Pantai Ngrawe, Kemesraan Laut Biru Dan Taman Yang Hijau Nan Cantik

Yogyakarta mempunyai tempat khusus di hati para pecinta traveling, kota ini menyimpan sejuta rasa yang membuat kita selalu ingin mengunjunginya.

Banyak sekali lokasi wisata di Yogyakarta yang bisa kita kunjungi, khususnya di daerah Gunung Kidul. Kabupaten ini menyimpan kekayaan alam yang sungguh mempesona.

Apalagi keindahan pantainya, salah satunya ialah Pantai Ngrawe atau Pantai Mesra yang terletak di Desa Kemadang. Jika biasanya untuk menuju lokasi pantai kita hanya tinggal berjalan menuju hamparan pasir, lain halnya dengan Pantai Ngrawe.

Untuk menuju Pantai Ngrawe ditentukan oleh pasang surutnya air laut, karena lokasinya bersebelahan dengan Pantai Kukup dan dibatasi oleh sebuah bukit karang yang cukup tinggi.

Meskipun begitu Pantai Ngrawe selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan yang datang dari berbagai daerah, serta di area Pantai Ngrawe terdapat sebuah taman yang ditumbuhi rumput hijau.

Simak juga: 66 pilihan lokasi wisata di Jogja

Landmark Pantai Ngrawe Atau Pantai Mesra
Landmark Pantai Ngrawe Atau Pantai Mesra. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Berikut ulasan lengkap mengenai Pantai Ngrawe:

Lokasi Pantai Ngrawe

Lokasi Pantai Ngrawe berada di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Rute Menuju Pantai Ngrawe

Rute menuju Pantai Ngrawe jika kamu berangkat dari Yogyakarta melalui Jl. Imogiri menuju Wonosari kemudian lanjutkan ke Panggang. Untuk seterusnya kamu arahkan menuju Jalan Pantai Selatan hingga tiba di daerah Ngepung.

Dari Ngepung kamu tinggal mengikuti arah untuk menuju Pantai Ngrawe, karena sudah banyak petunjuk arah yang akan membawamu ke objek wisata yang satu ini.

Landcape Pantai Ngrawe
Landcape Pantai Ngrawe. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Jam Buka Pantai Ngrawe

Pantai Ngrawe dibuka selama 24 jam sehari dan 7 hari seminggu.

Tiket Pantai Ngrawe

Tiket masuk Pantai Ngrawe sudah termasuk menikmati beberapa pantai yang ada di sekitarnya. Kamu hanya perlu mengeluarkan uang sebesar Rp. 10.000,- saja.

Sedangkan untuk parkir kendaraan roda dua sebesar Rp. 3.000 dan untuk kendaraan roda empat sebesar Rp. 5.000 per unitnya.

Harga penyewaan tikar di dalam sebuah gazebo sebesar Rp. 30.000 sedangkan menyewa tenda duduk sebesar Rp. 15.000 saja.

Menghabiskan Waktu Bersama Keluarga Tercinta
Menghabiskan Waktu Bersama Keluarga Tercinta. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Fasilitas Pantai Ngrawe

Fasilitas umum yang ada di Pantai Ngrawe diantaranya:

  • Area parkir yang cukup untuk menampung mobil serta motor
  • Warung-warung makanan dan minuman serta oleh-oleh khas
  • Toilet serta kamar bilas
  • Mushola
  • Gazebo

Simak juga: Pendakian rekreasi di Gunung Parang

Daya Tarik Pantai Ngrawe

Daya tarik yang dimiliki Pantai Ngrawe sehingga mampu menjaring wisatawan dari berbagai daerah seperti:

1. Deburan Ombak

Laut Biru Dengan Ombak Yang Cukup Kencang
Laut Biru Dengan Ombak Yang Cukup Kencang. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Simak juga: Misteri Piramid Emas Gunung Padang

Setelah memakirkan kendaraan, kamu harus berjalan sekitar 20 menit lamanya untuk menuju Pantai Ngrawe dengan melewati deretan kios-kios makanan, pakaian, oleh-oleh, bahkan aneka seafood.

Ketika tiba di Pantai Kukup kamu ambil ke kanan jalan yang paling unik ialah kamu harus menunggu air surut untuk menuju Pantai Ngrawe. Jika air laut sedang pasang kamu tak dapat melewatinya karena akses menuju Pantai Ngrawe tertutup air laut.

