Pantai Malalayang, Proyeksi 10 Bali Baru Tahun 2020

Secara umum, berbicara tentang pariwisata yang ada di Indonesia selalu identic dengan Bali. Bali selalu menjadi primadona utama bagi para wisatawan. Baik wisatawan nasional, maupun wisatawan mancanegara.

Hal tersebut tentu saja mejadi perhatian utama bagi pemerintah, bagaimana menciptakan daerah Bali Baru di setiap provinsi yang ada di Indonesia.

Manado, tepatnya Pantai Malalayang merupakan satu dari 10 zona yang masuk sebagai Bali Baru di tahun 2020. Tepatnya berbentuk program pembangunan Waterfront City.

Pantai Malalayang Manado
Pantai Malalayang Manado. Google Image. Sumber : lh5.googleusercontent.com

Berita terkait Pantai Malalayang sebagai bagian dari Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) sudah banyak menghiasi portal media nasional. Hal tersebut tentu saja menjadi kabar yang sangat menggembrakan bagi masyarakat Manado.

Meskipun konsep Bali Baru belum terwujud 100%, Pantai Malalayang memiliki pesona alami yang mampu menhadirkan para pengunjung, terutama saat liburan tiba.

Pesona pantai yang berpadu dengan keindahan alam sekitarnya dari Pantai Malalayang, memang sangat tepat diproyeksikan sebagai destinasi wisata utama.

Pantai Malalayang Proyeksi Bali Baru
Pantai Malalayang Proyeksi Bali Baru. Google Maps. Sumber : lh5.googleusercontent.com

Lalu apa saja daya tarik yang dimiliki oleh Pantai Malalayang? Maka inilah jawabannya…

Pesona Keindahan Pantai Malalayang

Secara umum, daya tarik Pantai Malalayang terletak pada 3 pesona strategis yang dapat menghadirkan para wisatawan. Yaitu :

1. Pesona Pantai

Pesona Pantai Malalayang salah-satunya terletak pada gelombang ombaknya yang sangat kecil. Kondisi tersebut sangat disukai oleh para wisatawan yang memiliki rencana libur akhir pekan bersama keluarga.

Gelombang ombak yang sangat besar, terkadang selalu menjadi kekhawatiran bagi para orang tua. Pantai Malalayang, menjadi solusi atas kekhawatiran tersebut.

Kondisi Ombak Pantai Malalayang
Kondisi Ombak Pantai Malalayang. Google Maps. Sumber : lh5.googleusercontent.com

Satu hal lagi yang unik dari Pantai Malalayang, bahwa pantai tersebut tidak memiliki garis pantai, serta tidak memiliki hamparan pasir pantai.

Hamparan batuan kecil lebih mendominasi di bibir Pantai Malalayang, dibandingkan dengan pasir pantainya. Pantai dengan hamparan pasir putih itu biasa, tetapi pantai dengan hamparan batuan kecil itu belum biasa.

Apakah pesona keindahan Pantai Malalayang berhenti sampai di situ saja? Tentu saja tidak. Satu hal lagi yang patut dibanggakan dari Pantai Malalayang adalah tentang pesona taman bawah lautnya.

Taman Laut Pantai Malalayang
Taman Laut Pantai Malalayang. Google Maps. Sumber : lh5.googleusercontent.com

Taman bawah laut Pantai Malalayang masih terjaga kelestraian, atau ekosistemnya. Bahkan ikan-ikan langka, khas Manado masih bias ditemukan di pantai tersebut.

2. Pesona Alam Sekitar

Daya taraik selanjutnya dari Pantai Malalayang adalah pesona alam sekitarnya yang sangat menawan. Perpaduan keindahan tersebut bias menjadi spot foto yang bagus , untuk mengisi ruang kosong media sosial anda.

View yang dianggap paling elok oleh para wisatawan adalah letak sebuah gunung yang ada seberang pantai. Gunung tersebut seolah menegaskan sebagai simbol penyempurna Pantai Malalayang.

Pesona Gunung Pantai Malalayang
Pesona Gunung Pantai Malalayang, Google Maps. Sumber : lh5.googleusercontent.com

3. Pesona Khazanah Lokal

Khazanah local yang dimaksudkan di sini terkait dengan potensi yang dimiliki oleh kawasan tersebut, selain pesona keindahan alam. Seperti budaya, adat istiadat, serta kuliner.

Pantai Malalayang bukan hanya sekedar tentang destinasi wisata alam pantai saja. Namun ada nilai tambah yang tersaji untuk para wisatawan, salah-satunya wisata kuliner.

Di pinggir Pantai Malalayang terdapat spot yang disediakan khusus bagi para wisatawan yang ingin mencicipi kuliner khas Manado.

