, Kecamatan Banyuwangi, Banyuwangi, Jawa Timur. Hanya berjarak sekitar 2 km dari pusat kota Banyuwangi.

Rute Menuju Pantai Boom Marina Banyuwangi

Rute menuju lokasi Pantai Boom Marina sangat mudah, jalurnya sudah berupa jalan beraspal dengan medan yang dapat dilalui berbagai macam jenis kendaraan mulai dari sepeda motor, mobil, hingga bus.

Pantai Boom Marina Banyuwangi berada di bagian timur kota Banyuwangi, rute yang paling mudah ialah dengan mengarahkan kendaraanmu menuju Simpang lima.

Untuk menuju Simpang Lima kamu harus melewati Jl. Dr. Sutomo kemudian sampai menemukan Taman Blambangan, tak jauh dari taman tersebut ada lampu merah arahkan kendaraanmu ke kiri.

Kemudian setelah tiba di bunderan PLN belok ke kanan menuju Jl. Nusantara. Tak berselang lama tibalah kamu di area Pantai Boom Marina Banyuwangi.

Jam Buka Pantai Boom Marina Banyuwangi

Jam operasional Pantai Boom Marina terbagi menjadi:

  • Untuk weekday (Senin sampai dengan hari Jumat) dibuka mulai pukul 05.00 hingga 21.00
  • Untuk weekend (Sabtu dan Minggu) dibuka lebih awal yakni mulai pukul 04.30 hingga 22.00

Tiket Pantai Boom Marina Banyuwangi

Tiket masuk dan parkir Pantai Boom Marina Banyuwangi sebagai berikut:

  • Tiket masuk dengan membayar sebesar Rp. 10.000,- per orang
  • Tiket parkir motor sebesar Rp. 2.000,- per unit
  • Tiket parkir mobil sebesar Rp. 5.000,- per unit
  • Tiket parkir mobil minibus (travel) sebesar Rp. 20.000,- per unit
  • Tiket parkir bus sebesar Rp. 30.000,- per unit

Simak juga: To tombi, negeri atas awannya toraja

Fasilitas Pantai Boom Marina Banyuwangi

Fasilitas yang ada di Pantai Boom Marina ini sangatlah lengkap dan komplit, semua yang kamu butuhkan ada disini. Hal tersebut ditandai dengan adanya:

  • Area parkir yang sangat luas
  • Kamar mandi atau Toilet
  • Mushola
  • Warung-warung makanan dan minuman
  • Restoran mewah bertaraf internasional
  • Penginapan atau Resort
  • Area Camping
  • Spot foto
  • Area bermain anak

Daya Tarik Pantai Boom Banyuwangi

1. Pantai yang Indah

Pantai Boom Marina memiliki kondisi ombak yang sangat tenang, namun kamu tak diizinkan untuk berenang di pantai ini. Karena meskipun tenang ternyata memiliki kedalaman yang cukup dalam.

Jalan Jalan Di Pantai Boom Marina
Jalan Jalan Di Pantai Boom Marina. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Pasir di Pantai Boom Marina memiliki warna hitam berkilau, karena memiliki kandungan mineral yang cukup tinggi yang katanya dapat menyembuhkan penyakit kulit hingga tulang.

Kamu dapat duduk-duduk santai di pinggir pantai dengan memandang ke arah laut, kamu dapat melihat pemandangan alam yang sangat indah dan tenang.

Pantai Boom Marina Banyuwangi mendapat julukan “the sunrise of java” karena disini merupakan lokasi yang tepat untuk melihat indahnya matahari terbit.

Menikmati Pergantian Hari Yang Menakjubkan
Menikmati Pergantian Hari Yang Menakjubkan. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Simak juga: Air Terjun Tarzan di Kompleks Coban Jahe

Dengan memiliki luas sekitar 44,2 hektar banyak hal yang dapat kamu lakukan selain menikmati keindahan pantai, kamu juga dapat melihat indahnya Pulau Bali dan Gunung Batur dari kejauhan. Kapal-kapal yang berbaris di tepian merupakan ciri khas tersendiri dari Pantai Boom Marina ini.

Menikmati suasana pantai yang tenang dengan hanya ditemani semilir angin, memandang hamparan keindahan yang tersaji di depan mata. Kamu juga bisa mengelilingi pantai dengan cara menunggang kuda ataupun bersepeda.

