Pantai Pasir Padi, Pantai Sejuta Potensi di Bangka Belitung

Pantai Pasir Padi memiliki panorama alam yang mempesona karena memiliki garis pantai yang lebar, sekitar 300 meter. Pantai memiliki karang dan bebatuan serta hamparan pasir putih yang indah sepanjang 2 km.


Pantai Pasir Padi memiliki panorama alam yang mempesona karena memiliki garis pantai yang lebar, sekitar 300 meter
Pantai Pasir Padi. Image via: kaskus.co.id

Simak Juga: Info Hotel di Bangka

Dengan kondisi pantai yang lebar dan panjang, pengunjung bisa melakukan berbagai macam aktifitas dan olahraga pantai. Pada hari libur jumlah kunjungan wisatawan mencapai 6.000 orang per hari.

Pantai ini memiliki tipe gelombang yang tenang sehingga aman dan nyaman untuk dipakai berenang. Struktur pantainya yang landai, kontur pasir yang padat ini dikarenakan di bawah pasir pantai terdapat pasir timah. Ini memebuat pantai Pasir Padi ini nyaman untuk dilalui dengan jalan kaki.

Tidak jauh dari bibir pantai terdapat sebuah pulau kecil yang indah bernama Pulau Punai. Pulau ini terbentuk dari karang dan bebatuan dan berjarak ± 200 meter dari bibir pantai. Pulau itu dapat dikunjungi dengan berjalan kaki di waktu air surut.

Pantai Pasir Padi sering menjadi tempat penyelenggaraan berbagai macam kegiatan. Diantaranya motorcross, pameran, kesenian dan konser musik.

Pantai Pasir Padi nan rindang ditumbuhi pepohonan nan lebat
Pantai nan rindang. Image via: pantainesia.com

Lokasi Pantai Pasir Padi

Pantai ini terletak di Jalan Pantai Pasir Padi, Pangkalpinang, Kepulauan Bangka Belitung, Pulau Sumatera.

Pantai indah ini berjarak sekitar 7 Km dari Kota Pangkalpinang. Sekitar 3 Km dari Kantor Gubernur Provinsi Bangka Belitung.

Rute Menuju Pantai Pasir Padi

Bagi pengunjung yang berangkat dari luar provinsi, untuk mencapai Bangka Belitung dapat menggunakan jalur transportasi udara melalui Bandara Depati Amir.

Dari bandara, akses menuju ke Pantai Pasir Padi ini tidaklah sulit. Pengunjung bisa memilih menggunakan mobil pribadi, mobil rental, atau juga menggunakan angkutan umum. Biasanya, tarif menyewa mobil adalah sebesar Rp. 300.000,- dari bandara. Hanya saja, tarif segitu bukanlah untuk pemakaian satu hari penuh, melainkan hanya selama setengah hari saja.

Pantai Pasir Padi mempesona dnegan pasir dan batuan pantainya
Mempesona. Image via: bangkatour.com

Simak juga: Indahnya Pantai Akkarena

Untuk angkutan umum, hanya cukup merogoh rupiah sebesar Rp. 2000,- saja. Transportasi lain selain menggunakan angkutan umum, Pengunjung dapat juga menggunakan taksi. Karena jaraknya cukup dekat, biasanya sopir taksi tidak menggunakan argo. Mereka akan menawarkan harga mulai Rp. 30.000,- sampai Rp. 50.000,-.

Jam Buka Pantai Pasir Padi

Untuk bisa menikmati keseruan berwisata di pantai pasir padi, pengunjung bisa datang dari hari Senin-minggu. Pantai buka 24 jam.

Tiket Pantai Pasir Padi

Untuk dapat merasakan suasana indah di Pantai Pasir Padi ini, Anda akan membayar biaya retribusi sebesar Rp. 10.000,- (Agustus 2013) serta biaya parkir kendaraan. Untuk motor Rp.2000,- dan mobil Rp.4000,-.

sunset pantai pasir padi menjadi incaran banyak pengunjung pantai
Sunset pantai Pasir Padi. Image via: bello.id

Fasilitas Pantai Pasir Padi

Untuk menunjang pariwisata di kawasan pantai Pasir Padi, Dinas Kebudayaan Pariwisata Kota Pangkalpinang telah membangun sarana dan prasarana di kawasan Pantai.

