Pantai Samas, Laguna Indah Berjuta Rasa

Pantai Samas Jogja merupakan pantai yang cukup populer di kalangan anak muda. Pantai Samas  terkenal karena keindahan pantainya yang memiliki angin kencang dan ombak laut yang menggulung.


Satu hal yang spesial dari pantai ini yang tidak ada di pantai lain adalah, delta sungai dan lagunanya yang terbentuk di muara kali Opak . Oleh penduduk lokal delta ini diberi nama wedi kengser dan lagunanya disebut Pengklik.

Sunset Pantai Samas Jogja
Suasana senja di Pantai Samas. Image via: Tempatwisatakeluarga.com

Selain itu, di kawasan Pantai Samas  ada program perlindungan penyu. Pantai ini merupakan tempat persinggahan penyu-penyu langka. Penyu seperti seperti penyu blimbing, penyu sisik dan penyu hijau rutin singgah di pantai ini. Penyu-penyu langka itu singgah di pantai samas jogja untuk bertelur.

Bibir Pantai Samas berbentuk curam dan juga ombak tergolong keras, kondisi ini menyebabkan wisatawan dilarang berenang karena cukup berbahaya.

Selain pesona alam, di Pantai Samas Jogja ini ada pesona budaya. Kegiatan budaya yang menjadi daya tarik dari Pantai Samas ini adalah acara adat keagamaan. Upacara Kirab Tumuruning Maheso Suro dan acara Labuhan Sedekah Laut rutin digelar di pantai ini. Upacara-upacara ini diselenggarakan pada malam 1 suro setiap tahunnya. Upacara adat ini merupakan tradisi masyarakat Sanden untuk mengenang legenda Maheso Suro.

Baca: tempat liburan di Jogja yang populer

Lokasi Pantai Samas Jogja

Pantai Samas terletak di sebelah barat pantai Parangtritis, tepatnya di Desa Srigading, Kecamatan Sanden, sekitar 14 (empat belas) kilometer arah selatan Kota Bantul.

Sunset Pantai Samas Jogja
Sunset di pantai samas. Image via: www.instagram.com/dopiknikjogja/

Rute Menuju Pantai Samas Jogja

Perjalanan menuju Pantai Samas tergolong mudah dan menyenangkan untuk dilalui. Dari pusat Kota Yogyakarta, ke arah selatan ke Jalan Brigjen Katamso, lalu jalan terus melewati Jalan Parangtritis. Lanjutkan perjalanan sampai pertigaan jalan ke barat melewati Jalan Cepit-Tembi. Sesampai di pertigaan, ambil ke selatan melewati Jalan Bantul lalu jalan terus  menuju Jalan Samas. Setelah berada di Jalan Samas, ikuti terus jalan ini, hingga kita sampai di Pantai Samas.

Jarak dari Kota Jogja ke Pantai Samas kurang lebih adalah 26,4 KM dan waktu tempuh normal kendaraan bermotor dari Kota Jogja menuju Pantai Samas sekitar 50 menit.

Pantai Samas mudah untuk dicapai dengan kendaraan pribadi maupun umum. Ini karena kualitas jalan yang telah dibangun dengan baik. Sepanjang perjalananan juga cukup menyenangkan. Pelancong disuguhi pemandangan bentangan sawah yang menghijau dan barisan pohon kelapa di pinggir jalan.

Simak: keindahan Bukit Panguk Kediwung

Waktu Buka Pantai Samas Jogja

Seperti umumnya lokasi wisata pantai selatan jogja, pantai samas dibuka untuk pengunjung mulai jam  07.00 pagi. Pantai akan di tutup pada jam 05.00 sore.

Tiket Masuk Pantai Samas Jogja

Harga tiket untuk masuk ke tujuan wisata Pantai Samas Jogja, sebesar Rp 4.000,-/orang. Ditambah dengan  biaya parkir Rp 2.000,- untuk motor dan Rp 5.000,- untuk mobil. Biaya yang sangat murah untuk mendapatkan liburan menyenangkan.

