Pantai Mrutu, Kecil Pantainya Namun Besar Keindahannya

Kelebihan Pantai Mrutu ialah memiliki ombak yang terbilang tenang. Ombak tersebut akan nampak seperti sedang berjalan pelan-pelan dan halus.

Hal tersebutlah yang merupakan satu dari sekian banyak alasan para pengunjung mendatangi Pantai Mrutu. Ombaknya jinak karena posisinya terhalangi oleh tebing.

Namanya sangat singkat yakni, Mrutu. Sesuai dengan namanya yang singkat, pantai ini pun mungil hanya luasnya tak lebih dari 200 meter saja. Namun keindahan alamnya jangan diragukan lagi.

Pantai ini pun memiliki hamparan pasir putih yang sangat bersih dan halus, sehingga sangat cocok untuk bermain pasir. Kemudian, setelah asyik bermain pasir pengunung bisa bersantai sejenak di bawah pepohonan yang menjorok ke pantai.

Pepohonan tersebut tumbuh menjulang cukup tinggi sehingga dapat membuat siapa pun yang berteduh merasa nyaman sekali. Apalagi sebagian rantingnya ada yang menjorok ke pantai sehingga membuat udara lebih sejuk.

Sementara itu, penamaan pantai ini berdasarkan keadaan pantai yang banyak sekali hewan mrutu (orang Jawa menyebut lemut) yaitu sejenis nyamuk kecil.

bermain air di pantai mrutu
bermain air di pantai mrutu. Google Maps. Sumber: Ahmad Hasan Munadi

Simak juga: 11 Wisata di Malang

Lokasi Pantai Mrutu

Lokasi Pantai Mrutu berada di pesisir selatan sebelah barat daya Kota Malang, tepatnya di Desa Sumberoto, Kecamatan Donomulyo, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Rute Menuju Pantai Mrutu

Rute menuju Pantai Mrutu jika bergerak dari Kota Malang, akan menempuh perjalanan kurang lebih sejauh 70 km, dengan estimasi waktu sekitar 2,5 jam perjalanan.

Kemudian dilanjutkan dengan menuju ke arah Kepanjen. Dari sini, terdapat dua rute yang bisa digunakan dan keduanya sama-sama memiliki tantangannya tersendiri.

Pertama, lanjutkan perjalanan ke Pagak kemudian ke Donomulyo. Yang kedua, lanjutkan ke Karang Kates dan Kalipare untuk selanjutnya menuju Donomulyo.

Untuk menuju lokasi Pantai Mrutu kamu harus naik turun gunung dengan membelah hutan, dan hanya dapat dilewati oleh kendaraan roda dua saja.

trekking menuju pantai mrutu
trekking menuju pantai mrutu. Google Maps. Sumber: Agus Tabahs

Jam Buka Pantai Mrutu

Jam operasional Pantai Mrutu dibuka setiap hari Senin hingga Minggu selama 24 jam non stop.

Tiket Pantai Mrutu

Tiket masuk menuju Pantai Mrutu gratis, karena belum dikelola secara maksimal oleh pemerintah setempat.

Fasilitas Pantai Mrutu

Karena belum dikelola secara resmi, maka di sekitar Pantai Mrutu belum tersedia berbagai macam fasilitas umum layaknya lokasi wisata pada umumnya.

Daya Tarik Pantai Mrutu

1. Pantai Yang Sangat Cantik

pantai mrutu
pantai mrutu. Google Maps. Sumber: whiempy

Simak juga: Sejarah Megalitik di Situs Duplang

Ketika melihat Pantai Mrutu untuk pertama kalinya, kamu akan merasa takjub sekali. Karena pantainya dikelilingi oleh tebing tinggi yang cukup rindang. Selain itu hadirnya hamparan pasir putih menghiasi keindahan pantai yang satu ini.

Satu lagi keistimewaan pantai Mrutu ialah memiliki deburan ombak yang tergolong tenang. Jika dibandingkan dengan pantai-pantai yang ada di Kabupaten Malang dimana terkenal ganas dan tidak diperbolehkan berenang di hampir setiap pantainya.

Kehadiran tebing tersebut menghalangi datangnya ombak besar yang hendak menuju Pantai Mrutu. Suasana alamnya sungguh sangat menenangkan.