Spot Wisata Kuliner
Spot Wisata Kuliner. Google Maps. Sumber : lh5.googleusercontent.com

Menu seafood sudah pasti ada, tetapi sensasi menikmati kuliner lokal juga patut dicoba. Spot nya juga sangat nyaman, meja serta tempat duduknya langsung menghadap kea rah Pantai Malalayang.

Kolaborasi keindahan Pantai Malalayang, dengan pesona alam sekitar, ditambah dengan paduan kuliner lokal menjadi sebuah penegasan bahwa Pantai Malalayang sangat tepat dijadikan sebagai 10 Bali Baru.

Ragam Aktivitas Wisata Di Pantai Malalayang

Terdapat beberapa ragam aktivitas wisata yang bisa dinikmati oleh para wisatawan saat berada di Pantai Malalayang. Yaitu :

1. Jelajah Kawasan Pantai

Aktivitas menjelajah kawasan Pantai Malalayang sangat menyenangkan. Hal tersebut dikarenakan kondisi ombaknya yang sangat kecil, ditambah dengan sajian pesona alam sekitar pantai yang sangat menawan.

Menjelajah kawasan pantai bisa dilakukan dengan cara menyewa perahu yang sudah tersedia di kawasan Pantai Malalayang.

Jelajah Keindahan Pantai Malalayang
Jelajah Keindahan Pantai Malalayang. Google Maps. Sumber : lh5.googleusercontent.com

Ditambah ada satu hal lagi yang akan menambah keseruan wisata anda di Pantai Malalayang. Yaitu terdapat penyewaan jet ski, beserta alat kelengkapan keamanan saat menjelajah kawasan pantai dengan menggunakan jet ski.

Meskipun demikian, bukan berarti para wisatawan mengabaikan aspek keamanan dalam berwisata. Selalu patuhi protokol keamanan, dan kesehatan yang telah ditetapkan oleh pemerintah, dan pihak pengelola.

2. Diving

Aktivitas wisata selanjutnya adalah menjelajah keindahan alam di bawah laut. Taman Laut Pantai Malalayang sangat indah, bahkan hasil jepretan kamera saat melakukan aktivitas tersebut bisa bikin iri orang yang melihatnya.

3. Wisata Kuliner

Aktivitas wisata selanjutnya adalah hunting kuliner khas Manado. Tidak perlu jauh – jauh ke luar kawasan pantai, karena di lokasi tersebut juga sudah terdapat spot yang menyajikan kuliner lokal.

Hunting Kuliner Di Pantai Malalayang
Hunting Kuliner Di Pantai Malalayang. Google Maps. Sumber : lh5.googleusercontent.com

Lokasi Pantai Malalayang

Pantai Malalayang terletak di Kecamatan Malalayang, Kota Manado, Provinsi Sulawesi Utara

Rute Menuju Pantai Malalayang

Untuk sampai di pantai Malalayang, dibutuhkan waktu sekitar 10 menit dari pusat kota Manado dengan menggunakan angkutan umum. Jaraknya sekitar 4 kilometer saja. Pantai ini menjadi satu-satunya tempat wisata rakyat yang murah meriah, karena aksesnya dekat dan mudah ditempuh.

Lokasi Pantai Malalayang Dekat Pusat kota Manado
Lokasi Pantai Malalayang Dekat Pusat kota Manado. Google Maps. Sumber :lh5.googleusercontent.com

Jam Buka Pantai Malalayang

Pantai Malalayang terbuka 24 jam sepanjang pekan untuk dikunjungi. Dengan demikian pengunjung bisa leluasa mengatur waktunya sesuai dengan kesempatan yang dimiliki.

Tiket Pantai Malalayang

  • Harga tiket masuk Pantai Malalayang adalah Rp. 5.000 per orang.
  • Biaya Parkir Mobil Rp. 5.000 per unit.
  • Biaya Parkir Motor Rp. 2.000 per unit.

Fasilitas Pantai Malalayang

Untuk penginapan pengunjung, karena letaknya yang dekat dengan pusat kota, bisa memilih dari berbagai pilihan hotel yang ada di sekitar pantai. Bahkan ada beberapa hotel yang berada persis di dekat pantai yang membuat pengunjung bisa menikmati keindahan pantai bahkan ketika anda beristirahat di kamar.

Untuk urusan makan, pengunjung tidak perlu khawatir. Karena di sepanjang Pantai Malalayang ini selain menjajakan berbagai macam hidangan laut banyak warung yang menjajakan berbagai macam makanan khas Manado, yang paling terkenal adalah pisang goreng khas Manado.

Penutup

Demikian info lengkap tentang Pantai Malalayang. Semoga realisasi pantai tersebut sebagai 10 Bali Baru dapat segera terealisasi 100%.


Leave a Comment