Pantai Ngobaran, Wisata Bahari Gunung Kidul Dengan Hiasan Pura Layaknya Bali

Pantai Ngobaran dari sekian banyak pantai di Gunung Kidul yang dapat menjadi pilihan wisata bahari kamu selama di kota gudeg tersebut.

Pantai-pantai yang ada di Kabupaten Gunung Kidul terkenal memiliki keindahan dan keunikannya tersendiri, begitupun dengan Pantai Ngobaran.

Di pantai ini terdapat sebuah Pura dengan ornamen-ornamen khas sama seperti yang ada di Bali, Pura ini masih sering digunakan untuk beribadah dan juga tempat melaksanakan beberapa ritual.

Keindahan Pantai Ngobaran dipadukan dengan eksotisme Pura merupakan perpaduan yang sangat sempurna, selain menikmati alamnya yang indah kamu juga dapat berkunjung ke tempat beribadah umat Hindu tersebut.

panorama pantai ngobaran dari atas bukit
panorama pantai ngobaran dari atas bukit. google maps. sumber: Gatut Wijaya

Baca juga: daftar tempat wisata di Jogjakarta yang populer

Sejarah Pantai Ngobaran

Sebuah tempat tak terlepas dari yang namanya sejarah atau kisah di masa lalunya, begitupun dengan Pantai Ngobaran. Pantai ini memiliki kisah sejarah yang cukup epik, berawal dari Kerajaan Majapahit dan Kerajaan Demak.

Pada suatu hari Kerajaan Majapahit yang saat itu dibawah kepemimpinan Raja Prabu Brawijaya V, menyerang Kerajaan Demak yang dipimpin oleh Raden Patah yang notabene merupakan anaknya.

Untuk menghindari konflik bersama anak kandungnya ditambah lagi dengan ketidakmauannya untuk memeluk Islam, akhirnya Raja Prabu Brawijaya memutuskan untuk melarikan diri.

Ada beberapa versi tentang hal ini, ada yang menyebutkan bahwa beliau melarikan diri bersama anaknya yang lain, ada pula yang mengatakan beliau bersama dengan kedua istrinya yang bernama Bondan Surati dan Dewi Lowati.

Mereka melarikan diri ke pedalaman hingga ke pesisir dan akhirnya di sebuah pantai yang memiliki ombak dahsyat laut selatan, sehingga tidak bisa kemana-mana lagi dan menemukan jalan buntu.

pintu masuk menuju kawasan pura
pintu masuk menuju kawasan pura. google maps. sumber: Budi Sutrisno

Simak: review Pantai Drini

Hingga akhirnya Prabu Brawijaya V memutuskan untuk melaksanakan upacara moksa atau pembakaran diri, peristiwa tersebut menimbulkan kobaran api yang sangat besar. Dari peristiwa itulah munculnya istilah Ngobaran, yang diambil dari kata “kobaran”.

Banyak versi tentang sejarah dibalik Pantai Ngobaran, namun yang pasti kita harus menghargai dan menghormati sejarah yang pernah terjadi di pantai ini.

Kemudian sekitar tahun 2003 didirikanlah gapura serta patung-patung simbol agama Hindu dan Buddha, untuk menghormati kedatangan dari keturunan Raja Brawijaya V di pantai tersebut. Bangunan tersebut diresmikan pada tahun 17 Agustus 2004.

Lokasi & Alamat Pantai Ngobaran

Pantai Ngobaran beralamat di Dusun Gebang, Desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Lokasinya dekat dengan Pantai Baron, Pantai Ngrenehan dan Pantai Nguyahan.

salah satu spot foto
salah satu spot foto. google maps. sumber: Ulya Neo7

Rute Menuju Pantai Ngobaran

Untuk menuju Pantai Ngobaran jika dari arah Jogja dapat melalui Jalan Imogiri atau melalui Wonosari. Jika kamu memilih untuk menuju Jalan Imogiri tinggal melajukan kendaraan hingga tiba di Jalan Imogiri Timur.

Ketika menjumpai pertigaan jalan beloklah ke arah kanan, kemudian memasuki jalur lintas selatan. Arahkan kendaraan ke arah timur hingga tiba di Jalan Raya Panggang Wonosari. Dari sini kamu tinggal mengikuti petunjuk jalan hingga tiba di Pantai Ngobaran.

Jika hendak melalui Kota Wonosari yakni dengan mengarahkan kendaraan menuju ringroad selatan hingga tiba di Piyungan. Teruslah melaju dan mengikuti arahan ke Pantai Baron, lalu belok kanan ketika tiba di pos retribusi Pantai Baron.

Kemudian belok kiri ke arah Ngobaran-Ngrenehan, hingga akhirnya kamu tiba di Pantai Ngobaran. Sebaiknya menggunakan kendaraan pribadi atau dengan menyewanya, karena masih minimnya angkutan umum menuju lokasi.

