Pantai Jungwok, Pantai Mistis di Pesisir Selatan Jogya

Pantai Jungwok terletak di sisi timur Pantai Wediombo yang (katanya) juga angker. Pantai Jungwok indah dengan pasir putihnya dan air lautnya yang biru.


Pantai jungwok
Pantai Jungwok. Iamge via: @chaniiiss

Bukan hanya itu yang menarik dari pantai ini. Pantai ini selain indah juga cukup luas. Mengunjungi pantai ini, dapat menyaksikan indahnya habitat berbagai jenis ikan hias, bintang laut dan berbagai macam rumput laut ini.

Pantai berbentuk agak cekung. Ombak pantai, sebagaimana pantai selatan pada umumnya, cukup besar. Sering kali tiba-tiba memecah ketika menghantam karang. Lokasi agak menjorok ke tengah laut, di pantai ini terdapat sebuah batu besar yang disebut watu topi.

Watu topi ini ada juga yang menaikinya, sebagai spot memancing ikan. Pada bagian pantai, pengunjung dapat menyaksikan tanaman pandan. Pantai Jungwok cukup sepi, sehingga serasa pantai privat.

Ketika datang berlibur ke pantai ini pengunjung akan merasa memiliki pantai pribadi yang nyaman, jauh dari keriuhan. Pengunjung bisa tidur-tiduran di atas hammock, berolahraga voli pantai bersama teman, atau camping. Saat camping pengunjung dapat menggunakan peralatan lengkap. Mulai dari membawa tenda hingga kompor untuk memasak.

Sunset Pantai jungwok
Sunset Pantai Jungwok. Image via: @ikhsan_jw

Simak: destinasi wisata populer di Jogjakarta

Misteri Pantai Jungwok

Meskipun indah dan tenang, namun pantai ini terkenal sedikit mistis dan punya misteri tersendiri. Karena lokasinya yang masih benar-benar alami, pantai ini jarang dikunjungi. Pantai juga jauh dari pantai lainnya dan cukup terpencil. Pantai ini jalannya terjal berbatu dan gelap di malam hari. Terlebih belum banyak fasilitas dan jumlah rumah penduduk pun masih bisa dihitung dengan jari.

Semua kondisi itu memebuat saat malam hari pantai ini terasa sangat sepi dan mencekam. Seolah hanya sendiri. Pengunjung yang berada di pantai pada malam hari, merasa  seolah ada yang mengikuti.

Karena kondisi pantai yang masih sangat sepi, beberapa orang meyakini bahwa wilayah pantai masih angker. Tersebar cerita beberapa orang yang camping di pantai ini mengalami kejadian aneh dan samar-samar mendengar suara lolong anjing.

Ombak Pantai Jungwok
Ombak Pantai. Image via: @vanbinu

Lokasi Pantai Jungwok

Pantai Jungwok, Pendowo, Jepitu, Girisubo, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Rute Menuju Pantai Jungwok

Rute untuk mencapai pantai Jungwok bisa ditempuh menggunakan kendaraan pribadi baik motor maupun mobil.

Dari Yogyakarta bisa melewati Jalan Bausasran lurus hingga ke SMA N 8 Yogyakarta – PLN Yogyakarta  mengikuti Jalan Nasional III dan Jalan Yaogyakarta – Wonosari – Jalan Kiyai Legi – Jalan Pantai Selatan dan Jalan Wediombo baru bisa sampai ke Pantai Jungwok.

Jika dari Bantul bisa melewati Jalan Imogiri Timur atau Playen Dlingo – Jalan Kiyai Legi – Jalan Pantai Selatan dan Jalan Wediombo hingga sampai ke Pantai Jungwok. Rute ini lebih pendek dan cepat dibanding di atas.

Untuk pengunjung yang memilih transportasi umum, maka bisa dimulai dari terminal Giwangan. Dari sana menuju desa Jepitu. Dari Jepitu pengunjung bisa naik ojek langsung menuju pantai Jungwok.

