Pantai Kukup, Keseruan Berwisata Dan Menikmati Alam Di Gunung Kidul

Pantai Kukup dipercaya merupakan lokasi wisata bahari pertama yang dibangun pemerintah di Kabupaten Gunung Kidul selain Pantai Baron, dan Pantai Klakar.

Lokasi Pantai Kukup berdekatan dengan Pantai Baron dan masih satu kawasan dengan Pantai Ngrawe atau Pantai Asmara.

Gunung Kidul memiliki deretan pantai yang sangat banyak, serta memiliki keindahan dan keunikannya tersendiri. Sangat wajar jika Kabupaten ini diberi julukan kota seribu pantai.

Sedikitnya ada dua hal yang menjadi keistimewaan dari Pantai Kukup, yakni:

  • Hamparan pasir putihnya yang luas
  • Indahnya Pulau Karang yang bernama Jumpino
pantai kukup
pantai kukup. google maps. sumber: WnE Volutions

Simak juga: daftar tempat wisata di Jogja yang populer

Pantai Kukup dapat menjadi pilihan tujuan wisata bahari kamu ketika berada di Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta.

Meski keadaan Pantai Kukup saat ini tak seramai biasanya karena pandemi covid-19 yang melanda Indonesia, namun selalu saja ada pengunjung yang menghabiskan waktu bersama teman, saudara, pasangan, serta keluarga.

Berikut deskripsi dari Pantai Kukup, sebagai bahan referensi kamu ketika berkunjung ke Gunung Kidul:

Ritual di Pantai Kukup

Pantai Kukup masuk kedalam rangkaian Pantai Selatan, maka tak heran jika memiliki gelombang yang ganas serta erat dengan kisah mistis dan ritual.

Ritual atau upacara yang sering diadakan di Pantai Kukup ialah upacara sedekah, yang biasanya dilakukan setiap bulan Muharam atau disebut juga Satu Suro.

Dengan menyerahkan berbagai sesajen untuk kemudian dilarung ke lautan lepas, dengan tujuan ungkapan rasa syukur pada Tuhan YME. atas hasil laut dan rezeki yang telah diterima selama satu tahun ini.

kondisi laut ketika sedang surut
kondisi laut ketika sedang surut. google maps. sumber: Triasherren Wismono

Simak juga: review wisata Pantai Drini

Lokasi & Alamat Pantai Kukup

Lokasi Pantai Kukup berada satu kawasan dengan Pantai Ngrawe atau Pantai Asmara, tepatnya berada di Jalan Pantai Selatan Jawa, Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Rute Menuju Pantai Kukup

Untuk menuju Pantai Kukup jika berangkat dari pusat kota Jogja, estimasi waktu perjalanannya sekitar 1,5 hingga 2 jam lamanya.

Rute yang dapat diambil yakni dengan menuju ringroad timur dan selatan, kemudian melanjutkannya ke Kota Wonosari dilanjutkan dengan belok kiri di perempatan jalan setelah Terminal Giwangan.

Teruslah melaju hingga menemui petunjuk arah menuju Pantai Baron dan Pantai Ngobaran. Pilihlah arah menuju Pantai Baron.

Mendekati Pantai Baron, kamu akan tiba di pos retribusi, ketika berada di pertigaan jalan beloklah ke arah kiri menuju Pantai Kukup.

bermain pasir
bermain pasir. google maps. sumber: WnE Volutions

Baca: review Pantai Krakal di Jogja

Jam Buka Pantai Kukup

Jam operasional Pantai Kukup dibuka setiap hari Senin hingga Minggu, sepanjang hari selama 24 jam nonstop.

Harga Tiket Masuk ke Pantai Kukup

Enaknya berwisata bahari di Gunung Kidul tiket masuknya termasuk beberapa pantai yang ada di sekitarnya, seperti ketika memasuki Pantai Kukup.

Kamu cukup membayar tiket masuk sebesar Rp. 10.000,- dan sudah termasuk tiket masuk menuju Pantai Baron dan Pantai Ngrawe atau Pantai Asmara.

