Pantai Karang Bolong, Tempat Wisata Unik di Dekat Ibu Kota

Pantai Karang Bolong bagai magnet yang menarik perhatian para pencinta wisata pantai. Sejalan dengan analogi magnet, maka Tebing dengan lubang di bagian tengahnya adalah kutub magnet. Titik pada magnet yang menjadi titik terkuat memberikan daya tarik. Lubang raksasa di tebing karang ini mengundang rasa penasaran hingga menimbulkan rasa kagum pada hati para pengunjung.


Pantai karang bolong
Pantai karang bolong. Image via: citography

Lubang ini memiliki diameter 50 meter. Lubang bear ini tampak makin eksotis dengan adanya laut lepas sebagai pemandangan. Bahkan jika cuaca lagi baik dan tidak tertutup kabut, melalui lubang ini pengunjung bisa melihat Anak Gunung Krakatau di kejauhan.

Pengunjung bisa naik ke lubang melalui tangga yang terdapat di kanan lubang. Dari sini lanskap laut lepas dan Pantai Carita bisa terlihat.

Hal menarik lainnya di Pantai Karang Bolong adalah menyaksikan debur ombak menghantam batu karang. Namun untuk melihat fenomena ini pengunjung harus memperhatikan cuaca ketika merencanakan kunjungan ke pantai ini. Ombak akan membesar biasanya saat sore hari. Di saat itu ombak membesar dan membuat hempasan yang indah untuk disaksikan.

Pantai Karang Bolong banyak memiliki pepohonan rimbun yang sejuk. Kesejukan ini membuat pengunjung nyaman saat berlama-lama berada di Pantai. Di Beberapa tempat, pepohonan bisa dijadikan tempat untuk berteduh sambil menikmati pemandangan yang tersaji di Pantai Karang Bolong. Diantara banyak pepohonan itu, ada beberapa pohon yang sudah berumur ratusan tahun dengan akar-akar yang terlihat tua.

hotel tepi pantai Karang bolong
Hotel di tepi pantai. Image via: tempatwisataindonesia.id

Mitos Pantai Karang Bolong

Pantai ini aslinya bernama Pantai Karang Suraga. Nama itu diambil dari nama Suryadilaga. Beliau ini seorang ilmu tinggi yang bertapa di pantai ini. Namun pada Tahun 1883, letusan dasyat Gunung Krakatau, menyebabkan adanya lubang di batu karang besar di pantai ini. Sejak saat itu pantai lebih dikenal dengan nama Pantai Karang Bolong.

Di lokasi yang tidak terlalu jauh dari Gua Karang Bolong, terdapat gua kecil yang hanya tampak saat air laut surut. Ada mitos mengenai lubang ini. Dimana Konon lubang itu bisa digunakan untuk memanggil jin bro. Ada juga orang yang masih percaya kalau gua di Pantai Karang Bolong ampuh untuk ritual pesugihan.

Lokasi Pantai Karang Bolong

Pantai Karang Bolong berlokasi di Desa Karang Suraga, Cinangka, Serang, Banten. Pantai ini jaraknya 53 km dari kota Serang, ibu kota provinsi Banten.

Mendaki ke karang bolong
Mendaki ke karang bolong. Image via: dessynovianii

Rute Menuju Pantai Karang Bolong

Ada beberapa rute yang bisa dipilih untuk mencapai Pantai Karang Bolong.

Salah satu rute yang paling populer adalah yang menggunakan Jakarta sebagai titik patokan. Dari Jakarta, menuju ke Cilegon Barat dengan melalui jalan Tol yang menghubungkan Jakarta Merak. Setelah melewati jalan Tol lanjutkan dengan menuju ke daerah Anyer. Setibanya di Anyer, lokasi pantai Karang Bolong sudah dekat. Tinggal dilanjutkan dengan mengikuti penunjuk arah sampai akhirnya tiba di Pantai.