Jam Buka Pantai Jungwok

Pantai ini terbuka sepanjang hari, 24 jam sehari.

Tiket Pantai Jungwok

Harga tiket masuk menuju pantai Jungwok Rp 5.000,-. Ini sudah termasuk untuk ke pantai Wediombo. Kedua pantai ini memang lokasinya yang berdekatan. Sementara itu bagi pengunjung yang membawa kendaraan pribadi seperti motor dikenakan biaya parkir sebesar Rp 2.000 dan Rp 5.000 untuk mobil.

Daya Tarik Pantai Jungwok

Pantai ini memiliki berbagai daya tarik. Mulai dari bentuk garis pantai, loaksi camping, bebatuan pantai, dan hal lainnya. Pada kesempatan ini kami coba ceritakan beberapa diantara daya tarik pantai ini.

  1. Garis Pantai Melengkung

Garis pantai melengkung
Garis Pantai Melengkung. Image via: @fitriwulandari14

Pantai ini memiliki keunikan dari sisi Bentuk garis pantai. Garis pantai berbentuk melengkung. Meskipun Pantai Jungwok tidak terlalu luas, pantai ini bersih. Suasana pantai relatif sepi, karena tidak banyak pengunjung yang datang.

Ombak di pantai ini cukup tenang dan terdapat tebing yang mengelilingi yang menghalagi ombak untuk benar benar sampai ke tepi. Pantai Jungwok memiliki tiga saluran sungai air tawar. Hal itu yang membuat seolah dapat membagi bibir pantai menjadi tiga bagian sekaligus.

Selain itu juga menjadikan perpaduan air tawar dari sungai dengan air asin dari lautan. Pemandangan ini menjadikan keunikan dan daya tarik tersendiri untuk pengunjung.

  1. Lokasi Camping

camping pantai jungwok
Camping pantai Jungwok. Image via: yogyalagi.com

Pantai Jungwok terkenal dengan lokasinya yang tenang, nyaman, dan asyik untuk camping. Bersama sanak kerabat, pengunjung bisa mendirikan tenda di tepi laut dan menikmati malam di tempat ini. Suasana yang tenang, jauh dari jalan besar, serta belum ramai pengunjung memberikan sensasi pantai pribadi.

Untuk menambah semarak suasana, pengunjung biasanya membuat api unggun. Ada juga yang sekalian mengadakan barbeque party. Serunya lagi ikan yang dibakar bukan hanya ikan yang dibawa dari rumah. Peserta camping bisa membakar ikan yang diperoleh dari memancing di pantai ini.

Setelah selesai menikmati makan malam, pengunjung bisa memandang langit yang penuh dengan bintang. Bintang terlihat berbeda di pantai ini karena rendahnya polusi cahaya dari lampu-lampu perumahan.

Galaksi bimasakti terlihat jelas dan sangat cantik di langit malam. Sensasi lebih luar biasa bida dinikmati dengan memandang langit sambil berbaring berayun di atas hammock. Hammock bisa dikaitkan diantara pohon pandan laut.

Untuk mendapatkan suasana yang berbeda, pengunjung bisa mendaki ke arah Bukit Manjung. Pengunjung dapat mendirikan tenda di puncak bukit yang ada di sisi kanan pantai. Saat membuka tirai tenda di pagi hari, pengunjung akan dikejutkan oleh lukisan alam yang sempurna. Pemandangan ini dijamin akan membuat ketagihan untuk mengulanginya.

  1. Pulau Kecil

pulau pantai jungwok
Pulau kecil. Image via: visitingjogja.com

Daya tarik utama yang ditawarkan pantai ini, selain dari pantai pasir putih yang masih alami, juga adanya pulau karang kecil yang berada di tepi pantai. Sekilas, bentang alam Pantai Jungwok memiliki kemiripan dengan Pantai Drini. Sama-sama memiliki keberadaan pulau karang di tepi pantai. Bedanya pulau karang di Pantai Jungwok tidak dapat dikunjungi karena tidak ada akses jalan dan posisinya lebih menjorok ke tengah lautan yang dalam.