Akan selalu ada petugas yang selalu siap membantumu menuju Pantai Ngrawe, jadi kamu tak usah khawatir. Dia akan memberitahukan pijakan yang dapat kamu ambil untuk menuju Pantai Ngrawe.

Kamu akan berjalan dikolong tebing karang, wah itu merupakan pengalaman yang sangat menarik sekali. Ketika tiba di Pantai Ngrawe kamu akan disambut oleh derasnya ombak.

Eits namun kamu jangan khawatir, ternyata masih ada jalan menuju Pantai Ngrawe yakni dengan mengarahkan kendaraanmu ke area parkir Pantai Ngrawe langsung. Meskipun akses jalan menuju ke sana masih belum sempurna.

Jangan lewatkan untuk bermain deburan ombaknya serta merasakan lembutnya pasir Pantai Ngrawe, anak-anak pasti senang sekali bermain pasir di sana.

2. Taman Yang Menyejukkan

Dihiasi Taman Dengan Rumput Hijau
Dihiasi Taman Dengan Rumput Hijau. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Setelah asyik bermain ombak Pantai Ngrawe, sempatkan untuk berjalan-jalan mengelilingi area daratannya, kamu disana akan menemukan sebuah taman dengan hamparan rumput hijau dan dipercantik dengan lampu-lampu taman di setiap sisinya.

Taman tersebut dilengkapi dengan kursi putih yang bisa kamu gunakan untuk beristirahat atau bahkan sekedar untuk berfoto-foto.

Sebuah perpaduan yang sama sekali jarang terfikirkan oleh orang banyak, dengan memadukan birunya laut yang luas berdampingan dengan hijaunya taman yang cantik.

3. Hunting Foto

Spot Foto Favorite
Spot Foto Favorite. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Jangan lewatkan untuk hunting foto seru di sekitar Pantai Ngrawe, kamu dapat berfoto dengan keindahan pantainya atau juga kamu dapat berfoto di sekitar tamannya yang hijau.

Di area taman terdapat beberapa juru foto yang dapat kamu sewa untuk mengambilkan kamu beberapa gambar yang bagus dengan menggunakan kamera profesional.

Kamu dapat berfoto bersama orang terkasih di kursi putih dekat taman, terlihat mesra sekali. Mungkin hal itulah yang melatarbelakangi Pantai Ngrawe disebut juga Pantai Mesra.

4. Mengunjungi Pantai Di sekitarnya

Seperti kamu ketahui di awal ketika mengunjungi Pantai Ngrawe kamu dapat menikmati beberapa pantai yang ada di sekitarnya. Yang paling berdekatan dengan Pantai Ngrawe ialah Pantai Baron dan Pantai Kukup.

Habiskan waktu akhir pekanmu dengan mengunjungi pantai-pantai indah di Gunung Kidul tersebut, dimana semua pantainya memiliki ciri khasnya masing-masing.

Birunya Laut Dihiasi Hijaunya Taman
Birunya Laut Dihiasi Hijaunya Taman. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Penginapan

Untuk kamu yang ingin bermalam sambil menikmati keindahan Pantai Ngrawe serta pantai-pantai yang ada, kamu dapat memilih penginapan yang tersebar di area Pantai Kukup. Diantaranya ada Hotel Kukup Indah dengan biaya sewa per malamnya sekitar Rp. 122.971,- saja.

Tips Wisata

Berikut beberapa tips wisata untuk kamu yang hendak mengunjungi Pantai Ngrawe:

  • Pastikan kondisi air laut sedang surut, jika pasang kamu dipastikan ngga akan bisa ke Pantai Ngrawe.
  • Waktu terbaik mengunjungi Pantai Ngrawe ialah pagi hari sehingga dapat mengeksplor pantai yang lainnya.
  • Bawalah baju ganti atau peralatan lainnya jika berniat bermain air.
  • Jaga dan awasi selalu anak-anak ketika bermain ombak dan pasir di Pantai Ngrawe.
  • Jagalah selalu kebersihan Pantai Ngrawe.
  • Siapkan gadget kamu untuk mengabadikan keindahan Pantai Ngrawe.

Penutup

Entah mengapa pantai seperti mempunyai kekuatan tersendiri untuk membuat kita menjadi lebih tenang, deburan ombaknya seakan mampu menghanyutkan gundah dalam diri.

Kunjungilah Pantai Ngrawe weekend ini bersama keluarga tercinta, biarkan anak-anak bermain pasir dengan riang gembira.

Simak juga: Berburu foto instagramable di Bukit kukusan

Leave a Comment