Pantai Boom Banyuwangi, Pusat Wisata Bahari Taraf Internasional

Selain wisata alam, banyuwangi saat ini memiliki Pantai Boom Banyuwangi. Destinasi wisata tersebut muncul sebagai destinasi wisata yang Instagramable. Dermaga tersebut dibangun oleh PT Pelindo Property Indonesia, sebagai persipaan untuk mengembangkan Banyuwangi sebagai pusat wisata bahari Kelas Atas.

Pantai Boom Banyuwangi merupakan destinasi wisata yang Instagramable. Dermaga tersebut dibangun oleh PT Pelindo Property Indonesia, anak usaha PT Pelindo III.
Pantai Boom Banyuwangi. Image via: kumparan.com

Landmark ikonik pun telah dibangun di area tersebut, salah satunya adalah jembatan lintas (causeway) berbentuk spiral. Jembatan ini terlihat begitu megah, dilengkapi dengan sorotan lampu disekitarnya. Banyak pengunjung datang untuk mengabadikan momen di depan jembatan spiral tersebut.

Selain itu ada pula rumah lawas peninggalan jaman Belanda yang telah dipugar dan dipercantik. Di kawasan tersebut kini juga berdiri amphitheater Boom Eco Adventure Park Banyuwangi yang berada di pinggir pantai tersebut.

Juga dermaga apung yang desainnya sangat menarik. Dermaga tersebut sejatinya dikhususkan untuk menampung kapal-kapal yacht (sail boat) dan power boat (super yacht dan mega yacht) yang terintegrasi dengan beberapa fasilitas private resort.

Dengan semua kelebihan itu, tidak mengherankan jika kawasan Marina Boom kini dikenal sebagai lokasi yang Instagramable.

kawasan Marina Boom kini dikenal sebagai lokasi yang Instagramable.
Nama Pantai. Image via: kompasiana.com

Simak juga: 14  lokasi wisata menawan di Banyuwangi

Lokasi Pantai Boom Banyuwangi

Pantai Boom Banyuwangi berlokasi di Kampung Mandar, Kecamatan Banyuwangi, Banyuwangi, Jawa Timur.

Letak Pantai Boom ada di sebelah timur kota Banyuwangi, hanya berjarak 2 km dari pusat kota.

Rute Menuju Pantai Boom Banyuwangi

Lokasi Pantai Boom sendiri tepatnya berada di bagian Timur dari Kota Banyuwangi. Jika anda ingin menuju kesana dari Simpang Lima, anda bisa melewati jalur Jl. Dr. Sutomo sampai menemui Taman Blambangan.

Kemudian, dari lampu merah Taman Blambangan anda harus menuju ke arah Utara sehingga anda akan menjumpai bundaran PLN. Lalu, ambil kanan untuk masuk ke Jl. Nusantara.

Secara umum, perjalanan untuk menuju Pantai Boom tidak terlalu susah. Sebab sudah banyak di jumpai rambu-rambu yang menunjukkan arah untuk menuju ke Pantai Boom. Serta juga akses jalan yang sudah bagus dan memungkinkan untuk di lewati semua jenis kendaraan.

Transportasi umum juga tersedia untuk menuju ke Pantai ini seperti misalnya becak, maupun ojek.

Langit malam Pantai Boom Banyuwangi.
Langit malam Pantai Boom. Image via: @sil_desil20

Jam Buka Pantai Boom Banyuwangi

Pantai Boom banyuwangi buka setiap hari. Namun ada sedikit perbedaan jam operasional antara hari kerja dan hari akhir pekan/ libur.

Jika pada hari kerja, pantai dibuka mulai jam 05.00 pagi sampai jam 09.00 malam, pada akhir pekan dan hari libur pantai dibuka mulai jam 04.30 pagi hingga tutup jam 10.00 Malam.