Sedangkan untuk biaya parkir dibandrol:

  • Parkir motor membayar Rp. 3.000,-
  • Parkir mobil sebesar Rp. 5.000,-
penginapan kukup indah
penginapan kukup indah. google maps. sumber: Budi Sutrisno

Simak: memacu adrenalin di Pantai Timang

Fasilitas Di Pantai Kukup

Fasilitas yang ada di Pantai Kukup diantaranya:

  • Area parkir kendaraan yang cukup luas
  • Toilet
  • Mushola
  • Warung-warung makanan dan minuman
  • Toko-toko yang menjajakan hasil laut
  • Spot selfie
  • Penginapan

Penginapan

Untuk penginapan yang ada di sekitar Pantai Kukup diantaranya:

  • Penginapan Kukup Indah
  • Penginapan Barokah Pantai Kukup
  • Inessya Resort

Yang menjadi favorit para wisatawan ialah Penginapan Kukup Indah, karena hanya butuh waktu sekitar 2 menit saja untuk menuju Pantai Kukup.

Ditambah lagi harganya yang terjangkau yakni sekitar Rp. 190.000-an per malamnya, dengan fasilitas yang oke banget pastinya.

Daya Tarik Khas Pantai Kukup

Daya tarik yang dimiliki Pantai Kukup sehingga selalu menjadi primadona di hati para wisatawan, ialah:

1. Alamnya Yang Indah

senja di pantai kukup
senja di pantai kukup. google maps. sumber: tyo pamungkas

Simak juga: review keindahan Pantai Siung

Pantai-pantai yang ada di Gunung Kidul memang tidak pernah mengecewakan, keindahan alamnya sungguh menakjubkan dan menenangkan.

Pantai Kukup dikelilingi bukit batu karang yang lebat dengan pohon hijaunya, ditambah lagi dengan air lautnya yang berwarna biru dihiasi deburan ombak yang sangat kencang apalagi ketika sedang pasang.

Karena memang berada di jalur pantai selatan yang terkenal akan keganasan ombaknya. Di sekitar Pantai Kukup terdapat papan peringatan untuk pengunjung supaya tidak mandi di laut.

Pantai ini memiliki bentangan pasir putih yang cukup lebar dan landai, banyak dimanfaatkan wisatawan untuk bersantai sambil memandang ke arah laut lepas.

Jika air laut sedang surut, kamu dapat mengunjungi Pantai Ngrawe atau Pantai Asmara yang letaknya berada di balik salah satu bukit karang yang ada di Pantai Kukup.

2. Keberadaan Pulau Jumpino

pulau jumino
pulau jumpino. google maps. sumber: valastine comp

Yang menjadi ikon dari Pantai Kukup ialah keberadaan bukit karang yang membentuk sebuah pulau kecil yang menjorok ke lautan, yang bernama Pulau Jumpino.

Setelah puas bermain di hamparan pasirnya, kamu dapat mengeksplor pulau tersebut dengan menyusuri jalan yang sudah tersedia. Perjalanan akan dihiasi dengan menyebrangi jembatan lalu diakhiri dengan menaiki tangga untuk menuju gazebo yang berada di atas bukit.

Ya, di atas bukit tersebut terdapat sebuah gazebo yang cukup besar untuk bersantai sambil menyaksikan panorama Samudera dari ketinggian. Banyak juga yang menjadikannya sebagai lokasi yang tepat untuk menyaksikan matahari tenggelam atau sunset.

3. Spot Foto Yang Keren Banget

berfoto di atas hamparan pasirnya
berfoto di atas hamparan pasirnya. google maps. sumber; Lusiana Lukita

Liburan yang kamu lakukan ngga akan lengkap jika tidak hunting spot foto yang keren banget, yang menjadi favorit pengunjung ialah ketika berada di perjalanan menuju Pulau Jumpino serta ketika berada di puncaknya.

Karena sajian alam dari ketinggian menghadirkan view yang sangat luar biasa, yang sayang untuk dilewatkan. Selain itu, jangan lupa untuk berfoto di sekitar hamparan pasirnya juga ya….


Tinggalkan komentar