Pantai Lange, Pantai Indah Yang Terlarang

Berbeda dengan ulasan-ulasan sebelumnya tentang sebuah objek wisata yang disajikan secara detail, maka edisi kali ini tidak disajikan seperti biasanya.

Alasan terbesar tidak disajikan secara biasanya karena pantai ini terlarang untuk dikunjungi, meskipun memiliki pesona alam yang sangat indah.

Lalu kenapa diulas? Bukankah akan menjadi pemantik orang-orang untuk datang ke pantai tersebut? Saya akan coba uraikan satu per satu terkait pertanyaan-pertanyaan tersebut.

Kita mulai dari nama pantai yang dilarang tersebut. Nama pantainya adalah Pantai Lange yang lokasinya berada di Gampong Lamlhom Kecamatan Lhoknga Kabupaten Aceh Besar.

Pantai Lange
Pantai Lange.Sumber : www.glory-travel.com

Rute menuju Pantai Lange berbeda dengan rute menuju pantai-pantai pada umumnya. Biasanya untuk berwisata ke sebuah pantai bisa ditempuh sampai lokasi dengan kendaraan mobil, atau trasnportasi umum.

Berbeda dengan rute menuju Pantai Lange, keindahan Pantai Lange dapat dilihat dan dinikmati setelah melewati terlebih dahulu perbukitan, serta hutan yang masih asri dengan jalanan yang sebagian besar masih berupa tanah merah.

Selain itu, rute menuju Pantai Lange harus melewati beberapa jalan yang masih sempit dengan jurang berada di sampingnya.

Ada turunan tajam, begitupun setelah turunan tajam akan dihadirkan sebuah jalanan yang sangat menanjak dengan hamparan bebatuan kecil atau koral / kerikil.

Rute menuju Pantai Lange harus didampingi oleh orang yang berpengalaman, dan sekalipun dengan mengendarai motor haruslah orang yang sudah mahir.

Setelah tanjakan tersebut, tidak lama dari sana suara gemuruh ombak Pantai Lange akan terdengar jelas, sebagai sebuah pertanda bahwa lokasi pantai sudah sangat dekat.

Terhalang oleh pepohonan besar dan ilalang yang tumbuh tinggi, mata pengunjung akan terkesima saat mulai masuk ke area Pantai Lange. Lelahnya perjalanan tadi menjadi terobati dengan hamparan pesona alam yang indah.

Keindahan Pantai Lange
Keindahan Pantai Lange. Sumber : m.kaskus.co.id

Pantai Lange adalah sebuah pantai yang masih perawan, kondisi alam yang masih terjaga, dengan pasir pantai yang lembut.

Kondisi ombaknyapun berbeda-beda, di beberapa titik ada yang rendah, di titik lain memiliki gelombang yang cukup tinggi.

Ombak Dan Pasir Pantai Lange
Ombak Dan Pasir Pantai Lange. Sumber : liza-fathia.com

Dan orang-orang lebih mengenal Pantai Lange karena pantai yang memiliki semburan air mancur dari sebuah lubang batu karang di pesisir pantainya.

Menurut saya, jika kita amati secara seksama, semburan air mancur tersebut terjadi saat ombak datang menuju pantai. Kemungkinan ada lubang di bawah karang, sehingga saat ombak datang air menjadi tertekan ke atas menyerupai air mancur.

Air Mancur Pantai Lange
Air Mancur Pantai Lange. Sumber : pusatinfowisata26.blogspot.com

Psikologi beberapa orang terkadang menyukai anomali. Apa yang dilarang malah dilakukan, begitupun sebaliknya. Apa yang disuruh dilaksanakan, malah ditinggalkan. Bukankah begitu?

Apalagi cerita keindahan Pantai Lange sudah tersebar, sehingga membuat orang penasaran untuk datang ke sana, tanpa menghiraukan larangan.

Alasan Pantai Lange Terlarang Dikunjungi

Ada beberapa alasan yang menjadikan Pantai Lange dilarang untuk dimasuki oleh para wisatawan, diantaranya :

1. Supaya Tidak Jadi tempat Maksiat

Lokasi Pantai Lange berada di Gampong Lamlhom Kecamatan Lhoknga Kabupaten Aceh Besar.

Bagi yang belum tahu, dalam situs Wikipedia, istilah Gampong adalah pembagian wilayah administratif setingkat kelurahan di Provinsi Aceh Indonesia. Dan Gampong berada di bawah mukim.

Gampong bukanlah bawahan Sagoe Cut (Kecamatan). Berbeda dengan kelurahan, Gampong memiliki hak mengatur wilayahnya yang lebih luas.

Namun dalam perkembangannya, Gampong dapat dirubah statusnya menjadi kelurahan.

Nah, berdasarkan keputusan para tetua Gampong dan kearifan lokal, maka diputuskanlah bahwa Pantai Lange dilarang untuk dikunjungi oleh para wisatawan demi menghindari terjadinya kemaksiatan.

Sebuah keputusan yang patut dihargai dan ditaati tentunya, karena lahir dari sebuah niat baik serta keyakinan akan nilai-nilai luhur serta moralitas yang terjaga.

2. “Mungkin” Alasan Keamanan

Saya sengaja menambahkan kata mungkin karena pendapat yang ke dua adalah pendapat saya sebagai penulis.

Kemungkinan juga ada alasan keamanan bagi pengunjung terutama terkait rute atau akses menuju Pantai Lange yang masih belum bagus.

Sekali lagi itu sebagai tambahan alasan dari saya yang hanya berdasar kepada “kemungkinan”.

Sebagai benang merahnya, maka bagi para pengunjung yang tetap ingin pergi ke Pantai Lange harus meminta izin terlebih dahulu kepada pihak-pihak terkait pemilik kebijakan setempat.

Yang selanjutnya, pengunjung harus berkomitmen menjaga nilai luhur yang diyakini oleh masyarakat setempat terkait alasan pelarangan tersebut. sederhananya jika ingin tetap ke Pantai Lange, jangan sampai berbuat maksiat ya…

Itulah uraian tentang Pantai Lange, Pantai Indah Yang Terlarang. Mari kita jaga bersama kelestarian alam, serta keluhuran nilai dan moral. Sehingga alam dan manusia mampu berharmoni secara sempurna.

Lokasi Dan Alamat Pantai Lange

Lokasi dan lamat Pantai Lange berada di Gampong Lamlhom Kecamatan Lhoknga Kabupaten Aceh Besar.

Baca juga:

Leave a Comment