Tiket Pantai Boom Banyuwangi

Para pengunjung Pantai Boom Banyuwangi tidak akan di pungut biaya masuk sepeserpun, alias gratis. Ketika memasuki kawasan Pantai boom Banyuwangi ini, pengunjung yang membawa kendaraan pribadi hanya akan dipungut biaya parkir. Adapun biaya parkir yang di pungut berkisar antara Rp. 2.000 hingga Rp. 8.000.

Di pesisir pantainya, terdapat kursi-kursi santai berpayung yang bisa disewa dengan harga Rp. 20.000 per jam.
Payung pantai Boom. Image via: inews.id

Simak juga: To tombi, negeri atas awannya toraja

Fasilitas Pantai Boom Banyuwangi

Karena berada di tengah kota, fasilitas pantai Boom terbilang lengkap. Hotel pun banyak tersedia untuk tempat menginap. Di sepanjang garis pantai, terdapat kedai yang menjual makanan ringan juga makanan laut.

Bagi yang ingin menyewa kuda untuk menyusuri pantai, bisa menyewa di sini. Tidak perlu khawatir dengan keamanan, karena sebuah kantor polisi air juga berdiri di sini.

Di pesisir pantainya, terdapat kursi-kursi santai berpayung yang bisa disewa dengan harga Rp. 20.000 per jam.

Daya Tarik Pantai Boom Banyuwangi

  1. Pantai yang Indah

Pantai ini memiliki memiliki pasir berwarna hitam berkilau. Tidak benar-benar hitam, namun seperti gradasi abu-abu gelap
Pasir Hitam pantai Boom. Image via: banyuwangi.merdeka.com

Biasanya pantai memiliki pasir berwarna putih atau kuning keemasan, namun lain dengan pantai Boom Banyuwangi. Pantai ini memiliki memiliki pasir berwarna hitam berkilau. Tidak benar-benar hitam, namun seperti gradasi abu-abu gelap. Katanya, kandungan mineral pasir ini bisa menyembuhkan penyakit kulit dan tulang.

Luas pantai ini mencapai 44,2 hektar, dengan ombak laut yang sangat tenang. Tapi, pengunjung dilarang berenang karena pantai ini cukup dalam.

Di pinggir pantai, ada kursi-kursi lengkap dengan payungnya untuk bersantai memandang ke arah laut. Pengunjung bisa mendapati pemandangan pulau Bali dengan gunung Baturnya dari sana. Selain semua itu, yang terkenal dari pantai ini adalah matahari terbitnya, yang dijuluki “the sunrise of Java”.

Pagi hari adalah waktu yang sangat dinantikan para pengunjung pantai Boom, terlebih bagi yang ingin mengambil foto matahari terbit.

  1. 6 keunggulan Pantai Boom Banyuwangi

terdapat dermaga apung yang desainnya sangat menarik. Dermaga tersebut sejatinya dikhususkan untuk menampung kapal-kapal yacht (sail boat) dan power boat (super yacht dan mega yacht) yang terintegrasi dengan beberapa fasilitas private resort.
Dermaga Apung. Image via: @homsa96

Simak juga: Belajar Soal Elang Jawa di Loji Suaka Elang Bogor

Pertama, marina Boom Banyuwangi tersebut berlokasi di kawasan strategis yaitu di pusat Kota Banyuwangi. Kawasan tersebut juga hanya berjarak 20 km dari Bandara International Banyuwangi.

Kedua, marina Boom Banyuwangi dilengkapi fasilitas penunjang seperti private resort, marina lounge and restaurant, yach club, dan dryberth facilities.

Ketiga, marina Boom Banyuwangi menjadi marina pertama dan satu-satunya dengan fasilitas penunjang terlengkap.

Keempat, yang menjadi pesona andalan tempat ini adalah pemandangan matahari terbit di ujung Pulau Jawa yang tiadaduanya. Itulah sebabnya Banyuwangi dijuluki sebagai Sunrise of Java.

Kelima, dari marina Boom Banyuwangi ini, wisatawan bisa meihat dengan jelas keindahan Pulau Bali. Tentunya ini akan membuat hasil foto sangat Instagramable.

