Pantai Congot, Surganya Memancing Di Kulon Progo

Selain Pantai Glagah dan Pantai Trisik, ternyata masih ada satu lagi pantai yang berada di Kulon Progo. Yakni Pantai Congot, pantai yang satu ini terkenal sebagai surganya memancing ikan.

Maka tak heran jika Pantai Congot banyak dikunjungi oleh mereka para mancing mania, selain itu masyarakat sekitar Pantai Congot menggantungkan hidupnya sebagai nelayan.

Pantai Congot memang tak sepopuler pantai lain yang ada di Kulon Progo, mulai banyak dikunjungi wisatawan ketika dibukanya Hutan Mangrove Pasir Mendit.

menikmati keindahan pantai congot
menikmati keindahan pantai congot. google maps. sumber: wahyu raharja

Simak juga: 11 tempat wisata Sleman

Karena memang lokasinya yang tak terlalu jauh dari Pantai Congot, yakni berada di sebelah barat pantai. Pantai Congot merupakan muara dari Sungai Bogowonto.

Ini pulalah yang menyebabkan Pantai Congot menjadi spot favorite para pemancing, karena terdapat banyak jenis ikan yang ada mulai dari ikan air tawar, ikan air payau hingga ikan air asin.

Terdapat jembatan api-api yang melintang sebagai akses untuk menyebrangi Sungai Bogowonto, jembatan tersebut sering digunakan spot foto oleh para pengunjung.

Yang paling unik dari Pantai Congot ialah lokasinya yang berada di dekat dengan Bandara Internasional Yogyakarta, jadi selain menikmati keindahan alam kamu pun akan menyaksikan landasan pesawat terbang.

Lokasi Pantai Congot

Lokasi Pantai Congot berada di Desa Jangkaran, Kecamatan Temon, Kabupaten Kulon Progo, Provinsi D.I. Yogyakarta.

Rute Menuju Pantai Congot

Untuk menuju Pantai Congot, rutenya sama dengan jalur menuju Pantai Glagah dan Pantai Trisik, karena memang lokasinya yang masih berdekatan.

Jika kamu bergerak dari pusat kota Yogyakarta arahkan kendaraanmu menuju Jalan Wates, ketika sudah tiba di patung Nyi Ageng Serang tinggal menuju Purworejo yang akan melewati Terminal Wates terlebih dahulu.

Ketika menemukan pertigaan jalan, beloklah ke arah kiri dimana kamu akan menemukan sebuah jembatan. Untuk selanjutkan kamu tinggal menemukan petunjuk jalan yang akan membawamu menuju Pantai Congot melalui Dusun Pasir Mendit.

Karena memang kawasan Pantai Congot merupakan satu kawasan wisata dengan Hutan Mangrove. Jalan yang akan dilalui pun cukup bagus, tidak terlalu banyak kendala yang berarti.

Jam Buka Pantai Congot

Jam operasional Pantai Congot dibuka setiap hari Senin hingga Minggu, mulai pukul 08 pagi hingga pukul 05 sore. Namun, banyak juga pengunjung yang datang ketika matahari hendak tenggelam, untuk melihat indahnya sunset di Pantai Congot.

senja di pantai congot
senja di pantai congot. google maps. sumber: tabitha andrea

SImak juga: Putuk Truno

Tiket Pantai Congot

Tiket masuk dan parkir Pantai Congot, yakni:

  • Tiket masuk sebesar Rp. 6.000,- per orang
  • Parkir motor dengan membayar Rp. 3.000,- per unit
  • Untuk mobil sebesar Rp. 10.000,- per unit
  • Untuk bis harus membayar sebesar Rp. 15.000 per unit
  • Dan sepeda juga harus membayar sebesar Rp. 1.000,- saja

Fasilitas Pantai Congot

Fasilitas umum yang ada di Pantai Congot diantaranya:

  • Area parkir kendaraan
  • Warung-warung makanan dan minuman
  • Kamar mandi
  • Mushola

Daya Tarik Pantai Congot

1. Alam Pantai Congot

berfoto bersama pantai congot
berfoto bersama pantai congot. google maps. sumber: Muhammad Arifin

Pantai Congot merupakan sebuah pantai yang memiliki hamparan pasir yang berwarna hitam. Deburan ombak yang ada sangat kencang khas laut selatan pada umumnya.

