Pantai Ngrawe, Pantai Bertaman Hijau yang Instagramable

Pantai Ngrawe hadir dengan konsep berbedari dari pantai-patai lainnya yang ada di Indonesia. Pantai ini menghadirkan sebuah taman yang berada di pinggir pantai dengan pepohonan palm yang menghiasinya. Dengan begitu tentunya akan didapati spot intagramable yang menjadi daya tarik sehingga wisatawan datang ke pantai ini.

Pantai Ngrawe mengusung konsep taman di pinggir pantai dan dihiasi oleh pohon palm. Konsep ini membuat pantai tersebut berbeda dengan pantai-pantai lain
Pantai Ngraw. Image via: wisatamilenial.com

Smentara itu bagunan yang terdapat di area pantai pun ditata sedemikian rupa sehingga nampak kesan klasik menonjol. Selain itu, reruputan hijau juga semakin membuat kawasan ini nampak lebih segar terutama pada sore hari.

Di sisi lain, menikmati fenomena sunset pada sore hari di pantai Ngrawe sangatlah seru. Pengunjung bisa duduk santai di area berpasir putih di sekitar pantai ataupun di atas bukit yang telah disediakan beberapa gazebo serta tempat duduk yang sangat nyaman.

Dengan fasilitas yang dihadirkan ini tentunya membuat pantai ini ramai pengunjung terutama pada saat sore hari ketika terbenamnya matahari. Kemudian, jika pengunjung ingin menikmati hangatnya matahari terbit dapat menginap di penginapan yang terdekat dengan pantai Ngrawe Seperti penginapan di pantai Baron maupun penginapan di pantai Kukup.

Bangku taman, hiasan sekaligus tempat istirahat di pantai Ngrawe
Bangku Taman. Image via: @pantai-ngrawe-jogja

Simak juga: 66 pilihan lokasi wisata di Jogja

Lokasi Pantai Ngrawe

Pantai Ngrawe Jogja ini berada di alamat pantai kukup, Ngepung, Kemadang, Kec. Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Rute Menuju Pantai Ngrawe

Bagi pengunjung yang memulai perjalanan dari Yogyakarta dapat menggunakan jalan Imogiri menuju ke Wonosari setelah itu lanjutkan ke Panggang. Dari siini pengunjung bisa melanjutkan perjalanan menuju jalan pantai Selatan  hingga menuju daerah Ngepung. Sementara itu, rute melalui Ngepung merupakn rute terepat untuk bisa menuju ke pantai.

Sebelaum masuk area panati Ngrawe pengunjung harus masuk gerbang retribusi pantai Baron terlebih dahulu. Kemudian, pengunjung tinggal mengikuti jalan menuju Pantai Mbuluk dengan mengikuti penunjuk arah yang tersedia hingga sampai ke pantai Ngrawe.
Taman yang Hijau menghiasi pantai ngrawen

Taman yang Hijau. Image via: @opissen

Jam Buka Pantai Ngrawe

Pantai Ngrawe menerima kunjungan mulai pagi dan tutup di sore hari. Pantai dibuka mulai jam 06.00, hingga tutup apda jam 17.00.

Tiket Pantai Ngrawe

Sebagai salah satu destinasi baru yang ramai pengunjung, Harga Tiket Masuk Pantai Ngrawe masih terbilang cukup terjangkau. Pengunjung hanya akan dikenakan biaya masuk sebesar Rp 10.000. Tiket Pantai Ngrawe menjadi satu dengan tiket masuk saat memasuki kawasan wisata pantai Gunung Kidul. Bisa dikatakan tiket itu tiket terusan Pantai Baron, Pantai Ngrawe dan lainnya

Sedangkan untuk parkir kendaraan di Pantai Ngrawe, dikenakan pungutan sebesar Rp 3.000.

Fasilitas Pantai Ngrawe

Selaian rumput dengan penataan yang rapi dan bersih, di Pantai Ngrawe pengunjung juga akan dimanjakan berbagai fasilitas. Seperti tempat duduk di posisi yang strategis, sehingga akan mendapatkan angle yang apik. Pengunjung juga dapat menikmati berbagai masakan menu laut yang mengugah selera.

Fasilitas Gazebo di pantai ngrawen.
Fasilitas Gazebo. Image via: @lutfizain26

Simak juga: Pendakian rekreasi di Gunung Parang

Selain itu Toilet hingga tempat ibadah juga telah tersedia di tempat wisata baru Gunung Kidul ini.

Bagi Pengunjung yang belum puas menikmati keindahan panti Ngrawe dapat bermalam di sekitar lokasi pantai. Disana banyak penginapan seperti home stay untuk menyambut wisatawan yang beristirahat dan belum mau pulang.

