Pantai Pink, Salah Satu Pantai Cantik Di Lombok Timur

Pantai Pink atau Pantai Tangsi ini merupakan salah satu dari dua pantai di Indonesia yang memiliki pasir berwarna pink atau merah muda.

Satu lagi berada di Taman Nasional Komodo, Pulau Komodo, NTT, yang bernama Pantai Merah. Tak banyak pantai yang memiliki pasir seperti ini, bahkan ada yang bilang hal tersebut sebagai salah satu kejaiban dunia.

pantai tangsi atau pantai pink
pantai tangsi atau pantai pink. google maps. sumber: Daniel

Simak juga keindahan tempat wisata di Lombok lainnya.

Oleh karena keunikannya itulah Pantai Pink ini menjadi salah satu tujuan wisata bahari kamu ketika sedang berada di Lombok.

Pantai Tangsi atau biasa disebut dengan Pantai Pink memiliki sebuah bukit yang cukup luas. Bukit tersebut dapat kamu daki kemudian menyaksikan keindahan pantai dari ketinggian.

Daya Tarik Pantai Tangsi atau Pantai Pink

Pantai cantik yang satu ini, lokasinya sedikit tersembunyi dan cukup jauh dari pusat kota. Meski begitu akses jalannya sudah bagus dan beraspal.

bukit di tengah tengah pantai
bukit di tengah tengah pantai. google maps. sumber: lombok pirates

Berikut daya tarik yang dimiliki Pantai Pink, Lombok Timur:

1. Pasirnya Yang Lembut

Sebuah pantai tak lengkap kehadirannya jika tidak mempunyai hamparan pasir, apalagi pasirnya tersebut lembut dan unik.

Pantai Tangsi atau Pantai Pink memiliki hamparan pasir putih lembut yang berwarna pink. Warnanya yang pink diakibatkan pecahan terumbu karang yang berwarna merah bercampur dengan pasir yang berwarna putih.

pasir yang cantik
pasir yang cantik. google maps. sumber: Loetfi Ono

Terumbu karang tersebut tumbuh di perairan dangkal, kemudian pecahannya terbawa oleh arus ombak ke tepian sehingga menyatu dengan pasirnya. Sehingga akan tampak berwarna pink atau merah muda, meski sekarang warnanya ngga begitu pink.

Selain itu, ada pula Pulau Pasir yang akan muncul ketika air laut sedang surut atau biasa juga disebut dengan istilah pasir timbul.

2. Deburan Ombak Yang Tenang

Selain memiliki pasirnya yang khas dengan warna pinknya, salah satu pantai cantik di Lombok ini juga memiliki deburan ombak yang tenang serta air lautnya yang berwarna biru.

Indah sekali, apalagi jika melihat ke sekelilingnya, semakin lengkaplah dengan kehadiran sebuah bukit hijau serta langit biru yang berhiaskan awan putih yang lembut.

Deburan ombak yang begitu tenang membuat anak-anak dapat dengan gembira bermain air lautnya, mereka pasti senang sekali.

memiliki ombak yang tenang
memiliki ombak yang tenang. google maps. sumber: Heri Yanto

Lokasinya yang tak begitu ramai, membuat kamu dapat lebih leluasa menikmati panorama keindahan alam yang tersaji di Pantai Pink.

Air lautnya sangat bersih, sehingga kamu dapat melihat beberapa terumbu karang yang tinggal di dasarnya. Keindahan bawah lautnya dapat lebih kamu eksplor dengan kegiatan snorkeling ataupun diving.

Selain itu, kamu juga dapat menyewa sebuah perahu untuk mengeksplor beberapa pulau yang ada di sekitar Pantai Pink ini. Diantaranya ada Gili Marengkek, Gili Kambing dan satu pulau kecil lainnya. Aneh bin ajaibnya pulau-pulau ini akan bersatu dan disatukan oleh dataran pasir ketika air laut sedang surut.

3. Bukit Yang Berada di Tengah-Tengah Pantai

Keindahan Pantai Pink dilengkapi dengan kehadiran sebuah bukit, dimana kamu dapat menuju ke atas bukit kemudian menyaksikan hamparan Pantai Pink yang sangat cantik dari atas.

Bukit tersebut berada di tengah-tengah pantai, dengan tanah yang lumayan lapang kamu dapat melakukan kegiatan piknik di atas bukit.

Selain itu, dapat pula dijadikan lokasi untuk mengambil beberapa foto atau video tentang Pantai Pink atau Pantai Tangsi ini. Serta menjadi lokasi yang pas untuk menyaksikan matahari tenggelam yang sangat cantik.

fasilitas di pantai pink
fasilitas di pantai pink. google maps. sumber: Sita Astrini

Lokasi Pantai Pink

Lokasi Pantai Pink berada di Desa Sekaroh, Kecamatan Jerowaru, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat.

Rute Menuju Pantai Pink

Rute menuju Pantai Pink jika berangkat dari pusat Kota Mataram akan menempuh perjalanan kira-kira sejauh 82 km, dengan mengarahkan kendaraan menuju Praya kemudian ke arah Desa Sekaroh.

Akses jalannya sudah sangat bagus dan beraspal, kamu akan menikmati pemandangan savana khas Lombok. Dan sesekali perjalanan kamu terhambat akibat kawanan sapi atau kerbau menyebrang jalan.

Lokasinya memang jauh dari pusat Kota Mataram, namun sepanjang jalan kamu akan disuguhkan pemandangan tak akan kamu saksikan di tempat lain.

Jam Buka Pantai Pink

Jam operasional Pantai Pink atau Pantai Tangsi ini, dibuka setiap hari mulai pukul 08.00 hingga 17.00 waktu setempat.

Waktu terbaik mengunjungi Pantai Pink ialah di sore atau pagi hari, dimana keadaan pantai yang tak begitu panas.

keseruan di pantai pink lombok
keseruan di pantai pink lombok. google maps. sumber: SAEPUL BASRI

Baca juga: info seputar wisata Gili Trawangan

Tiket Pantai Pink

Biaya atau tiket masuk Pantai Pink atau Pantai Tangsi cukup dengan membayar Rp. 10.000,- saja per orangnya. Namun, akan berbeda untuk mereka para turis asing, yang harus membayar sebesar Rp. 50.000,- per orang.

Dan tidak ada biaya tambahan untuk parkir kendaraan yang kamu bawa ya…

mengeksplor dengan perahu
mengeksplor dengan perahu. google maps. sumber: Ka Tian

Fasilitas Wisata Pantai Pink

Fasilitas yang ada di sekitar Pantai Pink ini diantaranya:

  • Area untuk menyimpan kendaraan
  • Gazebo atau saung-saung untuk bersantai
  • Warung-warung makanan dan minuman
  • Tempat penyewaan perahu
  • Kamar mandi

Tinggalkan komentar