Pantai Sadranan, Surganya Snorkeling Di Gunung Kidul

Pantai Sadranan merupakan salah satu pantai yang menyajikan keseruan menyaksikan keindahan bawah laut dengan snorkeling.

Setelah sebelumnya hadir Pantai Nglambor yang terlebih dahulu sebagai tempat snorkeling di Kabupaten Gunung Kidul. Berbicara tentang kabupaten yang berada di selatan Jogja ini, memang tidak akan ada habisnya.

Gunung Kidul memiliki deretan pantai yang indah, unik, dan sangat menarik untuk dikunjungi. Ada lebih dari 50 pantai yang ada di kabupaten yang satu ini, sehingga dapat dibilang Gunung Kidul merupakan surganya wisata bahari di Jogja.

pantai sadranan
pantai sadranan. google maps. sumber: Bright Ness

Simak juga: daftar tempat wisata populer di Jogja

Ciri khas dari pantai yang ada di Gunung Kidul ialah hamparan pasirnya yang berwarna putih bersih, begitupun dengan Pantai Sadranan ini.

Hamparan pasir putihnya diiringi deburan ombak yang cukup kencang di beberapa waktu, keindahan pantainya dihiasi dengan keberadaan sebuah pulau yang berada di tengah laut.

Beberapa waktu lalu pantai-pantai yang ada di Gunung Kidul sempat ditutup sementara waktu dalam rangka mencegah terjadinya penyebaran virus covid-19 semakin meluas di Jogja pada umumnya, di Kabupaten Gunung Kidul pada khususnya.

Saat ini beberapa objek wisata sudah mulai dibuka kembali, namun dengan beberapa ketentuan seperti terus mematuhi protokol kesehatan yang selama ini berjalan, jangan sampai kendor ya….

Berikut deskripsi atau gambaran dari Pantai Sadranan, sebagai bahan referensi kamu untuk berwisata bahari di Gunung Kidul:

Lokasi & Alamat Pantai Sadranan

Alamat Pantai Sadranan berada di Dusun Pulegundes II, Desa Sidoharjo, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

bersantai di hamparan pasir putihnya
bersantai di hamparan pasir putihnya. google maps. sumber: LukkyEos

Lokasinya berada di sebelah timur Pantai Krakal. Dan berdekatan dengan pantai lainnya, seperti:

Rute Pantai Sadranan

Jalan menuju Pantai Sadranan jika berangkat dari pusat kota Jogja yakni dengan mengarahkan kendaraan menuju Wonosari, setelah tiba di Pasar Wonosari belok ke kanan menuju Pantai baron.

Setelah tiba di Pantai Baron arahkan kendaraan ke arah timur, hingga kamu menemukan petunjuk jalan yang menunjukkan lokasi Pantai Sadranan berada.

Estimasi waktu perjalanan sekitar 2 jam, dengan melalui jalur yang sudah bagus dan dapat dilalui kendaraan roda dua maupun roda empat.

Jam Buka Pantai Sadranan

Jam operasional Pantai Sadranan dibuka setiap hari Senin hingga Minggu, selama 24 jam nonstop.

bersantai menikmati alam
bersantai menikmati alam. google maps. sumber: Akh Dziikry

Tiket Masuk Pantai Sadranan

Tiket masuk Pantai Sadranan yakni dengan membayar sekitar Rp. 10.000,- per orang. Harga tersebut sudah termasuk tiket masuk beberapa pantai yang ada di sekitarnya.

Biaya tersebut belum termasuk biaya parkir kendaraan yang kamu gunakan.

