Pantai Drini, Spot Snorkeling Yang Indah di Jogja

| | ,

Kota Yogyakarta khususnya daerah Gunungkidul sangat terkenal dengan potensi wisata alam pantainya. Di deretan pesisirnya, ada banyak pantai dengan keindahan yang sangat mempesona dan menarik para wisatawan.

Salah satu dari objek wisata pantai tersebut adalah Pantai Drini. Banyak wisatawan domestik maupun asing yang mengenal pantai ini sebagai tempat yang pas untuk bersnorkeling.

pantai drini
Pantai Drini. Image via: www.youtube.com

Letak pantai ini berdekatan dengan Pantai Pok Tunggal, Pantai Nglambor dan juga Pantai Baron. Lokasinya terletak di perbukitan yang tinggi membuat Anda dapat melihat dan menikmati pemandangan alam dengan lebih leluasa.

Ini merupakan point plus sekaligus daya tarik bagi para wisatawan yang berkunjung ke Pantai Drini.

Lokasi

Pantai Drini terletak di Kecamatan Tanjungsari Gunungkidul Yogyakarta. Tepatnya, pantai ini terletak di sebelah timur Pantai Baron dan Pantai Sepanjang. Daerah Pantai Drini ini masih satu deret dengan Pantai Krakal, Pantai Sundak, dan Pantai Kukup.

Simak juga: daftar tempat wisata di Jogjakarta

dago dream park
dago dream park

Jalan Menuju Pantai Drini

Untuk Anda yang akan berkunjung ke Pantai Drini, Anda dapat mengaksesnya dari beberapa jalur yang berbeda. Berikut ini adalah rute yang dapat Anda tempuh untuk sampai ke Pantai Drini.

1. Dari Arah Solo

Apabila Anda datang dari arah solo, Anda dapat memilih dua jalur yaitu melalui Sukoharo atau Klaten. Apabila melalui Klaten, rutenya adalah Klaten kota-Cawas-Semin-Watukelir-Tanjungsari, ikuti arah menuju ke Pantai Drini.Sedangkan untuk jalur yang melalui Sukoharjo adalah Sukoharjo-Solo-Tawangsari-Semin-Watukelir-Karangmojo-Tanjungsari, ikuti arah menuju ke Pantai Drini.

2. Dari Arah Pusat Kota Yogyakarta

Bila Anda datang dari arah kota Yogyakarta, Anda dapat melalui rute berikut ini : Jogja kota-Piyungan-Patuk-Sambipitu-Landasan Udara TNI Gading-Siyono-Bundaran Tugu BPD-Wonosari-Jalan Baron-Tanjungsari-ikuti ke arah Pantai Drini.

Anda dapat menggunakan rute tersebut sebagai denah menuju Pantai Drini.Pilihlah jalur yang Anda anggap paling hemat waktu dan bebas macet agar perjalanan menjadi nyaman.

pantai drini
Pantai Drini. Image via: visitingjogja.com

Simak juga: wisata Kalibiru di Jogja

Harga Tiket Masuk

Tiket masuk untuk dapat menikmati keindahan Pantai Drini cukup murah yaitu hanya 4 ribu rupiah per orang. Nantinya Anda akan dikenakan tambahan biaya parkir sebesar 3 ribu untuk roda dua dan 5 ribu untuk roda empat. Dengan membayar tarif tersebut, Anda sudah bisa berkeliling menikmati keindahan Pantai Drini dan beberapa pantai di sekitarnya.

Jam Buka

Pantai Drini dibuka selama 24 jam sehingga Anda dapat bebas mengunjunginya kapan saja. Anda dapat ke sini baik pagi, maupun sore hari.

Snorkeling Di Pantai Drini

Salah satu daya tarik dari Pantai Drini adalah tempat snorkeling yang menyajikan pemandangan bawah laut. Disana terdapat sebuah pulau karang yang membelah Pantai Drini menjadi 2 bagian. Di sisi barat digunakan sebagai dermaga dan pelelangan ikan. Di sisi timur adalah laguna yang indah dengan ombak yang tenang dan tidak terlalu dalam.

Kedalaman laguna ini hanya sekitar satu setengah meter. Walaupun laguna ini tidak begitu luas, namun keindahan di dalamnya sangat mempesona. Anda dapat melihat banyak biota laut dan terumbu karang yang cantik.


Snorkeling
snorkeling di pantai drini. Image via: www.instagram.com/pantai_drini/

Petualangan di bawah air dengan bersnorklingakan menjadi pengalaman yang tidak terlupakan dan mengesankan. Bila Anda berencana akan bersenorkling, lebih baik cari tahu dahulu keadaan pantainya.

Jangan melakukan aktivitas snorkeling saat ombak pasang karena akan sangat berbahaya. Ombak biasanya tidak dapat diprediksi dan dapat menyeret Anda ke tengah.

