Pantai Ciputih, Surga Sunyi Lain di Taman Nasional Ujung Kulon

Sesuai dengan namanya, objek wisata pantai Ciputih menyimpan keindahan berupa pasir putih yang indah. Juga disertai dengan ombak tenang dengan air yang membiru.

Sesuai dengan namanya, objek wisata pantai Ciputih menyimpan keindahan berupa pasir putih yang indah. Juga disertai dengan ombak tenang dengan air yang membiru.
Pantai Ciputih. Image via: jejakpiknik.com

Pantai yang terletak di Ujung Kulon ini jarang sekali dijamah oleh wisatawan, dikarenakan lokasi kawasan yang tidak strategis dan belum banyak yang mengekspose kawasan ini di sosial media, jadi pantai ini masih sangat terjaga keasriannya

Pantai Ciputih pun bersih bebas dari dari sampah plastik atau pun dedaunan. Pantai Ciputih mampu membuat siapapun yang mengunjungi jatuh hati dna ingin berlama-lama di Pantai ini.

Ombak Pantai Ciputih cukup bersahabat dan aman buat berenang atau snorkeling. Tapi pengunjung musti bawa perlengkapan snorkeling sendiri dari rumah. Karena tidak ada fasilitas penyewaan perangkat snorkeling di sini.

Sementara itu, walaupun masih terkesan “perawan” dan alami, kawasan wisata Pantai Putih memiliki penginapan untuk berlibur di sana. Salah satu tempat penginapan yang banyak dicari di tempat ini adalah Ciputih Beach Resort yang memiliki fasilitas mewah dengan harga yang terjangkau.

pemandangan Senja dengan sunsetnya di pantai Ciputih sungguh mempesona.
Senja di Ciputih. Image via: @crumbs_story

Simak juga: tempat wisata di sekitar serang banten

Lokasi Pantai Ciputih

Pantai Ciputih terletak di Desa Ujung Kulon, Sumur, Pandeglang, Provinsi Banten.

Pantai Ciputih ini kurang banyak diekspose oleh wisatawan, jadi masih begitu asri dan bersih. Untuk menuju ke pantai ini diperlukan perjalanan darat yang memakan waktu kurang lebih 4 hingga 6 jam dari Jakarta.

Rute Menuju Pantai Ciputih

Bagi pengunjung yang ingin mengunjungi Pantai Ciputih ini, harus ekstra berhati-hati dan mempersiapkan kondisi kendaraan sebaik mungkin.

Walaupun pantai ini digadang-gadang sebagai surganya pantai di Banten yang belum banyak terjamah, namun akses jalan menuju kawasan ini masih susah karena kondisi jalan. Beberapa jalur menuju ke lokasi harus melewati batu-batu kerikil.

Unutk berwisata dan berlibur ke pantai ini, pengunjung dapat menempuh perjalanan darat melalui rute dari Jakarta-Serang-Pandeglang-Panimbang-Sumur-hingga sampai ke Pantai Ciputih.

Area pantai ini memang sangat jauh dari kawasan perkotaan, jadi masih belum banyak wisatawan yang menyambangi kawasan wisata ini. Namun Anda jangan khawatir, jika Anda kesulitan untuk mencari alamat pantai ini.

Pantai ciputih dikenal sebaagi pantai Perawan sunyi.
Pantai Perawan sunyi. Image via: @rarastitiwirastri

Pengunjung bisa bertanya dengan warga sekitar karena penduduknya sangat ramah. Jadi jika tersesat, jangan khawatir. Karena penduduk setempat akan mengarahkan ke lokasi tujuan.

Jam Buka Pantai Ciputih

Tidak ada ketentuan pasti mengenai jam buka pantai ciputih. Apalagi dengan keberadaan resor di sekitar pantai, praktis pantai jadi terbuka 24 jam untuk dinikmati keindahannya.

Tiket Pantai Ciputih

Bagi pengunjung yang datang ke kawasan Pantai Ciputih ini, bisa bersenang hati karena untuk mengakses kawasan ini tidak dikenakan biaya tiket alias Gratis.

Fasilitas Pantai Ciputih

Sebagai pantai yang masih belum banyak dijamah oleh wisatawan, Pantai Ciputih adalah pantai yang cukup memiliki fasilitas yang lengkap seperti area parkir yang luas, toilet, maupun musholla.

Namun sayangnya masih belum ada tempat makan yang menyajikan berbagai olahan laut. Padahal kuliner adalah salah satu faktor untuk menarik wisatawan. Namun untuk ukuran pantai ‘perawan’ pantai ini sudah cukup memadai dari segi fasilitas basic.

Daya Tarik Pantai Ciputih

  1. Pantai yang menawan

Pantai ciputih dengan bentag alam khas menjadi pantai yang menawan.
Pantai yang menawan. Image via: @triptrus

Simak juga: Coban Baung nan misterius

Sesuai dengan namanya yang memiliki unsur ‘putih’ di dalamnya, pantai ini memiliki air laut yang sangat jernih. Jangan heran jika ketika menuju bibir pantai, pengunjung dapat melihat “isi” laut yang sangat terlihat dengan mata telanjang.

Selain itu, pasir pantai di kawasan ini berwarna putih dan sangat lembut.  Karenanya, pengunjung tidak perlu khawatir apabila menginjak bebatuan maupun kerikil.

  1. Keindahan Bawah Laut

Lawasan Ujung Kulon, dimana Pantai ciputih berlokasi, memang memiliki kehidupan bawah air yang mempesona. Di sekitar Taman Nasional Ujung Kulon terdapat 3 hingga 4 titik snorkeling dengan terumbu karang cantik dan ikan yang banyak.

