Pantai Pink, Pantai Lombok Nan Unik Dengan Berjuta Pesona

Wisata Pantai Pink Lombok, mempunyai karakteristik yang luar biasa. Pantai ini mempunyai pasir berwarna pink. Sebuah hal yang sangat langka di dunia. Hal inilah yang menyedot keinginan wisatawan seluruh dunia untuk mengunjungi pantai di lombok timur ini.


Pantai Pink Lombok
Pantai Pink. Image via: shopback.co.id

Nama Pantai Pink sebenarnya hanya nama julukan. Pantai ini aslinya bernama Pantai Tangsi. Namun karena pasir mempunyai warna pink, jadilah pantai ini lebih populer dengan sebutan Pantai Pink.

Sebenarnya pasir pantai cantik ini berwarna putih. Sedangkan warna pink muncul akibat percampuran pasir dengan butiran terumbu karang yang bertekstur halus. Butiran terumbu karang tersebut memiliki warna merah, sehingga membuat pasir berubah menjadi warna pink. Warna pink terlihat jelas ketika pasir terkena basah oleh ombak laut.

Hamparan bukit yang mengelilingi Pantai membuat kecantikan pantai ini semakin bertambah sempurna. Pada bagian kiri pantai terdapat bukit dengan padang rumput hijau yang luas terhampar. Di atas bukit inilah pemandangan Pantai akan tampak lebih menawan dan menakjubkan.

Nelayan Pantai Pink
Nelayan Pantai Pink. Image via: ekalomboktour.com

Simak juga keindahan tempat wisata di Lombok lainnya.

Lokasi Pantai Pink

Pantai Pink tepatnya berlokasi di Desa Serokah, Kecamatan Jerowaru, Kabupaten Lombok Timur, NTB. Pantai ini berjarak sekitar 82 kilometer dari Pusat Kota Mataram.

Rute Menuju Pantai Pink

  • Rute Darat

Rute perjalanan dari Mataram ke Pantai Pink tidak terlalu membingungkan. Dari Pusat Kota Mataram hanya perlu menuju ke arah timur menuju Praya. Perjalanan ini ditempuh melalui Jalan Raya By Pass Bandara Internasional Lombok, Jalan Raya Mataram – Labuhan Lombok, dengan waktu tempuh 2 jam.

Sesampai di Praya, pengunjung tinggal melanjutkan perjalanan menyusuri Jalan Raya Keruak menuju Lokasi Pantai Pink.

  • Rute Laut

Akses jalur laut menuju Pulau Pink bisa ditempuh dari Pelabuhan Tanjung Luar. Waktu perjalanan dari Kota Mataram ke Pelabuhan Tanjung Luar sekitar 1,5 jam. Jarak tempuh yang dilewati sekitar  66 km.

Terdapat dua pilihan transportasi laut dari Pelabuhan Tanjung Luar ke Pantai Pink, yaitu  private boat atau public boat. Biaya sewa private boat  sekitar Rp 800.000-Rp 900.000 satu boat pulang – pergi. Sedangkan untuk public boat sekitar Rp30.000-Rp40.000 /orang sekali jalan.

foto kelompok di pantai pink
Ikut satu dong!. Image via: piknikdong.com

Jam Buka Pantai Pink

Pantai dibuka untuk kunjungan publik mulai jam 08.00 pagi sampai jam 17.00 sore.

Tiket Pantai Pink

Harga tiket masuk Pantai Pink bisa mencapai Rp. 50.000. Jangan terkejut dulu, harga ini hanya berlaku untuk  turis dari negara asing. Sedangkan untuk pelancong lokal dikenakan biaya masuk sebesar Rp. 10.000.

Fasilitas Wisata Pantai Pink

Pantai ini belum memiliki fasilitas yang lengkap selayaknya sebuah pantai yang populer secara internasional. Pengunjung hanya akan menemukan nelayan yang menawarkan perahu untuk mengelilingi pulau kecil dan beberapa orang yang menawarkan aneka minuman dan tidak ada penginapan. Oleh karena itu, disarankan anda pulau pada sore hari untuk kembali ke penginapan.

