Pantai Karapyak, Mulai Dari Pasir Putih Hingga Spot Kekinian

|

Pantai Karapyak hadir menjadi salah satu pantai di Pangandaran yang wajib kamu kunjungi. Ketika mengunjungi Pangandaran, tentu saja wisata pantai dan body rafting menjadi pilihan utamanya.

Berwisata di Pantai Karapyak cukup lengkap, dan cocok untuk siapa aja. Terdapat beberapa daya tarik yang membuat wisatawan betah dan ingin kembali lagi ke pantai tersebut.

Pangandaran merupakan sebuah kabupaten yang dulunya menjadi bagian dari Kabupaten Ciamis. Dan selalu menjadi tujuan berwisata bahari para wisatawan dari berbagai daerah.

pantai karapyak
pantai karapyak. google maps. sumber: Soleh Mustofa

simak juga: wisata pantai pangandaran

Untuk liburan Nataru tahun ini, pemerintah Kabupaten Pangandaran mewajibkan setiap pengunjung yang datang telah divaksin dengan menunjukkan kartu vaksin atau melalui aplikasi pedulilindungi.

Untuk Pantai Karapyak sendiri saat ini telah dibuka kembali ya, setelah sempat beberapa waktu yang lalu ditutup dikarenakan adanya insiden tenggelamnya wisatawan ketika mencari kerang.

Berikut deskripsi tentang Pantai Karapyak Pangandaran, sebagai bahan referensi kamu untuk berwisata di Pangandaran.

Lokasi dan Alamat Pantai Karapyak

Lokasi Pantai Karapyak beralamat di Jl. Pangandaran, Desa Bagolo, Kecamatan Kalipucang, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat.

Rute Menuju Pantai Karapyak

Rute menuju Pantai Karapyak, dapat dilalui oleh kendaraan jenis apa saja bahkan bis sekalipun. Akses jalannya pun sudah bagus dan beraspal.

Jika berangkat dari pusat kota Pangandaran, kamu akan menempuh perjalanan sejauh 20 km dengan waktu tempuh kira-kira 30 menit saja. Yakni dengan mengarahkan kendaranmu menuju Desa Bagolo.

Sudah banyak petunjuk jalan yang akan mengarahkanmu menuju Pantai Karapyak. So, kamu jangan khawatir akan tersesat.

limpahan terumbu karang
limpahan terumbu karang. google maps. sumber: rahmat aleksander

simak juga: pantai pasir putih pangandaran

Jam Buka Pantai Karapyak

Jam operasional Pantai Karapyak dibuka setiap hari Senin hingga Minggu, selama 24 jam nonstop.

Tiket Masuk Pantai Karapyak

Harga tiket masuk Pantai Karapyak, tergantung pada jenis kendaraan yang digunakan pengunjung. Yakni:

  • Rp. 11.500,- untuk motor
  • Rp. 51.000,- untuk minibus
  • Rp. 98.000,- untuk bus

Harga tersebut belum termasuk biaya parkir kendaraan

Fasilitas di Pantai Karapyak

Fasilitas yang ada di sekitar Pantai Karapyak diantaranya:

  • Area parkir kendaraan,
  • Toilet,
  • Mushola,
  • Warung-warung makanan dan minuman,
  • Café and Resto,
  • Penginapan,
  • Spot foto kece dan kekinian.

Daya Tarik Pantai Karapyak Pangandaran

1. Pasir Putih Pantai Karapyak

pantai pasir putih karapyak
pantai pasir putih karapyak. google maps. sumber: Yedi Maryadi

simak juga: cagar alam pangandaran

Pantai Karapyak memiliki hamparan pasir putih yang bercampur dengan butiran kerang dengan berbagai ukuran. Sehingga kegiatan mencari kerang menjadi tujuan para wisatawan ketika berada di pantai ini.

Selain itu, terdapat banyak sekali terumbu karang yang dapat dijadikan lokasi untuk berfoto. Suasana pantai yang khas pun biasa digunakan pengunjung untuk menenangkan diri barang sejenak.

Hanya saja di Pantai Karapyak, pengunjung tidak diperkenankan untuk bermain air atau bahkan berenang. Ketentuan tersebut diberlakukan untuk keamanan para pengunjung itu sendiri, supaya terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

2. Karapyak Glamping and Lodges

karapyak glamping and lodges
karapyak glamping and lodges. google maps. sumber: Fahmi Paturohman

simak juga: ciwayang body rafting

Karapyak Glamping merupakan salah satu tempat favorit wisatawan untuk menginap dan bersantai ketika berada di Pantai Karapyak.

Terdapat banyak banget fasilitas keren dan kekinian yang ada di Karapyak Glamping ini, beberapa diantaranya:

  • Café,
  • Restoran,
  • Arena bermain,
  • Spot foto,
  • Penginapan,

Bahkan kamu juga bisa camping di tempat yang telah disediakan. Dengan semua peralatan dan perlengkapan camping sudah disediakan pihak pengelola.

Lokasi Karapyak Glamping tak jauh dari pintu masuk Pantai Karapyak, dan kamu dikenakan tiket masuk  tersendiri yakni sebesar Rp. 15.000,- ketika memasuki area Karapyak Glamping.

Dengan harga segitu, kamu dapat bersantai dan me time bersama keluarga atau pasangan dengan suasana yang romantis.

menikmati keindahan dari ketinggian
menikmati keindahan dari ketinggian. google maps. sumber: Adi Porwanto

simak juga: green canyon pangandaran

Jangan lewatkan untuk hunting di beberapa spot foto yang kece banget. Karena berada di daerah yang cukup tinggi, membuat view Pantai Karapyak tampak sempurna.

Dan untuk kamu yang datang dari luar daerah, Karapyak Glamping dapat menjadi pilihan tempat menginap diantara hotel-hotel yang ada di sekitar Pantai Karapyak.

Fasilitas kamarnya worth it lah dengan harga yang ditawarkan, apalagi jarak ke Pantai Karapyaknya hanya sekitar 240 meter saja.

3. Teras Kaca Karacak Valley

teras kaca karapyak valley
teras kaca karapyak valley. google maps. sumber: Mastri Dihita

simak juga: green santirah

Ini merupakan spot foto yang paling diminati saat ini, namanya ialah Teras Kaca yang berada di Karapyak Valley yang merupakan sebuah restoran.

Spot foto tersebut terbuat dari kaca yang menjorok ke arah laut, dengan alas berupa kaca. So, kamu dapat melihat dengan jelas apa yang ada di bawahmu ketika berada di Teras Kaca.

Pemandangan yang luar biasa menjadi daya tarik tersendiri dari Teras Kaca, view birunya Pantai Karapyak digabung dengan hijaunya pepohonan di sekitar.

Terdapat waktu dan tiket tersendiri ketika hendak mencoba spot foto Teras Kaca, yakni:

  • Jam buka Teras Kaca Karapyak Valley di hari Senin hingga Jumat mulai pukul 09.00 hingga 17.00 sedangkan untuk weekend dan hari libur jam operasional dapat berbeda.
  • Tiket untuk berfoto di Teras Kaca Karapyak Valley sebesar Rp. 20.000,- (weekend) ditambah biaya transfer file per fotonya sebesar Rp. 10.000,-