Wisata Pantai Klayar Pacitan

Pantai Klayar Pacitan Jawa Timur merupakan salah satu tempat wisata di Pacitan yang mulai banyak dikenal oleh kalangan wisatawan. Pantai Klayar mulai naik namanya dan menjadi tujuan liburan pengunjung setelah terekspos dalam media sosial dan internet.

Pantai ini masih termasuk dalam rangkaian pantai selatan, sehingga menawarkan suasana khas pantai selatan seperti ombak besar, pantai pasir putih, dan bentang pantai yang indah.

Di pantai klayar, hal ini ditambah lagi dengan bentang alam unik seperti batu karang mirip sphinx. Yah rada-rada mirip gitu deh ya. Letak tebing ini ada di belahan sisi sebelah timur.

pantai klayar lokasi

Kondisi alamnya cukup unik dan indah. Di pantai ini anda bisa menikmati paduan pantai dengan bentang pasir yang luas, jejeran tebing tinggi, dan batu-batu karang yang menjulang.

Keunikan lainnya, di pantai ini terdapat celah karang alami yang menyemburkan air. Jika ada ombak besar datang, air ombat tersebut terperangkap dan menyembur ke atas sampai ketinggian 10 meter. Cukup unik juga lho.

pantai klayar di pacitan

Lokasi Pantai Klayar Pacitan

Lokasi pantai klayar pacitan terletak di desa Kalak kecamatan Donorojo, kurang lebih 35 KM ke barat kota Pacitan. Perjalanan kesini bisa ditempuh kurang lebih 1 Jam dari kota pacitan.

Kondisi jalannya termasuk jalan yang cukup sempit,dengan rute nya yang berkelok-kelok dan turun-naik. DI sepanjang jalan banyak terdapat bukit-bukit dan jajaran goa yang menarik juga.

Banyak dari bukit di sekitar pantai yang bisa di daki oleh pengunjung. Anda bisa menemukan pemandangan yang lebih bagus dan indah dari ketinggian bukit dan tebing yang ada di sekitar pantai. Tapi jika mendaki bukit dan tebing di sekitar pantai, anda harus berhati-hati. Fasilitas menuju puncak tebing dan bukit, juga sarana keamanan yang ada masih terbilang minim soalnya.

Tapi semua itu terbayar dengan keindahan pantai dilihat dari ketinggian.

gambar pantai klayar

Harga Tiket Masuk Pantai Klayar

  • Harga tiket masuk : Rp 10.000/orang
  • Parkir motor : Rp 2000
  • Parkir mobil : Rp 5000
  • Parkir bis : Rp 10.000

Pantai klayar Pacitan map dari google map.

Wisata di Pantai Klayar

Pantai ini bisa dikatakan masih cukup alami, pengunjung pun masih terbilang sedikit. Meskipun demikian, ditempat ini anda bisa menemukan kombinasi keindahan alam pantai yang khas, pasir putih yang lembut, dan landscape karang yang unik.

Panorama sunset dipantai ini sering menjadi objek buruan para fotografer.

foto pantai klayar - sunset di klayar pacitan

Simak; review wisata Goa Gong Pacitan

Selain itu, di pantai ini juga terdapat semburan air laut unik yang terbentuk secara alami. Kontur tebing yang ubik, dimana terdapat cekungan di bagian bawahnya serta rekahan karang menyebabkan ombak yang datang terdorong kedalam rekahan ini, dan menyembur cukup tinggi disertai dengan suara siulan seperti seruling.

Karena hal ini juga, semburan ini dikenal dengan nama seruling laut oleh para pengunjung.

foto keindahan pantai klayar

foto pantai klayar pacitan - seruling samudera

Perlu diperhatikan bahwa wisatawan dilarang untuk berenang di pantai ini, karena kondisi ombaknya yang besar dan terdapat karang yang berbahaya jika kita berenang dan terbentur.

Simak: review wisata Pantai Banyu Tibo

Rute Pantai Klayar

Sejauh ini untuk menuju lokasi anda masih harus menggunakan kendaraan pribadi. Belum ada kendaraan umum yang khusus menuju kesana.

Rute pantai klayar dari solo, anda bisa lewat kecamatan Pracimantoro sampai di pertigaan Giribelah. Dari sana belok ke kanan hingga tiba di perempatan Kalak. Dari situ Pantai Klayar kurang lebih 1 Jam perjalanan lagi.

Rute pantai klayar dari Yogyakarta, maka rute yang bisa diambil adalah dengan melalui rute┬áPathuk – Wonosari – Pracimantoro – Giribelah – Punung – Pantai Klayar.

laguna di pantai klayar

Video Pantai Klayar


Nah, jika anda kebetulan berlibur ke Pacitan, jangan sampai lewatkan pantai yang satu ini ya.

Selamat berlibur!

Baca juga:

4 thoughts on “Wisata Pantai Klayar Pacitan”

  1. selamat datang di pacitan PARADISE OF JAVA…bagi anda yang pengen muter muter menikmati tempat wisata pacitan kami MUJIATI tour&travel siap membantu. sewa bus/mobil+driver yang sudah berpengalaman,tour guide,jalan2 wisata bahari, kuliner, booking hotel, antar jemput bandara, out bond dll. hubungi 0818227310, 081234114314 pin:51b34d2f

    Reply
  2. Objek Wisata Pantai Klayar Pacitan memang Indah, cocok untuk dijadikan sebagai tempat berlibur dan menghilangkan kepenatan.

    Reply
  3. Pantai Klayar dengan pemandangan yang amazing mirip dengan pantai angle bilabong nusa penida, penduduknya ramah2, makanan murah, sayang kotor, banyak sampah! Terkesan pengelolo wisata kurang memperhatikan aset yang sangat baik untuk pacitan, malam hari gelap gulita

    Reply

Leave a Comment