Pantai Pasir Padi, Semua Kenikmatan Wisata Tersaji Di Satu Kawasan

Pantai Pasir Padi menjadi tambahan deretan tempat wisata yang ada di Provinsi Bangka Belitung, tepatnya di Pulau Bangka.

Tempat wisata di Provinsi Bangka Belitung patut berbangga diri, bukan hanya mengharumkan nama lokal saja, namun mampu mengharumkan nama Indonesia. Karena UNESCO telah menetapkan 1 lagi geopark yang ada di dunia, yang bernama Geopark Belitung.

Memang Pantai Pasir Padi bukanlah bagian dari Geopark Belitung, namun menjadi sebuah gambaran tentang pesona alam yang di Bangka Belitung.

pantai pasir padi
pantai pasir padi. google maps. sumber: iwan suryana

Lokasi Pantai Pasir Padi yang menghadap langsung ke Laut Cina Selatan menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Meskipun, di sisi lain air Pantai Pasir Padi sering pasang saat hari mulai sore.

Bahkan beberapa bulan ke belakang, sempat terjadi banjir yang diakibatkan air Pantai Pasir Padi yang meluap. Tentu saja mengakibatkan kerusakan, meskipun tidak parah.

Lalu apa saja yang menjadi daya tarik dari Pantai Pasir Padi tersebut? Maka inilah ulasan lengkapnya, sebagai referensi awal bagi anda untuk menentukan tempat liburan nanti.

menikmati panorama alam yang tersaji
menikmati panorama alam yang tersaji. google maps. sumber: Faizinal Abidin

Simak Juga: Info Hotel di Bangka

Lokasi Dan Alamat Pantai Pasir Padi

Lokasi Pantai Pasir Padi terletak di Kepulauan Bangka. Alamat Pantai Pasir Padi berada di Jalan Pantai Pasir Padi, Kota Pangkal Pinang, Provinsi Bangka Belitung.

Rute Menuju Pantai Pasir Padi

Akses jalan menuju Pantai Pasir Padi sangatlah mudah, serta bisa dilalui oleh kendaraan motor, maupun mobil hingga ke area parkir Pantai Pasir Padi.

Jarak Pantai Pasir Padi dari pusat Kota Pangkalpinang sekitar 10 kilometer, dengan waktu tempuh hanya 20 menit perjalanan. Sebelum sampai di area parkiran, kendaraan pengunjung akan melewati sepanjang pesisir Pantai Pasir Padi.

berada tak jauh dari lokasi parkir
berada tak jauh dari lokasi parkir. google maps. sumber: Erzan Rissano

Harga Tiket Masuk Pantai Pasir Padi

Tiket masuk Pantai Pasir Padi Rp. 2.000 – Rp. 10.000

Simak juga: Indahnya Pulau Rupat

Jam Buka Pantai Pasir Padi

  • Jam operasional Pantai Pasir Padi selama 24 jam
  • Pantai Pasir Padi buka setiap hari

Fasilitas Di Pantai Pasir Padi

Fasilitas di Pantai Pasir Padi sudah sangat lengkap untuk menunjang kenyamanan wisata para pengunjung, seperti :

  • Mushola
  • Toilet
  • Café
  • Resto
  • Area parkir
  • Pemandian
menikmati pergantian hari
menikmati pergantian hari. google maps. sumber: Yanrisca Sany Rachmana

Simak juga: Indahnya Pantai Akkarena

Penginapan Di Pantai Pasir Padi

Terdapat penginapan di kawasan Pantai Pasir Padi. Lokasinya dekat dengan Pantai Pasir Padi, tepatnya berada di seberang jalan, atau seberang pesisir pantai.

Sejarah Pantai Pasir Padi

Sejarah Pantai Pasir Padi merujuk kepada diksi “padi” yang melekat pada nama pantai tersebut. Bagi kebanyakan orang mungkin akan kebingungan, dimana padinya?

Jadi, sejarah Pantai Pasir Padi terkait erat dengan program penanaman padi di sekitar pesisir pantai, di jaman Hindia Belanda.

Saat ini, kawasan yang sempat dijadikan tempat penanaman padi ditumbuhi oleh pohon-pohon kelapa. Namun, Pantai Pasir Padi mencatatkan sebuah sejarah penting tentang sebuah usaha membangun sistem ketahanan pangan.

Daya Tarik Pantai Pasir Padi

Untuk menikmati pesona keindahan yang ada di Pantai Pasir Padi, maka disarankan kunjungan ke Pantai Pasir Padi dengan mempertimbangkan faktor cuaca. Dan inilah daya tarik dari Pantai Pasir Padi:

1. Wisata Keluarga

bermain bersama di pantai pasir padi
bermain bersama di pantai pasir padi. google maps. sumber: Yolanda Salsabila

Simak juga: Pulau Samalona, sekeping Surga di Makassar

Daya tarik yang pertama dari Pantai Pasir Padi adalah pantai yang mampu menyajikan spot yang nyaman untuk destinasi wisata keluarga.

Pasir Pantai Pasir Padi merupakan pasir putih, serta sangat luas. Selain itu, ombaknya juga tidaklah besar, sehingga mampu memberikan kenyamanan bagi mereka yang berlibur bersama keluarga.

Namun, sekali lagi situasinya akan berubah terutama saat air pasang, atau cuaca sedang buruk. Hamparan pasir putihpun menjadi tidak ada, jika kondisi sedang seperti itu.

Di sepanjang pesisir pantai, sering juga dijadikan tempat nongkrong muda-mudi sambil hunting foto. Pokoknya, asalkan cuaca mendukung, Pantai Pasir Padi memang top.

2. Wisata Kuliner

berwisata kuliner dengan keindahannya pantainya
berwisata kuliner dengan keindahannya pantainya. google maps. sumber: Viral Stories

Keterangan tentang Pantai Pasir Padi bukan hanya sebatas tentang keindahan pantai saja, namun menjadi sebuah kawasan wisata kuliner.

Di sepanjang pesisir pantai, berjajar warung-warung yang menjajakan kuliner, serta tempat duduk yang menghadap ke laut lepas. Tentu saja menjadi sebuah kenikmatan tersendiri.

Restoran yang terkenal di Pantai Pasir Padi adalah restoran yang berbentuk kapal. Tempat tersebut menyajikan sensasi makan-makan di atas kapal.

Di sisi yang lain, terdapat juga café plus musik yang menjadi tempat favorit para pengunjung terutama anak muda.

3. Pemandian

wahana bermain air lainnya
wahana bermain air lainnya. google maps. sumber: naga jongkok

Simak juga: Pesona Pantai Tanjung Pasir

Selain keindahan pantai, dan kuliner, di objek wisata Pantai Pasir Padi terdapat sebuah pemandian yang nyaman untuk liburan keluarga.

Pemandian tersebut bernama Pasir Padi Bay. Para pengunjung akan dikenakan biaya lanjutan saat memasuki area pemandian tersebut.

Pertanyaannya, kurang apa lagi di Pantai Pasir Padi? Semua kenikmatan wisata tersaji lengkap di sana. Tapi cuacanya harus mendukung ya…..


Tinggalkan komentar