Pantai Lhoknga, Spot Surfing Terbaik di Nagroe Aceh Darusalam

Pantai Lhoknga memang telah dikenal memiliki salah satu spot surfing terbaik di Aceh. Tak hanya di Indonesia, pantai ini juga telah mendapat pengakuan dunia Internasional akan gelombang ombaknya. Dengan tiga level ombak yang berbeda, pantai ini sangat cocok bagi semua lefel penggemar surfing.

Pantai Lhoknga memang telah dikenal memiliki salah satu spot surfing terbaik di Aceh. Tak hanya di Indonesia, pantai ini juga telah mendapat pengakuan dunia Internasional akan gelombang ombaknya.
Pantai Lhoknga. Image via: @sylviahermawan

Pesona utama yang ditawarkan dari Pantai Lhoknga adalah gelombang ombak yang memiliki karakteristik berbeda. Setidaknya ada lima titik spot surfing, yang menjadi andalan bagi para peselancar lokal maupun internasional.

Selain menjadi tempat favorit bagi para peselancar, Pantai Lhoknga juga memiliki panorama pantai yang cukup memukau. Pada sore hari, wisatawan biasanya tumpah ruah bersantai di pasir putih sembari menunggu fenomena sunset yang indah.

Kondisi pantai yang masih sepi dan alami juga seakan menjadi nilai tambah pantai ini. Selepas lelah bermain selancar, wisatawan bisa beristirahat sejenak dengan duduk dibawah pepohonan rindang yang tumbuh di bibir pantai.

Tak lupa, jagung bakar menjadi santapan wajib ketika berkunjung ke Pantai Lhoknga. Menikmati keindahan sunset dipinggir pantai, serta ditemani semilir angin yang berhembus akan menjadikan liburan terasa sempurna.

Selain menjadi tempat favorit bagi para peselancar, Pantai Lhoknga juga memiliki panorama pantai yang cukup memukau.
Surfer. Image via: acehbesartourism.com

Simak juga: 11 lokasi wisata Aceh

Lokasi Pantai Lhoknga

Secara administratif, Pantai Lhoknga terletak pada Kecamatan Lhoknga, Kabupaten Aceh Besar, Aceh.

Orang-orang disana memberi sebutan ‘Pantai Lhoknga’ untuk daerah di belakang Lapangan Golf Lhoknga hingga ke taman tepi laut setelah Komplek Pabrik Semen Andalas.

Rute Menuju Pantai Lhoknga

Rute perjalanan yang bisa ditempuh untuk sampai di pantai lhoknga sangatlah mudah. Pengunjung hanya perlu memacu kendaraan anda dari kota aceh besar ke arah pantai dengan mengikuti Rambu penunjuk arah yang banyak tersedia di jalan.

Jarak tempuh dari kota banda aceh hanya 20 kilometer dan bisa ditempuh dengan waktu perjalanan yang terbilang singkat, anda hanya butuh 20 menit untuk sampai di sana.

Namun jika anda menggunakan angkutan umum seperti Becak motor dengan jalur operasi aceh-lhoknga, maka perjalanan anda akan lebih lama yakni sekitar 35 menit.

pengunjung ke Pantai Lhoknga bis amenggunakan becak motor.
Becak Motor Pantai Lhoknga. Image via: liputan6.com

Jam Buka Pantai Lhoknga

Seperti halnya pantai dan wisata lainnya di Banda Aceh, walau berupa la terbuka tetap ada ketentuan jam buka. Ini sesuai dengan penghormatan terhadap ketaatan masyarakat pada nilai Syariat. Pantai Lhoknga beroperasi mulai jam 07.00, hingga jam 17.00.

Tiket Pantai Lhoknga

UNutk masuk dan menikmati keindahan kawasan pantai Lhoknga ini pengunjung dikenakan tiket masuk sebesar Rp 15.000,-.

Fasilitas Pantai Lhoknga

Fasilitas yang ada di Pantai Lhoknga terbilang cukup memadai, terdapat toilet serta lahan parkir yang cukup luas. Selain itu, bagi umat Muslim yang ingin beribadah disekitar lokasi pantai terdapat mushola dan masjid yang bisa digunakan wisatawan untuk sholat.

Pada sore hari, wisatawan biasanya tumpah ruah bersantai di pasir putih sembari menunggu fenomena sunset yang indah di pantai Lhoknga.
Wisata Pantai. Image via: pedomanwisata.com

Simak juga: Danau Lau Kawar di Kaki Sinabung

Di sekitar lokasi pantai, juga tersedia persewaan papan selancar bagi wisatawan yang ingin surfing di Pantai Lhoknga. Selain itu, juga tersedia warung-warung dan kafe yang menyediakan berbagai macam kuliner. Salah satu yang khas di pantai ini adalah menikmati jagung bakar sambil melihat fenomena sunset di sore hari.

Jika wisatawan ingin menginap, di sekitar Pantai Lhoknga juga terdapat resort, hotel dan penginapan yang bisa digunakan oleh wisatawan. Penginapan tersebut menawarkan berbagai fasilitas sesuai harga yang ditawarkan. Pengunjung dapat memanfaatkan fasilitas ini jika ingin menikmati keindahan pantai lebih lama lagi.

Daya Tarik Pantai Lhoknga

  1. Pantai Romantis

Selain memiliki beberapa spot surfing, pantai Lhoknga ini juga terkenal akan keindahan panoramanya.
Pantai yang romantis. Image via: @wisata_bandaaceh

Untuk Anda yang baru menjadi pengantin baru dan ingin mencari tempat untuk berbulan madu, Pantai Lhoknga bisa menjadi alternatif mencari tempat yang romantis. Berada di pantai ini sambil ditemani angin laut di sore hari dan cahaya langit yang mulai temaram membuat suasana terasa romantis.

