Pantai Puru Kambera, Keindahan Pantai Yang Membentang Di Sumba Timur Dengan Hiasan Pohon Cemara

Setelah membahas mengenai Pantai Walaikiri atau Walakiri, ada satu lagi pantai di Sumba Timur yang tak kalah indahnya. Namanya ialah Pantai Puru Kambera, kawasan wisata air yang satu ini memiliki keindahan yang sangat mengagumkan.

Dihiasi pasir putih serta birunya laut membuat mata ini tak bosan untuk terus memandanginya, apalagi ditambah dengan deretan pohon-pohon Cemara di sepanjang pesisir pantai yang menambah kesejukan. Sehingga pantai ini disebut pula dengan nama Pantai Cemara.

Jajaran Pohon Cemara Di Sepanjang Pantai
Jajaran Pohon Cemara Di Sepanjang Pantai. Sumber: ksmtour.com

Pantai Puru Kambera memiliki deburan ombak yang relatif tenang, sehingga kamu dapat bermain-main air di sekitar pantai dengan tenang. Untuk kamu yang menyukai olahraga snorkeling, dapat kamu lakukan juga di pantai ini.

Masih banyak hal lain yang dapat kamu lakukan ketika berada di Pantai Puru Kambera, simak ulasan lengkapnya berikut ini:

Lokasi Pantai Puru Kambera

Lokasi Pantai Puru Kambera berada di Desa Mondu, Kecamatan Haharu, Kabupaten Sumba Timur, Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Rute Menuju Pantai Puru Kambera

Rute untuk menuju Pantai Puru Kambera dari Ibu Kota Sumba Timur yakni Waingapu hanya berjarak sekitar 25 km, dengan estimasi waktu perjalanan sekitar 1 jam lamanya.

Dari Waingapu kamu langsung arahkan kendaraanmu menuju ke Desa Mondu. Kamu tinggal mengikuti jalan yang ada, jalannya sudah berupa aspal meskipun kadang jalannya tak terlalu mulus.

Kondisi jalannya dapat dilalui oleh kendaraan roda dua maupun roda empat. Kamu nantinya akan melewati daerah dengan banyak dijumpai pohon sakura di sepanjang perjalanan.

Setelah itu kamu akan melewati hamparan savana yang sangat luas, dengan terdapat beberapa hewan yang sedang mencari makan di sana.

Hamparan Savana Puru Kambera
Hamparan Savana Puru Kambera. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Keindahan Pantai Puru Kambera sudah semakin terlihat Ketika melihat rindangnya pohon cemara, itu artinya kamu sudah tiba di Pantai Puru Kambera. Tinggal memakirkan kendaraan di tempat yang kamu inginkan, Pantai Puru Kambera sudah terlihat di depan mata.

Jam Buka Pantai Puru Kambera

Jam operasional Pantai Puru Kambera dapat kamu nikmati selama 24 jam sehari, dan dalam waktu 7 hari seminggu.

Keindahan Sunset Di Pantai Puru Kambera
Keindahan Sunset Di Pantai Puru Kambera. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Simak juga: 11 tempat wisata di Pulau Sumba

Tiket Pantai Puru Kambera

Untuk dapat menikmati keindahan Pantai Puru Kambera kamu tak dikenakan biaya masuk, kamu hanya perlu mengeluarkan uang untuk membayar tiket parkir saja.

Fasilitas Pantai Puru Kambera

Pantai Puru Kambera belum dikelola secara maksimal oleh pemerintah setempat, sehingga fasilitasnya pun belum terlalu memadai. Yang ada di sekitar Pantai Puru Kambera hanyalah sebuah gazebo, restoran sederhana serta beberapa penginapan.

Daya Tarik Pantai Puru Kambera

Meskipun belum dikelola secara maksimal namun pantai yang satu ini selalu saja dikunjungi oleh para wisatawan yang datang dari berbagai wilayah, karena Pantai Puru Kambera memiliki daya tarik sebagai berikut:

1. Deretan Pohon Cemara

Berteduh Di Bawah Pohon Cemara
Berteduh Di Bawah Pohon Cemara. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Simak juga: Rumah Adat Prai Ijing Sumba

Ikon dari Pantai Puru Kambera ialah keberadaan deretan pohon cemara yang berdiri di sepanjang pantai, dan ternyata pohon cemara ini tumbuh dengan sendirinya.

