Pantai Sadranan, Permata Indah di Gunung Kidul Jogjakarta

Pantai Sadranan Jogja adalah butiran intan permata tersembunyi yang tiba-tiba memunculkan diri, dari dalam tumpukan harta karun deretan pantai pantai indah di Jogja.


Beberapa waktu lalu Pantai Nglambor telah lebih dahulu terkenal terkenal sebagai tempat snorkeling di area Gunungkidul. Ternyata kejutan belum habis, tumpukan harta karun pantai-pantai Gunung Kidul, masih menyembunyikan surga di dalamnya. Salah satunya adalah pantai Sadranan.

Pantai Sadranan
Image via: www.instagram.com/jogjascenery/

Seperti halnya pantai-pantai lain di kawasan Selatan Jogja, Pantai Sadranan juga memiliki ciri khas pasir putih dengan karang koral di area sangaet dekat dengan bibir pantai. Pasir putih ini mengingatkan pada Pantai terkenal semacam Kuta di Bali dan Mandalika di Lombok.

Namun pantai di gunung kidul ini punya kelebihan dari 2 pantai terkenal itu, yaitu terdapatnya koral karang di pantai. Selain itu, pantai ini juga masih terbilang sepi. Kedua kelebihan ini, membuat pengunjung benar-benar bisa menikmati keasrian pantai tanpa harus terganggu hiruk pikuknya manusia.

Pasir putih Pantai Sadranan
Image via : www.pantainesia.com

Karakteristik pantai yang memiliki ombak relatif tenang disebabkan adanya penghalang alami yang memecah ombak di depan pantai. Penghalang berupa gili (pulau kecil) dan gugusan karang. Kondisi ini semakin melengkapi kesempurnaan pantai ini sebagai lokasi snorkeling.

Intinya, jika ingin menikmati pemandangan bawah laut namun belum cukup pengalaman dan belum cukup dompet untuk menyelam di Raja Ampat, snorkeling pantai Sadranan bisa menjadi pengobat rindu.

Simak juga: daftar tempat wisata populer di Jogja

Lokasi Pantai Sadranan

Pantai ini secara administratif berada di Dusun Pulegundes II, Desa Sidoharjo, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul Jogja. Pantai Sadranan Jogya berada satu kompleks dengan lokasi wisata pantai lain di sekitaran gunung kidul.

Namun perlu dimaklumi, karena lokasi ini relatif masih baru dikenal halayak, kunjungan juga masih relative rendah. Kondisi ini berimplikasi pada belum terbangunnya akses yang semulus pantai-pantai lain di gunungkidul.

Rute Pantai Sadranan

Dari pusat kota Jogyakarta, pantai Sadranan hanya berjarak 2 jam perjalanan.

Rute jagya-Sadranan
Image via: www.google.co.id/maps

Rute menuju pantai sadranan juga sangat mudah. Dari kota jogja langsung saja menuju ke gunung kidul melewati jalan wonosari. setelah sampai di kota wonosari, tepatnya setelah pasar wonosari, ambil kanan ke arah pantai baron.

Setelah sampai di pantai baron masih ke timur lagi nanti di kanan jalan sudah ada papan nama menuju lokasi. Apabila lalu lintas normal,  hanya membutuhkan waktu dua jam untuk menuju ke area ini dari kota Yogyakarta.

Selain melalaui arah Wonosari, Anda juga dapat menempuh jalur alternatif melewati jalan Imogiri-Panggang.

Tiket Masuk Pantai Sadranan

Berbeda dengan objek wisata lain yang mematok tiket dengan harga “lumayan”, tiket masuk pantai sadranan ini relatif murah apalagi mengingat suasana luar biasa yang ditawarkan di pantai ini. Pihak pengelola pantai mematok tiket seharga Rp 10.000 per orang.

Biaya ini akan bertambah biaya parkir sebesar 2 ribu rupiah apabila membawa speda motor. Sementara itu, untuk mobil dikenakan biaya parkir 5 ribu rupiah.

Untuk jam buka, pantai Sadranan wonosari ini buka 24 jam.

Fasilitas Pantai Sadranan

Fasilitas di sekitar lokasi telah cukup memadai, untuk menunjang kenyamanan pengunjung selama menikmati keindahan pantai ini.

Untuk kenyamanan pengunjung, di pantai ini telah tersedia: kamar mandi, tempat ganti pakaian, penginapan, warung makan, gazebo, area parker, jasa foto, dan juga penyewaan perlengkapan snorkeling.

Gazebo pantai Sadranan
Image via: dheni-yulistianto.blogspot.com

Penginapan di Pantai Sadranan

Walau tempat relative baru dan tergolong terpencil, fasilitas di Pantai sadranan wonogiri ini cukup memadai, termasuk penginapan.  Sebagian besar fasilitas penginapan yang tersedia berupa homestay yang dikelola oleh masyarakat setempat.

Namun walau dikelola oleh masyarakat secara swakelola, jangan kawatir soal ketidaknyamanan. Homestay di sekitar area pantai gunungkidul ini meskipun masih standar tetapi sudah cukup lengkap.  Harganya pun tidak terlalu mahal, kisaranRp 200 ribu per malam.

Beberapa penginapan yang dekat dengan Sadranan yaitu:

Bungalo Bambu Sadranan, Sadranan Resto & Penginapan, Penginapan Bob Home, Penginapan Wilujeng, Sumantri Cottages.

Juga Penginapan Slili, Penginapan Machiko, Rimba Stay Sadranan, Pondok Shakuntala, Hotel Asmara, Rock Garden Homestay serta Penginapan Bambu Lengkung Indrayati.