Selain memiliki beberapa spot surfing, pantai ini juga terkenal akan keindahan panoramanya. Memiliki air laut yang jernih serta pasir pantai yang membentang disepanjang mata memandang akan membuat setiap pengunjung betah berlama-lama di Pantai Lhoknga.

Pengunjung bisa berenang, bermain air, atau main voli pantai di pasir putih yang bersih. Usai lelah bermain, pengunjung bisa bersantai di bawah pepohonan rindang yang tumbuh disekitar pantai.

Terdapat pula gazebo-gazebo sederhana yang bisa kamu manfaatkan untuk beristirahat. Menikmati pemandangan lautan luas, dengan suara deburan ombak yang menyapu pasir pantai akan menjadikan liburanmu terasa sempurna.

  1. Lokasi Surfing

aceh surfing championship 2019 di pantai lhoknga
Surfer di Aceh. Image via: antarafoto.com

Simak juga: Lembah Harau, bertebing 500 meter

Para peselancar pun mengenal ada lima titik ombak yang bisa dinaiki peselancar di Lhoknga. Yang pertama adalah ‘Left Hander Point’, yaitu ombak kiri yang berjarak 300 meter dari bibir pantai yang amat cocok bagi mereka yang baru mengenal selancar.

Kedua adalah ‘Cemara Right Point’, yaitu ombak kanan berjarak sekitar 300 meter dari pantai. Kedua titik ini menjadi titik favorit bagi para peselancar asal Negeri Sakura Jepang.

Selanjutnya, ‘Peak Point’ yaitu ombak kanan dan kiri yang berjarak 300 meter dari pantai. Arusnya yang kuat membuat para peselancar harus lebih berhati-hati disini.

Seorang peselancar lokal yang tewas ketika Tsunami 2004 bernama Suri diabadikan menjadi nama titik keempat, yaitu ‘Suri Point’ yang berjarak 200 meter dari pantai. Semasa hidupnya, Suri adalah spesialis di titik ini. Terakhir, ‘Out Side Right Hander’ yaitu Ombak kanan yang berjarak 500 meter dari pantai yang memiliki arus kuat dan berbahaya.

Umumnya, para peselancar mengenal ada dua tipe ombak berbeda di bulan-bulan tertentu di Lampuuk. Bulan Juni hingga November di saat musim angin Barat terkenal dengan ombak pantainya (beach break), sedangkan di bulan Desember hingga Mei saat angin Timur berhembus terkenal dengan ombak karangnya (reef break).

  1. Sunset

Sunset di Pantai Lhoknga.
Sunset di Pantai. Image via: m.tribunnews.com

Pesona Pantai Lhoknga memang terlalu indah untuk dilewatkan. Tempat wisata yang satu ini juga menawarkan fenomena sunset indah ketika sore hari tiba. Banyak muda-mudi yang datang, sehingga ketika sore hari pantai ini akan penuh sesak oleh wisatawan.

Sebagian besar wisatawan yang datang di sore hari ingin menyaksikan keindahan sunset yang ada di Pantai Lhoknga. Ketika matahari perlahan menemui ufuknya, akan tercipta suasana romantis yang semakin indah bila dipandang dengan orang tercinta.

Menikmati indahnya matahari tenggelam, terasa tak lengkap jika tak mencicipi nikmatnya jagung bakar khas pantai.

Surfer dan Warga di pantai lhoknga
Surfer dan Warga. Image via: liputan6.com

Simak juga: Gunung Tujuh, Danau indah di Kerinci

Tips Mengunjungi Pantai Lhoknga

  • Bagi yang ingin berbulan madu jangan lupa untuk selau membawa buku nikah
  • Karena Aceh telah menerapkan Hukum Syariah sehingga pengunjung harus bisa menyesuaikan mulai dari berbusana, makan dan minum, waktu shalat dan lain-lain
  • Wisatawan diharapkan meninggalkan lokasi pantai ketika Magrib tiba.
  • Jika Anda ingin liburan ke Aceh disarankan tidak pada bulan puasa
  • Diharapkan peraturan-peraturan yang berlaku di Aceh ditaati oleh pengunjung karena bisa berakibat hingga hukum cambuk
menyususuri pantai Lhoknga dengan kuda.
Susuri pantai dengan kuda. Image via: liputan6.com

Simak juga: 7 km panjangnya pantai Panjang

Objek Wisata Dekat Pantai Lhoknga

Sebagai Kabupaten yang berada di pesisir, Aceh besar memiliki banyak pantai-pantai indah, selain dari pantai Lhoknga. Yang bisa kami sebutkan misalnya  Pantai Babah Dua. Pantai ini memiliki hamparan pasir putih yang bersih. Dengan air lautnya yang jernih berwarna biru toscha dan ombaknya yang tenang berlatar belakang tebing cadas dan gugusan pinus.

Ada juga Pantai Ujong Batee.  Suasana pantai yang cenderung sepi menjadi bonus tersendiri bagi wisatawan yang berkunjung ke Pantai ini. Pemandangan yang disuguhkannya terlihat eksotis lewat pasir putih dan air lautnya yang jernih berwarna biru tosca.

Apakah Anda tertarik berkunjung ke Pantai LhokngaAceh? Tentukanlah waktu yang tepat. Perkiraan cuaca juga sangat penting demi keamanan bersama. Jangan lupa pakai pula pakaian yang nyaman untuk aktifitas Pantai.

Baca juga:

Leave a Comment