Pantai Natsepa, Pantai Lapang Nan Mempesona di Dekat Kota Ambon

Wilayah berpasir di Pantai Natsepa adalah salah satu yang terluas di sepanjang pesisir Pulau Ambon. Hamparan pasirnya memberikan ruang bagi pengunjung untuk melakukan berbagai aktifitas. Pengunjung bisa bermain bola, bersantai, maupun bermain pasir pada satu tempat di waktu yang bersamaan.

Wilayah berpasir di Pantai Natsepa adalah salah satu yang terluas di sepanjang pesisir Pulau Ambon. Hamparan pasirnya memberikan ruang bagi pengunjung untuk melakukan berbagai aktifitas.
Pantai Natsepa. Image via: @fikrizeinmalawat

Ombak yang tenang khas lautan teduh memang sangat ideal untuk berenang, juga sangat aman bahkan bagi anak-anak. Pengunjung bisa bebas berendam di air laut yang jernih dan tenang di pantai ini. Ada kepercayaan masyarakat lokal bahwa berenang di Pantai Natsepa bisa menyembuhkan penyakit.

Tidak jauh dari pantai, sekitar 700 m, pengunjung bisa menjumpai pasar yang menjual berbagai macam ikan segar yang langsung dibawa oleh para nelayan. Jika anda beruntung datang pada saat cuaca cerah maka anda dapat membeli ikan dengan harga sangat murah.

Pantai ini juga terkenal dengan jenis makanan. Ada rujak, sagu gula , es kelapa muda , pisang goreng dan lainnya makanan ringan teman nongkrong di pantai.

Ombak pantai natsepa yang tenang khas lautan teduh memang sangat ideal untuk berenang, juga sangat aman bahkan bagi anak-anak.
Pasir yang lapang. Image via: pesona.travel

Simak juga: Wisata di Maluku

Lokasi Pantai Natsepa

Pantai Natsepa Berlokasi di Desa Suli, Kecamatan Salahutu, Kota Ambon, Kabupaten Maluku Tengah, Provinsi Maluku.

Pantai ini hanya sekitar 18 km dari Ambon, sekitar 30 menit perjalanan.

Rute Menuju Pantai Natsepa

Apabila Anda berangkat dari pusat Kota Ambon, maka jarak yang harus ditempuh tidak terlalu jauh, yaitu sekitar 18 KM atau 30 menit dengan menggunakan kendaraan bermotor.

Transportasi yang dapat digunakan untuk menuju Pantai Natsepa juga sangat mudah. Pengunjung bisa memilih untuk rental kendaraan, atau naik kendaraan umum (angkot). Kalau naik angkot, sebaiknya datang di pagi hari, karena pantai ini beroperasi mulai pukul 06.00 Wib – 21.00 Wib. Selain itu, tidak ada angkot pada malam hari.

Sunset Pantai Natsepa menawan hati.
Sunset Natsepa. Image via: @goezyoedi

Jam Buka Pantai Natsepa

Pantai Natsepa dibuka untuk kunjungan wisatawan,mulai jam 06.00 pagi hingga tutup pada jam 21.00 malam hari.

Tiket Pantai Natsepa

Tarif yang harus dibayar untuk masuk Pantai Natsepa terbilang sangat murah. Wisatawan hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp 3000 /orang saja dan sudah bisa berdiam di tempat ini sepuasnya.

Sedangkan tarif untuk parkir juga terjangkau dan tergantung pada jenis kendaraan yang dibawa, untuk sepeda motor mulai Rp 5000, sedangkan mobil sekitar Rp 10.000.

Fasilitas Pantai Natsepa

Di sekitar pantai Natsepa, sudah terdapat penginapan atau hotel yang tersedia tak jauh dari Pantai Natsepa. Bahkan tersedia hotel yang menghadap pantai langsung sehingga lebih nyaman menyaksikan matahari terbit.