2. Bermain Wahana Lainnya

Pantai Boom Marina Banyuwangi ini memiliki area yang sangat luas, sehingga banyak sekali wahana yang ada untuk memanjakan pengunjung yang datang. Wahana yang dapat kamu nikmati ketika berada disini diantaranya:

  • Bermain di Pasar Malam

Layaknya sebuah pasar malam pasti memiliki banyak permainan yang dapat kamu lakukan, diantaranya bermain kora-kora, kincir angin, serta permainan seru lainnya.

  • Bermain Gokart

Pantai Boom Marina memiliki area untuk bermain Gokart, meskipun tak terlalu luas namun cukup untuk anak-anak menikmati keseruannya.

Menikmati Suasana Heritage Bangunan Belanda
Menikmati Suasana Heritage Bangunan Belanda. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

3. Camping Ground

Untuk kamu yang ingin bermalam didalam tenda, pihak pengelola Pantai Boom Marina menyediakan sebuah tempat untuk kamu menghabiskan malam didalam tenda.

Camping Ground
Camping Ground. Sumber: virusbanyuwangi.blogspot.com

Tenda-tendanya sudah tersusun dengan rapih, namun jika kamu ingin membawa tenda sendiri juga bisa. Area camping ground nya dilengkapi juga dengan area kumpul bersama dengan ditemani hangatnya api unggun.

Menikmati suasana malam hari di Pantai Boom Marina dengan hanya ditemani bintang dan udara malam yang syahdu, kamu akan menghabiskan malam hanya dengan ditemani alam.

4. Spot Foto

Pantai Boom Marina menjadi tempat para kawula muda menghabiskan waktu, karena selain banyaknya wahana yang ada disini juga memiliki berbagai spot foto yang ciamik banget.

Spot foto yang menjadi favorite para pengunjung ialah sebuah sayap raksasa dekat dengan lokasi heritage serta memiliki latar keindahan Pantai Boom Marina.

Spot Foto Favorite
Spot Foto Favorite. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Simak juga: Belajar Soal Elang Jawa di Loji Suaka Elang Bogor

5. Jembatan Lintas (Causeway)

The one and only yang menjadi primadona dari Pantai Boom Marina Banyuwangi tentu saja adalah keindahan design sebuah jembatan yang menghubungkan sisi depan dengan area camping ground serta area lainnya.

Indahnya Jembatan Lintas Pantai Boom
Indahnya Jembatan Lintas Pantai Boom. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Jembatan lintas tersebut dibuat spiral di bagian atasnya, terlihat sangat mewah dan estetik sekali. Apalagi jika malam tiba, jembatan tersebut akan dihiasi lampu-lampu yang akan mempercantik suasana di sekitar jembatan.

Maka tak heran jika jembatan lintas ini merupakan lokasi favorite para pengunjung untuk berfoto, tak lengkap rasanya jika kamu berkunjung ke Pantai Boom Marina Banyuwangi sebelum melintasi jembatan tersebut.

6. Amphitheater Boom Eco Adventure Park

Amphitheater tersebut pernah digunakan untuk acara Banyuwangi Beach Jazz Festival pada bulan Agustus tahun lalu. Lokasi tersebut juga sering diadakan banyak sekali festival yang bertaraf internasional.

Simak juga: Taman bunga celosia di tengah kota Riau

Tips Wisata

Saya bagikan beberapa tips wisata untuk kamu yang hendak mengunjungi Pantai Boom Marina Banyuwangi, diantaranya:

  • Perhatikan kondisi cuaca ketika hendak pergi, karena kamu akan berkunjung ke tempat wisata yang full di luar ruangan.
  • Selalu jaga dan awasi anak-anak karena area lokasi Pantai Boom Marina ini sangat luas sekali.
  • Luangkan waktu yang banyak supaya kamu dapat mengeksplor secara keseluruhan.
  • Jagalah selalu kebersihan dengan tidak membuang sampah sembarangan.
  • Hindari perbuatan yang dapat merugikan diri sendiri dan orang lain.
  • Jika ingin menikmati Sunrise datanglah di awal hari.
  • Keindahan Pantai Boom Marina di malam hari akan sangat berbeda.

Pantai Boom Marina Banyuwangi tetap dibuka meskipun masih dalam kondisi pandemi covid seperti ini, namun lokasi wisata ini tetap mengikuti anjuran protokol kesehatan yang telah ditetapkan oleh pemerintah.

Jadi kamu bisa berwisata dengan tenang ketika berada di lokasi wisata yang satu ini. Selamat menghabiskan waktu bersama orang terkasih, ya!


Tinggalkan komentar