Fasilitas Pantai Sadranan

Fasilitas yang ada di sekitar Pantai Sadranan diantaranya:

  • Area untuk menyimpan kendaraan
  • Kamar mandi
  • Warung-warung makanan dan minuman
  • Tempat penyewaan perlengkapan snorkeling
  • Toko-toko pakaian dan oleh-oleh
  • Gazebo atau saung-saung untuk bersantai
penyewaan alat alat snorkeling
penyewaan alat alat snorkeling. google maps. sumber: Andri Ilhams

Penginapan di Pantai Sadranan

Dengan berada di kawasan wisata bahari, tentu saja fasilitas penginapan mudah untuk ditemukan. Di sekitar Pantai Sadranan pun terdapat beberapa penginapan yang lokasinya tak begitu jauh. Beberapa diantaranya:

  • Bungalo Bambu Sadranan,
  • Sadranan Resto & Penginapan,
  • Penginapan Bob Home, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Harga permalamnya dijamin tak menguras isi kantong, yakni berkiar antara Rp. 200.000 hingga Rp. 300.000,- per malamnya.

Ragam Wisata Di Pantai Sadranan

Penyematan kata “sadranan” berasal dari kata “nyadran”, yaitu sebuah ritual sedekah laut, yang merupakan salah satu tradisi Jawa yang rutin diselenggarakan di pantai ini.

Nyadran ini biasa dilaksanakan ketika pasaran Pahing di setiap tahunnya atau ketika selesai panen. Itulah sepenggal sejarah mengenai Pantai Sadranan.

keseruan di pantai sadranan
keseruan di pantai sadranan. google maps. sumber: Andri Ilhams

Selama berada di Pantai Sadranan, kamu dapat melakukan beragam aktivitas seru seperti:

1. Bermain Air

Tak lengkap rasanya jika kunjunganmu ke Pantai Sadranan tak dilengkapi dengan bermain serunya air laut, apalagi bermain pasir putihnya yang lembut.

Keseruan semakin berasa tatkala ombak menerjangmu ketika sedang bersantai di atas hamparan pasirnya. Ketika air laut sedang pasang, deburan ombak akan semakin menggila. Oleh karena itu, berhati-hatilah bermain air ketika sedang pasang.

2. Snorkeling

snorkeling seru
snorkeling seru. google maps. sumber: arief marret

Keseruan lain yang dapat kamu lakukan ialah dengan bermain snorkeling, menyaksikan indahnya biota laut yang ada di Pantai Sadranan.

Pantai Sadranan merupakan salah satu lokasi terbaik untuk snorkeling, apalagi air lautnya sangat jernih juga bersih hingga indahnya terumbu karang dapat terlihat dengan jelas.

Keseruan snorkeling tak dapat kamu lakukan semaunya, kamu harus melihat kondisi laut saat itu. Kondisi laut harus tenang, supaya aman dan nyaman.

Di sekitar Pantai Sadranan terdapat beberapa kios penyewaan peralatan snorkeling, dengan harga sekitar Rp. 35.000,- per orang sepuasnya.

Selain snorkeling, keseruan lainnya ialah dengan bermain kano yang dibandrol sekitar Rp. 70.000,- sepuasnya. Jika tidak berani untuk bermain sendiri, kamu dapat meminta pemandu untuk mengayuh kanonya.

3. Camping

Ragam wisata lain yang dapat dilakukan ketika berada di Pantai Sadranan ialah dengan mendirikan tenda dan camping bersama kawan di atas hamparan pasirnya yang lembut.

Di sekitar Pantai Sadranan terdapat pula penyewaan dome atau tenda dengan harga sekitar Rp. 50.000,- dengan daya tampung 4 orang.

4. Menikmati Sunset Di Atas Bukit

panorama dari atas bukit
panorama dari atas bukit. google maps. sumber: Mars garandia

Tak jauh dari bibir pantai, terdapat sebuah bukit yang di atasnya tersedia beberapa gazebo untuk bersantai dan menyaksikan panorama yang tersaji.

Dengan melakukan pendakian kecil dimana jalurnya sedikit menanjak, namun aman untuk dilalui. Lokasi ini juga sering digunakan pengunjung untuk menikmati indahnya sunset maupun sunrise.

Jangan lewatkan pula untuk berfoto dan mengabadikan keindahan alam yang hadir di Pantai Sadranan. Kemudian kamu posting di berbagai media sosial yang kamu miliki.


Tinggalkan komentar