Pantai Ciputih, Panorama Alam Yang Sangat Cantik di Ujung Kulon

Terdapat sebuah pantai yang berada di daerah Sumur, Pandeglang, Banten. Pantai tersebut memiliki hamparan pasir putih yang bersih, dilengkapi dengan lautnya yang berwarna biru.

Pantai tersebut bernama Pantai Ciputih, penamaan pantainya sesuai dengan keadaan dari pantai tersebut yang didominasi pasir putih.

Pantai ini tidak terlalu ramai, karena mungkin lokasinya yang tidak terlalu strategis karena berada jauh di ujung barat Pulau Jawa.

Namun, ketika kamu berada di Pantai Ciputih enggan rasanya untuk lekas-lekas meninggalkan lokasi wisata yang satu ini. Apalagi sekarang telah dibangun sebuah miniatur Menara Eifell, yang dapat dijadikan lokasi untuk berswafoto.

Banyak keseruan yang dapat kamu lakukan di pantai yang masih perawan ini, berikut ulasan lengkap mengenai Pantai Ciputih.

suasana yang sangat menenangkan
suasana yang sangat menenangkan. Google Maps. Sumber: Erna Sulastri

Simak juga: tempat wisata di sekitar serang banten

Lokasi Pantai Ciputih

Lokasi Pantai Ciputih berada di Desa Ujung Kulon, Kecamatan Sumur, Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten. Keberadaanya berdekatan dengan Taman Nasional Ujung Kulon.

Rute Menuju Pantai Ciputih

Rute menuju Pantai Ciputih jika kamu berangkat dari Jakarta akan menempuh waktu perjalanan sekitar 4 hingga 6 jam. Dengan menggunakan rute menuju Serang kemudian lanjutkan ke Pandeglang.

Setelah itu arahkan kendaraanmu menuju Panimbang kemudian tibalah di kamu di Kecamatan Sumur. Dari sana tinggal menuju Pantai Ciputih. Kondisi jalan sudah sangat bagus dan beraspal, sehingga mudah untuk dilalui kendaraan jenis apapun.

Belum banyak petunjuk arah menuju Pantai Ciputih, sehingga untuk menghindari kesasar jangan segan untuk bertanya pada warga sekitar kamu temui.

Jam Buka Pantai Ciputih

Tidak ada ketentuan pasti mengenai jam buka dari Pantai Ciputih. Apalagi dengan keberadaan resort di sekitar pantai, praktis membuat pantai ini terbuka selama 24 jam untuk dinikmati keindahannya.

Tiket Pantai Ciputih

Tiket masuk Pantai Ciputih dikenakan biaya sebesar Rp. 20.000 per orang, harga tersebut sudah termasuk berenang di kolam renang.

menikmati pergantian hari di pantai ciputih
menikmati pergantian hari di pantai ciputih. Google Maps. Sumber: Erna Sulastri

Fasilitas Pantai Ciputih

Jika kamu memasuki area Pantai Ciputih dari Ciputih Resort Ujung Kulon, maka akan menemukan beberapa fasilitas sebagai berikut:

  • Area parkir
  • Kamar mandi
  • Kolam renang
  • Tempat duduk
  • Arena bermain anak
  • Penginapan

Namun jika kamu memasuki Pantai Ciputih dari arah lain, belum tersedia fasilitas umum yang ada di sekitar pantai.

Daya Tarik Pantai Ciputih

1. Pantai yang Menawan

pantai ciputih
pantai ciputih. Google Maps. Sumber: Hendy Dycom

Simak juga: Coban Baung nan misterius

Pantai Ciputih memiliki air laut yang berwarna biru, serta deburan ombak yang tak terlalu deras. Di pinggir pantai terdapat pasir putih yang bersih.

Kamu dapat duduk di sebuah jembatan yang memanjang mendekati laut lepas, memandang pantai yang seakan tak berujung. Angin sepoi-sepoinya menyentuh tubuhmu, deburan ombaknya menjadi pusat perhatian telinga.

Pantai Ciputih tak terlalu ramai, sehingga membuatnya menjadi yang tepat untuk melepaskan penat dalam diri dan menggantinya dengan energi yang lebih baik lagi.

Kamu dan anak-anak dapat menciptakan keseruan bersama dengan bermain pasir putihnya yang lembut, atau bermain air menunggu datangnya ombak.

2. Miniatur Menara Eiffel

berfoto bersama miniatur menara eiffel
berfoto bersama miniatur menara eiffel. Google Maps. Sumber: Udin Saprudin

Kehadiran miniatur Menara Eiffel di Pantai Ciputih membuat pengunjung semakin hari semakin banyak yang datang.

