Pantai Goa Cemara, Nikmati Teduhnya Pohon Cemara Disini

Daerah Istimewa Yogyakarta, seperti namanya memang istimewa. Provinsi yang terletak di ujung selatan Pulau Jawa ini memiliki segudang cerita tak terlupakan.

Bagi Anda yang pernah jalan-jalan ke sini pasti tahu seperti apa rasanya. Bukan hanya daerah Kota-nya saja yang mempunyai potensi wisata, tapi juga daerah-daerah lainnya, terutama pantai. Ada beberapa wilayah Yogyakarta dengan potensi wisata bahari populer, yaitu Gunung Kidul, Bantul dan Kulon Progo.

Bila Anda ingin berkunjung ke pantai dengan jarak yang relatif dekat dari Kota Yogyakarta, maka Bantul-lah jawabannya. Pantai seperti Parangtritis dan Samas yang terkenal pasti sudah biasa. Oleh karena itu, jelajahilah pantai lain dengan segala keunikannya seperti Pantai Goa Cemara.

Pantai Goa Cemara Sunset
Foto: www.instagram.com/serriii.ss

Pantai ini disebut unik karena Anda akan menemukan ribuan pohon cemara yang tumbuh di tepian pantai. Semua pohon cemara tumbuh subur dan rimbun, sehingga dapat dijadikan sebagai tempat berteduh.

Simak juga: review Pantai Sepanjang.

Lokasi Pantai Goa Cemara

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, Pantai Goa Cemara masuk ke wilayah Kabupaten Bantul. Tepatnya di Dusun Patihan, Desa Gadingsari, Kecamatan Sanden, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Jarak dari Kota Yogyakarta pun cukup dekat, sekitar 33 km saja. Tak sampai satu jam Anda sudah bisa sampai di tempat ini dengan kendaraan pribadi.

Untuk kondisi jalanannya pun sudah sangat bagus. Akses menuju Pantai Selatan daerah Bantul sudah diaspal dan dapat dilewati dengan nyaman. Tapi untuk masuk ke gerbang Pantai Goa Cemara sendiri jalannya masih berupa tanah bercampur dengan pasir pantai.

Anda tidak perlu khawatir dengan kondisi tersebut, sebab teksturnya relatif halus. Hanya kadang-kadang masih becek saat musim hujan tiba.

Lihat juga: daftar tempat liburan di jogja yang populer

Rute Ke Pantai Goa Cemara

Rute menuju Pantai Goa Cemara dari Kota Yogyakarta sebenarnya sangat mudah. Dari sini, Anda hanya perlu melaju ke arah selatan Pojok Benteng Kulon. Lurus saja mengikuti jalan sampai ke Jalan Bantul. Lanjutkan perjalanan terus ke arah selatan hingga Anda menemukan Jalan Samas.

Setelah itu akan ada Tempat Pembayaran Retribusi (TPR), Anda diminta untuk membayar tiket masuk terlebih dahulu sebelum melanjutkan perjalanan. Setelah membayar di TPR, Anda akan melewati deretan pantai. Ikuti petunjuk arah sampai Pantai Goa Cemara.

Sedangkan bila Anda dari arah Gunung Kidul dan penasaran dengan pesona Pantai Goa Cemara, jarak yang harus ditempuh sekitar 63 kilometer dengan waktu kurang lebih 1,5 jam. Rute utamanya melalui Jalan Raya Panggang Wonosari. Arahkan kendaraan Anda menuju ke Jalan Wunut. Kemudian sekitar 1 kilometer belok kiri ke Jalan Raya Wonosari-Paliyan. Setelah berjalan kurang lebih 4 kilometer, ambil kanan ke Jalan Playen Wonosari.

Setelah itu ikuti jalan dengan urutan Jalan Raya Panggang Wonosari, Jalan Panggang Parangtritis, Jalan Samas Kretek dan Jalan Samas Srigading. Selanjutnya terus saja sampai Jalan Lintas Selatan, Jalan Rajiman dan ikuti petunjuk ke Pantai Goa Cemara.

Pantai Goa Cemara Pantai 2
Foto: www.instagram.com/aniekembar.motret

Simak: review Pantai Glagah.

Harga Tiket Masuk Pantai Goa Cemara

Sebelum memasuki wilayah pantai, Anda akan berhenti di tempat pembayaran retribusi untuk membayar tiket masuk. Harga yang dibanderol untuk memasuki kawasan pantai ini adalah 5 ribu rupiah per orang.

Setelah sampai ke tujuan, Anda juga harus membayar parkir. Sepeda motor dikenakan tarif 2 ribu rupiah, mobil 5 ribu rupiah dan bus 15 ribu rupiah. Masih sangat murah bukan? Anda tak akan bangkrut dengan berkunjung ke daerah pantai di Bantul ini.

Mitos Mengenai Pantai Goa Cemara

Seperti pantai-pantai selatan lainnya, Pantai Goa Cemara ini juga dihubungkan dengan sejumlah mitos. Kebanyakan mitos tersebut dihubungkan dengan keberadaan Nyi Roro Kidul, sang Ratu Pantai Selatan.

Warga sekitar yang masih memegang teguh kepercayaan atas mitos seringkali mengadakan ritual persembahan untuk menghormati Nyi Roro Kidul. Ritual ini setidaknya dilakukan setahun sekali setiap tanggal 1 Muharram atau 1 Suro.

Ritual yang dinamakan dengan Lelabuhan dilaksanakan dengan mengarak boneka berbentuk seperti kambing. Boneka ini diberi nama Kambing Kendhit. Pengarakan disertai dengan Kirab berupa hasil bumi sebagai tanda kesuburan alam sekelilingnya.