Tempat yang cocok untuk meluapkan rasa lelah dan penat akan semua rutinitas yang telah dilalui. Mendengar deburan ombak serta hamparan laut yang biru dapat menggantikannya dengan energi yang baru.

Ditambah dengan belum banyaknya pengunjung yang datang mengunjungi Pantai Mrutu ini, sehingga membuatnya seperti berada di pantai pribadi.

Aktivitas terbaik di pantai ini adalah penghayatan. Mencoba masuk ke alam bawah sadar dan merasakan betapa pengunjung adalah seorang traveler yang beruntung diberi kesempatan menjadi bagian dari secuil keindahan ini.

2. Bermain Air Pantai Mrutu

deburan ombak di pantai mrutu
deburan ombak di pantai mrutu. Google Maps. Sumber: whiempy

Simak juga: Pantai Biduk-Biduk di Kalimantan Timur

Mengingat ombak yang sangat tenang pantai ini menjadi ideal dan aman untuk melakukan berbagai macam ragam wisata seru. Baik itu bermain pasir, berenang, atau hanya sekedar bermain air.

Apalagi pasir putihnya sangat bersih dan halus, sangat cocok untuk bermain pasir. Kamu dapat dengan bebas mengekplor imajinasi dengan pasir tersebut. Mulai dari membangun istana pasir, hingga berlarian berguling-guling diatas pasirnya yang lembut.

Jika kamu ingin berenang di pantai tersebut pun tentu saja boleh, namun meskipun ombaknya tenang tetap harus waspada ya!

3. Berkemah

Bagi para wisatawan yang ingin menghabiskan masa liburannya dengan berkemah juga bisa menjadikan Pantai Mrutu sebagai pilihannya.

Namun sebelum itu, mengingat lokasinya yang tersembunyi dan jauh dari perkampungan, alangkah baiknya terlebih dahulu memberitahu warga jika ada rencana camping agar tidak terjadi kesalahpahaman.

Terlebih lagi pantai ini juga memiliki sejarah yang penuh misteri, sama halnya dengan pantai-pantai lain di Laut Selatan.

Banyak orang yang datang dengan tujuan ziarah menyambangi pantai-pantai selatan sehabis melakukan kegiatan spiritual di Pesarean Gunung Kawi.

Pada saat hendak berkemah, jangan lupa untuk membawa peralatan serta keperluan berkemah dari rumah. Hal ini dikarenakan Pantai Mrutu belum menyediakan fasilitas untuk berkemah.

Menikmati alam yang indah ini lebih lama, dengan hanya ditemani suara deburan ombak dan bintang yang menghiasi malam. Sungguh merupakan pengalaman yang tak terlupakan.

Simak juga: Danau Rombebai di Papua

Penginapan

Di sekitar Pantai Mrutu belum tersedia penginapan ataupun homestay, satu-satunya cara untuk bermalam disini ialah dengan mendirikan tenda yang sudah kamu persiapkan dari rumah.

Tips Mengunjungi Pantai Mrutu

Berikut saya bagikan beberapa tips wisata untuk kamu yang hendak mengunjungi Pantai Mrutu, bahkan hendak berkemah. Yakni sebagai berikut:

  • Pastikan kondisi cuaca sedang cerah, supaya kamu dapat lebih menikmati keindahan alam yang tersaji.
  • Lebih baik menggunakan kendaraan roda.
  • Cek and Ricek kembali perlengkapan berkemah, jangan sampai ada yang tertinggal.
  • Siapkan persediaan makanan dan minuman yang cukup, sebagai bekal ketika berada di Pantai Mrutu.
  • Bawalah lotion anti nyamuk atau sejenisnya, untuk meminimalisir gigitan nyamuk.
  • Jaga selalu kebersihan area Pantai Mrutu.
  • Hindari perbuatan yang dapat merugikan diri sendiri maupun orang lain.
  • Siapkan gadget kamu untuk mengabadikan keindahan alam di Pantai Mrutu.
cantiknya sunset di pantai mrutu
cantiknya sunset di pantai mrutu. Google Maps. Sumber: Agus Tabahs

Penutup

Sekian pembahasan nativeindonesia.com mengenai lokasi wisata tepi laut di Malang ini. Semoga bisa dijadikan penambah semangat untuk segera mengunjungi lokasi ini.


Tinggalkan komentar