Tiket Masuk Pantai Ngobaran

  • Tiket masuk Pantai Ngobaran sebesar Rp. 5.000,- per orang
  • Parkir motor membayar Rp. 2.000,-
  • Sedangkan mobil membayar Rp. 5.000,-

Jam Buka Pantai Ngobaran

Jam operasional Pantai Ngobaran dibuka setiap Senin hingga Minggu selama 24 jam penuh.

patung yang berada di area pura
patung yang berada di area pura. google maps. sumber: siendhe dian

Simak juga: review wisata Pantai Sepanjang

Fasilitas di Pantai Ngobaran

Fasilitas yang ada di sekitar Pantai Ngobaran diantaranya:

  • Area parkir kendaraan
  • Warung-warung makanan dan minuman
  • Toilet umum
  • Spot Foto

Penginapan Sekitar Pantai Ngobaran

Di sekitar Pantai Ngobaran sendiri belum tersedia penginapan ataupun homestay, namun karena berada di jalur wisata maka untuk menemukan penginapan tidaklah begitu sulit.

Ragam Wisata Seru Di Pantai Ngobaran

Pantai Ngobaran merupakan sebuah pantai yang berada di atas tebing batu dengan dilengkapi sebuah pura di atasnya, mirip dengan objek wisata di Bali yang bernama Uluwatu. Sehingga banyak pengunjung yang menyebutnya dengan julukan “Uluwatu versi Jogja”.

Berikut beberapa keseruan yang dapat kamu lakukan ketika berada di Pantai Ngobaran:

1. Bersantai Sambil Menikmati Alam

pantai ngobaran
pantai ngobaran. google maps. sumber: Fajriatul Khasanah

Simak: keindahan Pantai Parangtritis yang eksotis

Pantai Ngobaran memiliki tipe pantai yang memiliki cekungan yang berasal dari batuan karang, cekungan tersebut sering dimanfaatkan pengunjungi untuk bersantai dan menikmati indahnya laut biru.

Sehingga kamu dapat menikmati alam tanpa merasa kepanasan, karena dilindungi oleh cekungan tersebut. Air lautnya berwarna biru, dihiasi buih putih hasil deburan ombaknya. Ditambah dengan hamparan pasir putihnya yang cukup luas.

Tempat yang tepat untuk menenangkan diri dan beristirahat sejenak dari kesibukan yang seakan tiada henti. Memberikan waktu untuk raga dan jiwa beristirahat sejenak.

bermain air
bermain air. google maps. sumber: 31_Eva Nurul Fianty_AJB20

2. Bermain Air

Ketika berada di Pantai Ngobaran jangan lewatkan untuk bermain air di tepian pantainya, yang dihiasi dengan batu karang yang diselimuti rumput laut.

Disini kamu tidak dapat berenang karena di sekitar tepian pantai banyak terdapat batuan karang, sedangkan ke arah laut lepasnya sangat berbahaya karena ombaknya cukup kencang khas pantai selatan.

3. Mengunjungi Pura

mengunjungi pura
mengunjungi pura. google maps. sumber: Ocean Muffler

Selain menikmati keindahan pantainya yang luar biasa indah, jangan lewatkan untuk mengunjungi Pura yang terletak di atas tebing.

Kesan pertama yang kamu rasakan ketika mengunjungi Pura ini seperti sedang berada di Bali, penuh dengan patung-patung dan arca-arca. Suasananya sangat sejuk, karena dihiasi pepohonan yang cukup rindang.

4. Hunting Foto-Foto Kece

spot berbentuk perahu
spot berbentuk perahu. google maps. sumber: Angga Pratama

Pantai Ngobaran memiliki beberapa spot kece yang ngga boleh kamu lewatkan, untuk berfoto di beberapa spot foto yang ada kamu harus membayar sebesar Rp. 3.000,- saja.

Untuk mendapatkan hasil yang sempurna, kamu bisa meminta tolong pada tukang foto yang ada di sekitarnya. Dia akan mengarahkanmu pada posisi yang sempurna sehingga hasil fotonya pun bagus sekali.

Untuk menggunakan jasa tukang foto tersebut, kamu harus membayar mulai dari Rp. 10.000 aja.

5. Kuliner Enak dan Murah

Simak: review wisata Pantai Siung

Setelah lelah eksplor Pantai Ngobaran perut kamu pasti keroncongan karena lapar, ngga usah jauh-jauh cari restoran. Tinggal kunjungi warung makan yang ada di sekitar pantai, lalu bersantaplah dengan menu yang sudah tersedia.

Harga yang ditawarkan sangat murah dan dijamin tak akan membuat dompet kamu menjadi kering kerontang, yakni hanya sekitar Rp. 20.000,- saja dan itu sudah termasuk minumnya juga loh…


Tinggalkan komentar