Daya Tarik Pantai Natsepa

  1. Beragam Aktifitas pantai

Bermain di pantai Nastepa anak an ak bsia leluasa, karena ombak yang kecil.
Bermain di pantai Nastepa. Image via: travel.detik.com

Simak juga: Air Terjun Lapopu

Pantai Natsepa cukup terkenal dengan keindahan pantai sekaligus pasir pantainya yang bersih dan cantik. Hamparan pasir putih halus berpadu dengan laut yang berwarna biru akan semakin menyempurnakan pemandangan di depan mata.

Apalagi ombak di pantai ini tidak terlalu deras dan kencang karena terhalang oleh teluk dan juga memiliki pantai yang landai. Cukup aman untuk digunakan bermain atau berjalan-jalan di sekitar pantai apalagi hamparan pasir putihnya juga cukup luas.

Tidak mengherankan , jika pengunjung menemukan wisatawan yang berenang hingga ke tengah dan jauh dari daratan.

Biasanya pada saat air laut surut, bagian berpasir dari Pantai Natsepa menjadi sangat luas hingga para pengunjung bisa bermain bola, bersantai, maupun bermain pasir pada satu tempat di waktu yang bersamaan.

saat air laut surut, bagian berpasir dari Pantai Natsepa menjadi sangat luas hingga para pengunjung bisa bermain bola, bersantai, maupun bermain pasir
Berkeliling dengan perahu. Image via: @thenatsepa

Bila ingin menikmati keindahan laut denganc ara yang berbeda, pengunjung bisa menyewa banana boat yang tersedia di sekitar pantai. Atau bisa juga menyewa perahu untuk berkeliling sekaligus merasakan sensasi memancing di laut lepas.

Bila membawa anak-anak bisa menyewa ban pelampung agar lebih aman. Pantai Natsepa kerap menjadi tempat wisata favorit masyarakat Ambon untuk sekedar melepas lelah atau berjalan-jalan di sekitar pantai sambil menanti waktu senja.

  1. Piknik dan Pre-Wedding

Kawasan Pantai Natsepa ditumbuhi dengan pepohonan kelapa yang membuat tempat ini menjadi sejuk dan rindang. Kalau datang bersama keluarga, maka bisa sekalian piknik dengan membawa bekal makanan dan juga karpet.

Berpose cantik di Pantai Natsepa.
Berpose di Natsepa. Image via: bobocantik.com

Simak juga: Pantai Tablolong

Tentu akan terasa sangat menyenangkan bisa kumpul bersama keluarga sembari melihat pemandangan pantai.

Bagi yang mendambakan bisa melakukan sesi pemotretan pre-wedding dengan konsep outdoor, Pantai Natsepa juga cukup memenuhi syarat.

Dengan warna laut yang kadang memiliki gradasi, pastinya akan membuat background foto menjadi lebih cantik. Dijamin ini akan menjadi acara pre-wedding yang sangat mengesankan bagi pasangan.

  1. Pantai Keluarga

pantai Natsepa, pantai lokasi wisata keluarga
Pantai keluarga. Image via: @calvinwattimury

Saat akhir pekan tiba Pantai Natsepa mulai ramai dikunjungi baik keluarga maupun muda-mudi yang datang bersama pasangan untuk sekedar menyaksikan keindahan pantai. Bila ingin menghindari keramaian kamu bisa datang di luar akhir pekan agar bisa menikmati suasana pantai yang lebih tenang.

Lelah bermain bisa mencari tempat yang nyaman untuk sekedar melepas penat. Pepohonan yang tumbuh subur di sekitar pantai akan membuat suasana semakin sejuk. Bila lapar tak jauh dari pantai kamu akan menemukan banyak warung makan.

Salah satu kuliner yang wajib kamu coba yaitu rujak suli atau rujak natsepa. Belum lengkap rasanya datang ke Pantai Natsepa namun belum mencoba kulier khas masyarakat sekitar.

