Eksotisme Pantai Kukup, Obyek Wisata Andalan Gunung Kidul

Bicara tentang Gunung Kidul yang masih bagian dari wilayah Yogyakarta, tentu akan mengingatkan Anda dengan berbagai obyek wisata pantainya bukan? Deretan pantai Gunung Kidul memang mampu menarik perhatian wisatawan karena keindahannya. Salah satu diantara semua pantai tersebut adalah Pantai Kukup.


Mungkin Anda pernah mendengar namanya, karena pantai ini terletak tak jauh dari Pantai Baron. Tempat ini pun ramai dikunjungi, terutama saat hari libur.

foto indah
Foto indah. Image via: www.instagram.com/doni.indrayanti/

Beberapa orang mengatakan bahwa Pantai Kukup adalah Tanah Lot versi mini Gunung Kidul. Hal ini dikarenakan adanya bukit atau pulau karang di sekeliling yang membuat tampilannya hampir sama dengan Tanah Lot yang ada di Bali.

Selain itu, obyek wisata ini juga terkenal dengan beragam jenis biota lautnya.Anda dapat menemukannya dengan mudah di tepian pantai dengan kejernihan air yang masih terjaga.

Simak juga: daftar tempat wisata di Jogja yang populer

Misteri di Pantai Kukup

Pantai Selatan memang banyak menyimpan misteri yang beraneka ragam. Masyarakat di sekitarnya yang masih memegang teguh budaya kejawen ini seringkali mengadakan upacara-upacara yang berhubungan dengan kepercayaan adat.

Upacara tersebut biasanya dilaksanakan di tempat-tempat yang menurut mereka sakral, seperti pantai. Pantai Kukup juga tak lepas dari ritual warga setempat.

Spot foto
Indahnya alam pantai. Image via: pantainesia.com

Misteri yang cukup melegenda dan menjadi kebiasaan di Pantai Kukup adalah ritual sedekah.Ritual ini dilakukan setiap bulan Muharram atau dalam bahasa Jawa disebut Suro.

Masyarakat sekitar akan melakukan sejumlah aktivitas berdasarkan ritual dengan menyerahkan berbagai sesajen untuk di larung ke lautan lepas. Tujuan ritual ini adalah sebagai ungkapan rasa syukur kepada Tuhan atas hasil laut dan rezeki yang diterima selama satu tahun.

Simak juga: review wisata Pantai Drini

Lokasi Pantai Kukup Gunung Kidul

Ingin berkunjung ke Pantai Kukup tapi tidak tahu lokasinya?

Pantai ini terletak di Jalan Pantai Selatan Jawa, Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Gunung Kidul, Yogyakarta. Jarak dari pusat kota Yogyakarta sendiri kira-kira 62 kilometer. Anda dapat menempuhnya selama kurang lebih 1,5 – 2 jam menuju titik lokasi.

Untuk alat transportasinya sendiri disarankan menggunakan kendaraan pribadi seperti sepeda motor, mobil maupun menyewa minibus atau bus besar.

Memang sebetulnya terdapat transportasi umum yang dapat mengantarkan Anda sampai Wonosari, akan tetapi pantai-pantai tersebut berada di topografi yang masih jarang dilalui oleh transportasi umum. Jadi daripada kebingungan, lebih baik gunakan kendaraan pribadi saja.

Payung pantai
Payung pantai kukup. Image via: flickr.com

Baca: review Pantai Krakal di Jogja

Rute Ke Pantai Kukup

Rute perjalanan menuju Pantai Kukup ini tergantung dari mana Anda memulainya. Ada beberapa alternatif jalur yang dapat digunakan.

Misalnya bila Anda memulainya dari Yogyakarta, ambillah jalan menuju ringroad timur dan selatan. Ikuti petunjuk jalan yang akan mengarahkan ke Kota Wonosari. Jangan lupa belok kiri ketika sampai di perempatan kedua setelah terminal Giwangan.

Kemudian ikuti saja jalan sampai akhirnya Anda masuk ke wilayah Kota Wonosari. Nantinya Anda akan menemui jalan dua arah yang mengarah ke Pantai Baron dan Pantai Ngobaran. Beloklah ke kiri dan ikuti jalan menuju pantai Baron.

Setelah mendekati wilayah Pantai Baron, maka Anda akan sampai di pos retribusi. Lalu Anda akan menemui pertigaan dan beloklah ke kiri menuju Pantai Kukup. Terus saja berjalan lurus sampai menemukan plang menuju Pantai Kukup.

Pantai ini sudah tersedia fasilitas parkiran yang luas, sehingga Anda tidak perlu khawatir jika membawa rombongan besar.

Alternatif yang kedua adalah melalui Jalan Jogja-Solo. Ikuti jalan menuju Candi Prambanan. Setelah melewati Candi Prambanan, terdapat sebuah pertigaan dan beloklah ke kanan. Lurus saja terus dan Anda akan sampai di jalan menuju Kota Wonosari. Lanjutkan perjalanan Anda seperti rute di atas.

Harga Tiket Masuk ke Pantai Kukup

Berlibur ke pantai tak akan membuat Anda bangkrut, apalagi pantai yang ada di Gunung Kidul seperti Kukup. Tarifnya masih sangat terjangkau untuk semua kalangan. Di pos retribusi menuju Pantai Baron, Anda akan diminta untuk membayar tiket masuk yang berlaku ke beberapa pantai sekaligus, termasuk Pantai Kukup. Itupun hanya perlu mengeluarkan kocek sebesar 10 ribu rupiah.

Selanjutnya masih ada lagi biaya parkir yang harus ditanggung. Tapi biaya parkirnya pun tidak mengkhawatirkan. Biasanya motor dikenakan 2 ribu rupiah dan mobil 5 ribu rupiah saja.

