Jogja Escape; Pantai Depok Yang Menawan Dan Eksotis

0

Mengenal Indonesia bukanlah dari masyarakatnya atau juga pemerintahannya, melainkan dari lautnya, setidaknya itulah yang saya tahu. Negeri ini di beri kekayaan air yang luar biasa. Apalagi, negeri bawah lautnya yang hampir semua orang mengakui keindahannya begitu luar biasa.

Sebenarnya, tidak hanya negeri bawah lautnya saja yang menakjubkan. Di pesisirnya pun juga tak kalah menariknya. Berpadu dengan sebuah kebudayaan dan adat masyarakat. Pantai ini tumbuh dan berkembang menjadi sebuah kawasan wisata yang cukup unik.

dago dream park
dago dream park info

Mungkin, hanya disini saja, wisatawan semua bisa sarapan pagi di tepi pantai.

Pantai depok Jogja
Sumber: Rizki Pradhana (Coll.)

Ya, Pantai Depok Yogyakarta, menyajikan sebuah pesona yang baru. Dimana, pagi hari saat matahari masih terkesan malu-malu untuk menampakkan sinarnya. Tetapi, Pantai Depok sudah ramai oleh para pedagang yang menggelar dagangannya. Bagaikan sebuah pasar tiban yang ramai dan menjadi langganan.

Daya Tarik Pantai Depok

Beberapa pengunjung memang sengaja datang pagi-pagi untuk menghindari teriknya sinar matahari. Udara pagi yang masih sejuk membuat semua orang ingin datang ke pantai dan menikmati sajian khas nusantara. Kalau di sini, di sebut dengan jajanan pasar. Berupa camilan khas yang rasanya pun beragam.

Tidak hanya jajanan pasar saja melainkan ada bubur dan juga nasi yang ditawarkan oleh para pedagang. Uniknya para pengunjung yang datang pun berbondong-bondong mengantri hingga tempat ini berubah menjadi sebuah pasar yang cukup ramai. Bagi yang tidak pernah kesini, atau sudah lama tidak kesini, mereka pasti akan berpikir jika tempat ini bukanlah pantai melainkan sebuah pasar.

Tidak hanya menjual makanan saja, ada juga bumbu dapur seperti bawang merah, bawang putih yang dijual dengan harga yang tidak jauh berbeda dengan harga di pasar. Selain bumbu dapur, ada pula ikan-ikan segar dan ikan hias yang bakal menarik para wisatawan yang datang kesini untuk membelimya.

Baca Juga :  Wisata pasar malam hiburan rakyat

Kapal-kapal nelayan yang bersandar bisa dijadikan tempat untuk duduk dan menikmati ombak pantai yang bergemuruh. Sungguh terasa dunia ini milik sendiri. Tidak ada yang akan mampu mengutarakan bagaimana rasanya. Karena, memang sangat sulit untuk diutarakan.

Pantai Depok Pantai
Sumber: @gembos_h

Bosan berada di kapal, wisatawan semuanya bisa menyewa tenda dan juga tikar menimati lebih dekat air laut yang terkadang sangat ganas mengehempaskan tubuh wisatawan lain yang sedang asik bermain air. Mereka larut dalam sebuah kegembiraan yang tidak akan bisa terulang kembali.

Di Pantai Depok, ada sebuah wahana kekinian berupa spot foto yang berbentuk jantung hati. Atau spot foto yang lainnya dengan hiasan bunga-bunga yang menarik hati untuk mengabadikannya dalam sebuah foto. Karena, foto adalah saksi bisu yang akan diceritakan esok kepada anak-cucu di masa depan.

Pantai Depok Gumuk Pasir Spot Foto
Sumber: @nyonyokecil

Bosan hanya duduk menunggu tanpa kejelasan. Teman Traveller semua bisa memanfaatkan arena bermain yang lainnya. Yaitu motor cross yang disewakan dengan harga 25 ribu saja. Harga yang cukup murah untuk berkeleling Pantai depok dengan menggunakan motor ini.

Jangan takut kehabisan karena, sudah banyak yang menyediakan jasa motor seperti di pantai ini. Harganya pun juga sama 25 ribu rupiah saja. Pacu adrenalin teman Traveller semua dengan naik ini. Dijamin seru dan bikin nagih atau bahkan enggan untuk berhenti dan turun.

Pergi ke pantai tidak kan tepat rasanya untuk mengabadikannya dengan mengambil beberapa foto. Bila Teman Traveller tidak membawa foto, tenang saja. Karena, di tempat ini sudah ada jasa foto yang bisa mengabadikan momen sobat Traveller semua. Harga fotonya cukup murah hanya dengan membayar 10 ribu saja.