Pulau kecil itu terlihat membentang di tengah laut. Pulau tersebut terlihat kehijauan dan menambah keindahan pemandangan laut. Pengunjung bisa memanfaatkan pemandangan tersebut sebagai background foto selfie ataupun sebagai objek fotografi.

  1. Batu Karang Pantai

karang pantai
Karang pantai. Image via: dreamgedejogja

Ombak Pantai Jungwok Gunungkidul tidak terlalu besar. Hal ini salah satunya  karena terhalang oleh pulau karang yang berada di tepi pantai. Bunyi hempasan ombak yang menghantam tebing karang terdengar keras dari tepi pantai. Sesekali ombak besar mencapai tepi pantai ketika musim gelombang tinggi dan saat air laut pasang. Pengunjung diharapkan tetap berhati-hati dan tidak melakukan aktivitas berenang di air laut.

Ketika ombak surut terlihat hamparan karang di dasar laut. Hamparan karang laut yang ada di kawasan pantai ini cukup luas. Walaupun hamparan karang tidak sampai area pulau karang. Di sela-sela karang kadang ditemukan hewan laut seperti bintang laut dan ikan-ikan kecil yang terperangkap dalam karang. Rumput laut yang terlihat tampak berwarna kehijauan dan memancarkan keindahan pantai ini.

  1. Laut yang Bersih

Laut di pantai Jungwok mempunyai warna kebiruan yang cerah dan indah. Tidak ada sampah yang berserakan ataupun terbawa arus ombak laut. Hal itu menjadikan laut serta pantai terlihat sangat bersih dan alami.

Paduan biru laut dan pasir putih pantai Jungwok menjadi daya tarik tersendiri. Menambah keindahan pemandangan alam. Pengunjung bisa sekedar bermain air di tepi laut ataupun bermain pasir. INI adalah kondisi sempurna bagi anak-anak untuk bermain pasir pantai.

Bentan pasir putih yang bersih bebas sampah, juga cocok untuk menjadi media berfoto. Kondisi ini cocok dipakai spot ataupun background foto bagi pengunjung yang ingin mengabadikan momen.

Bakar ikan di Pasir
Bakar ikan di pasir. Iamge via: jogjaonstage.com

Tips Berlibur ke Pantai Jungwok

Untuk memaksimalkan sensasi nikmat yang dirasakan selama berwisata di pantai ini, berikut kami berikan beberapa tips.

  • Jalan menuju pantai tidak terlalu baik, pastikan kendaraan dalam keadaan baik.
  • Sangat disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi daripada menggunakan transportasi umum.
  • Jangan membuang sampah sembarangan dan selalu taati aturan.
  • Berbeda dengan objek wisata lainnya, Pantai Jungwok cocok dikunjungi ketika weekend. Sebab saat hari biasa (senin-jumat) biasanya malah terlalu sepi.
  • Jangan lupa membawa perbekalan makanan sendiri.
  • Sangat cocok untuk camping.

Objek Wisata Dekat Pantai Jungwok

Pantai Jungwok tidak hanya dekat dengan pantai Wediombo dan Greweng saja. Pantai ini juga dekat dengan Pantai Jogan dan Pantai Nglambor. Pantai Jogan mempunyai eksotisme tersendiri yang berupa air terjun berpadu dengan lautan.

Sementara itu, pantai Nglambor sangat cocok untuk melakukan snorkling. Jadi, alangkah baiknya pengunjung pantai Jungwok tidak melewatkan kedua pantai tersebut saat berwisata.

Terlepas dari mitos soal angker, Pantai Jungwok adalah pantai yang menawarkan keindahan alam yang masih asri di Yogyakarta. Kamu bisa menjadikan Pantai Jungwok Yogyakarta sebagai destinasi wisata untuk liburan selanjutnya.

Baca juga:

Artikel lainnya:

Leave a Comment