Pantai Oetune, Hiasan Gurun Pasir Di Birunya Laut Timor

Kabupaten Timor Tengah tak pernah berhenti menunjukkan keindahan alam yang dimilikinya, banyak lokasi wisata yang sangat indah yang wajib kamu kunjungi.

Diantaranya ada beberapa pantai yang wajib kamu kunjungi yakni Pantai Kolbano dan Pantai Oetune. Kedua pantai tersebut lokasinya berdekatan hanya sekitar 30 menit saja.

Pantai Oetune harus kamu kunjungi ketika berada di Kabupaten Timor Tengah, pantai ini memiliki kawasan pasir yang terbentang luas di pinggir pantai.

Padang pasir yang ada di Pantai Oetune sering disamakan dengan padang pasir yang ada di wilayah Timur Tengah. Kamu dapat berfoto di padang pasir dengan latar laut biru yang sangat indah.

Pantai Oetune memiliki deburan ombak yang sangat unik, gulungan ombaknya saling susul menyusul. Selain itu keadaan pasirnya sangat lembut sekali. Lokasi pantainya pun sangat luas sehingga kamu dapat melakukan beragam kegiatan seru disana.

Ketika memasuki lokasi Pantai Oetune kamu akan disambut jajaran pepohonan yang menjulang tinggi, ada pohon lontar serta pohon kasuari.

landmark pantai oetune
landmark pantai oetune. google maps. sumber: Sri Sawitri

Simak juga: wisata indah di Timoe Tengah Selatan

Lokasi Pantai Oetune

Lokasi Pantai Oetune berada di Desa Tufanu, Kecamatan Kualin, Kabupaten Timor Tengah Selatan, Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Rute Menuju Pantai Oetune

Rute menuju Pantai Oetune jika berangkat dari Kota Kupang dengan melajukan kendaraan melintasi jalur lintas selatan, dengan kondisi jalan yang berkelok-kelok.

Jarak yang akan ditempuh sekitar 115 km atau membutuhkan waktu sekitar 2,5 hingga 3 jam perjalanan. Meskipun memerlukan waktu yang tak sebentar, namun panorama alam di sepanjang perajalanan tak akan membuatmu bosan.

Terdapat petunjuk jalan yang akan mengarahkanmu menuju Pantai Oetune, lokasinya berada tak jauh dari Pantai Kolbano.

pintu masuk pantai oetune
pintu masuk pantai oetune. google maps. sumber: Abu Umasya

Jam Buka Pantai Oetune

Jam operasional Pantai Oetune dibuka setiap hari Senin hingga Minggu selama 24 jam penuh.

Tiket Pantai Oetune

Tiket masuk untuk menikmati Pantai Oetune yakni cukup membayar sebesar Rp. 3.000 saja per orangnya.

Fasilitas Pantai Oetune

Simak juga: Air Terjun Tanggedu, Grand Canyon di Tanah Timur

Fasilitas umum yang ada di sekitar Pantai Oetune diantaranya:

  • Area parkir yang dapat menampung motor maupun mobil
  • Lopo atau gazebo untuk bersantai
  • Kamar mandi atau Toilet
  • Warung-warung makanan dan minuman
banyak tersedia gazebo untuk bersantai
banyak tersedia gazebo untuk bersantai. google maps. sumber: Muhammad Andriansyah

Daya Tarik Pantai Oetune

Pantai-pantai yang ada di Timor memiliki karakteristik atau daya tarik tersendiri, begitu pula dengan Pantai Oetune. Pantai tersebut memiliki daya tarik seperti:

1. Hamparan Gurun Pasir

Hal pertama yang menarik perhatian pengunjung untuk mengunjungi Pantai Oetune ialah dengan kehadiran gurun pasir yang sangat luas bak di Timur Tengah.

Padang pasir tersebut memiliki karakterisktik pasir yang sangat lembut dan areanya pun cukup luas yang mencapai beberapa ratus meter persegi.

Kehadiran hamparan padang pasir tersebut menambah suasana eksotis Pantai Oetune yang indah. Banyak ragam wisata seru yang dapat kamu lakukan disini.

menikmati pemandangan alam
menikmati pemandangan alam. google maps. sumber: Arya Andita

Salah satunya seperti sandboarding, gurun pasir di Pantai Oetune banyak gundukan pasir yang akan membuat kegiatan sandboarding kamu menjadi lebih seru.