Beberapa di antaranya adalah ikan badut (nemo), lion fish yang beracun dan emperor angelfish. Airnya biru jernih, sehingga jarak pandang bagus.

pengunjung pantai ciputih dapa tmen ikmati snorkeling di tengah laut dnegan menyewa perahu nelayan
Berangkat Snorkeling. Image via: @prassetia

Titik snorkeling lainnya ada di Pulau Badul, dengan panorama taman laut yang tak kalah cantiknya. Ada juga Pulau Peucang juga memiliki banyak titik snorkeling yang cantik, seperti Ciapus, Citerjun, dan Legon Koba. The best spot-nya adalah dekat padang penggembalaan di seberang pulau yang harus ditempuh sekitar 15 menit dengan perahu.

Untuk bisa melihat semua spot itu, pengunjung hanya tinggal menyewa kapal kecil warga senilai Rp 500.000 untuk bisa sampai di spot snorkeling. Kapal ini bisa disewa beramai-ramai dengan teman sehingga bayarnya bisa dibagi dengan teman.

  1. Memancing

Umumnya orang ingin bersantai dan mancing di pantai. Di pantai Ciputih juga bisa melakukannya. Caranya tinggal menyewa kapal masyarakat setempat dengan harga yang bisa ditawar.

perahu Nelayan Ciputih berjajar rapi di tepi pantai memebrikan pemandangan indah tersendiri.
Nelayan Ciputih. Image via: travelingyuk.com

Simak juga: Indahnya Pulau Osi

Pastikan memilih waktu yang tepat jika ingin memancing di sini. Karena faktor cuaca, arah angin dan kondisi arus air sangat berpengaruh kepada keberadaan ikan-ikan. Waku terbaik memancing di Pantai Ciputih adalah pada bulan Maret s/d Juli dan November, Desember.

Bulan-bulan tersebut kondisi lautan Ujung Kulon biasanya dalam keadaan cuaca yang cukup cerah dan bersahabat.

Hal ini sangat penting bagi kenyamanan ketika memancing, terutama untuk keselamatan adalah yang utama apalagi bagi pemula atau yang baru mencoba memancing dengan kondisi di atas kapal yang berada di lautan.

Jika enggan memancing di tengah lautan, Pengunjung bisa memancing di pinggir pantai yang sedikit berbatu. Atau yang lebih praktis lagi, langsung datang ke Pasar ikan Ciputih yang menyediakan aneka ikan di pagi hari.

  1. Menyeberang Ke Pulau Mangir

Perahu penyeberangan menjadi salah satu sarana wisata menimati keindahan di pantai ciputih
Bersiap menyeberang. Image via: backpackerjakarta.com

Pengunjung juga bisa menyeberang ke Pulau Mangir, yaitu pulau kecil tak berpenghuni yang membuat merasa di dunia lain yang indah dan mengesankan. Di pulau talk berpenghuni ini, pengunjung bisa melakukan snorkeling untuk menikmati pemandangan bawah lautnya.

Hamparan pasir putih dan keindahan alam bawah laut menjadi salah satu potensi alam yang di miliki pulau mangir ini. Hanya terdengar suara langkah kaki, debur ombak kecil dan hembusan angin yang menerpa pepohonan.

Sunyi. Jauh dari bising lalu lalang kendaraan bermotor. Suasananya pun masih begitu asri karena belum ada fasilitas yang di bangun di sekitar bibir pantai. Jika ingin mencari ketenangan maka pantai inilah destinasi yang cocok, hanya ada suara ombak dan angin laut yang begitu mendamaikan hati.

Tidak ada tiket masuk tambahan yang harus di beli untuk menikmati pulau yang indah ini.

Pantai ciputih bsia dinikmatis ebagai pantai keluarga dengan melibatkan seluruh anggta keluarga
Bersama keluarga. Image via: tripadvisor.com

Simak juga: Sorga Surfing Pantai Nemberala

Objek Wisata Dekat Pantai Ciputih

Lokasi wisata terpopuler, dan terdekat dari pantai ciputih, adalah taman nasional Ujung Kulon. asalnya, kawasan wisata ini menyuguhkan tiga ekosistem, yaitu daratan, laut, dan pantai. Wilayah daratan terdiri dari Gunung Honje, Semenanjung Kulon, serta dua pulau kecil.

Area laut meliputi terumbu karang dan padang lamun. Kawasan yang tidak kalah menarik adalah pantainya. Di zona ini, Pengunjung bisa menikmati suasana hutan pantai dan mangrove. Ekosistem pesisir tersebut ditumbuhi beberapa jenis vegetasi.

29 km menyusuri pantai ke arah utara, terdapat Pantai Tanjung Lesung. Tanjung Lesung merupakan sebuah pantai berpasir putih dan berombak kecil. Luas kawasan pantai dengan bentuk melengkung mirip lumpang penumbuk padi ini adalah sekitar 150 hektare.

Tanjung Lesung memiliki kontur landai dengan garis pantai mencapai 15 km. Kondisi tersebut sangat menguntungkan karena pengunjung bisa melakukan berbagai macam kegiatan. Mulai dari duduk di tepi pantai, voli pantai, memancing, bermain banana boat, hingga menjajal jet ski.

Demikianlah kami bisa menyajikan cerita soal pantai Ciputih. Sebuah pantai indah yang tidak akan membuat menyesal jika dikunjungi.

Selamat berlibur!

Baca juga:

Artikel lainnya:

Leave a Comment