Beberapa fasilitas yang dibangun meliputi: Mushola, WC Umum, Sumber air bersih, Pos keamanan, Shelter, Pusat informasi, dan Kamar Ganti.

Untuk akomodasi berbayar, Pantai Pasir Padi terdapat sejumlah hotel berbintang, dengan fasilitas lengkap, seperti restoran, dan ruang konferensi, pameran dan lain-lain. Selain itu warung-warung tradisional yang menyajikan berbagai hidangan laut menambah variasi akomodasi.

Daya Tarik Pantai Pasir Padi

  1. Pantai yang Indah

pantai pasir padi tampak tertata rapi, karena adanya peran serat aktif pemerintah kabupaten dan provinsi
Pantai yang tertata. Image via: radarbangka.co.id

Simak juga: Pesona Pantai Tanjung Pasir

Pantai Pasir Padi memiliki garis pantai yang panjang dengan hamparan pasir putih yang luas di sepanjang pantai. Tidak heran, area pantai ini pun sering digunakan anak muda di sana untuk bermain atau bersantai. Pantai memiliki garis pantai sekitar 100 hingga 300 meter.

Pada salah satu sisi tepiannya, dibuat tulisan besar ‘Pantai Pasir Padi’.Beberapa meter dari bibir pantai terdapat jejeran gazebo. Juga terdapat kursi dan meja buat pengunjung duduk-duduk bersantai. Santai melihat pemandangan sambil menikmati makanan.

Di seberang pantai memang banyak kios hingga restoran yang menjajakan camilan hingga makanan berat.

Di pantai ini, ketika air laut surut, pengunjung dapat melihat terumbu karang yang berwarna kemerahan di sekitar pantai. Pemandangan karang-karang ini menjadi salah satu ciri khas dan daya tarik bagi wisatawan yang berkunjung ke Pantai.

Saat senja tiba, Pantai Pasir Padi mulai banyak dikunjungi muda-mudi di Pangkal Pinang untuk berkumpul dan bersantai melepas kepenatan. Seringkali mereka juga bermain air sambil menikmati pemandangan terbenam Matahari yang indah di pantai ini.

  1. Aktivitas Pantai

turnamen Motor Cross di pantai pasir padi sering diselenggarakan
Motor Cross di pantai. Image via: trialgame.id

Keunikan lain dari pantai ini adalah pantai yang luas itu pasirnya yang putih dan padat. Oleh karena itu aktivitas di atas pasar terasa lebih nyaman daripada di pasir pantai di tempat lain. Ketika berjalan, bahkan berlari, di pantai pasir padi kaki tidak slip. Hampir seperti berjalan di atas tanah biasa.

Konon kondisi spesial ini disebabkan adanya kandungan pasir timah di dalam pasir itu. Dan juga kandungan bijih timah yang lebih kaya lagi pada lapisan di bawah pasir pantai.

Dengan kondisi pasir pantai yang unik ini, warga dan pengunjung banyak memanfaatkan untuk aktivitas oleh raga. Bahkan terkadang warga setempat menggunakan pantai ini sebagai arena adu balap motor.

Aktivitas lain yang biasa dilakukan di atas pasir pantai pasir padi adalah voli pantai dan sepakbola. Banyak juga pengunjung yang sekedar bermain layang-layang, terutama saat angin di sekitar pantai yang cukup kencang. Semua aktivitas itu akan menyemarakkan suasana liburan.

penjual kelapa muda di pantai pasir padi memudahkan pengunjung unutk mencari munums embari menikmati keindahan pantai
Kelapa Muda Pantai Pasir Padi. Image via: tribunnews.com

Simak juga: Pulau Samalona, sekeping Surga di Makassar

  1. Pulau punai

Tidak jauh dari bibir pantai terdapat sebuah pulau kecil yang indah bernama Pulau Punai. Pulau ini terbentuk dari karang dan bebatuan dan berjarak ± 200 meter dari bibir pantai. Pulau itu dapat dikunjungi dengan berjalan kaki di waktu air surut.