Keenam, menjadi spot penyelenggaraan banyak festival bertaraf international.

  1. Bersantai di Pantai

Bersantai menanti senja di pantai boom banyuwangi
Bersantai. Image via: pegipegi.com

Mungkin kalimat “ Santai seperti di Pantai” sangat berlaku disini, panorama yang indah membuat sejauh mata memandang bisa sangat menikmati objek wisata ini sembari bersantai bersama pasangan ataupun keluarga.

Pengunjung bisa mengalihkan fokus pemandangan pada keindahan panorama yang ada di Pantai Boom Banyuwangi  ini. Latar belakang bukit indah yang membentang dengan barisan kapal yang terparkir rapi di lautan, serta barisan perumahan masyarakat disana bisa menjadi poin tersendiri. Bahkan menjadi ciri khas tersendiri dari Pantai Boom banyuwangi ini.

  1. Berkuda

Tidak hanya bersantai dan duduk di pinggir Pantai sembari menikmati angina Pantai yang sepoi-sepoi, pengunjung juga bisa menikmati keindahan Pantai Boom Banyuwangi ini sambil menunggangi kuda –kuda yang tersedia di kawasan Pantai tersebut.

pengunjung juga bisa menikmati keindahan Pantai Boom Banyuwangi ini sambil menunggangi kuda –kuda yang tersedia di kawasan Pantai tersebut.
Menunggu Penunggang. Image via: familygoers.com

Simak juga: Air Terjun Tarzan di Kompleks Coban Jahe

Menelusuri garis Pantai yang indah sambil merasakan sensasi menunggang kuda, hal ini menjadi aktivitas Pantai yang tidak biasa untuk pengalaman yang menyenangkan.

Bagi yang belum pernah menunggang kuda sebelumnya, tidak perlu khawatir. Saat menunggang kuda, pengunjung diawasi oleh pemandu yang sudah ahli dan tentu berpengalaman.

  1. Wisata Budaya

Tidak hanya beberapa kegiatan wisata Pantai yang ada di atas, pengunjung juga bisa menyaksikan kegiatan budaya yang biasa di lakukan oleh masyarakat setempat.

Hal ini karena Pantai Boom Banyuwangi ini sering di jadikan sebagai lokasi untuk penyelenggaraan pentas seni Budaya masyarakat bahkan terkadang kegiatan seni berskala nasional.

Seperti pada pergantian tahun, kemarin. Pengunjung pantai Boom bisa menyaksikan parade Gandrung Sewu, yang mana akan ada seribu penari Gandrung yang akan berlaga di pinggir Pantai Boom ini, dan tarian tersebut merupakan salah satu tarian khas Banyuwangi.

Spot foto sayap malaikat dipantai Boom Banyuwangi
Sayap malaikat. Image via: tempatwisataindonesia.id

Simak juga: Taman bunga celosia di tengah kota Riau

Objek Wisata Dekat Pantai Boom Banyuwangi

Mengenai Pantai, selain pantai Boom banyuwangi ini, di banyuwangi ada banyak pantai Indah. Salah satunya pantai Pulau Merah. Salah satu pesona yang tidak akan terlupakan disini adalah Matahari tenggelam yang sangat cantik. Terutama bulan November – Desember, saat matahari berada di kawasan selatan.

Unutk wisata perbukitan, banyuwangi punya Bukit Sewu Sambang. Dari kawasan ini, Selat Bali dengan airnya yang biru beriak, seolah mengajak turun pelancong yang tengah ada di ujung Bukit Sewu Sambang. Lukisan alam pegunungan Bali Barat yang nampak, juga turut menyemarakkan pemandangan. Membuat pengunjung enggan beranjak pulang.

Pantai Boom Banyuwangi adalah kawasan wisata yang tertata dnegan standar internasional. Berwisata ke tempat ini menjadi salah satu hal yang wajib, karena eloknya area ini. Jadi, kapan agenda liburanmu berkunjung ke sini?

Baca juga:

Leave a Comment