Pantai Ngrenehan, Pesona Teluk Cantik di Selatan Jogyakarta

Pantai Ngrenehan merupakan sebuah pantai cantik yang berada di Bantul, Yogyakarta. Pantai ini dikelilingi bukit karang yang cukup besar, dengan pepohonan yang rindang berwarna hijau.

Pantai ini diapit oleh dua buah bukit besar yang menjorok ke arah laut, sehingga ombak yang datang ke tepian pantainya tak begitu besar.

Garis pantai yang dimiliki Pantai Ngrenehan tak begitu luas, yakni hanya sekitar 100 meter saja. Namun keindahan alam yang diberikan sungguh memukau.

Di sekitar pantai, berderet perahu-perahu nelayan yang sedang bersandar, bisa dibilang Pantai Ngrenehan ini disebut sebagai pantai nelayan.

deretan perahu nelayan yang bersandar
deretan perahu nelayan yang bersandar. google maps. sumber: Wariadi 88

Bahkan sebelum kamu mendekati pantai, banyak beberapa pedagang yang menjajakan kuliner laut yang masih mentah maupun yang sudah matang.

Simak; tempat wisata di Yogyakarta terbaik

Sejarah Nama Pantai Ngrenehan

Asal usul nama dari Pantai Ngrenehan ini konon katanya merupakan pemberian dari Raja Demak pertama yang bernama Raden Patah.

Beliau pernah datang ke pantai ini dengan maksud untuk mencari sang ayah yang telah lari dari istana karena menolak menjadi seorang Muslim.

Beliau berusaha mengajak orang tuanya tersebut untuk masuk Islam, dari peristiwa itulah muncul istilah “Pangrena ” yang berarti “ajakan“.

Kata “Pangrena” berasal dari kata “Reneh” yang artinya “Sini”. Masyarakat sekitar kemudian mengubahnya menjadi “Ngrenehan” yang berarti “Kemarilah Ke Sini”.

landmark pantai ngrenehan
landmark pantai ngrenehan. google maps. sumber: Teguh setia aribowo

Lokasi & Alamat Pantai Ngrenehan

Lokasi Pantai Ngrenehan berdekatan dengan Pantai Ngobaran, tepatnya berada di Desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari, Kabupaten Bantul, D.I. Yogyakarta.

Rute Menuju Pantai Ngrenehan

Pantai Ngrenehan lokasinya cukup jauh dari pusat kota Jogja, kamu akan menempuh jarak sekitar 53,7 km dengan estimasi waktu kira-kira 1,5 jam.

Rute yang dapat ditempuh yakni dengan melewati Jl. KH. Ahmad Dahlan kemudian dilanjutkan menuju Jalan Imogiri Barat.

Ketika tiba di pertigaan ambil arah menuju Jl. Raya Panggang Wonosari, dilanjutkan dengan menuju Jl. Paliyan,-Ngobaran. Setelah itu, dilanjutkan ke arah Jl. Ngobaran-Ngrenehan, hingga tibda di lokasi Pantai Ngrenehan.

petunjuk arah menuju pantai ngrenehan
petunjuk arah menuju pantai ngrenehan. google maps. sumber: bayu akbar

Jam Buka Pantai Ngrenehan

Jam operasional Pantai Ngrenehan ini dibuka setiap hari Senin hingga Minggu, sepanjang hari.

Tiket Pantai Ngrenehan

Tiket masuk Pantai Ngrenehan yakni dengan membayar retribusi sebesar Rp. 5.000,- per orang. Sedangkan untuk biaya parkir, dibedakan menjadi:

  • Sepeda motor sebesar Rp. 3.000,-
  • Mobil dengan membayar Rp. 5.000,-
ombaknya yang tenang
ombaknya yang tenang. google maps. sumber: Cahyanto

Fasilitas Pantai Ngrenehan

Fasilitas yang ada di Pantai Ngrenehan ini yakni sebagai berikut:

  • Area parkir kendaraan
  • Mushola
  • Warung-warung makanan dan minuman
  • Kamar mandi atau Toilet umum
  • Lokasi pelelangan ikan

Ragam Wisata di Pantai Ngrenehan

Pantai Ngrenehan bukan merupakan sebuah pantai yang ramai, namun meskipun begitu bukan berarti kamu tidak bisa melakukan ragam wisata yang seru dan menarik.

Berikut beberapa ragam wisata seru yang dapat kamu lakukan ketika berada di Pantai Ngrenehan:

paduan alam yang sempurna
paduan alam yang sempurna. google maps. sumber: Nyi Jayanti

1. Menikmati Alam Pantai Ngrenehan

Pantai Ngrenehan memiliki bentuk yang sangat unik dan khas, yakni berbentuk kurve lingkaran yang sempurna. Jika kamu lihat dari ketinggian, akan terlihat seperti corong.

Dan merupakan pantai yang yang cukup landai dengan hamparan pasirnya yang berwarna putih bersih. Apalagi ditambah dengan gagahnya batuan karang yang ada di sekitar pantai.

Keindahan teluknya dapat kamu saksikan sambil bersantai di atas hamparan pasirnya yang lembut, ditemani oleh deburan ombak yang menghantam karang.

Yang paling unik dari Pantai Ngrenehan ini ialah, bukit karangnya dipenuhi dengan cangkang dan kerang khas laut. Hal ini terjadi karena proses pengangkatan permukaan bumi yang terjadi jutaan tahun yang lalu.

Akibat dari peristiwa tersebut, kerang-kerang dan cangkang yang awalnya berada di dasar laut, terjebak dan ikut terangkat ke atas bukit.

2. Bermain Air dan Pasirnya

keseruan bermain pasir
keseruan bermain pasir. google maps. sumber: Yudha Ardhianto

Meski berada di wilayah pantai selatan, Pantai Ngrenehan memiliki deburan ombak yang cukup tenang. Mungkin karena berupa teluk, ditambah lagi hadirnya batuan karang yang cukup besar di sisi kanan dan kirinya.

Keberadaannya seakan berfungsi menghalau ganasnya ombak pantai selatan ke arah Pantai Ngrenehan. Dengan begitu Pantai Ngrenehan aman untuk kamu bermain air atau berenang di tepian pantainya.

Kamu dapat menemani anak untuk bermain pasirnya yang lembut serta bermain air bersama, pasti seru banget pastinya.

3. Hunting Foto

Tak lengkap rasanya jika kamu tidak mengabadikan keindahan alam Pantai Ngrenehan, bentuknya yang unik dan cantik merupakan latar yang tepat untuk berfoto.

Apalagi ditambah dengan birunya laut serta hamparan pasirnya yang berwarna putih, merupakan perpaduan keindahan alam yang sangat sempurna.

4. Pesona Budaya

Jika kamu berkunjung ketika bulan purnama, 15 hari sebelum perayaan Nyepi, kamu akan menyaksikan pesona budaya lokal.

Upacara adat tersebut merupakan kegiatan tradisional yang penuh dengan kebudayaan lokal, kegiatan tersebut melengkapi petualangan kamu di Pantai Ngrenehan.

Ragam wisata seru lainnya yang dapat kamu lakukan ialah:

  • Menyusuri pantai degan menyewa perahu nelayan,
  • trekking ke bukit karang,
  • Hunting kuliner yang pastinya enak banget.

Tinggalkan komentar