Pulau tersebut ditumbuhi sejumlah pohon dan permukaannya berbatu-batu. Spot ini oke banget buat hunting foto. Kalau pengunjung siap bangun lebih pagi, pemandangan lebih cantik lagi dengan pesona sunrise.

Daratan kecil yang terdapat di pantai dengan nama Pulau Punai terlihat sangat indah terutama saat air laut sedang surut. Pulau Punai yang menjadi tempat persinggahan burung-burung punai semakin melengkapi keindahan alami yang dimiliki Pantai Pasir Padi

  1. Ritual Peh Chun

perayaan Peh cun di pantai pasir padi.
Peh cun di pantai pasir padi. Image via: radarbangka.co.id

Pantai ini menjadi tempat upacara ritual Peh Chun. Peh Chun merupakan salah satu upacara adat yang dilaksanakan oleh masyarakat Tionghoa yang berada di kota Pangkalpinang dan daerah-daerah lainnya di Bangka Belitung.

Peh Cun berarti mendayung perahu. Berasal dari Bahasa Hokkian yang dipendekkan dari Pe Leng Cun. Makna aslinya adalah mendayung perahu naga. Walaupun perlombaan perahu naga bukan lagi praktik umum di kalangan Tionghoa-Indonesia, tetapi Peh Cun tetap digunakan untuk menyebut festival ini.

Perayaan ini dilaksanakan setiap tanggal 5 bulan 5 penanggalan Imlek. Masyarakat Tionghoa beramai-ramai melaksanakan ritual di Pantai Pasir Padi. Prosesi ritual dilakukan mulai dengan sembahyang kemudian dilanjutkan beramai-ramai mempersembahkan kue Chang ke laut.

Pada tepat tengah hari tanggal 5 bulan 5 penanggalan Imlek ada keunikan dimana telor Ayam mentah yang masih segar dapat didirikan. Pada tanggal itu, air laut Pantai mengalami puncak pasang surut yang sangat jauh. Mencapai sekitar 1 km.

Kereta Pantai Pasir Padi merupakans alah satu fasilitas wisata yang bsia dimanfaatkan untuk menjelajahi pantai.
Kereta Pantai Pasir Padi. Image via: @jacky_f_zhou

Simak juga: Indahnya Pulau Rupat

Objek Wisata Dekat Pantai Pasir Padi

Setelah puas mengeksplorasi pesona pantai pasir padi, ada baiknya menyempatkan waktu mengunjungi objek wisata lain di sekitar Pantai. Salah satu yang cukup dekat, dalam jarak 3 km, terdapat bangka botanical garden.

Pengunjung yang berkunjung ke Bangka Botanical Garden bisa menikmati suasana damai nan sejuk. Pengunjung diajak belajar tentang pertanian, peternakan, dan perikanan terpadu secara organik. Letaknya cukup strategis, mudah dijangkau dari pusat kota Pangkalpinang.

Sedikit lebih jauh, dalam jarak 12 km, terdapat Museum Timah. Di bagian taman Museum terdapat peralatan yang digunakan untuk menunjang pekerjaan pegawai timah pada zaman dulu. Misalnya loko hingga makuk berwarna silver. Selain itu ada juga pembuatan kerajinan berbahan timah. Museum ini menjadi menarik karena koleksi tentang sejarah penambangan timah.

Bagaimana penasaran dengan kawasan ini saat ini? Ayo, ajak, sahabat, saudara, keluarga, teman dan pacar, ke kawasan yang populer sebagai wisata di Pangkalpinang ini.

Baca juga:

Artikel lainnya:

Leave a Comment