Pantai Mutiara, Wisata Gratis di Pantai Elit Jakarta

Ketika membahas soal tempat wisata di Jakarta, wisata alam salah urutan yang kita taruh paling belakang. Yang ada dalam bayangan biasanya wisata Monumen, wisata Museum, ataupun wisata taman bermain dengan teknologi. Seperti Monas, kota tua, atau Ancol.


pantai mutiara
Sunset di Pantai Mutiara. Image via: pegipegi.com

Namun siapa sangka, Jakarta ternyata masih menyisakan sudut pantai yang indah. Yang dinikmati sepenuhnya karena keindahan pantai. Bukan karena keseruan atraksi- atraksi wisata yang sengaja dibuat dengan menggunakan teknologi. Salah satu pantai yang masih menyisakan ruang itu adalah Pantai Mutiara di Jakarta Utara.

Pantai mutiara berada di dalam area perumahan mewah. Walau demikian pantai ini bisa dijadikan alternatif untuk berburu sunset. Karena lokasi yang privat, tidak heran masih sedikit orang yang mengetahui pantai ini. Namun justru di situ enaknya. Pengunjung bisa bebas dengan nyaman menikmati suasana pantai tanpa terlalu banyak orang.

Pantai yang bersih
Pantai yang bersih. Image via: bersapedahan

Lokasi Pantai Mutiara

Pantai Mutiara terletak di Jalan Pantai Mutiara, Penjaringan, Kota Jakarta Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta.

Pantai Mutiara berada di kawasan perumahan yang sangat dekat dengan laut dan luasnya sekitar 100 ha. Di sana juga dibuat perumahan elit dengan dermaga pribadi di belakang rumah. Konsep perumahan di Pantai Mutiara mirip perumahan Hollywood dengan konsep pantai

Untuk memasuki tempat ini, harus masuk ke dalam komplek yang dijaga oleh satpam. Tapi tidak masalah. Pengunjung tetap boleh masuk, asal membuka kaca helm maupun kaca mobil.

Rute Menuju Pantai Mutiara

Jika berangkat dari Bekasi, dari terminal Bekasi naik mayasari ac29 turun di grogol. Dari Grogol naik angkot b01 minta turun di apartemen pantai mutiara pluit.

Kalau berangkat dari area mangga dua, bisa naik kopami 02 arah muara angke minta turun di apartemen pantai mutiara pluit.

Sedangkan jika memilih menggunakan kereta commuter line, bisa turun di turun di stasiun Jakarta kota. Dari sana menyeberang ke depan museum bank mandiri, naik kopami 02 arah muara angke minta turun di apartemen pantai mutiara pluit.

pelataran tepi pantai Mutiara
Pelataran tepi pantai. Image via: ramzismarttravel

Jam Buka Pantai Mutiara

Pantai ini mulai diijinkan untuk dikunjungi oleh selain penghuni kompleks perumahan, mulai jam  5 Pagi. Sampai akhirnya pengunjung akan dipersilakan pulang pada jam 8 Malam. Waktu-waktu ini bisa berubah pada moment tertentu. Misalnya ada acara pesta, perayaan,  atau sejenis di area sekitar pantai.

Tiket Pantai Mutiara

Pantai ini gratis untuk siapa saja, meskipun bukan penghuni di komplek perumahan tersebut. Pengunjung yang datang diharapkan menjaga kebersihan pantai dan tidak membuat kegaduhan. Begitu pukul 8 tiba, para pengunjung akan dipersilakan pulang oleh para petugas keamanan di sana.

Aktivitas Menarik di Pantai Mutiara

Biasanya Pantai mulai didatangi pengunjung pada pukul empat sore. Mereka yang datang ke pantai ini, bisa memarkir kendaraan di depan pantai. Jika ingin menikmati pemandangan sambil makan makanan ringan, sebaiknya membawa sendiri. Karena tidak ada pedagang makanan dan minuman ringan di sekitar pantai.

Bisa dibilang pantai ini dibagi menjadi 3 bagian. Bagian pertama adalah pantai dengan pepohonan dan tembok setinggi 50cm. Di bagian tersebut juga disediakan bak pasir untuk bermain anak. Bagian kedua adalah areal bangunan restoran, club, mushola, markas TNI AL. Dan bagian paling akhir adalah taman dengan pohon kelapa.

  • Menikmati Sunset di Pantai Mutiara

Blue hours Pantai Mutiara
Blue hours Pantai Mutiara. Image via: jakarta-tourism.go.id

Waktu paling tepat untuk berwisata ke Pantai Mutiara adalah ketika sore hari. Waktu ini tepat untuk bisa menikmati sunset. Pantai Mutiara punya arah muka pantai yang ideal untuk menyaksikan sunset. Jangan lupa menyiapkan kamera untuk mengabadikan sunset tersebut.