Rute ke pantai Karang bolong bisa ditempuh dengan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum. Banyak sekali kendaraan umum yang melalui jalur Pantai Karang Bolong.

Jam Buka Pantai Karang Bolong

Pantai Karang bolong terbuka untuk aktivitas publik selama 24 jam sehari, 7 hari seminggu.

Tiket Pantai Karang Bolong

Untuk dapat menikmati keindahan pantai Karang Bolong Anyer, Pengunjung dipungut biaya masuk sebesar Rp 5.000,-. Jika pengunjung datang dalam rombongan, dikenakan biaya tiket Rp 250.000,- untuk setiap bus.

Daya Tarik Wisata Pantai Karang Bolong

Saat mengunjungi pantai karang bolong, pengunjung tidak perlu khawatir bosan karena kehabisan daya tarik wisata. Hal itu tidak akan terjadi di pantai ini. Berbagai daya tarik wisata tersaji, bagaikan menu di meja makan, yang tinggal dipilih dan siap dinikmati. Berikut ini kita bicarakan beberapa diantara daya tarik wisata itu.

  1. Gua Karang Bolong

Karang bolong
Karang Bolong. Image via: tempatwisataindonesia.id

Pantai Karang Bolong memiliki banyak bebatuan karang yang tersebar berserakan di pantai. Formasi batuan karang di alam terbuka ini menciptakan pemandangan yang menawan dan sayang jika tidak diabadikan. Karang-karang ini biasanya terhantam ombak laut yang sangat keras, sehingga menimbulkan cipratan dari ombak tersebut. Pemandangan seperti ini menjadikan pantai semakin dipilih sebagai tujuan liburan.

Dari sekian banyak formasi karang, Gua Karang Bolong merupakan mahkota dari objek wisata ini. Bisa dikatakan 90% pengunjung yang datang salah satunya karena tertarik dengan batu karang berlobang ini. Gua Karang ini memiliki lubang di bagian tengahnya. Dinding karang berupa lapisan-lapisan bebatuan yang sangat unik dan cantik. Panjang gua kurang lebih 30 meter dengan lebar sekitar 10 meter serta tingginya kurang lebih 5 meter.

Secara geologi, Gua Karang Bolong tersusun dari batuan breksi. Di gua ini banyak ditemukan reruntuhan. Reruntuhan juga menutup bagian atas batu sehingga berbentuk seperti lorong sebuah gua unik. Sungguh pemandangan alam yang sangat menarik dan jarang bisa ditemukan di pantai lain di belahan bumi lain.

Pengunjung dapat trekking, mendaki naik ke dalam goa. Jalur itu unik dan cukup menantang untuk ditaklukkan. Jalur ini berupa tangga untuk naik ke bagian atas batu karang yang berlubang yang menjadi ikon dari pantai ini.

Berdasarkan informasi penduduk sekitar, ternyata jalur ini memang sengaja dibuat oleh pihak pengelola. Jalan ini sengaja dibuat diperuntukkan bagi para pengunjung yang ingin menikmati pemandangan Pantai Karang Bolong dari ketinggian.

  1. Gardu Pandang

anjungan
Gardu pandang. Image via: tempatwisataindonesia.id

Pemandangan pantai yang lapang memang menyegarkan mata. Namun memandang pantai dari ketinggian, jauh lebih menyegarkan mata lagi. Memandang pantai dari atas bukit atau batuan karang memang sungguh menyenangkan. Di pantai Karang Bolong tersedia fasilitas untuk itu.

Keelokan pantai seperti deras ombak, indah lautan dan kontur pantai bisa dilihat dari anjungan yang dibangun pengelola. Pengelola membangun anjungan pandang di atas bebatuan karang yang cukup besar. Karang ini berada di pinggir pantai. Pengunjung harus menaiki tangga untuk tiba di puncaknya, dimana di sana terdapat sebuah gardu kecil.