Sebagian masyarakat modern jaman sekarang mungkin kurang percaya dengan semua mitos yang ada. Akan tetapi, ritual ini sudah menjadi bagian dari budaya dan tradisi yang patut dihargai.

Pantai Goa Cemara Fun
Foto: www.instagram.com/laila_dema

Simak: info Pantai Depok.

Mercusuar di Pantai Goa Cemara

Satu lagi yang menjadi keunikan dari Pantai Goa Cemara adalah adanya Mercusuar dengan ketinggian mencapai 40 meter. Silahkan datangi Mercusuar ini dan bila Anda ingin menaikinya, cukup bayar sebesar 5 ribu rupiah per dua orang.

Untuk sampai ke lantai paling atas memang hanya dibatasi sampai dua orang, karena tempat di dalam Mercusuar tidak cukup luas dan membutuhkan usaha khusus supaya bisa sampai puncak.

Nantinya Anda harus menaiki tangga berbentuk spiral hingga 5 atau 6 lantai. Setelah itu, masih harus memanjat tangga vertikal sampai puncak. Tapi begitu sampai lantai tertinggi Mercusuar, Anda akan disuguhi pemandangan sekeliling yang sangat menakjubkan.

Gugusan perbukitan, luasnya lautan dan hamparan pohon cemara di bawah sangat mempesona. Tempat ini juga menjadi spot sempurna bagi para penggemar fotografi untuk mengabadikan semua keindahan alam.

Kalau sedang musim liburan, wahana Mercusuar ini akan sangat ramai, ditandai dengan panjangnya antrian. Sebaiknya jangan berlama-lama di atas sana, karena harus bergantian dengan pengunjung lainnya. Lalu yang paling penting, jangan pula mencoret-coret tembok Mercusuar, agar kebersihan serta kelestariannya tetap terjaga.

Daya Tarik Lainnya

Tak hanya menjadi tempat berteduh saja, Pantai Goa Cemara ini tentu mempunyai daya tarik lain yang bisa Anda nikmati. Berikut daftarnya :

Spot Foto di Tengah-Tengah Pohon Cemara

Pantai Goa Cemara Fresh 1
Foto: www.instagram.com/reny_atika16

Simak: info seputar Benteng Vredeburg.

Pohon cemara yang ditanam di pantai ini adalah dari jenis cemara udang. Jumlahnya kurang lebih 6000 pohon yang berdiri di atas lahan pinggiran pantai seluas 20 hektar. Saking banyak dan rimbun pepohonan cemara dengan jarak teratur yang berdekatan, membuat suasana menjadi lebih rindang serta sejuk.

Setting dengan latar belakang pepohonan cemara kemudian menjadi incaran para pemuda pemudi untuk berburu foto kekinian. Hal ini wajar terjadi karena pepohonan cemara tersebut sangat instagramable jika diambil dari sudut yang tepat.

Berkemah

Pantai Goa Cemara Camping
Foto: www.instagram.com/dittap_

Apakah Anda pernah merasakan sensasi berkemah di pinggir pantai? Saking luasnya area Pantai Goa Cemara, sekarang disediakan pula Camping Ground bagi wisatawan yang ingin berkemah di bawah pepohonan cemara.

Suasana ini akan terasa lebih istimewa sembari merasakan kesejukan angin menerpa dipadu suara deburan ombak. Dijamin Anda akan mendapatkan pengalaman baru yang memuaskan.

Simak juga: Info seputar Jalan Malioboro.

Naik ATV

Wahana ATV tak hanya bisa dirasakan di Pantai Parangtritis saja. Anda juga bisa menaikinya di Pantai Goa Cemara.

Dengan menaiki ATV ini, Anda bisa menjelajahi sekitar pinggiran pantai hingga ke dalam area pepohonan cemara.

Berkuda

Kegiatan lain yang bisa dilakukan selagi berada di Pantai Goa Cemara adalah berkuda.

Sewalah kuda ke penyedia sekitar, kemudian minta tolong dampingi oleh ahli untuk berkuda menjelajahi pinggiran pantai.

Piknik di Bawah Pohon Cemara

Aktivitas ini biasanya dilakukan oleh keluarga kecil maupun besar. Bisakah Anda bayangkan betapa berharganya kumpul keluarga dengan menggelar tikar di bawah pepohonan cemara, lalu membawa bekal dari rumah, menyantapnya bersama dan memandang lautan tepat di depan mata?

Momen seperti ini akan mempererat hubungan dan kekompakan antar anggota keluarga. Kegiatan ini sangat cocok dilakukan bagi Anda yang selama ini terlalu sibuk dengan pekerjaan, sehingga jarang berkumpul bersama keluarga.

Pantai Goa Cemara Tugu
Foto: www.instagram.com/matacameraku

Jam Buka Pantai Goa Cemara

Pantai Goa Cemara buka setiap hari selama 24 jam. Apalagi disediakan camping ground di dalamnya. Akan tetapi, tidak menutup kemungkinan bahwa petugas di pos retribusi hanya bertugas dari pagi hingga sore hari.

Oleh karena itu, jika Anda ingin berkemah, sebaiknya datang di jam-jam TPR masih buka. Pantai ini juga akan dipenuhi oleh pengunjung terutama di hari libur. Bila Anda ingin merasakan nuansa damai dan tenang, datanglah di hari kerja.

Lihat juga video pantai goa cemara di bawah ini ya. (source: youtube.com)

Yuk segera atur jadwalmu untuk berwisata ke Pantai Goa Cemara. Jangan lupa ajak keluarga maupun teman-teman untuk pergi bersama.

Masalah fasilitas umum pun sudah cukup lengkap, jadi Anda tinggal datang ke sini, kemudian segarkan badan dan pikiran dari aktivitas padat sehari-hari.

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.