Pesona Wisata Pantai Pink

Keindahan Pantai Pink
Pesona Keindahan Pantai Pink. Image via: @shafik_jaafar

Keindahan Pantai di Lombok yang memukau sudah tak dapat diragukan lagi. Keindahan pantai ini mampu membuat siapapun merasa terpukau, tenang, damai dan terus ingin berada disini. Pantai ini aslinya bernama Pantai Tangsi, tapi lebih populer dengan nama Pantai Pink.

Yang paling khas dari pantai ini adalah pasirnya yang berwarna pink. Sebetulnya pasir di pantai ini adalah berwarna putih dan lembut tapi karena bercampur dengan pecahan batu karang yang berwarna merah, sehingga dari kejauhan pun nampak berwarna pink atau merah muda yang sangat cantik.

Air laut di pantai ini sangat jernih dan bersih berwarna biru laut yang membuat panorama alam jadi lebih indah. Perpaduan antara warna pink, biru dan ditambah dengan perbukitan di sekeliling pantai yang berwarna hijau menjadikan pantai Pink mempesona. Pantai ini nampak seperti surga yang ada di dunia karena keindahannya yang sangat memukau.

Perairan Bening Pantai Pink
Perairan Bening Pantai Pink. Image via: wisatadilombok.com

Pantai ini memiliki terumbu karang berwarna merah yang memang tumbuh di perairan dangkal. Terumbu karang ini pecahannya terbawa oleh arus ombak ke tepian sehingga menyatu dengan pasir yang berwarna putih. Pada sore hari maka pemandangan akan nampak lebih indah dipadukan dengan warna mega merah di langit, juga dengan warna sunset yang sangat indah.

Di pantai pink terdapat pemandangan manarik lainnya, yaitu pulau pasir yang timbul tenggelam. Pulau Pasir ini muncul ketika air surut, dan hilang saat pasang naik. Jika angin datang dari arah barat daya maka kemunculannya mulai pada pagi hari, sedangkan pada musim angin selatan muncul pada sore hari.

Tidak ada kehidupan di pulau kecil ini. Yang ada hanya hamparan pasir putih berbentuk merica kecil. Pengunjung dapat melihat begitu banyak bintang laut dengan bermacam-macam warna.

Selain pulau pasir yang timbul tenggelam ini, ada pulau kecil lain yang berpenghuni, yaitu Gili Marengkek, Gili Kambing dan satu gili kecil lainnya. Di saat air surut, ketiga pulau itu akan menyatu oleh dataran berpasir. Sedangkan saat pasang naik, ketiga pulau kembali terpisah.

Aktivitas Wisata di Pantai Pink

Foto cantik di pantai pink
Cantik ya fotonya?. Image via: inovasee.com

Dengan keindahan Pantai Pink Lombok maka pengunjung bisa menajdikannya sebagai spot terbaik untuk berfoto dari berbagai sudut. Selain itu kebersihan dan kealamian dari air lautnya membuat pengunjung merasa lebih tenang dan sejuk.

Pengunjung bisa berenang lebih santai tanpa perlu cemas karena airnya sangat bersih. Bahkan ombaknya yang tenang pun membuat pengunjung tidak perlu cemas untuk mengawasi anak-anak yang ingin berenang.

Tidak hanya itu, kawasan pantai ini sangat cocok untuk snorkeling atau menyelam. Karena panorama bawah lautnya sangat indah dan memukau. Terpenting trumbu dan ekosistem bawah airnya masih sangat lestari. Ditambah dengan kondisi airnya yang sangat jernih, menjadikan pengunjung bisa melihat pemandangan alam bawah laut dengan sangat jelas.

Pengunjung bisa bersantai dengan angin sepoi-sepoi yang sangat segar. bahkan anda juga bisa berjemur di bawah cerah sinar mentari. Begitupun dengan garis pantai yang panjang bisa anda jadikan untuk berjalan-jalan di sore hari.

gili pasir Pantai Pink
Gili Pasir Pantai Pink. Image via: sonjamomuat

Tips Mengunjungi Pantai Pink

Ada beberapa hal yang sebaiknya dipertimbangand an dipersiapkan saat akan berwisata di pantai pink ini. Mnegingat pantai ini tidak tergolong pantai “biasa”  terutama dari sisi minimnya fasilitas. Berikut beberapa hal yangs ebainya diperhatikan:

  • Pastikan bahan bakar kendaraan dalam kondisi penuh. Hal ini perlu diperhatikan mengingat lokasi pantai lumayan jauh. Akan sangat merepotkan kalau ternyata kehabisan bahan bakar selama di perjalanan. Sangat sulit mencari bahan bakar jika itu sampai terjadi.
  • Siapkan kebutuhan perbekalan makanan dan minuman. Baik makanan ringan maupun maknaan berat. Walau kabarnya sekarang pantai ini sudah mulai ramai dan ada beberapa warung makanan buka, kesiapsiagaan tidak ada salahnya. Walaupun di sana tersedia makanan, namun masalah sanitasi perlu dipertimbangkan.
  • Tidak perlu membawa alat snorkeling. Saat ingin snorkeling di pantai pink, di sana sudah ada persewan alat snorkeling. Persewaana lat snorkeling biasanya satu paket dengan menyewa perahu. Tarif alat senorkeling harganya Rp 000.
  • Beranikan diri menawar harga perahu, jika sewanya terasa tidak wajar. Harga sewa wajar perahu di Pantai Tangsi atau Pantai Pink Lombok ini berkisar di harga 300-an ribu.
  • Sebaiknya berkunjung kesini pagi hari atau siang hari. Jangan pulang kemalaman, karena jalanan kurang baik dan penerangan jalan tidak ada. Jadi rawan terjadi tindak kejahatan.
  • Jalanan menuju ke pantai kurang bagus, jadi harap dipersiapkan kendaraan untuk menuju kesini dalam kondisi yang prima.
sunset Pantai pink
Saat pasir dan langit sama merahnya, Sunset. Image via: gadizalombok.com

Baca juga: info seputar wisata Gili Trawangan

Objek Wisata Dekat Pantai Pink

Mengunjungi pantai pink menjadi tujuan utama bagi para wisatawan. Namun demikian, berwisata di satu tujuan saja kurang memuaskan jika tidak mengunjungi objek wisata lainnya yang memiliki keindahan serupa. Maka dari itu, referensi wisata menjadi sebuah hal yang penting untuk diketahui bersama. Berikut ini beberapa objek wisata di dekat pantai.

Pantai Angin-angin adalah salah satu destinasi wisata yang paling dekat dengan Pantai Pink Lombok. Jarak antara ke Pantai Angin-angin hanya sekitar 1,9 km dengan waktu tempuh hanya sekitar 9 menit. Pantai yang terletak di wilayah yang sama dengan Pantai  ini juga sering disebut sebagai Pantai Pink 2. Mungkin karena kedua pantai tersebut memiliki karakter yang hampir sama.

Tanjung Ringgit berjarak sekitar 1,5 km dari Pantai Pink Lombok. Objek wisata yang satu ini berada di bagian ujung paling timur Pulau Lombok tepatnya di Desa Pamongkong, Kecamatan Jerowaru, Lombok Timur. Layaknya tanjung pada umumnya, Tanjung Ringgit memiliki tebing yang curam dengan angin yang cukup kencang. Walaupun demikian, terdapat beberapa aktifitas  yang bisa kita lakukan di sini, yakni bercamping, bersantai, juga berenang dengan syarat harus menapaki jalan ke bawah tebing..

Tanjung Bloam dekat pantai pink
Tanjung Bloam. Image via: sindonews.com

Pantai Tanjung Bloam merupakan salah satu objek wisata yang cukup populer yang berada di dekat Pantai. Jaraknya dengan Pantai Pink sekitar 3,3 km. Tanjung Bloam terkenal dengan panorama dua batu cadas yang menjulang yang mengapitnya. Selain sebagai objek wisata, Tanjung Bloam juga terkenal sebagai lokasi konservasi dan habitat penyu. Pada areal pantai, para wisatawan akan disuguhkan dengan garis pantai yang cukup panjang dengan pasir putih yang terhampar dan air laut biru nan jernih.

Demikian cerita kami mengenai Pantai pink dengan berbagai aspek keindahannya. Semoga ulasan kami bermanfaat.

Baca juga:

Artikel lainnya:

Leave a Comment