Terdapat papan peringatan yang memberitahukan bahwa kamu tidak diperkenankan untuk berenang, sebab untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Di sekitar Pantai Congot terdapat deretan pohon yang menambah asri suasana pantai, serta beberapa warung yang akan menyajikan olah seafood yang segar.

Kamu juga akan melihat beberapa kapal kecil yang bersandar di tepi pantai, perahu tersebut merupakan perahu yang biasa digunakan nelayan untuk mencari ikan.

Berjalan di tepi Pantai Congot, merasakan derasnya suara deburan ombak apalagi dengan menyaksikan terbenamnya matahari yang sangat cantik.

2. Hiaunya Hutan Mangrove Pasir Mendit

jembatan sederhana namun kece badai
jembatan sederhana namun kece badai. google maps. sumber: Rizki Aprian

SImak juga: Danau Matano

Setelah puas menjelajahi Pantai Congot, sekarang langkahkan kaki menuju kawasan Hutan Mangrove yang berada tak jauh dari pantai.

Terdapat sebuah jembatan bambu sederhana yang akan membawamu menuju kawasan hutan mangrove, selain itu jembatan bambu tersebut sering digunakan juga untuk spot foto yang menarik.

Hamparan laut yang seakan tak berujung dihiasi oleh pepohonan hijau yang cukup lebat merupakan satu kesatuan yang saling melengkapi.

3. Spot Memancing

Pantai Congot merupakan lokasi terbaik untuk memancing ikan, karena terdapat berbagai jenis ikan yang dapat kamu tangkap.

Terletak di bagian barat pantai, yang merupakan pertemuan air tawar dari Sungai Bogowonto yang bertemu dengan air laut.

surganya memancing
surganya memancing. google maps. sumber: Dedy Harmanto

Pertemuan antara air laut dan air sungai tersebut yang menjadikan Pantai Congot memiliki beragam jenis ikan yang dapat kamu tangkap dengan mudahnya.

Maka jangan heran jika banyak pengunjung yang datang dengan membawa serta alat pancingan yang dimiliki. Selain menikmati keindahan Pantai Congot tentunya.

4. Tempat Kuliner Seafood

kuliner seafood seru
kuliner seafood seru. google maps. sumber: k_da

Simak Juga: Pantai Sanglen

Di sepanjang Pantai Congot terdapat deretan warung-warung makanan yang menawarkan olahan seafood khususnya udang dan ikan.

Pantai Congot terkenal dengan budidaya ikan dan udang tambak, olahan seafood yang akan disajikan sangat fresh. Menikmati olahan seafood yang enak dihiasi pemandangan alam yang menyejukkan sungguh nikmat sekali.

Selain itu, kamu juga dapat membeli ikan segar yang dibawa oleh nelayan yang baru saja pulang melaut untuk dibawa ke rumah.

Tips Wisata

Ketika hendak mengunjungi Pantai Congot sebaiknya simak beberapa tips wisata berikut ini:

  • Gunakan kacamata hitam, topi serta sunblock untuk meminimalisir paparan sinar matahari.
  • Dilarang berenang di Pantai Congot karena derasnya deburan ombak.
  • Jaga selalu kebersihan dan keasrian Pantai Congot.
  • Hindari perbuatan yang dapat merugikan diri sendiri dan orang lain.
  • Siapkan gadget kamu untuk menangkap momen seru ketika berada di Pantai Congot.
perahu nelayan
perahu nelayan. google maps. sumber: Elisabeth Jati 

Penginapan

Penginapan di sekitar Pantai Congot belum terlalu memadai, kamu akan menemukan banyak penginapan maupun hotel di sekitar Pantai Glagah.

Tinggal kamu pilih ingin menginap dimana yang sesuai dengan keinginan dan budget kamu tentunya. Karena memang Pantai Glagah selalu ramai dikunjungi wisatawan yang datang dari berbagai daerah.

Penutup

Pantai Congot tak terlalu ramai oleh pegunjung, sehingga menjadikannya lokasi wisata yang tepat untuk kamu yang tak begitu menyukai keramaian.

Kunjungilah Pantai Congot weekend ini, ajak serta keluargamu untuk menyantap olah seafood yang segar sambil menghabiskan waktu bersama.

Leave a Comment