Home Stay Pantai Sadranan
Image via: www.facebook.com/penginapanpantaiindrayanti/

Selain penginapan penginapan itu, yang rata rata berada di atas bukit dengan view pantai yang luas, pengunjung juga bisa menginap di tenda camping. Pengunjung bisa mendirikan tenda di pinggir pantai.

Namun perlu diingat untuk selalu menjaga kebersihan pantai. Pengelola pantai biasanya akan memperingatkan pengunjung jika membuang sampah bekas camping di pinggir pantai.

Aktifitas Wisata Di Pantai Sadranan Gunung Kidul

Ada berbagai macam aktifitas luar ruangan yang tersedia di Pantai sadranan wonosari ini. Berikut ini beberapa akrifitas wisata yang bisa dinikmati di area sekitar pantai:

1. Snorkeling

Pantai Sadranan adalah spot alternatif terbaik untuk melakukan aktivitas snorkeling. Pemandangan indah bawah permukaan di pantai ini sungguh sayang untuk dilewatkan.

Terdapat berbagai spesies terumbu karang dan jenis biota laut di dalamnya. Bahkan termasuk beberapa jenis ikan yang dilindungi.

Snorkeling Pantai Sadranan
Image via: www.instagram.com/undy_angel

Mengenai biaya, snorkeling di pantai sadranan tidak perlu membuat khawatir. Biaya penyewaan alat hanya ditarif sebesar Rp 50.000.

Waktu yang sesuai menikmati aktifitas snorkling adalah di pagi hari, jam 06.00-08.00 pagi. Atau jika mau di sore hari sebaiknya pilih waktu antara jam 04.00 – 18.00.  Kebanyakan wisatawan lebih memilih di sore hari, karena mendapat bonus menikmati pemandangan sunset yang sangat menawan.

2. Mendayung Perahu Kano

Slain snorkeling, aktifitas menyenangkan di pantai ini adalah mendayung kano. Tidak perlu datang jauh-jauh ke Pantai Lovina atau Pantai Pandawa Bali atau Mandalika Lombok, untuk menikmati mendayung kano.

Main Kano Pantai Sadranan
Image via: travel.tribunnews.com/

Di Pantai sadranan pengunjung  dapat mendayung kano sembari menikmati hempasan ombak, birunya air laut, dan bukit-bukit karang. Penyewaan fasilitas berkano dibandrol dengan tarif Rp 50.000 untuk sewa perahu per jamnya.

3. Camping Ground dan Api Unggun

Di pantai ini tersedia area yang cukup luas untuk digunakan sebagai tempat mendirikan tenda camping dan menikmati api unggun. Cukup ramai pengunjung yang mendirikan tenda di area pantai,  lantaran area yang cukup dan keelokan alam yang tiada duanya.

Camping di Pantai Sadranan
Image via: wisataunik.com

Namun saat camping harus tetap diingat, jagalah kebersihan, jangan meninggalkan atau membuang sampah sisa camping sembarangan. Pengunjung yang melanggar hal ini bisa ditegur oleh pengelola.

Mengenai peralatan untuk camping, pengunjung tidak perlu repot membawa sendiri. Pihak pengelola menyewakan dome dengan kapasitas 4 orang seharga Rp 50.000.

4. Menikmati Sunset Dan Sunrise

Jika bisa menyaksikan sunset saja keindahannya sudah tiada tara, maka dipantai Sadranan jogya ini pengunjung mendapat keindahan yang lebih dari Luar biasa. Dari satu titik ini,  pengunjung bisa menikmati Sunset dan Sunrise dari satu tempat yang sama.

Sunset di Pantai Sadranan
Image Via: instagram.com/teguh_juple/

Keindahan pantai bakal berada di puncak ketika memasuki momen sunrise atau pun sunset. Dua moment ini adalah waktu terbaik utnuk membuat foto kenangan kunjungan ke pantai ini, untuk menghasilkan foto-foto iconic. Untuk dipamerkan pada teman di media social atau sekedar disimpan di album kenangan.

Matahari tenggelam di Pantai Sadranan
Image via: www.instagram.com/putri_sadranan_indah_gk

Sejarah Pantai Sadranan

Penggunaan nama ‘sadranan’ sebagai nama pantai ini, berasal dari kata “Nyadran”. Yaitu sebuah ritual tradisi Jawa, ritual sedekah laut, yang rutin diselenggarakan di pantai ini.

Ritual Nyadran ini bisanya diselenggarakan pada saat pasaran pahing tiap tahunnya atau pada saat selesai panen.

Objek Wisata Lain Dekat Pantai Sadranan

Untuk penyuka wisata pantai, berwisata di pantai Sdranan tidak akan membuat rugi. Setelah puas menikmati keindahan pantai ini, dalam radius kurang dari 5 km dari pantai Sadranan, pengunjung bisa menemukan banyak pantai lain yang tidak kalah menawannya.

Mulai dari pantai Slili, Pantai Krakal, dan Pantai Sundak yang hanya berjarak kurang dari 1 km. Lalu lebih jauh sedikit, dalam radius tidak sampai 5 km, pengunjung bisa mengunjungi pantai Indrayanti, Pantai Pok Tunggal, dan Pantai Drini.

Selain objek Pantai, bagi pencinta wisata alam, dalam jarak 13 km dari Sadranan, terdapat objek wisata Goa Jomblang.

Akhir kata, jika kita merencanakan untuk berwisata ke daerah joyakarta jangan sampai lupa untuk memasukkan Pantai Sadranan wonosari ini dalam daftar kunjungan. Bahkan mungkin menjadikannya sebagai base camp. Mengingat fasilitas penginapan yang terjangkau atau bahkan menggunakan camping sebagai tempat bermalam.

Selamat berlibur!

Baca juga:

Artikel lainnya:

Leave a Comment