Pantai Lhoknga, Spot Surfing Terbaik Di Aceh Besar

Pantai Lhoknga merupakan satu dari sekian banyak wisata Aceh, khususnya pesona laut dan pantai  yang sangat terkenal dengan pesona keindahannya.

Ciri khas dari Pantai Lhoknga karena pesona keindahan alam yang dimilikinya sangat indah, serta memiliki ombak  yang dianggap bersahabat bagi destinasi wisata keluarga.

pantai lhoknga aceh besar
pantai lhoknga aceh besar. Google Maps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Lokasi Pantai Lhoknga berada di Kabupaten Aceh Besar, Provinsi Aceh, sebagai tempat yang sangat bersejarah di jaman perjuangan kemerdekaan.

Aceh Besar adalah tempat sosok pahlawan nasional dilahirkan. Perempuan yang sangat berani melawan penjajahan, yang bernama Cut Nyak Dhien.

Lokasi Pantai Lhoknga bukan hanya sebatas untuk menikmati keindahan alam pantai saja. Namun di Pantai Lhoknga sering digelar festival tahunan, yang diisi dengan ragam aktivitas wisata pantai, dan pagelaran budaya lokal.

Dan inilah deskripsi Pantai Lhoknga, serta karakteristik wisata Aceh yang wajib anda ketahui.

Update Objek Wisata Pantai Lhoknga Di Masa Pandemi

Situasi pandemi dari wabah Covid-19 tentu saja sangat berdampak bagi seluruh sendi kehidupan masyarakat, termasuk sektor pariwisata.

Pola hidup yang baru, atau kebiasaan hidup yang baru, dituntut untuk diterapkan kapanpun, dan dimanapun, termasuk saat berwisata.

destinasi wisata keluarga di pantai lhoknga
destinasi wisata keluarga di pantai lhoknga. Google Maps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Para pengunjung harus selalu mematuhi protokol kesehatan yang telah ditetapkan oleh pemerintah, dan dijabarkan oleh pihak pengelola wisata.

Hanya saja, masih ada pengunjung yang belum mematuhi protokol tersebut secara baik. Termasuk saat berkunjung ke Pantai Lhoknga. Hal ini terjadi di akhir bulan Januari tahun 2021.

Oleh karena itu, tetap terapkan kebiasaan baru di masa pandemi dengan menerapkan protokol kesehatan ya…

Karakteristik Wisata Di Provinsi Aceh

Karakteristik objek wisata yang ada di Aceh tidak bisa dilepaskan dari status Aceh yang menyandang sebagai Daerah Istimewa yang ada di Indonesia.

Salah-satu sub atas status Daerah Istimewa adalah penyelenggaraan kehidupan beragama Dan di Aceh, Syariat Islam telah ditegakkan di semua sektor kehidupan, termasuk aturan saat berwisata.

Intinya, setiap objek wisata, maupun pengunjung dilarang keras melanggar nilai-nilai religi, dan budaya lokal, yang diyakini, dan dihormati.

pantai lhoknga wisata aceh yang populer
pantai lhoknga wisata aceh yang populer. Google Maps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Begitupun di objek wisata Pantai Lhoknga aturan tersebut harus tetap dilaksanakan. Setiap pelanggaran aturan, tentu saja akan ada hukumannya.

Sejatinya, dimanapun objek wisatanya. Para pengunjung harus tetap menjunjung tinggi kepercayaan, budaya maupun nilai religi yang dianut oleh masyarakat lokal.

Daya Tarik Dan Ragam Aktivitas Di Pantai Lhoknga

1. Ombak

Daya tarik yang pertama dari Pantai Lhoknga adalah karakter ombaknya yang sangat cocok untuk melakukan aktivitas surving, dan wisata keluarga.

Ketinggian ombak Pantai Lhoknga berkisar 1,5 hingga 2 meter saja. Ditambah kondisi air pantainya yang sangat bersih, menjadikan Pantai Lhoknga sebagai lokasi yang nyaman khususnya bagi mereka yang suka dengan aktivitas surfing.

ombak pantai lhoknga
ombak pantai lhoknga. Google Maps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Setidaknya terdapat 5 titik lokasi yang nyaman untuk melakukan surfing di Pantai Lhoknga. Festival tahunan yang sering digelar di Pantai Lhoknga adalah Aceng Surfing Championship.

2. Alam Sekitar

Daya tarik selanjutnya dari objek wisata Pantai Lhoknga Aceh adalah keindahan panorama alam sekitarnya yang sangat elok.

pesona alam sekitar pantai lhoknga
pesona alam sekitar pantai lhoknga. Google Maps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Apalagi saat menikmati keindahan matahari terbenam. Bukit – bukit kecil yang ada di sekeliling Pantai Lhoknga menjadi harmoni keindahan yang memanjakan mata.