Setelah itu Anda bebas menikmati suasana pantai yang menenteramkan hati dengan berbagai keelokan pemandangan serta biota lautnya.

Simak: memacu adrenalin di Pantai Timang

sunset
Sunset indah. Image via: eksotisjogja.com

Jam Buka Pantai Kukup

Mengenai jam buka, deretan pantai yang ada di Gunung Kidul tidak memiliki aturan khusus kapan harus dikunjungi dan tidak boleh dikunjungi. Jam buka ini berlaku setiap hari selama 24 jam. Umumnya, ketika hari sudah petang, para pengunjung akan pulang dengan sendirinya. Bukan karena obyek wisata ditutup, namun kondisi jalan yang masih minim penerangan.

Topografi sekitar pantai yang berkelok-kelok, naik turun, serta dikelilingi perkebunan membuatnya cukup seram bila dilalui malam hari.Apalagi ukuran jalannya tidak begitu lebar, jadi Anda harus ekstra hati-hati untuk menghindari kecelakaan.

Dengan begitu, sebaiknya Anda datang ke Pantai Kukup saat langit masih cerah.Mulai dari subuh sampai dengan terbenamnya matahari.

Daya Tarik Khas Pantai Kukup

Pantai Kukup memiliki sejumlah daya tarik yang menarik, sehingga pantas dijadikan sebagai destinasi wisata.Apa sajakah itu?

Bukit Karang Pulau Jumino

Ciri khas yang paling menonjol di deretan pantai Gunung Kidul adalah terdapat bukit karang.Tapi tak semua bukit karang bisa diakses dengan mudah karena adanya lautan yang memisahkan. Belum lagi ombak ganas dapat menyerang sewaktu-waktu.

Tapi jangan khawatir, bila datang ke Pantai Kukup, Anda bisa menyambangi bukit karang yang dinamai Pulau Jumino.

Pantai Kukup
Pulau Jumino. Image via: pantainesia.com

Terdapat sebuah bangunan seperti gazebo kecil sebagai gardu pandang. Silahkan datang ke sini untuk melihat langsung keindahan laut selatan dari ketinggian bukit. Aksesnya pun mudah, karena telah dibangun sejumlah anak tangga dan jembatan penghubung yang kokoh. Ambil momen spesial karena spot ini sangat cocok bagi Anda yang hobi hunting foto.

Selain itu, Anda juga bisa menyaksikan kecantikan sunset melalui bukit ini, karena lokasinya sangat strategis. Sekeliling pantai adalah tebing yang tinggi, sehingga akan kesulitan jika melihatnya melalui dataran pantai.

Simak juga: review keindahan Pantai Siung

Snorkeling

snorkeling
Snorkeling. Image via: travelingyuk.com

Beberapa pantai Gunung Kidul memang sangat rawan dan tak bisa diapa-apakan kecuali hanya dipandangi saja atau sekedar membasahi kaki dengan deburan ombak yang datang.

Sedangkan berkunjung ke Pantai Kukup bisa Anda manfaatkan dengan aktivitas-aktivitas seru.Melihat biota laut secara langsung tentu lebih mengesankan daripada hanya memandangnya melalui permukaan saja. Ambang batas pantai ini cukup luas, sehingga Anda bisa melakukan snorkeling saat keadaan pantai cukup surut.

Berbagai Fasilitas yang Menunjang

Daya tarik lainnya dari Pantai Kukup adalah segala fasilitas umum yang tersedia di dalamnya. Mulai dari akomodasi seperti penginapan, tempat makan, toilet, mushola dan sebagainya.

Begitu pula dengan hasil lautnya. Tentu kurang lengkap bila berwisata ke pantai tanpa membeli hasil laut. Banyak penjual yang menjajakan hasil-hasil laut dalam bentuk makanan, ikan hias maupun perhiasan kerang.

Anda dapat membelinya sebagai oleh-oleh atau pajangan di rumah.

Penginapan pantai kukup.
Penginapan pantai kukup. Image via: instajogja.com

Tips Berwisata ke Pantai Kukup

Berikut ada beberapa tips yang perlu Anda perhatikan ketika berwisata ke Pantai Kukup :

1. Bawalah Sunblock atau Sunscreen

Mungkin hal ini terlihat sangat feminin, tapi sunblock sangat berguna untuk menangkal teriknya sinar matahari pantai. Anda tidak mau kan kulit tiba-tiba gosong dan iritasi?

2. Membawa Baju Ganti Cadangan

Sebaiknya bawalah baju ganti setiap kali Anda bepergian ke pantai.Meskipun Anda belum tahu bisa bermain air, tapi tak ada salahnya berjaga-jaga.

3. Jangan Lupa Juga Bawa Sandal Jepit

Sandal jepit bermanfaat bila Anda berjalan-jalan ke sekitar lautan yang surut untuk melihat ekosistem lautnya.Diantara semua biota yang ada, terdapat beberapa jenis yang berbahaya ketika terinjak, misalnya bulu babi.Jadi Anda harus waspada.

4. Datang di Hari yang Tepat

Sebagian wisatawan tidak menyukai suasana pantai yang ramai.Jika Anda demikian, maka pilihlah hari kerja untuk menghindari banyaknya wisatawan dan kemacetan jalanan.

Pantai Kukup dapat dijadikan sebagai pilihan wisata untuk mengisi liburan. Kalaupun Anda ingin suasana yang lebih lengang, cobalah ambil cuti di hari kerja dan datang ke sana bersama keluarga maupun para sahabat. Tubuh dan pikiran yang penat pasti akan ter-refresh seketika.

Selamat berlibur!

Baca juga:

Artikel lainnya:

Leave a Comment