Di Pantai depok ada sebuah pasar ikan yang sayang untuk dilewatkan. Pasar ini bisa dibilang yang paling besar diantara pasar ikan yang ada di Yogya. Bebagai macam ikan, tersedia di tempat ini mulai dari bawal, kerapu, lele, bahkan ikan hiu pun tersedia disini dengah harga yang cukup mahal.

Baca Juga :  Kebun Binatang Gembira Loka Yogyakarta, Bukan Sekedar Rekreasi
Pantai Depok Pasar Ikan
Sumber: https://sewamotordijogja.com

Bagi teman Traveller yang tidak mau disibukkan dengan memasak ikan ini bisa meminta tolong untuk sekalian di masak. Karena, biasanya pemilik warung ini juga pedagang ikan di pasar ikan ini. Bagaimana Cukup mudah bukan? Tidak perlu pakai repot dengan memasak ikan tersebut, harganya pun cukup bersahabat.

Laguna Pantai Depok

Mau pulang? Tunggu dulu, jangan pulang dahulu karena, masih ada satu wahana lagi yang harus dikunjungi di pantai ini. Lokasinya pun tak jauh dari Pantai Depok, kurang lebih 500 meter dari Pasar Ikan ini.

Tempat itu adalah Laguna Depok yang mempunyai pesona tak kalah indah dengan pantainya. Ada banyak pepohonan yang berdiri di sekitar laguna ini. Kondisi airnya pun cukup tenang. Ada beberapa kapal nelayan yang juga bersandar di laguna ini.

Pantai Depok Laguna 1
Sumber: @ipehiffa

Apa yang menarik disini? Teman Traveller semua bisa menikmati laguna ini dengan naik kapal nelayan yang memang sengaja di persiapkan untuk wisatawan semuanya. Wisatawan semua akan diajak untuk berkeliling laguna dengan menggunakan kapal ini.

Saya akui, naik kapal nelayan ini memang memiliki rasa yang berbeda. Entah, kata-kata apa yang tepat untuk bisa menjelaskan bagaimana rasanya. Mungkin, menakjubkan adalah kata yang paling tepat diantara semua kata yang bisa diucapkan.

Jangan lewatkan pula pemandangan sunset dari laguna ini. Sungguh, rona matahari yang berubah warna menjadi oranye membentuk sebuah keindahan yang tidak akan bisa dijelaskan dengan apa pun. Rona ini pun berpadu dengan warna langit yang juga berubah menghadirkan pesona alam yang luar biasa indahnya.

Baca Juga :  Taman Balekambang, Tempat Wisata Keluarga Wong Solo
Pantai Depok Laguna 2
Sumber: @wendhiz_7

Rute, Lokasi, dan Harga Tiket Masuk

Pantai Depok berada di kecamatan Kretek, Kabupanten Bantul, Provinsi Yogyakarta. menuju pantai ini sebenarnya sangat mudah. Karena, letaknya yang berdekatan dengan Pantai Parangtritis membuat pantai Depok memiliki rute perjalanan yang hampir sama dengan Parangtritis.

Hanya saja, sebelum masuk gapura retribusi pantai Parangtritis, arahkan kendaraan wisatawan semua kearah kanan. Ikuti jalan dan wisatawan semua akan sampai di Pantai Depok. Bila ingin ke Lagunanya, Teman Traveler semua bisa melewati pasar ikan belok ke kanan. Sayangnya, kondisi jalan ini rusak.

Tetapi, bila wisatawan ingin di kondisi jalan yang baik. Teman traveller bisa berbalik arah dari gapura Pantai Depok sekitar 400 meter belok ke kiri. Kemudian, lurus sejauh 400 meter, dan wisatawan semua tiba di Laguna Depok.

Untuk Harga tiket masuk, saat weekday dikenakan tarif sebesar 7.500 untuk hari libur, weekend, atau ada event apa pun dikenakan tarif sebesar 10 ribu rupiah. Tetapi, saat pagi hari pukul 6 – 7 pagi gratis. Karena, petugas retribusi belum ada di sini.

Pantai Depok adalah sebuah tempat wisata dimana terjadi sebuah fenomena budaya masyarakat sekita pantai. Memanfaatkan pagi yang indah dan sejuk dengan menggelar barang dagangan mereka di pinggiran pantai. Fenomena ini pun ditangkap dengan baik oleh wisatawan semua dan memanfaatkannya sebagai sebuah destinasi wisata baru.

Bagaimana, penasaran dengan pantai Depok? pantai ini cocok dijadikan tujuan alternatif tempat wisata di Jogja. Jangan lupa sempatkan waktu Teman Traveller semua mengunjungi tempat ini bila berkunjung ke Yogyakarta.

77%
Awesome
  • Lokasi
  • Harga Tiket Masuk
  • Daya Tarik
You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.