Pantai Namalatu, Pantai Batu Karang Yang Cantik Di Ambon

Pantai Namalatu atau Namalatu Beach nampak unik karena memiliki ciri khas berupa jajaran batu karang yang berwarna kecoklatan. Yang kemudian menjadi daya tarik bagi para wisatawan untuk berkunjung ke pantai ini.

Sementara itu penyematan nama Namalatu memiliki makna “nama raja”. Para penduduk setempat meyakini jika Pantai Namalatu merupakan rajanya pantai di tanah Ambon.

Kemudian, selain batu karangnya para wisatawan juga bisa bisa menikmati langsung pemandangan indah dan teduhnya laut Banda.

Pantai Namalatu juga memiliki keindahan alam bawah laut yang sangat mengagumkan. Para wisatawan bisa dengan leluasa menyelam, berselancar hingga snorkeling.

Dengan begitu para pengunjung pun bisa menikmati indahnya terumbu karang yang tumbuh dengan berbagai ikan cantik yang ada di dalamnya.

Para pengunjung bisa menghabiskan waktu sorenya dengan bersantai memandangi lagit jingga kala matahari terbenam. Pada saat ini pula sering ada penjual pisang goreng yang cocok dicoba ditambah dengan segarnya air kelapa muda.

namalatu beach
namalatu beach. Google Maps. Sumber: Adi Aghoy

Simak juga: Tempat-tempat indah di Maluku

Lokasi Pantai Namalatu

Lokasi Pantai Namalatu berada di Negeri Latuhalat, Kecamatan Nusaniwe, Kota Ambon, Provinsi Maluku.

Pantai Namalatu ini berjarak sekitar 15 kilometer dari pusat kota Ambon, atau 30 menit naik kendaraan.

Rute Menuju Pantai Namalatu

Rute menuju Pantai Namalatu jika bergerak dari Kota Ambon akan menempuh jarak sekitar 15 km dengan estimasi waktu sekitar 30 menit perjalanan.

Lokasinya sangat mudah untuk dituju, jalan yang dilalui pun sudah beraspal. Dan lokasi pantainya tak jauh dari jalan raya. Akan lebih mudah jika kamu menggunakan kendaraan pribadi.

Karena bila hendak menggunakan angkutan umum ada baiknya berangkat dari pagi jika hari sudah menginjak sore hari tidak akan ada transportasi umum yang melintas.

Jam Buka Pantai Namalatu

Jam operasional Pantai Namalatu terbuka 24 jam sepanjang pekan untuk dikunjungi. Dengan demikian pengunjung bisa leluasa mengatur waktunya sesuai dengan kesempatan yang dimiliki.

Tiket Pantai Namalatu

Tiket Pantai Namalatu cukup membayar biaya retribusi sebesar Rp. 5.000 per orang.

duduk nyantai menikmati alam
duduk nyantai menikmati alam. Google Maps. Sumber: Gelvan Tuapetel

Simak juga: Sinka Island Park

Fasilitas Pantai Namalatu

Fasilitas umum yang ada di Pantai Namalutu diantaranya:

  • Lokasi parkir yang dapat menampung mobil maupun motor
  • Gazebo dan tempat duduk
  • Toilet atau Kamar mandi
  • Warung-warung makanan dan minuman

Daya Tarik Pantai Namalatu

1. Pantai Yang Cantik

banyak ditumbuhi pepohonan
banyak ditumbuhi pepohonan. Google Maps. Sumber: Parjolo Aritonang

Pantai Namalutu memiliki deretan pohon kelapa di sepanjang pantainya, kemudian ditambah dengan batu karang yang menjadi ciri khas dari pantai yang satu ini.

Air lautnya berwarna biru cantik sekali, serta sangat jernih. Hingga kamu dapat melihat bebatuan karang yang berada di dasar lautan.

Terdapat sebuah jembatan memanjang yang dapat kamu gunakan untuk lebih mendekati area laut lepas. Banyak anak-anak yang melompat ke laut dari jembatan tersebut.

Suasana yang dihadirkan dapat mengembalikan energi kamu menjadi lebih baik. Menggantikan semangat kamu yang sudah memudar.

2. Melakukan Ragam Wisata Seru

  • Bermain Air

Airnya yang bersih dan jernih membuat kamu merasa terpesona untuk menyeburkan diri. Kamu dan anak-anak dapat bermain jernihnya Air Pantai Namalatu di sekitar pinggiran pantainya.

Karena memang memiliki kedalaman yang tak begitu dalam. Seru sekali rasanya bermain air di pantai tersebut. Apalagi dengan pemandangan laut lepas yang sangat cantik.

  • Snorkeling dan Diving

Pantai Namalatu merupakan salah satu objek wisata yang rasanya wajib dikunjungi bagi mereka yang menggemari olahraga snorkeling maupun diving.

Kondisi alam bawah laut nya yang masih terjaga membuat terumbu karang yang tumbuh nampak begitu indah. Untuk itu sangat disayangkan jika sampai melewatkan momen ini.

