5 Aktivitas Pantai Ngrenehan, Teluk Indah di Selatan Jogyakarta

30 km di sebelah selatan kota Wonosari, tercecer mutiara nan mempesona. Sebuah pantai teluk yang dikelilingi hamparan perbukitan kapur. Mewujudkan panorama alam yang memukau. Berhiaskan deburan ombak menerpa pasir putih. Itulah Pantai Ngreneh.


Pantai Ngrenehan
Pantai Ngrenehan. Image via: @brian.ndw

Pantai Ngrenehan tidak terlalu panjang. Garis pantainya hanya sekitar 100 m. Pantai ini diapit oleh dua bukit karang yang cukup besar dan menjorok ke laut. Inilah yang menghalangi ombak besar tidak secara langsung menghempas ke pantai.

Saat memasuki pantai Ngrenahan gunung kidul ini, pengunjung akan disambut deretan warung makan. Diantara deretan warung tersebut terdapat Tempat Pelelangan Ikan. Selanjutnya di ujung sebelah kanan deretan warung terdapat bangunan yang berbentuk joglo. Bangunan ini merupakan tempat para pedagang ikan menjajakan beragam jenis laut yang masih segar.

Di pantai ini, pengunjung dapat mengamati langsung kegiatan nelayan tradisional. Juga bisa menikmati ikan segar yang baru saja diangkat dari kedalaman laut selatan.

Sebagian Masyarakat menyebut pantai ini sebagai pantai Nelayan. Aktivitas kesibukan para nelayan yang mempersiapkan jala, perahu, dan peralatan lainnya menjadi pemandangan tersendiri. Terkadang pengunjung bisa membeli ikan langsung dari nelayan yang menepi ke pantai.

jalan di pasir pantai
Jalan di pasir pantai. Image via: jogjaempatroda.com

Simak; tempat wisata di Yogyakarta terbaik

Sejarah Nama Pantai Ngrenehan

Nama Pantai Ngrenehan merupakan pemberian Raja Demak pertama, Raden patah. Pada masa itu, sang raja datang ke pantai ini untuk mencari sang ayah. Ayah beliau lari dari sitana, karena menolak menjadi seorang Muslim.

Dalam usaha untuk mencari dan mengajak orang tuanya masuk islam, sang Raja sampai di Pantai ini. Beliau tidak menemukan orang tua nya di pantai ini.

Dari peristiwa inilah muncul istilah pangrena yang berarti ajakan. Kata pangrena berasal dari kata reneh yang berarti sini. Kemudian masyarakat di sekitar kawasan ini mengubahnya menjadi ngrenehan yang berarti kemarilah ke sini. Kata reneh yang diberi awalan ng dan akhiran an berarti menunjuk pada suatu tempat, yaitu Pantai Ngrenehan.

Lokasi Pantai Ngrenehan

Lokasi Pantai Ngrenehan tepatnya berada di Desa kanigoro, Kecamatan Saptosari, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

nelayan Pantai Ngrenehan
Nelayan Pantai Ngrenehan. Image via: yogyakarta.panduanwisata.id

Rute Menuju Pantai Ngrenehan

Dari pusat Kota Yogyakarta ke Pantai Ngrenehan, jaraknya sekitar 53,7 Kilometer. Dengan kendaraan bermotor diperlukan waktu sekitar 1,5 jam.

Jika memulai perjalanan dari pusat Kota Yogyakarta, ambil ke arah timur melewati Jalan KH. Ahmad Dahlan. Lanjutkan perjalanan melalui Jalan Imogiri Barat. Sampai di pertigaan ke arah timur melewati Jalan Raya Panggang Wonosari, lalu di pertigaan ke arah selatan menuju Jalan Paliyan Ngobaran, kemudian sampai di pertigaan ke arah timur ke Jalan Ngobaran Ngrenehan, ikuti terus jalan yang ada hingga anda akan sampai di Pantai Ngrenehan.

Jam Buka Pantai Ngrenehan

Pantai Ngrenehan dibuka untuk kunjungan wisatawan, mulai jam 05.00 sampai Malam. Tidak ada batas defenitif mengenai waktu tutup pantai ini.

Tiket Pantai Ngrenehan

Biaya tiket masuk ke Pantai Ngrenehan relatif terjangkau. Pengunjung hanya dikenakan biaya Rp 5.000,-.

Sedangkan untuk biaya parkir di Pantai Ngrenehan pengunjung dikenakan biaya sesuai jenis kenaraan. Sepeda Motor: Rp 3.000, Mobil: Rp 5.000, Bus Sedang: Rp 15.000, Bus Besar: 20.000.

Fasilitas Pantai Ngreneh

Sebagai lokasi tujuan wisata, Pantai ngereneh sudah dilengkapi dengan fasilitas penunjang yang memadai. Fasilitas ini di bangun oleh pemerintah dan juga masyarakat setempat, diantaranya adalah: Tempat parkir, Toilet umum, Musholla, dan Warung makan dan minum.

Aktivitas Menarik di Pantai Ngrenehan

Walau Pantai Ngrenehan tidak sepopuler pantai lain di Jogja, keindahan yang dimiliki pantai Ngrenehan ternyata tidak kalah menakjubkan. Berikut ini beberapa aktivitas menarik yang bisa dieksplorasi pengunjung saat berwisata di pantai ngrenehan.