Pohon cemara yang berjajar sudah dapat kamu saksikan ketika pertama kali berada di kawasan pantai yang satu ini, keberadaannya membuat suasana Pantai Puru Kambera menjadi semakin menyejukkan.

Rindangnya pepohonan dapat kamu gunakan untuk berteduh sembari berpiknik bersama keluarga tercinta, daunnya yang rindang akan sedikit melindungimu dari paparan sinar matahari.

2. Pantai Yang Memanjang dan Sangat Indah

Pantai Puru Kambera membentang sepanjang kira-kira 5 km dengan berhiaskan pasir putih yang sangat cantik, apalagi ditambah dengan birunya air laut membuatnya semakin menakjubkan.

Birunya Laut Pantai Puru Kambera
Birunya Laut Pantai Puru Kambera. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Airnya yang relatif tenang membuat anak-anak dapat bermain air di pinggiran pantainya, dan kamu dengan duduk-duduk di atas hamparan pasir putih menyaksikan secara nyata keindahan Pantai Puru Kambera yang membentang dengan sangat indahnya.

Lokasinya yang tidak terlalu ramai membuat tempat wisata yang satu ini cocok sekali untuk menenangkan diri, mengasingkan diri dari semua kesibukan yang ada.

Dengan mendengarkan deburan ombak yang tenang, ditemani semilir angin yang menghembus manja, membuatmu betah untuk berlama-lama berada di Pantai Puru Kambera.

3. Snorkeling atau Menyelam

Bermain Air Pantai Puru Kambera
Bermain Air Pantai Puru Kambera. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Simak juga: Melihat KUda di Savana Puru Kambera

Pantai Puru Kambera memiliki keadaan air yang sangat jernih dan bersih, tak ada salahnya untuk melakukan kegiatan snorkeling atau menyelam disini. Walaupun memang pantai ini bukanlah spot penyelaman utama di Sumba, namun kamu dapat melihat beberapa coral-coral terumbu karang yang sangat cantik.

Kamupun akan dapat menyaksikan beberapa jenis ikan yang berenang mengelilingi terumbu karang tersebut. Untuk dapat melakukan kegiatan Snorkeling atau menyelam kamu harus membawa perlalatannya sendiri, karena belum tersedianya tempat penyewaan peralatan tersebut.

Tips Wisata

Berikut saya bagikan beberapa tips wisata untuk kamu yang hendak mengunjungi Pantai Puru Kambera, diantaranya yakni:

  • Perhatikan kondisi cuaca ketika hendak berangkat, karena kamu akan menghabiskan waktu di tempat terbuka.
  • Selalu jaga dan awasi anak-anak ketika bermain air di Pantai Puru Kambera.
  • Bawalah persediaan makanan dan minuman yang cukup.
  • Selalu jaga kebersihan dan keasrian lokasi Pantai Puru Kambera.
  • Hindari perbuatan yang dapat merugikan diri sendiri maupun orang lain.
  • Siapkan gadget kamu untuk mengabadikan keindahan Pantai Puru Kambera.
  • Gunakan sunblock untuk mengurangi efek paparan sinar matahari.
  • Gunakan topi atau kacamata hitam ketika berjalan-jalan menyusuri Pantai Puru Kambera.
Mengabadikan Indahnya Pantai Puru Kambera
Mengabadikan Indahnya Pantai Puru Kambera. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Simak juga: Danau Lut Tawar di ketinggian tanah Gayo

Penutup

Sumba memiliki kekayaan alam yang luar biasa dan masih sangat alami sekali, hal tersebut haruslah kita jaga bersama supaya dapat terus kita nikmati sampai kapan pun.

Pantai Puru Kambera merupakan tempat yang cocok untuk membawa serta seluruh anggota keluarga mungkin hanya sekedar berpiknik ria.

Selain itu pantai yang satu ini merupakan lokasi yang tepat untuk membuang energi negatif dan merubahnya menjadi energi positif untuk dapat melanjutkan aktivitasmu selanjutnya dengan penuh semangat.

Kunjungilah Pantai Puru Kambera, dan rasakanlah sendiri sensasinya!


Tinggalkan komentar