Pantai Ngalur, Permata Yang Tersembunyi di Tulungagung

Pantai Ngalur ialah sebuah pantai dengan hamparan pasir putih bersih serta dihiasi pula dengan pepohonan yang cukup rindang. Suasana tenang dan sepi dapat kamu rasakan ketika berada di pantai ini.

Lokasinya yang tersembunyi, membuat pantai ini belum banyak dikunjungi oleh wisatawan. Pantai Ngalur berada di ujung selatan Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur.

Meski membutuhkan tenaga yang ekstra, Pantai Ngalur dapat dijadikan tujuan wisata bahari kamu ketika berada di kota yang berjuluk seribu warung kopi tersebut.

pantai ngalur
pantai ngalur. google maps. sumber: deni fazri

Simak juga: daftar tempat wisata di Tulungagung

Situasi pandemi saat ini masyarakat merasakan beban yang sangat luar biasa, diharuskannya kita untuk melakukan aktivitas di rumah saja membuat kita merasa jenuh bahkan bosan.

Mengunjungi pantai dapat menjadi salah satu cara untuk self healing dengan suasana pantai yang tenang serta damai. Pantai Ngalur dapat kamu kunjungi bersama dengan keluarga atau teman komunitas agar lebih seru, namun harus tetap dengan menerapkan prokes ya…

Daya Tarik Pantai Ngalur

Dengan berada di lokasi yang cukup tersembunyi, membuat Pantai Ngalur terlihat sangat asri. Selain itu berikut beberapa daya tarik lain yang dimiliki Pantai Ngalur:

1. Alam Yang Masih Perawan

bersantai menikmati alam
bersantai menikmati alam. google maps. sumber: Ahmad Durriyatan Toyiba134

Baca: keindahan Ranu Kumbolo yang memukau

Pantai Ngalur merupakan sebuah permata yang masih tersembunyi, alamnya masih perawan belum banyak terlihat perubahan di pantai ini.

Pantai ini memiliki gradasi air laut yang sangat cantik yakni perpaduan antara biru muda hingga biru tua. Pepohonan rindang masih tetap berdiri menghiasi birunya laut, hamparan pasirnya pun berwarna putih bersih juga cukup luas.

Kemudian di sekitar Pantai Ngalur terdapat bebatuan karang yang eksotis sekali, seakan ikut menambah kecantikan dari pantai ini.

Langit di Pantai Ngalur pun sangat bersih, suasana alamnya sungguh sangat menenangkan. Pas banget untuk kamu yang ingin mengasingkan diri sejenak dari kesibukan dunia.

2. Deburan Ombak Yang Menenangkan

Selain memiliki alam yang masih asri, Pantai Ngalur juga memiliki deburan ombak yang menenangkan. Pantai Ngalur termasuk pantai selatan sehingga memiliki ombak yang cukup kencang.

landmark pantai ngalur
landmark pantai ngalur. google maps. sumber: Dwi Astuti Wahyu Nurhayati

Baca juga: review wisata Pantai Gemah

Oleh karena itu, pengunjung yang datang tidak disarankan untuk berenang atau mandi, apalagi jika air laut sedang pasang. Kamu masih bisa bermain air di tepian pantainya kok, namun tetap harus berhati-hati ya…

Kamu dapat memandangi laut dengan duduk-duduk di atas hamparan pasir putihnya, atau juga sambil bermain ayunan yang di gantung pada dahan sebuah pohon.

3. Cantiknya Sunset maupun Sunrise

Daya tarik selanjutnya dari Pantai Ngalur ialah menyaksikan cantiknya sunset serta indahnya sunrise. Jangan sampai kamu lewatkan momen yang satu ini, untuk menikmati keduanya kamu harus camping di sekitar Pantai Ngalur.

Kemudian jangan lupa untuk mengabadikan keindahan dan keajaiban alam yang sudah kamu saksikan, biarkan orang lain menyaksikan keindahan dari mahakarya Tuhan yang satu ini.

Lokasi dan Alamat Pantai Ngalur

Lokasi Pantai Ngalur masih satu jalur dengan Pantai Sanggar, alamat Pantai Ngalur terletak di Desa Jengglungharjo, Kecamatan Tanggung Gunung, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur.

hamparan pasir putih yang bersih
hamparan pasir putih yang bersih. google maps. sumber: Citra Marmer Tulungagung

Rute Menuju Pantai Ngalur

Hal pertama yang harus kamu tahu ketika hendak mengunjungi Pantai Ngalur ialah, menggunakan kendaraan roda dua supaya dapat tiba hingga di tepi pantai.

Karena jalur menuju Pantai Ngalur masih belum semuanya di cor, hanya sebagian saja ditambah lagi kondisi jalan yang sempit dan masih berupa tanah liat.

Lokasi Pantai Ngalur berada satu jalur dengan Pantai Sanggar, namun dipisahkan ketika bertemu pertigaan jalan. Dimana nantinya kamu akan mendapati petunjuk arah menuju keduanya.

Jarak Pantai Ngalur dari pusat kota Tulungagung cukup jauh, yakni memakan waktu tempuh sekitar 1,5 hingga 2 jam perjalanan.

Rute yang dapat kamu tempuh ialah dengan menuju Jalan Ki Mangun Sarkoro hingga tiba di Ngepoh. Kemudian dilanjutkan sampai di Kalitalun, yang dilanjutkan ke arah Lapangan Jengglungharjo.

Dari sana kamu tinggal menyusuri jalan menuju Pantai Sanggar ataupun Pantai Ngalur, kerana memang masih satu jalur. Siapkan kendaraan yang digunakan hingga dalam kondisi prima.

Karena medan yang dilalui cukup terjal ditambah dengan kondisi jalan yang masih berupa tanah merah dan sebagian jalurnya menanjak.

Tiket Masuk Pantai Ngalur

Harga tiket masuk Pantai Ngalur gratis, itu artinya kamu tidak perlu mengeluarkan uang sepeserpun. Mungkin jika sudah dikelola secara maksimal dan mulai ramai dikunjungi, akan ada tarif khusus ketika mengunjungi Pantai Ngalur.

jalur menuju pantai ngalur
jalur menuju pantai ngalur. google maps. sumber: Linda Lindut

Jam Buka Pantai Ngalur

Jam operasional dari Pantai Ngalur belum ada ketentuan khusus, itu artinya pantai ini terbuka selama 24 jam sehari dan 7 hari seminggu.

Namun, mengingat medan yang dilalui agar tiba di Pantai Ngalur cukup berat, maka sebaiknya datang dan pulang ketika matahari masih bersinar dengan terangnya.

Fasilitas Pantai Ngalur

Fasilitas yang ada di sekitar Pantai Ngalur diantaranya:

  • Area parkir yang cukup luas
  • Kamar mandi umum
  • Warung-warung makanan dan minuman
  • tempat untuk duduk-duduk
suasana ketika air laut sedang surut
suasana ketika air laut sedang surut. google maps. sumber: Uluq Story

Penutup

Biarkan kealamian dari Pantai Ngalur tetap terjaga dengan baik, yakni dengan tidak membuang sampah dimana saja. Ingat, jika kita menjaga alam, maka alam akan menjaga kita!


Tinggalkan komentar