  1. Spot Pemancingan

Pantai ksrang bolong merupakan salah satu spot memancing favorit di banten. Di pantai ini banyak sekali ikan-ikan dari yang kecil maupun besar. Oleh karena itu, mengunjungi pantai ini untuk memancing ikan adalah pilihan tepat bagi penghobi pancing.

Gardu-Pandang
Gardu pandang. Image via: pantainesia.com

Batu karang di pantai ini memang banyak luar biasa, banyak batu karang kecil-kecil yang digunakan sebagai tempat persembunyian ikan. Selain ikan ada beberapa jenis hewan laut lainnya yang ada di antara karang-karang tersebut seperti siput, udang dan lainnya. Hal ini adalah surga bagi pengunjung yang memiliki hobi memancing, karena banyak obyek yang bisa ditangkap.

Banyak sekali spot memancing di pantai ini, terutama di dekat batu-batu karang yang tersebar di sepanjang pantai. Pengunjung biasanya menyiapkan alat pancing mulai dari rumah, sehingga bisa menyalurkan hobinya setibanya di pantai.

  1. Spot Selfie yang Melimpah

kesendirian
Nikmati kesendirian. Image via: @wowbanten

Indahnya pemandangan menjadikan pantai Karang Bolong layak disebut pantai instagramable. Hal ini membuat pantai ini memiliki banyak spot selfie dan berfoto. Maka tidak salah jika kemudian Pantai Karang Bolong populer dijadikan sebagai latar foto prawedding, maupun pemotretan profesional.

Di pantai ini banyak spot foto yang bisa dijadikan latar belakang berfoto selfie atau wefie bersama teman atau saudara. Di sepanjang pantai terdapat banyak titik yang bisa dijadikan spot berfoto ria, seperti gua Karang Bolong, gardu pantai dan lainnya.

  1. Sunset Di Pantai

menjelang sunset
Menjelang Sunset. Image via: picssr.com

Menjelang sore tiba ada keindahan lain yang ditawarkan oleh pantai ini. Hadirnya matahari tenggelam atau sunset memberikan warna berbeda kepada pantai di kala senja tiba. Spot paling menarik untuk melihat sunset di pantai ini adalah di atas batu karang bolong. Atau dari gardu padang.

Dari atas karang bolong akan terlihat pemandangan sunset yang memukau dan romantis. Wisatawan bisa menggunakan tangga yang tersedia untuk menuju puncak karang bolong dan menikmati pemandangan sunset dari sana.

Objek Wisata Dekat Pantai Karang Bolong

Pantai karang bolong masih berada dalam barisan pantai Anyer. Karena itu jika selepas berwisata di pantai karang bolong dan masih ingin melanjutkan wisata pantai ada banyak pantai yang bisa dijangkau dalam jarak dekat.

Salah satunya Pantai itu adalah pantai pasir putih florida indah, yang jaraknya hanya 5 km di sebelah utara pantai karang bolong. Pantai pasir putih Florida indah sesuai namanya memiliki daya tarik berupa pantai yang luas, berpasir putih dengan ombak yang menggulung indah. kini bisa didapatkan dengan berlibur ke pantai tersebut

Lanjut sedikit lebih jauh, 5 km lagi ke utara ada pantai Sambolo 2. Pantai ini populer karena memiliki fasilitas wisata pantai yang lengkap. Pantai ini memiliki fasilitas, banana boat, lokasi piknik, snorkeling, parasailing, atv, jet ski sampai jasa tato temporer.

Itulah ulasan lengkap tentang pantai karang bolong mulai dari harga tiket masuk, rute menuju lokasi wisata dan obyek wisata yang ditawarkan. Berlibur ke pantai ini pasti akan menjadi pengalaman menarik bersama teman atau keluarga. Segera kosongkan jadwal dan jadikan pantai ini sebagai destinasi liburan di akhir pekan.

Pantai Karang Bolong, Tempat Wisata Unik di Dekat Ibu Kota
4.5 (90%) 2 vote[s]

Baca juga:

Artikel lainnya:

Leave a Comment