  1. Foto-Foto Cantik

foto seru di pantai Ngrenehan
Foto Seru di Pantai. Imagevia: @andityoemo

Jalan-jalan terasa belum sah kalau tidak berfoto ria, dengan latar belakang objek wisata yang dikunjungi.  Hal itu yang menyebabkan saat berwisata di pantai ini, tak jarang terlihat wisatawan membawa kamera lengkap. Namun HP dengan resolusi memadai, sudah lebih dari cukup untuk memenuhi hasrat mendapatkan foto indah di pantai ini.

Nasib lebih beruntung, jika datang ke pantai ini saat cuaca cerah. Foto yang dihasilkan tentu akan lebih mampu menangkap keelokan sempurna dari pantai ini. Lokasi wisata ini sering dijadikan sebagai tempat untuk pra-wedding. Juga acara pemotretan tahunan untuk acara kelulusan siswa SMP dan SMA.

Semua hal itu hanya karena 1 alasan, yaitu pemandangan nya yang indah menawan mata.

  1. Landscape Teluk yang Melengkung Sempurna

landscape teluk ngrenehan
Landscape telauk yang menawan. Image via: visitingjogja.com

Pantai Ngrenehan memiliki karakteristik teluk yang khas. Pantainya berbentuk kurve lingkaran yang sempurna. Jika dilihat dari ketinggian, teluk ini terlihat seperti corong. Lanscape sepert ini Idela untuk pelabuhan tradisional. Karena pantai terlindung dari ombak ganas di laut lepas.

Kondisi bentang alam yang indah, dengan perbukitan dan karang-karang yang membentengi teluk di kiri dan kanan. Pesona luar biasa yang membuat jatuh cinta bagi siapa saja yang terlanjur pernah berkunjung.

Kecantikan teluk terlihat sempurna, terlebih lagi jika dilihat dari ketinggian menggunakan kamera drone. Sungguh sebuah kekayaan yang membuat bangga.

  1. Bukit Karang

Di pantai Ngrenehan, pengunjung dapat menjumpai bukit yang menarik dan juga unik. Hal ini karena bukit tersebut dipenuhi dengan cangkang dan kerang-kerang khas laut. Mungkin banyak yang bertanya tanya kenapa bisa ada cangkang di ketinggian bukit??

Hal itu tidak terlepas dari kejadian geologi, yang menjadi asal usul terbentuk nya teluk ini. Teluk ini terjadi dari pengangkatan permukaan bumi. Peristiwa itu terjadi jutaan tahun yang lalu, berbarengan dengan pembentukan perbukitan kapur Gunung Kidul. Akibat peristiwa itu, kerang-kerang yang awalnya ada di dasar laut, terjebak dan ikut terangkat ke atas bukit.

  1. Berenang di Pantai

renang di pantai ngrenehan
Renang di Ombat Pantai yang ramah. Image via: wisatabaru.com

Akibat dari bentuk struktur alami berupa teluk, ombak di pantai ini sangat tenang. Sangat berbeda dengan karakter ombak di pantai selatan jawa pada umumnya. Yang bahkan pada beberapa pantai harus dipasang peringatan dilarang berenang.  Ombak yang mampir ke pantai Ngrenehan sangat ramah, tidak terlalu besar. Sangat aman untuk berenang.

Selain itu dataran di pinggiran pantai juga landai sehingga membuat pantai ini cocok untuk digunakan sebagai tempat berwisata bagi anak-anak yang ingin berenang di pinggiran pantai.

  1. Pesona Budaya

melasti
Kegiatan budaya di Pantai. Image via: kabarhandayani.com

Selain obyek wisata alam, di pantai ini juga sesekali terdapat kegiatan budaya seperti upacara adat. Jika berkunjung di saat yang tepat, pengunjung bisa mendapat double kill. Pertama menikmati keindahan panorama alam. Kedua menikmati keindahan pesona budaya.

Pengunjung bisa melihat pemandangan kegiatan tradisional yang mistis dari budaya lokal. Untuk dapat melihat kegiatan ini disarankan datang saat bulan purnama, 15 hari sebelum perayaan Nyepi.

Objek Wisata Dekat Pantai Ngrenehan

Masih dalam satu kawasan dengan Pantai Ngrenehan kurang lebih 2 km di sebelah Barat terdapat Pantai Ngobaran dan Pantai Nguyahan.

Pantai Ngobaran merupakan Pantai yang terkenal dengan adanya pura dengan patung-patung dewa berwarna putih. Tempat peribadatan itu didirikan tahun 2003 untuk memperingati kehadiran Brawijaya V, salah satu keturunan raja Majapahit, di Ngobaran.

Pantai Nguyahan merupakan pantai berpasir putih yang indah berada di Desa Kanigoro. Lokasi Pantai Nguyahan berada di sebelah barat Pantai Ngobaran. Dulu Pantai Nguyahan terletak dibelakang bukit, hingga akhirnya dibuat akses jalan oleh warga sekitar menuju Pantai Nguyahan.

Setelah mengetahui berbagai aktivitas menarik yang akan disuguhkan kepada pengunjung, pastinya anda sudah tidak sabar mengujungi pantai di Jogya ini. Jangan ragu untuk datang dan berwisata seru di sana, bahkan ajaklah sanak saudara maupun orang tercinta. Dijamin liburan akan semakin menyenangkan dan sangat berkesan.

Baca juga:

Artikel lainnya:

Leave a Comment