Selepas matahari tenggelam, jangan langsung buru-buru beranjak pulang. Pemandangan saat blue hours di sana bakal terlihat semakin cantik. Pantulan cahaya lampu dari gedung-gedung yang jatuh di air laut menjadi daya tarik tersendiri yang sayang untuk dilewatkan.

  • Jalan-Jalan di Pantai

jalan jalan di pantai Mutiara
Jalan jalan di Pantai yang nyaman. Image via: @bui_khiun

Selain menikmati sunset, pengunjung juga bisa melepas penat di sana dengan berjalan-jalan di tepi pantai atau sekadar duduk santai. Penataan pantai yang indah dan kebersihan yang sangat terjaga, jauh melampaui pantai publik pada umumnya.

Sambil berjalan jalan, juga bisa meliat lihat indah nya perumahan mewah di sekitar pantai. Kompleks perumahan yang bagaikan bukan di Jakarta. Jauh sekali kesan sumpek dan semraut. Yang ada suasana yang rapi tertata, menawan dan Mewah.

Tempatnya memang sangat eksotis. Rumah-rumah mewah itu didesain dengan bisa mempunyai dermaga pribadi di belakang rumah. Masing-masing rumah terhubung langsung ke laut, lewat belakang rumah.

Suasana terasa seperti kompleks perumahan mewah bintang film di Malibu, yang biasanya hanya bisa dilihat di adegan film.

  • Duduk Santai di Jetski Café

jetski-cafe
Jetski Café. Image via: manual.co.id

Akan sangat mengasikkan jika saat main ke pantai ini sekalian duduk-duduk di Jetski Cafe. Disebut Jetski Café, karena di sana banyak jetski dan merupakan pusat jetski di Jakarta. Pengunjung bisa melihat berbagai bentuk, ukuran, model, dan warna jetski.

Area kuliner di Jetski Cafe terdiri dari tiga bagian. Jika ingin menikmati suasana tenang tanpa hembusan angin, pengunjung bisa pilih lokasi di dalam kafe. Jika ingin menikmati hembusan angin sepoi-sepoi, bisa menempati sisi sebelah kiri dengan kursi ayunan. Ada juga sisi lain dengan pemandangan pantai.

Jetski Cafe dibuka pukul 4 sore hingga tengah malam. Kafe dirancang untuk menyaksikan sunset sekaligus menghabiskan waktu bersama keluarga, pasangan, atau teman.

Tips Mengunjungi Pantai Mutiara

Ada beberapa tips yang bisa kami berikan saat mengunjungi pantai mutiara. Tips-tips ini untuk memaksimalkan pengalaman berwisata di pantai indah ini

  1. Pastikan baterai HP terisi penuh. Atau setidaknya siapkan power bank untuk menjamin tidak kehilangan kesempatan mengabadikan moment sunset.
  2. Selalu ingat jaga kebersihan. Selain soal etika lingkungan, pantai ini memiliki penjaga reguler yang rajin patroli. Kan tidak enak juga kalau ditegur, bahkan diusir karena membuang sampah sembarangan.
  3. Jangan parkir motor sembarangan. Apalagi sampai menghalangi jalan. Nanti akan ditegur oleh penjaga yang sedang patroli keamanan
  4. Buka kaca helm atau kaca mobil saat melewati post penjagaan di pintu masuk kompleks perumahan. Selain alasan sopan santun, itu adalah standar keamanan yang mereka tetapkan.
rumah mewah pantai mutiara
Rumah mewah pantai mutiara. Image: rumah.com

Objek Wisata Dekat Pantai Mutiara

Selain pantai mutiara, di sekitar pluit ada mall yang rada unik. Satu satunya Mall di Jakarta yang ada di pinggir pantai. Bay Walk Mall. Jarak dari pantai Mutiara sekitar  hanya sekitar 2.5 km.

Bagi yang menyukai wisata berbau kegiatan sosial. Di dekat sini terdapat Pelabuhan Muara Angke. Sebuah pelabuhan rakyat yang sudah ada semenjak zaman kolonial. Di pelabuhan ini pengunjung bisa mengamati aktifitas bongkar muat ikan nelayan. Juga bisa mengamati proses lelang di TPI.

Demikian sedikit gambaran yang bisa nativeindonesia.com bagikan. Semoga gambaran singkat ini bisa menjadi refrensi bagi kalian. Mempermudah kalian dalam merencanakan perjalanan wisata untuk menikmati keindahan dari Pantai indah di Jakarta Utara ini.

Baca juga:

Artikel lainnya:

Leave a Comment