Pantai Mbawana, Pantai Menawan Pemilik Gapura Laut

Pantai Mbawana yang berada di  Kecamatan Kodi Balagahar, menyuguhkan keindahan alam yang sangat mempesona. Pantai ini  berupa hamparan pasir putih yang lembut dengan deretan tebing tinggi yang indah dengan “gapura” laut nya.

Pantai Mbawana yang berada di  Kecamatan Kodi Balagahar, menyuguhkan keindahan alam yang sangat mempesona. Pantai ini  berupa hamparan pasir putih yang lembut dengan deretan tebing tinggi yang indah dengan “gapura” laut nya.
Pantai Mbawana. Image via: @dhanoeadjie

Selain pasir putihnya, di pantai ini pengunjung akan menemukan keaaiban alam. Berupa sebuah lubang besar pada batu karang yang berdiri kokoh di pesisir pantai. Sejauh mata memandang, pengunjung akan melihat keindahan alam berupa pantai indah dengan hempasan ombak pada dinding karang.

Saat senja menjelang akan terasa spesial dengan bersantai sambil menyaksikan matahari tenggelam. Spot foto terbaik berada di antara kedua tebing yang mengapit, sehingga dapat menghasilkan foto kekinian yang Instagramable banget.

Pantai ini sangat cocok bagi kamu yang memiliki hobi berselancar karena deburan ombak nya yang  cukup besar. Tak heran jika banyak peselancar Internasional yang berlatih di pantai ini sambil menikmati keindahan dan keeksotisan Pantai Mbawana.

Bagi pengunjung yang berencana menginap di pantai ini, tidak perlu khawatir. Beberapa warga menyediakan rumah singgah yang bisa kamu pakai untuk bermalam.

Pantai Mbawana memilki bentangan pasir pantai putih yang bersih dan landai
Pantai berpasir putih. Image via: @jindy2020

Simak juga: 11 Lokasi wisata di Sumba

Lokasi Pantai Mbawana

Pantai Mbawana biasa juga disebut Pantai Batu Bolong  terletak di Kecamatan Kodi, Sumba Barat Daya, Nusa Tenggara Timur.

Pantai indah ini berjarak sekitar 59 kilometer dari Bandar Udara Tambolaka dan dapat ditempuh dalam waktu 1 jam 22 menit.

Rute Menuju Pantai Mbawana

Akses menuju Pantai Mbawana memang tergolong agak kurang mudah. Medan yang meliuk-liuk dan off road siap menantang fisikd an mental pengunjung.

Rute perjalanan menuju Pantai ini melewati sebuah desa kuno yang sudah terkenal sebagai tujuan wisata, yakni Desa Ratenggaro. Atap-atap bangunannya menjulang tinggi, beda sekali dengan rumah adat Sumba di Anakalang.

Setelah sampai di lokasi, pengunjung diharuskan menuruni sekitar 300 anak tangga yang lumayan curam, dan ketika sampai di Pantai Mbawana hamparan pasir putih, laut biru  dan deburan ombak akan menyambut dengan gegap gempita.

pemandangans unset di Pantai Mbawana sungguh bukan sebuah kenangan yang gampang dilupakan
Sunset on the Gate. Image via: surgaku.id

Jam Buka Pantai Mbawana

Pantai Mbawana, secara teknis terbuka 24 jam sepanjang pekan untuk dikunjungi. Dengan demikian pengunjung bisa leluasa mengatur waktunya sesuai dengan kesempatan yang dimiliki.

Namun demikian tidak disarankan untuk berkunjung di saat hari sudah gelap. Selain faktor hambatan untuk menikmati keindahan panorama, juga karena kurangnya penerangan di lokasi maupun di jalur menuju lokasi.

Tiket Pantai Mbawana

Setelah sampai di kawasan Pantai Mbawana, sebelum masuk dan melihat sendiri keindahan alam yang luar biasa di sana, pengunjung perlu mengisi buku tamu kecil sebagai pengunjung.

Pengunjung juga diminta membayar retribusi sebesar Rp. 10.000.

Fasilitas Pantai Mbawana

Pantai Mbawana masih minim fasilitas. Karena itu pengunjung jangan lupa untuk membawa lampu senter jika memutuskan untuk sampai menyelesaikan momen matahari terbenam tersebut. Pantai inibelum dilengkapi fasilitas penerangan.

Tidak hanya penerangan, warung-warung kecil juga tampak masih sepi dan belum ada. Oleh karena itu, pengunjung pantai ini disarankan untuk menyiapkan segala bentuk perbekalan, agar tidak kebingungan di sana.

Daya Tarik Pantai Mbawana

  1. “Gapura” Pantai

keberadaan batu berlubang laksana gapura pantai adalah ciri unik dari pantai MBawana ini
Gapura pantai. Image via: @adelinethesa

Simak juga: Pantai Tiang Bendera

Secara lamiah, Pantai Mbawana terbagi menjadi dua lokasi. Pertama lokasi areal pantai dan kedua lokasi areal bukit. Dari atas perbukitan ini, pengunjung bisa melihat Pantai Mbawana dari atas. Pengunjung biasanya terlebih dahulu menjelajah wilayah Pantai.

Untuk bisa sampai ke Areal Pantai, pengunjung harus menuruni anak tangga yang lumayan terjal dan licin. Pantai Mbawana sungguh indah.