  1. Wisata kuliner

Rujak dan Pantai Natsepa.
Rujak dan Pantai. Image via: @kpknlambon

Simak juga: Gua Rangko

Salah satu makanan legendaris di pantai Natepa adalah Rujak Natsepa. Kuliner ini memang disesuaikan dengan nama daerahnya. Penjual rujak natsepa di sini rata-rata mulai buka sejak pukul 09.00 pagi sampai 17.00 sore.

Bahkan karena terkenalnya rujak natsepa bisa buka sampai larut malam, khususnya saat weekend. Sebenarnya rujak natsepa hampir sama dengan rujak manis yang berisi buah-buahan. Rujak ini berisi beberapa buah seperti belimbing, pepaya, nanas, petatas atau ubi jalar, jambu dan kedondong.

Setelah buah-buahan tersebut dipotong kemudian disiram menggunakan bumbu rujak berupa kacang dan gula merah. Namun yang membedakan dengan rujak di Jawa yaitu rujak natsepa tidak menggunakan terasi.

Menikmati rujak natsepa sambil menyaksikan keindahan pantai tentu menyenangkan. Apalagi cita rasanya asam manisnya mampu menggoyang lidah yang semakin nikmat. Pengunjung bisa mencoba rujak natsepa seharga Rp 10.000 per porsi.

pantai Natsepa, sibuat jadi pantai warna warni
Pantai warna-warni. Image via: tribunnews.com

Ada juga menu Khas pantai, yakni menikmati es kelapa muda.

Bila ingin mencoba makanan yang lebih berat sekitar 700 meter dari pantai, pengunjung akan menemukan pasar yang menjual berbagai jenis ikan segar. Ikan segar ini langsung dibawa oleh nelayan setelah memancing.

Tips Mengunjungi Pantai Natsepa

Sebagai pantai terpopuler di Kota Ambon, sudah pasti Natsepa akan ramai pengunjung di akhir pekan atau liburan. Oleh sebab itu, jika tujuan berkunjung adalah untuk menenangkan pikiran, maka disarankan untuk datang pada week day atau hari kerja dimana Natsepa cukup sepi.

Banana boat di Pantai Natsepa
Banana Boat Pantai Natsepa. Image via: klikhotel.com

Simak juga: Pulau Karampuang

Objek Wisata Dekat Pantai Natsepa

Bagi yang menyukai wisata sejarah. Berkunjung ke Maluku Tengah tidak akan membuat kehilangan kesempatan wisata sejarah. Dalam jarak 18 km dari pantai Natsepa, terdapat benteng Victoria. Benteng ini merupakan satu – satunya benteng di kota Ambon.

Banyak masyarakat yang tertarik untuk mengunjungi benteng ini, karena sejarah yang dimiliki. Juga segala unsur arsitekturnya yang masih asli dan kokoh bertahan melampaoi masa 500 tahun lebih.

Sedikit lebih jauh, dalam jarak 20 km ke timur, di Maluku tengah terdapat pantai liang. Bagi sebagian masyarakat Maluku, menyebut Pantai ini dengan nama “Pantai Hunimua”, Namun secara Umum, Pelancong bahkan Masyarakat Indonesia lebih mengenal dengan nama “Pantai Liang”.

Pantai yang pernah dinobatkan UNDP-PBB sebagai “Pantai terindah yang ada di Indonesia pada tahun 1990-an” sangat pantas jika tak pernah sepi pengunjung. Ciri – ciri dari pantai ini adalah adanya dermaga panjang yang membujur di atas lautan hijau yang sangat eksotis untuk dinikmati.

Nah, itulah cerita mengenai lokasi, tiket, fasilitas, dan daya tarik Pantai Natsepa Maluku tengah. Semoga bisa dijadikan bahan referensi liburan untuk waktu dekat.

Semangat berlibur !

Baca juga:

Leave a Comment