Pantai Dewi Mandapa, Destinasi Wisata Pantai Di Lampung Yang Menggoda

Pantai Dewi Mandapa merupakan salah satu pantai yang ada di Lampung tepatnya di Kabupaten Pesawaran, yang memiliki keindahan dan keunikannya tersendiri.

Lokasi Pantai Dewi Mandapa masih sangat tersembunyi, hal tersebut ditandai dengan masih rindangnya pepohonan di jalur menuju Pantai Dewi Mandapa.

Meski begitu, pantai ini menyimpan keindahan yang sangat mengagumkan. Banyak pengunjung yang takjub akan keindahan yang dimilikinya.

Kamu dapat menenangkan diri sambil menikmati panorama indah yang tersaji di depan mata. Beberapa pohon mangrove ikut menghiasi Pantai Dewi Mandapa.

Pantai ini merupakan rumah bagi pohon mangrove atau pohon bakau, sehingga tercipta hutan bakau atau hutan mangrove yang sangat asri.

pantai dewi mandapa
pantai dewi mandapa. google maps. sumber: saverio evander

Simak juga: Beragam lokasi Wisata Di Lampung.

Berikut gambaran lengkap mengenai kawasan Pantai Dewi Mandapa:

Lokasi & Alamat Pantai Dewi Mandapa

Lokasi Pantai Dewi Mandapa tak terlalu jauh dari Pantai Sari Ringgung, tepatnya terletak di Desa Gebang, Kecamatan Padang Cermin, Kabupaten Pesawaran, Lampung.

Rute Menuju Pantai Dewi Mandapa

Rute menuju Pantai Dewi Mandapa jika berangkat dari Kota Bandar Lampung memerlukan waktu sekitar 1 jam perjalanan.

Dengan mengarahkan kendaraanmu menuju Jalan Pramuka ke arah Teuku Cik Ditiro. Lalu kamu akan melewati Jalan Raden Imba Kusuma Ratu hingga tiba di Padang Cermin.

Kondisi jalan menuju ke arah Pantai Dewi Mandapa masih berupa tanah dan batu, serta disamping kiri dan kanan jalannya ditumbuhi pepohonan yang cukup rindang.

Meski begitu jalurnya dapat dilalui mobil atau motor, namun hanya cukup untuk satu jalur mobil saja.

Jam Buka Pantai Dewi Mandapa

Jam operasional Pantai Dewi Mandapa dibuka setiap hari Senin hingga Minggu, mulai pukul 08.00 hingga pukul 17.00 waktu setempat.

gazebo di sekitar pulau cinta
gazebo di sekitar pulau cinta. google maps. sumber: Jeffry Tjandra Widjaja

Simak Juga: Taman Nasional Wakatobi.

Tiket Pantai Dewi Mandapa

Tiket masuk Pantai Dewi Mandapa sekitar:

  • Jika membawa kendaraan motor membayar sebesar Rp. 25.000,- per motor
  • Untuk kamu yang menggunakan mobil dengan membayar sekitar Rp. 50.000,- per mobil

Fasilitas Pantai Mandapa

Fasilitas yang ada di Pantai Dewi Mandapa dibilang sudah lengkap, hal tersebut ditandai dengan tersedianya:

  • Area untuk menyimpan kendaraan
  • Kamar mandi
  • Warung makanan dan minuman
  • Gazebo
  • Spot foto
ayunan di pulau cinta
ayunan di pulau cinta. google maps. sumber: Rian Rayman

Daya Tarik Pantai Dewi Mandapa

Menurut cerita dari masyarakat sekitar, penyematan nama Dewi Mandapa berasal dari nama dari pemilik kawasan wisata ini yakni Dewi Mandapa.

Pantai Dewi Mandapa memiliki daya tarik sebagai berikut:

1. Alam Yang Sangat Indah

Simak juga: Wisata Karimun Jawa.

Pantai Dewi Mandapa memiliki keindahan alam yang lengkap, karena disini kamu dapat melihat hamparan pasir putih, birunya laut, kawasan hutan bakau, dan gunung yang berdiri dengan gagahnya.

Perpaduan alam yang lengkap tersebut banyak dimanfaatkan para pengunjung untuk bersantai sejenak dari segala rutinitas yang membosankan.

Selain itu kondisi pantai yang tak terlalu ramai, membuatnya menjadi lokasi yang tepat untuk menenangkan diri. Pantai Dewi Mandapa memiliki area yang cukup luas, sehingga dapat digunakan untuk mendirikan tenda dan melakukan kegiatan camping.

Kawasan hutan mangrovenya pun menjadi daya tarik tersendiri dari Pantai Dewi Mandapa, yang sering dikunjungi wisatawan.

2. Pulau Cinta

pulau cinta
pulau cinta. google maps. sumber: Ira SW

Daya tarik selanjutnya dari Pantai Dewi Mandapa ialah keberadaan Pulau Cinta yang memiliki pasir putih timbul yang sangat lembut.

Lokasi ini menjadi spot favorit para wisatawan yang datang mengunjungi Pantai Dewi Mandapa, karena keindahan yang disajikannya.

Disini terdapat beberapa gazebo atau saung-saung yang jika airnya sedang pasang, seperti berada di atas air. Ragam kegiatan seru yang dapat kamu lakukan ketika berada di Pulau Cinta diantaranya:

  • Bermain lembutnya pasir putih
  • Bermain air laut
  • Bermain ayunan
  • Hunting foto-foto yang kece banget
  • Snorkeling

Untuk dapat menikmati keseruan di Pulau Cinta, kamu harus membayar biaya tambahan lagi sekitar Rp. 5.000,- per orangnya.

pasir putih timbul
pasir putih timbul. google maps. sumber: Franciscus Tannos

3. Dermaga Apung

Daya tarik lain yang dimiliki Pantai Dewi Mandapa ialah keberadaan sebuah dermaga apung yang lokasinya berada tak jauh dari Pulau Cinta.

Dermaga ini terbuat dari kayu yang mengapung di atas lautan, diatasnya terdapat sebuah kursi santai yang bisa kamu gunakan untuk bersantai menikmati matahari.

4. Panorama Sunset

Pergi ke pantai tak lengkap rasanya jika tidak menikmati proses perubahan alam yang sangat cantik, yakni menyaksikan matahari tenggelam dan kembali ke peraduannya.

Kamu dapat menikmati indahnya sunset ketika berada di dermaga apung, ataupun ketika bersantai di gazebo-gazebo yang ada.

Namun, saat ini hal tersebut tak dapat kamu lakukan karena jam operasional dari Pantai Dewi Mandapa hanya sampai pukul lima sore saja. Hal tersebut dikarenakan dalam upaya untuk mencegah terjadinya penyebaran covid-19 di wilayah Lampung.

kawasan hutan mangrove
kawasan hutan mangrove. google maps. sumber: Yeni Ast

Simak Juga: Pantai Ngeliyep.

Penutup

Pantai Dewi Mandapa memiliki potensi alam yang sangat indah, semoga terus dijaga dan dikelola dengan baik supaya dapat terus dinikmati hingga kapan pun.


Tinggalkan komentar