Pantai Indah Kemangi, Balutan Mitos Yang Indah di Kendal

|

Pantai Indah Kemangi atau biasa disingkat PIK, merupakan salah satu tempat wisata pantai di Kendal yang selalu ramai dikunjungi apalagi jika akhir pekan dan libur nasional.

Pantai di Kendal yang satu ini baru dibuka sekitar 2 tahun, dan sempat vakum ketika pandemi covid-19 merajalela di Indonesia. Bahkan pengunjung yang datang harus membeli tiket secara online.

selalu ramai dikunjungi
selalu ramai dikunjungi. google maps. sumber: nyono handoko

simak juga: river tubing bumi parikesit

Dulunya Pantai Indah Kemangi ini jarang dikunjungi, karena terkesan mistis. Hal tersebut diakibatkan lokasinya yang berdekatan dengan Makam Kemangi yang terkenal akan cerita mistisnya.

Terlepas dari hal tersebut, Pantai Indah Kemangi memiliki panorama alam yang indah serta areanya yang luas membuat kegiatan liburanmu akan lebih menyenangkan. Berikut review lengkapnya untuk kamu semua!

Lokasi Pantai Indah Kemangi

Lokasi Pantai Indah Kemangi beralamat di Jl. Kemangi, Dusun Srandu, Desa Jungsemi, Kecamatan Kangkung, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah.

Rute Menuju Pantai Indah Kemangi

Rute menuju Pantai Indah Kemangi jika berangkat dari Alun – Alun Kendal akan menempuh waktu sekitar 32 menit dengan jarak tempuh sekitar 15 km.

Yakni dengan belok kanan ke Jl. Notomudigdo, teruslah melaju hingga tiba di Jl. Raya Pantura kemudian tiba di Jl. KH. Malik Ibrahim belok kanan ke Jl. Raya Kangkung berlajulah hingga akhirnya tiba di Jl Kemangi.

gerbang masuk pantai
gerbang masuk pantai. google maps. sumber: Alvian Dhomi

simak juga: river walk boja

Jam Buka Pantai Indah Kemangi

Jam buka Pantai Indah Kemangi setiap Senin hingga Minggu, dan beroperasi selama 24 jam nonstop.

Harga Tiket Masuk Pantai Indah Kemangi

Tiket masuk Pantai Indah Kemangi Kendal sangat murah, kamu hanya perlu mengeluarkan biaya per orangnya hanya Rp. 5.000,- saja.

Fasilitas Pantai Indah Kemangi

Fasilitas yang ada di sekitar kawasan wisata Pantai Indah Kemangi diantaranya:

  • Tempat duduk pinggir pantai,
  • Toilet,
  • Area untuk menyimpan kendaraan,
  • Gazebo atau saung,
  • Spot foto,
  • Warung – warung makanan dan minuman,
  • Penyewaan ban,
fasilitas di pantai kemangi
fasilitas di pantai kemangi. google maps. sumber: Asmara Dian Kusuma

simak juga: kebun teh medini

Daya Tarik Pantai Indah Kemangi

1. Sejarah Pantai Indah Kemangi Yang Terkenal Mistis

Kisah mitos tentang Pantai Indah Kemangi berawal ketika Indonesia masih dijajah oleh Belanda, dimana Sultan Agung yang saat itu Raja Kerajaan Mataram hendak melakukan pertemuan dengan beberapa Adipati untuk melakukan perlawanan terhadap penjajah.

Lokasi pertemuan tersebut sangat dirahasiakan sampai dipasangai pagar gaib oleh Tumenggung Rajegwesi (Ki Ageng Kemangi), yang konon katanya di Desa Jungsemi.

Namun, pagar gaib tersebut katanya masih ada hingga saat ini. Maka jika ada yang memasukinya, menurut mitos yang berkembang tidak akan bisa keluar lagi.

Kisah mitos tersebut memang sudah lama ada, dan terus menyebar dari mulut ke mulut meski belum bisa dibuktikan kebenarannya. Namun hal tersebut justru menjadi daya tarik tersendiri.

landmark pantai indah kemangi
landmark pantai indah kemangi. google maps. sumber: Ahmad Kumorojati

simak juga: curug lawe secepit

2. Pantai Indah Kemangi Yang Cantik

Pantai Indah Kemangi memiliki deburan ombak yang cukup kencang, pasirnya berwarna cokelat kehitaman dengan area yang cukup luas.

Hingga banyak dimanfaatkan anak-anak untuk bermain pasir, serta nyaman untuk melakukan berbagai keseruan ragam wisata.

Setiap akhir pekan dan libur nasional, Pantai Indah Kemangi selalu ramai. Tampak beberapa rombongan keluarga yang sedang melakukan piknik di pinggir pantai, sambil menyantap hidangan yang sudah disiapkan dari rumah.

Paling bener jika berkunjung ke Pantai Indah Kemangi, di senja hari dengan niat untuk menikmati panorama sang surya yang sangat cantik.

Sambil duduk – duduk di tempat yang tersedia, kemudian menikmati senja yang menyelimuti Pantai Indah Kemangi. Beuuh…..hulang healing yang sempurna deh pokoknya!

3. Ragam Wisata Seru Dan Menyenangkan

main banana boat
main banana boat. google maps. sumber: Budi Hartanto

simak juga: tirto arum kendal

Selain menikmati pantai dan panoramanya, di Pantai Indah Kemangi juga memiliki cukup banyak ragam wisata seru yang nggak boleh dilewatkan. Beberapa ragam wisata tersebut diantaranya:

  • Bermain Banana Boat, dengan membayar Rp. 20.000,- per orang
  • Bermain ATV mengelilingi Pantai Indah Kemangi dengan biaya sewa Rp. 25.000,- per 15 menit
  • Dan masih ada lagi beberapa ragam wisata lainnya.

Dengan memiliki pasir pantai yang cukup luas, membuat Pantai Indah Kemangi  memiliki banyak ragam wisata pantai yang dapat membuat liburan menjadi tambah seru dan memorable.