Pasir Pantai Lhoknga juga menjadi spot yang nyaman untuk melakukan aktivitas bersama keluarga. Apalagi pasir Pantai Lhoknga tergolong sebagai pasir putih.

Catatan Penting Saat Berada Di Pantai Lhoknga

Penulis wajib menyampaikan beberapa hal kepada pengunjung saat berada di Pantai Lhoknga Aceh. Mengingat pernah terjadi beberapa kejadian memilukan di pantai tersebut.

Pengunjung harus selalu mengutamakan keselamatan saat berwisata dimanapun, dan kapanpun, termasuk di Pantai Lhoknga.

pasir putih pantai lhoknga
pasir putih pantai lhoknga. Google Maps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Meskipun ombak di Pantai Lhoknga terkenal sebagai ombak yang sangat bersahabat, namun lokasi Aceh Besar yang berbatasan dengan Samudera Indonesia, dan Selat Malaka patut menjadi catatan.

Perubahan cuaca yang mendadak, serta perubahan arus ombak sangat mungkin sekali terjadi. Ditambah kekuatan alam memang sangat sulit untuk diterka.

Pantai Lhoknga memang memiliki pesona keindahan yang luar biasa. Akan lebih nikmat saat anda berwisata di Pantai Lhoknga sambil mengutamakan aspek keselamatan.

Simak juga: 11 lokasi wisata Aceh

Lokasi Pantai Lhoknga

Lokasi Pantai Lhoknga terletak dekat denga Pantai Lampuuk. Adapun alamat Pantai Lhoknga berada di  Kecamatan Lhoknga, Kabupaten Aceh Besar, Provinsi Aceh.

Rute Menuju Pantai Lhoknga

Rute perjalanan yang bisa ditempuh untuk sampai di pantai lhoknga sangatlah mudah. Pengunjung hanya perlu memacu kendaraan anda dari kota aceh besar ke arah pantai dengan mengikuti Rambu penunjuk arah yang banyak tersedia di jalan.

Jarak tempuh dari kota banda aceh hanya 20 kilometer dan bisa ditempuh dengan waktu perjalanan yang terbilang singkat, anda hanya butuh 20 menit untuk sampai di sana.

Namun jika anda menggunakan angkutan umum seperti Becak motor dengan jalur operasi aceh-lhoknga, maka perjalanan anda akan lebih lama yakni sekitar 35 menit.

Jam Buka Pantai Lhoknga

Seperti halnya pantai dan wisata lainnya di Banda Aceh, walau berupa la terbuka tetap ada ketentuan jam buka. Ini sesuai dengan penghormatan terhadap ketaatan masyarakat pada nilai Syariat. Pantai Lhoknga beroperasi mulai jam 07.00, hingga jam 17.00.

Tiket Masuk Pantai Lhoknga

Harga tiket masuk  pantai Lhoknga ini pengunjung dikenakan tiket masuk sebesar Rp 15.000,-.

Fasilitas Pantai Lhoknga

salah satu fasilitas di pantai lhoknga
salah satu fasilitas di pantai lhoknga. Google Maps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Fasilitas yang ada di Pantai Lhoknga terbilang cukup memadai, terdapat toilet serta lahan parkir yang cukup luas. Selain itu, bagi umat Muslim yang ingin beribadah disekitar lokasi pantai terdapat mushola dan masjid yang bisa digunakan wisatawan untuk sholat.

Simak juga: Danau Lau Kawar di Kaki Sinabung

Di sekitar lokasi pantai, juga tersedia persewaan papan selancar bagi wisatawan yang ingin surfing di Pantai Lhoknga. Selain itu, juga tersedia warung-warung dan kafe yang menyediakan berbagai macam kuliner. Salah satu yang khas di pantai ini adalah menikmati jagung bakar sambil melihat fenomena sunset di sore hari.

Jika wisatawan ingin menginap, di sekitar Pantai Lhoknga juga terdapat resort, hotel dan penginapan yang bisa digunakan oleh wisatawan. Penginapan tersebut menawarkan berbagai fasilitas sesuai harga yang ditawarkan. Pengunjung dapat memanfaatkan fasilitas ini jika ingin menikmati keindahan pantai lebih lama lagi.

Penutup

Demikian review tentang Pantai Lhoknga Aceh Besar, semoga menjadi refernsi awal bagi anda untuk menentukan acara liburan nanti bersama keluarga.


Tinggalkan komentar