Simak juga: wisata ekstrem di Pantai Timang

Daya Tarik Pantai Drini Lainnya

Pantai Drini memiliki banyak daya tarik yang membuat para wisatawan ingin menikmati semua yang ada disana dalam waktu yang lama. Kelebihan dari Pantai di Jogja ini adalah sebagai berikut:

1. Pasir Putih Yang Lembut

Pantai Drini begitu indah dengan pasir putihnya yang lembut sehingga Anda akan merasa aman dan nyaman berjalan di pantai tanpa alas kaki sekalipun. Anda juga tidak perlu khawatir bila anak Anda bermain dengan pasir karena tidak banyak kerikil tajam yang akan melukai dan berbahaya.

Pasir putih lembut
Pasir lembut pantai drini. Image via: www.tourkejogja.com

Simak juga: review wisata Pantai Siung

2. Daerah Pantai Yang Landai dan Luas

Pantai ini memiliki daerah yang terbilang luas sehingga pengunjung dapat dengan bebas bersantai, beraktifitas, bermain pasir, berenang, berjemur dan lain sebagainya. Dengan daerah yang landai, Anda dapat bermain dengan puas dan lebih aman. Namun tetap awasi anak-anak saat bermain agar keselamatannya terjaga karena terkadang kondisi pantai tidak dapat diprediksi.

Pantai Landai dan Luas
Pantai landai dan luas. Image via: hotelthecube.com

3. Air Laut Yang jernih

Pantai Drini sangat memukau karena memiliki air yang jernih.Selain itu, kebersihan pantai juga sangat terjaga sehingga sedap dipandang mata dan membuat para wisatawan betah menghabiskan waktu di sini.

Pantai Bening pantai Drini
Air laut Jernih Pantai Drini. Image via: www.superadventure.co.id

4. Pemandangan Yang Indah Dari Atas Tebing

Daya tarik yang ada, salah satunya adalah pemandangan yang indah yang dapat dilihat di ketinggian. View yang disajikan sangat menakjubkan dan membuat Anda dapat melihat luasnya hamparan laut berpadu dengan birunya langit. Selain itu, Anda dapat menikmati pemandangan tersebut sambil bersantai di gazebo yang sudah disediakan.

Gazebo di atas karang
Gazebo di atas tebing. Image via: jogja.tribunnews.com

5. Fasilitas Yang Lengkap

Daya tarik Pantai ini bukan hanya karena keindahan alamnya saja, tetapi juga karena fasilitasnya. Di pantai ini terdapat fasilitas yang lengkap antara lain adalah tempat ibadah, tempat parkir, gazebo, resto, toilet penginapan dan lain sebagainya. Jadi, Anda tidak usah khawatir bila akan mengajak saudara, teman atau pasangan mengunjungi tempat ini.

Gazebo Pantai Drini
Gazebo Pantai drini. Image via: travel.detik.com

Bila Anda merasa lapar, ada banyak warung yang menyediakan berbagai jenis masakan. Olahan yang sangat digemari oleh para wisatawan adalah hidangan seafood.

Olahan seafood ini terasa sangat nikmat karena merupakan hasil tangkapan langsung dari para nelayan yang berlayar. Jadi, bahan-bahan masakan masih dalam keadaan segar.

Sunset pantai drini
Sunset pantai drini. Image via: twitter.com/yogyakartacity

Untuk harga makanannya tergolong murah karena kebanyakan warung menyediakan menu standar khas pesisir dan menu lokal saja. Jadi jangan khawatir untuk mencicipi hidangan laut yang membangkitkan selera makan. Tapi agar merasa lebih yakin, tanyakan dulu harganya kepada penjual sehingga Anda tidak merasa tertipu karena menganggap harganya terlalu mahal.

Gunungkidul memang surganya pantai yang indah. Bila Anda ingin berwisata ke pantai disarankan untuk berangkat pagi hari agar dapat menikmati setiap spot menariknyadengan puas. Selain itu, Anda juga bisa mengunjungi pantai lain disekitarnya yang tidak kalah cantiknya. Jangan lupa juga mengabadikan moment liburan Anda dengan berfoto bersama.

Di beberapa spot, sekarang sudah terdapat tempat khusus berfoto yang dihias dengan cantik. Ada pula tempat duduk yang disediakan khusus untuk properti berfoto dengan tulisan Pantai Drini sebagai backgroundnya. Jangan lewatkan kesempatan ini untuk menikmati setiap objek agar merasa puas dan pulang dengan hati gembira.

Sebagai pengunjung yang baik, jangan lupa untuk ikut serta dalam menjaga kebersihan lingkungan. Jangan membuang sampah sembarangan dan mengotori lingkungan. Jaga dan rawat pantai yang indah ini agar tidak tercemar dan terlihat kumuh. Selamat berlibur dan menikmati keindahan pantai di Yogyakarta. Semoga liburan Anda di Pantai Drini menyenangkan dan informasi yang disampaikan membantu Anda.

 

Pantai Drini, Spot Snorkeling Yang Indah di Jogja
4.6 (92%) 5 vote[s]

Spread the love
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Previous

13 Tempat Wisata di Lampung Yang Keren dan Indah Banget!

Rileks di Pantai Ujung Genteng, Pantai Indah di Sukabumi

Next

Artikel Wisata Lainnya

Leave a Comment