Pengunjung bisa menikmatinya secara langsung dengan snorkeling ataupun diving. Di sisi lain, bila beruntung pengunjung bisa menjumpai beberapa satwa langka seperti siput pelangi tanpa cangkang atau ikan mandarin.

menyaksikan matahari tenggelam
menyaksikan matahari tenggelam. Google Maps. Sumber: Sheryl Lokollo
  • Menikmati Eloknya Sunset

Satu hal yang tak boleh kamu lupakan yakni menyaksikan sendiri betapa cantiknya matahari tenggelam di Pantai Namalatu.

3. Memancing

Bagi para mancing mania tentunya Pantai Namalatu merupakan berkah. Bagaimana tidak, selagi berlibur bersama keluarga para pengunjung pun bisa sekaligus menyalurkan hobinya tersebut dengan memancing di sini.

Untuk itu, pada saat hendak berkunjung ke pantai ini jangan sampai lupa membawa peralatan pancingnya. Karena di sekitar pantai belum tersedia tempat penyewaan peralatan pancing.

jembatan untuk lebih dekat dengan laut
jembatan untuk lebih dekat dengan laut. Google Maps. Sumber: Bambang Laksono Jati

Simak juga: Jernihnya air Waikelo Sawah

4. Hunting Foto

Pantai Namalatu memang bukanlah pantai populer layaknya Pantai Netsepa atau Liang. Namun Pantai yang sebagian besar wilayahnya adalah batuan karang ini seringkali menjadi tujuan wisatawan yang ingin mencari obyek fotografi.

Karang-karang di Pantai Namalatu memang masih terjaga dan sangat indah, baik untuk diabadikan dalam foto atau dinikmati langsung dengan snorkeling.

Pengunjung akan menemukan keindahan pantai Ambon dengan sudut pandang yang berbeda ketika berada di Pantai ini.

batu karang penghias pantai
batu karang penghias pantai. Google Maps. Sumber: denny zons

Wisata Kuliner Tradisional

Simak juga: Indahnya Bukit Langara

Lokasi Pantai Namalatu sebagai tujuan wisata sudah dikelola dengan baik oleh warga sekitar. Deretan warung makanan dan penjual kelapa muda berjajar rapi di sepanjang pantai.

Menikmati matahari yang terbenam memang akan menjadi aktifitas menarik di Pantai Namalatu. Apalagi, ketika waktu bersantai sore akan ada ibu-ibu yang menjual jajanan pisang goreng dengan berkeliling.

Selain menu diatas tadi pengunjung juga bisa mencicipi aneka kuliner lainnya yang tersedia di pantai ini yakni kuyabu, sagu gula, dan pisang ijo yang dapat dinikmati di area pinggir pantai.

hamparan laut yang menenangkan
hamparan laut yang menenangkan. Google Maps. Sumber: Parjolo Aritonang

Penginapan

Di sekitar Pantai Namalatu banyak terdapat beberapa penginapan, hotel, ataupun guest house untuk kamu yang datang dari luar kota. Yakni diantaranya:

1. Namalatu Beach Resort

Resort yang satu ini memberikan kamu view yang langsung mengarah ke arah pantai. Lokasinya paling dekat dengan Pantai Namalatu.

2. Collin Beach Hotel

Banyak fasilitas yang akan didapatkan ketika menginap disini, yakni free wifi, parkir gratis, kamarnya ber-AC, serta dekat dengan lokasi pantai. Harga yang ditawarkan sekitar Rp. 138.890 per malamnya.

3. Azzahra Guest House

Harga yang ditawarkan Azzahra Guest House sekitar Rp. 208.296 per malamnya. Lokasinya berada di Jl. Ir. M. Putuhena, Wayame, Ambon.

4. Penginapan Star Ambon

Penginapan Star Ambon terletak di Jl. AM. Sangaji, Kel. Honipopu, Sirimau, Ambon. Harga yang ditawarkan per malamnya sekitar Rp. 275.000.

Tips Wisata Pantai Namalatu

Waktu terbaik berkunjung ke pantai adalah di pagi hari. Angkutan menuju Pantai tersedia, hanya saja tidak sampai malam. Sekitar pukul lima sore biasanya angkutan sudah sepi dan menjelang malam sudah tidak beroperasi lagi.

Jika hanya ingin berjalan-jalan di pinggir pantai, harap mengenakan alas kaki karena pantai penuh pecahan batu karang yang berukuran kecil tapi berwarna putih bersih.

Penutup

Selain berbagai keindahan dan keseruan di Pantai Namalatu yang sudah kami sebutkan tadi, masih ada cerita yang bisa kamu ciptakan saat mendatangi lokasi wisata di Ambon ini.

Jadi, kalau kamu belum pernah ke Ambon, tidak ada salahnya memasukkan Ambon dalam rencana petualanganmu pada liburan depan dan mengunjungi Pantai Namalatu atau Namalatu Beach pastinya.


Leave a Comment