Daya Tarik Pantai Ngrawe

  1. Letaknya strategis

pulau kecilpantai kukup terlihat dari pantai ngrawen
Dekat Pantai Kukup. Image via: jogjainside.com

Kawsan pantai Ngarwe merupakan objek wisata pantai yang diapit oleh dua objek wisata yang sangat populer yakni Pantai Baron dan Pantai Kukup. hal ini tentu memudahkan para wisatawan yang hendak berlibur ke pantai ini.  terlebih panorama yang tersaji di pantai ini pun tak kalah mengagumkannya dari kedua pantai diatas.

Sementara itu, jika wisatawan menjadikan pantai ini sebagai tujuan wisata utamanya, maka akan didapat wisata sepaket yakni menikmati keindahan pantai Ngrawe kemudian bisa singgah sesaat di Pantai Baron Maupun Kukup.

  1. Pasir Putih dan Air yang Jernih

Di pasir putih pantai ngrawen
Pasir Pantai. Image via: travelingan.net

Simak juga: Misteri Piramid Emas Gunung Padang

Lokasi pantai yang terjaga kebersiahannya ini membuat pasir putih yang ada di area ini nampak begitu mulus sehingga terasa lembut pada saat menginjaknya. Terlebih area pantai ini belum lama dibuka sebagi area wisata sehingga membuat kondisinya masih sangat alami.

Terlebih air laut yang terdapat di pantai ini cukup jernih sehingga pengunjung bisa melihat sampai kedasarnya. Hal ini tentunya menjadikan pantai ini sebagi area yang menyenangkan untuk dijadikan tempat bermain terutama bagi anak-anak yang bermain pasir maupun basah-basahan bermain air laut.

  1. Taman Yang Tertata Rapi

Objek wisata Pantai Ngrawe memang hadir berbeda dengan pantai-pantai lainnya dimana terdapat taman yang nampak hijau serta indah untuk dipandang. Taman ini ditata begitu rapi sehingga membuat siapa pun yang berada di taman ini merasa nyaman.

Tak hanya itu, pengunjung juga bisa duduk bersantai di area taman ini pada kursi-kursi tyang telah disediaka oleh pengelola. Kursi-kursi tersebut berada di tepian jalan setapak menuju pantai. Kemudian, gazebo-gazebo pun bisa digunakan pengunjung untuk bersantai atau berkumpul bersama keluarga sambil menikmati indahnya panorama laut yang nampak biru.

Piknik PAntai di pasir putih pantia ngrawen
Piknik di pasir pantai. Image via: dolanjajan.com

Di sisi lain, ada begitu banyak aktifitas menyenangkan lainnya yang bisa silakuka pada saat berada di pantai ini. Diantaranya adalah berburu foto-foto cantik ataupun membuat video menarik untuk dijadikan konten atauoun menikmati berbagai sajian kuliner Yogya terutama sajian khas Gunung Kidul.

Tips Mengunjungi Pantai Ngrawe

Pantai Ngrawe merupakan objek wisata pantai yang letaknya berdekatan dengan pantai Baron serta Pantai Kukup sehingga bila ingin singgah di kedua pantai ini diharapkan untuk datang sepagi mungkin. Selain itu hindari berkunjung pada musim penghujan agar pemandangan nampak jelas. kemudian yang tak kalah penting ialah untuk membawa baju ganti serta kamera terbaik untuk mengabadikan momen.

Berburu foto cantik di pantai ngrawen.
Berburu foto cantik. Image via: @pantai_ngrawe

Simak juga: Berburu foto instagramable di Bukit kukusan

Objek Wisata Dekat Pantai Ngrawe

Wisata di kabupaten gunung kidul tidak melulu hanya pantai saja. Ada berbagai jenis wisata lain di kabupaten Paling Selatan Jogjakarta ini. Salah satunya adalah Kebun Bunga Amarilis. Dengan warna oranye menyala, Kebun Bunga Amarilis nampak seperti hamparan permadani yang cerah.

Bunga Amarilis ini tidak selalu mekar. Waktu yang disarankan untuk datang ke sini adalah antara bulan Juli hingga Oktober. Jika cuaca sedang mendukung, bunga amarilis bisa mekar hingga akhir tahun. Pengunjung pun bisa berfoto dengan hamparan bunga cantik yang instagramable sekali.

Selanjutnya ada objek wisata alam Goa Pindul dimana pengunjung bisa melakukan cave tubing yang seru sekaligus mendebarkan. Cave tubing sendiri merupakan kegiatan menyusuri gua menggunakan pelampung di atas sungai bawah tanah.

Demikian informasi mengenai pantai Ngrawe yang mudah-mudahn bisa menhjadi bahan referensi untuk berlibur. Terima kasih dan selamat berlibur!!


Leave a Comment