Ada sebuah tebing kolosal yang tengahnya bolong seperti gapura. Pemandangan jadi semakin indah oleh ombak yang menampar tebing-tebing di kejauhan. Saat air laut sedang surut, ombak Pantai Mbawana tidak mencapai ke Batu Karang gapura ini.

Namun saat laut sedang pasang, ombak pantai akan mencapai Lobang Batu yang berbentuk Gapura ini.

Hampir bisa dipastikan, setiap pengunjung pantai Mbawana, akan berjalan mendekati monumen alam itu. Tebing bolong itu sangat kokoh dan tampak megah, cocok sekali dijadikan tempat berfoto.

  1. Aktifitas pantai

batu berlubang di pantai mbawana dapat menjadi latar foto yang instagramable
Berburu foto. Image via: bali.antaranews.com

Bagi Pengunjung yang menyukai aktifitas luar ruangan di pantai, pantai Bwanna merupakan pilihan yang tepat. Deburan ombak di pantai Bwanna ini cukup besar sehingga cocok untuk para peselancar.

Demikian juga dengan pengunjung yang memiliki ketertarikan dengan panjat tebing. Tempat inisangat cocok. Tebing tepi pantai di sini sangat menantang. Selain itu, Pantai Bwanna tidak jauh dari lokasi atraksi Pasola yang setiap tahun di gelar di Pulau Sumba.

Pasir pantai Mbawana ini sangat bersih, halus, dan berwarna putih. Air pantai indah ini memiliki air yang jernih dan berwarna biru laut.

Bagi Pengunjung yang suka hunting foto, mungkin pantai Mbawana merupakan salah satu objek wisata yang wajib kamu datangi saat berlibur di NTT. Selain bisa surfing, foto, traveler juga bisa berenang dan berjalan di pinggir pantai Bwanna ini.

  1. Bukit Tepi Pantai

pemandangan pantai mbawana juga dapat diamatidariperbukitan di dekat pantai
Dari atas bukit. Image via: @ciciviraa

Simak juga: Memandang Samudera Selatan di BUkit MAndoo

Selepas menikmati keberadaan panta dan tebing batu bolongnya, pengunjung bisa mencoba berpindah ke bukit yang letaknya lumayan dekat dari pantai Mbawana ini.

Jika pengunjung ingin menaiki bukit, pengunjung bisa mencoba menaiki ojek atau sewa motor. Sesampai di bukit, pengunjung dapat nongkrong di pondok bamboo kecil yang dibangun di atas bukit sambil menikmati keindahan pantai Mabawana dari sisi yang berbeda.

Suasana di atas perbukitan terasa sangat spesial, terutama saat menjelang matahari terbenam. suasana di tempat ini begitu hangat dengan ditemani langit sore yang berwarna kemerahan.

Tidak mengherankan jika banyak pengunjung yang jauh-jauh datang ke sini untuk menikmati pemandangan matahari terbenam yang sangat indah

karena tergolong etrpencil. suasana pantai mbawana jadi sepi dan damai
Pantai yang tenang. Image via: @aaw.travellog

Tips Mengunjungi Pantai Mbawana

Setiap objek wisata memeiliki kekhususannya masing masing. Sehingga diperlukan persiapan khusus pula, untuk dapat menikmati rekreasi dengan optimal, tanpa adanya gangguan yang tidak perlu. Untuk berwisata ke Pabtai Mbawana Sumba ini, ada beberapa tips yang sebaiknya diperhatikan:

  • Alas Kaki.

Pakai  alasa kaki yang nyaman dan sesuai untuk Outdor. Karena saat menuju anta, akan diajak menuruni tangga sejumlah 300 biji. Akan sangat mengganggu jika memakai High Hill untuk trek itu.

  • Bawa Bekal Makan.

Karena warung makanan dan minuman yang jarang, bahkan tidak ada di sekitar lokasi. Maka pengunjung disarankan untuk membawa bekal makanan dan minuman sendiri dari rumah.

  • Perhatikan Baterae

Yang terakhir bawa kamera terbaik dan power bank untuk mengabadikan setiap momen di pantai Mbawana. Karena spot foto hits yang romantis dan Instagramable akan menyambut kedatangan pengunjung.

foto udara dari pantai mbawana
Foto Udara. Image via: @di_nusantara

Simak juga: Memandangi Gunung di Panorama Manulalau

Objek Wisata Dekat Pantai Mbawana

Selain pantai Mbawana, Sumba Barat Daya juga memiliki Pantai  Mandorak. Pantai cantik dengan pasir putih halus yang menawan. Pasir putih yang tersebar terlihat berkilau di bawah sinar matahari. Hamparan pasir putih berpadu mesra dengan air laut jernih khas Samudera Hindia. Dengan warna biru tosca, pengunjung bahkan bisa melihat dasar laut dan kehidupan di dalamnya dari permukaan pantai

Bagi yang tertarik dengan wisata Budaya Etnik, bisa mengunjungi Desa Adat Ratenggaro. Desa ini  memiliki keunikan pada rumah adatnya yang disebut Uma Kelada. Uma Kelada memiliki ciri khas berupa menara menjulang tinggi mencapai 15-20 meter. Atapnya berbahan dasar jerami dan tinggi rendah atapnya didasarkan atas status sosial mereka.

Wah bagaimana? Apakah sudah semakin penasaran dengan pantai yang lokasinya masih tersembunyi di Sumba Barat Daya ini? Kalau iya, langsung saja siapkan waktu luang untuk bertualang.

Siapkan budget secukupnya, berkemas, dan langsung berangkat!

Baca juga:

Leave a Comment