Kehadirannya menjadi daya tarik tersendiri, apalagi lokasinya yang berada di sebuah jembatan yang mengarah langsung ke laut lepas.

Sehingga membuat pengunjung banyak yang mengabadikan momen tersebut dengan berfoto, dimana kamu akan dapat dua keindahan sekaligus. Yakni miniatur Menara Eiffel serta laut biru yang sangat cantik.

3. Berenang

berenang seru
berenang seru. Google Maps. Sumber: Rini Panggabean

Jika kamu memasuki wilayah Pantai Ciputih melalui Ciputih Resort Beach, tersedia arena kolam renang yang dapat kamu gunakan tanpa biaya tambahan lagi.

4. Keindahan Bawah Laut

Pantai Ciputih berada di kawasan Ujung Kulon yang terkenal memiliki keindahan bawah air yang mempesona. Terdapat sekitar 3 hingga 4 lokasi snorkeling yang ada di sekitar Taman Nasional Ujung Kulon.

Kamu dapat mengunjungi Pulau Badul, yang memiliki panorama taman laut yang sangat cantik. Ada pula Pulau Peucang yang memiliki banyak titik untuk melakukan snorkeling.

bermain air sambil menikmati alam yang cantik
bermain air sambil menikmati alam yang cantik. Google Maps. Sumber: Rini Panggabean

The best spot-nya adalah dekat padang penggembalaan di seberang pulau yang harus ditempuh sekitar 15 menit dengan menggunakan perahu.

Untuk menuju semua spot yang ada kamu harus menyewa sebuah perahu sederhana milik warga sekitar dengan harga sekitar Rp. 500.000 per perahu.

Sedangkan untuk perlengkapan snorkeling sendiri kamu harus membawanya sendiri, karena di sekitar Pantai Ciputih belum tersedia tempat penyewaan peralatan tersebut.

5. Memancing

Simak juga: Indahnya Pulau Osi

Pantai Ciputih juga suka digunakan untuk mereka yang memiliki hobi memancing, pastikan memilih waktu yang tepat jika ingin memancing di sini.

Karena faktor cuaca, arah angin dan kondisi arus air sangat berpengaruh terhadap keberadaan ikan-ikan yang ada. Waku terbaik memancing di Pantai Ciputih adalah pada bulan Maret s/d Juli dan November serta Desember.

Karena di bulan-bulan tersebut kondisi lautan Ujung Kulon biasanya dalam keadaan cuaca yang cukup cerah dan bersahabat.

Hal ini sangat penting bagi kenyamanan ketika memancing, terutama untuk keselamatan apalagi jika kamu memancing di tengah lautan.

Jika enggan memancing di tengah lautan, Pengunjung bisa memancing di pinggir pantai yang sedikit berbatu. Atau yang lebih praktis lagi, langsung datang ke Pasar ikan Ciputih yang menyediakan aneka ikan di pagi hari.

6. Menyeberang Ke Pulau Mangir

Pengunjung juga bisa menyebrang ke Pulau Mangir, yaitu pulau kecil tak berpenghuni yang akan membuatmu merasa seperti berada di dunia lain yang indah dan mengesankan.

Di pulau yang tak berpenghuni ini, pengunjung bisa melakukan snorkeling untuk menikmati pemandangan bawah lautnya.

Hamparan pasir putih dan keindahan alam bawah laut menjadi salah satu potensi alam yang dimiliki Pulau Mangir. Kamu hanya akan mendengar debur ombak kecil dan hembusan angin yang menerpa pepohonan.

Sunyi. Jauh dari kebisingan kendaraan bermotor, suasananya pun masih begitu asri karena belum ada fasilitas yang dibangun di sekitar bibir pantai.

Untuk menuju Pulau Mangir dapat dilakukan dari Pantai Dadap Langu 2 atau Daplangu2 dengan menyewa sebuah perahu seharga Rp. 350.000 per perahu yang dapat diisi maksimal 12 orang.

panorama alam yang tiada duanya
panorama alam yang tiada duanya. Google Maps. Sumber: Nuga Murda

Simak juga: Sorga Surfing Pantai Nemberala

Penginapan

Penginapan yang paling terkenal di Pantai Ciputih ialah Ciputih Resort Beach. Rseort yang satu ini setara dengan hotel bintang 3 dengan memiliki sekitar 60 kamar.

Fasilitas yang akan kamu dapatkan diantaranya kamar yang dilengkapi dengan penyejuk ruangan atau AC, TV, kulkas, kamar mandi yang dilengkapi dengan shower dengan pilihan air panas atau tanpa air panas.

Penutup

Demikianlah kami bisa menyajikan cerita soal pantai Ciputih. Sebuah pantai indah yang tidak akan membuat menyesal jika dikunjungi.

Selamat berlibur!


Tinggalkan komentar