Selain itu, banyak pengunjung yang datang untuk menikmati keindahan matahari tenggelam dari gurun pasir ini. Perubahan alam yang sangat indah dapat kamu nikmati di tempat yang indah pula.

Untuk menuju lokasi hamparan padang pasir dari Pantai Oetune kamu harus berjalan sekitar 200 meter jauhnya, dengan menyusuri pantai.

2. Bermain Sandboarding

Sandboarding merupakan salah satu cabang olahraga yang menggunakan papan seluncur dengan medan bukit pasir. Olahraga ini sama halnya dengan snowboarding, yang membedakannya hanyalah lokasinya saja.

Daerah yang tepat untuk melakukan kegiatan sandboarding adalah daerah gurun pasir, beberapa spot favorite sandboarding diantaranya Gurun Pasir di Namibia, wilayah selatan dan barat Australia, wilayah di Mesir, serta beberapa tempat lainnya.

padang pasir pantai oetune
padang pasir pantai oetune. google maps. sumber: Sukmana Jati

Simak juga: Benteng Otonaha di Tepi danau Limboto

Salah satu tempat snowboarding ada di Indonesia yakni di Pantai Oetune, dimana di pantai tersebut memiliki hamparan gurun pasir yang cukup luas serta terdapat gumuk pasir yang akan membuat laju snowboarding meluncur dengan cepatnya.

Gumuk pasir ialah sebuah fenomena alam berupa tumpukan pasir yang terbawa oleh hembusan angin. Seiring waktu pasir yang terbawa angin tersebut terus menumpuk, maka terbentuklah gumuk pasir atau sand dunes.

Karamteristik gumuk pasir di Pantai Oetune berbukit-bukit, sehingga dapat digunakan untuk kegiatan sandboarding. Dimana kamu akan merasa sensasi meluncur dengan cepat dari gumuk pasir yang satu ke gumuk pasir yang lain.

Ketinggian gumuk pasir di Pantai ini berbeda-beda, mulai dari 1 meter hingga paling tinggi yakni sekitar 7 meter. Untuk kamu para pemula lebih baik memulainya dari tingkat yang paling rendah terlebih dahulu.

Untuk dapat bermain sandboarding, kamu harus membawa peralatannya sendiri, karena di lokasi Pantai Oetune belum tersedia tempat penyewaan papan untuk melakukan kegiatan tersebut.

3. Indahnya Pantai Oetune

cantiknya pantai oetune
cantiknya pantai oetune. google maps. sumber: Ello Adryan

Simak juga: Candi lumbung

Pantai Oetune masih sangat asri dan bersih sekali, serta memiliki pantai yang cukup luas. Lokasinya pun tak terlalu ramai, cocok untuk kamu yang ingin menyendiri.

Air lautnya berwarna biru cantik sekali, deburan ombaknya saling berkejar-kejaran. Seru sekali menunggu deburan ombaknya menyentuh kakimu.

Namun kamu harus berhati-hati karena pasir yang ada sangat lembut, sehingga dapat membuatmu tertarik ke arah laut.

Penginapan

Di sekitar Pantai Oetune belum tersedia penginapan atau hotel untuk kamu sewa. Kamu dapat menemukannya di Kota Soe, disana terdapat beberapa penginapan atau hotel dengan harga yang bervariatif.

Tips Mengunjungi Pantai Oetune

  • Gunakan alas kaki yang nyaman untuk berjalan di atas pasir.
  • Jika hendak bermain air, selalu waspada dan hati-hati.
  • Gunakan topi atau kacamata hitam untuk mengurangi paparan sinar matahari.
  • Jaga selalu kebersihan area Pantai Oetune
  • Hindari perbuatan yang dapat merugikan diri sendiri maupun orang lain.
  • Siapkan gadget kamu untuk mengabadikan keindahan alam di Pantai Oetune.
tempat yang tepat untuk mengajak keluarga
tempat yang tepat untuk mengajak keluarga. google maps. sumber: Franqis Samon

Simak juga: Hayati Keagungan Candi Prambanan

Penutup

Nah bagaimana? Apakah anda penasaran dengan keindahan yang ada di Pantai Oetune ini? Apakah pantai ini sudah masuk ke dalam daftar perjalanan dan petualangan?

Kalau iya, langsung saja nih lo siapkan hari libur, siapkan juga budget secukupnya, berkemas dan langsung saja berangkat!


Leave a Comment