Pantai Jungwok, Indahnya Tanah Lot In Java Yang Penuh Misteri

Pantai Jungwok bukanlah sebuah pantai yang berada di Korea Selatan, melainkan salah satu pantai indah yang ada di Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta.

Namanya memang korea banget, tapi ini ngga ada hubungannya dengan negeri ginseng tersebut. Kabupaten Gunung Kidul, memang layak mendapatkan julukan Kota 1001 pantai. Karena banyaknya pantai cantik nan indah yang dimilikinya.

Salah satu pilihan pantai yang dapat kamu kunjungi ialah Pantai Jungwok ini, lokasinya berada dekat dengan Pantai Wediombo tepatnya berada di sisi sebelah timur.

landscape pantai jungwok
landscape pantai jungwok. google maps. sumber: Yusuf Maulana Nasir

Simak: destinasi wisata populer di Jogjakarta

Berikut gambaran lengkap mengenai pantai yang mirip dengan Tanah Lot yang ada di Tabanan, Bali.

Asal Mula Nama Jungwok

Menurut informasi dari Pemerintah daerah setempat, asal mula nama Jungwok ini ialah dari letusan Gunung Manjung yang terjadi ratusan juta tahun yang lalu yang mengakibatkan gunung tersebut menjadi Krowok sehingga munculah nama Jungwok.

Ada pula cerita dari warga setempat yang mengatakan asal mula nama Jungwok ini bermula dari adanya sebuah kapal (biasa disebut Jung), di sekitar pantai. Namun, tak ada yang dapat mengatakan secara rinci kapan peristiwa itu terjadi.

Misteri Pantai Jungwok

Pantai Jungwok ini bisa dibilang termasuk pantai yang masih menyimpan kisah mistis yang masih menjadi misteri. Bahkan beberapa pengunjung yang datang pernah mengalami kejadian yang diluar nalar mereka.

Dimana pun kita berada, kisah mistis dan misteri akan selalu ada. Kita hanya perlu menjaga sikap dan perilaku untuk tidak melakukan hal-hal yang dapat merugikan diri sendiri dan orang lain.

Kita harus menghormati aturan yang berlaku dimana kita berada, dengan begitu hal-hal yang diluar nalar tersebut tidak akan terjadi.

keseruan di pantai jungwok
keseruan di pantai jungwok. google maps. sumber: Hamdani Holong

Lokasi & Alamat Pantai Jungwok

Pantai Jungwok berada di Desa Jepitu, Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Lokasinya dekat dengan Pantai Wediombo.

Rute Menuju Pantai Jungwok

Rute menuju Pantai Jungwok searah dengan Pantai Wediombo, dan masih satu desa dengan Pantai Greweng. Kamu tinggal mengarahkan kendaraan hingga tiba di Desa Balong, kemudian arahkan ke kiri untuk menuju Desa Jepitu.

Selanjutnya menuju jalan yang mengarah ke Pantai Wediombo hingga tiba di area parkir kendaraan Pantai Jungwok. Sebaiknya menggunakan kendaraan pribadi atau dengan menyewanya, karena akses menuju Pantai Jungwok belum ada angkutan umum yang lewat.

Jam Buka Pantai Jungwok

Jam operasional Pantai Jungwok dibuka setiap hari Senin hingga Minggu, selama 24 jam nonstop.

banyak tersedia bangku
banyak tersedia bangku. google maps. sumber: siti khomsatun

Tiket Pantai Jungwok

Tiket masuk Pantai Jungwok hanya dibandrol dengan harga Rp. 5.000,- saja per orangnya. Harga tersebut belum termasuk untuk biaya parkir kendaraan.

Daya Tarik Pantai Jungwok

Meski memiliki kesan angker dan penuh misteri, Pantai Jungwok selalu saja menjadi pilihan pengunjung yang ingin beristirahat sejenak dan menghabiskan waktu bersama keluarga, teman, atau sahabat.

Berikut daya tarik yang dimiliki Pantai Jungwok, Gunung Kidul:

1. Alam Yang Sangat Elok

watu topi
watu topi. google maps. sumber: Priambudi Trie Putra

Pantai Jungwok memiliki landscape yang cukup luas, dengan hamparan pasir putih yang lebar serta batuan karang yang berada di sekitar pantai.

Di sekitar pasirnya terdapat area dengan banyaknya tempat duduk yang memanjang dimana dapat kamu gunakan untuk duduk sambil memandang keindahan lautan.

Ombak yang menghampiri Pantai Jungwok tak begitu besar, mungkin dikarenakan adanya batuan karang yang seakan memecah gulungan ombak yang hendak menghampiri.

Di tengah pantai terdapat sebuah batu karang yang cukup besar, yang biasa disebut dengan Watu Topi. Batuan karang tersebut mirip dengan yang ada di Tanah Lot, Buleleng, Bali.

Bedanya ialah jika di Tanah Lot di atasnya terdapat pura, sedangkan Watu topi hanya berupa tumbuhan yang berwarna hijau.

Air laut di sekitar pantai cukup jernih, banyak pengunjung yang bermain air di sekitar pantainya. Tak sedikit pula dari mereka yang bersantai di atas hamparan pasir putihnya.

2. Camping Ground

camping di pantai jungwok
camping di pantai jungwok. google maps. sumber: Dewi Lestari

Meski memiliki kisah mistis yang cukup kental, banyak pengunjung yang melakukan kegiatan camping di sekitar Pantai Jungwok.

Pantai Jungwok merupakan salah satu dari sekian pantai yang ada di Gunung Kidul yang dapat digunakan untuk camping dan menghabiskan waktu semalaman bersama deburan ombak.

Kamu dapat memilih untuk mendirikan tenda di atas hamparan pasir dan mengarah langsung ke laut, atau di atas bukit dengan view Pantai Jungwok dari ketinggian.

Di sekitar Pantai Jungwok tersedia tempat penyewaan tenda, jika kamu lupa tidak membawa tenda atau peralatan camping lainnya kamu dapat menyewanya disana, tentu saja ada biaya tambahan untuk itu.

3. Trekking Ke Atas Bukit Dan Batuan Karang

panorama dari atas bukit
panorama dari atas bukit. google maps. sumber: operasional anywhere

Daya tarik selanjutnya dari Pantai Jungwok ini ialah kamu dapat mendaki dan melakukan trekking sederhana menuju puncak bukit.

Dimana kamu dapat menyaksikan panorama alam dari ketinggian, dan melihat luasnya lautan yang berwarna biru dengan hiasan ombak yang menghasilkan buih berwarna putih. Dipadu dengan pasir putih yang terhampar luas.

Selain itu, kamu juga dapat menjelajah ke batuan karang yang ada. Pastikan menggunakan alas kaki ya, karena batuannya cukup tajam.

Di sana kamu akan menyaksikan batuan karang yang eksotis, bahkan ada dua buah batu yang berhimpitan seakan di lem secara alami.

4. Spot Foto Yang Eye Catching

mengabadikan keindahan pantai jungwok
mengabadikan keindahan pantai jungwok. google maps. sumber: Mohamad Irfachmi

Dengan keindahan alam yang dimilikinya, Pantai Jungwok memiliki beberapa spot foto alam yang tentu saja eye catching banget.

Dijamin hasil fotonya ngga akan mengecewakan, dan layak untuk kamu posting di berbagai media sosial yang kamu miliki.

Kamu dapat berfoto dengan latar Watu Topi yang merupakan Ikon dari Pantai Jungwok, atau bisa juga dengan pemandangan lautan dari ketinggian.


Tinggalkan komentar