Untuk menikmati atraksi lain seperti Sun Flower Garden dan Jembatan Bambu, pengunjung dikenakan tarif terpisah. masing nasing sebesar Rp. 5000.

Tarif selfie di jembatan
Tiiket selfie di jembatan bambu. www.instagram.com/elysoong/

Fasilitas Penunjang Wisata Pantai Samas

Untuk menunjang Pantai Samas sebagai kawasan wisata pantai di Bantul, fasilitas umum yang disediakannya pun terbilang lengkap, mulai dari terminal, tempat parkir, mck, penginapan , Gardu SAR, mushola, rumah makan dan lain-lain.

Baca juga: review wisata Pantai Siung

Daya Tarik Pantai Samas

Pantai samas jogja memiliki berbagai daya tarik yang tak akan habis dijelajahi dalam 1-2 jam saja. Jadi kita tidak akan rugi berwisata ke tempat ini, akibat kehabisan objek dalam waktu singkat. Beberapa daya tarik pantai samas jogja akan kita bicarakan dibawah ini.

1. Wisata Konservasi Penyu

Banyak bangian dari daerah pasir pantai samas ini ternyata dijadikan sebagai lokasi untuk penyu bertelur. Luar biasanya lagi, penyu-penyu yang singgah untuk menitipkan telurnya pada kehangatan pasir pantai samas merupakan penyu jenis langka. Ada penyu sisik, penyu bimbing, penyu hijau.

iklan pelestarian penyu
Papan informasi publik, soal pelestarian Penyu Image via: piknikpiknikasik.blogspot.com

Dahulu, sebelum ada program konservasi penyu, penduduk lokal maupun pelancong dapat dengan mudah berburu telur penyu di sini. Namun saat ini ketika kesadaran akan konservasi penyu telah disosialisasikan pemerintah dan lsm lingkungan, kesadaran untuk melindungi telur telur ini sudah meningkat.

Di pantai Samas ada kelompok kerja yang melakukan konservasi penyu. Mereka beraktifitas dalam penetasan telur penyu dengan metode semi alami, sehingga banyak penyu yang selamat. Pada musim musim tertentu, kelompok kerja ini melakukan pelepaskan tukik/ anak penyu ke laut pantai Samas.

Pelepasan Tukik
Pelepasan Tukik. Image via: jogjadaily.com

Proses ini tentu adalah atraksi yang sangat menarik. Pengunjung bisa berperan untuk ikut melepaskan anak-anak penyu ini. Sensasi yang dirasakan saat membantu anak penyu untuk berkenalan dengan laut untuk pertama kalinya, akan meninggalkan bekas di dalam hati. Meninggalkan kesan akan indahnya dan berharganya hidup, dan menumbuhkan kesadaran untuk lebih mencintai kehidupan.

2. Wisata Alam Pengklik Samas (Laguna)

Pengklik adalah laguna air tawar yang terbangun di muara sungai Kali Opak. Laguna ini dibatasi dengan laut oleh delta sungai Opak. Menurut geolog, delta ini bertekstur keras dan tahan abrasi, karena tersusun dari material lava letusan gunung berapi yang terbawa oleh sungai Kali Opak dan mengendap di tempat itu.

Foto satelit Pengklik
Foto Satelit Bentuk Pengklik (laguna) Pantai keramas. Image via: Google maps.

Pengklik pantai keramas terletak di sebelah timur pantai. Di Laguna ini terdapat berbagai fasilitas yang bisa anda dapatkan. Seperti perahu, wisata kuliner terapung, gardu pandang, wahana bermain anak, dan juga tempat untuk memancing. Beberapa waktu lalu juga dibangun jembatan bambu sepanjang 200 meter menghubungkan delta dengan daratan utama.

3. Jembatan Bambu Pantai Samas

Selain keindahan pantai, yang menarik di pantai samas terdapat objek buatan yang tak kalah indahnya untuk dijadikan lokasi foto. Di sana ada jembatan bambu yang menjorok ke laut. Jembatan bambu ini berada tepat di bagian belakang tulisan Pesona Pengklik.

Jembatan bambu
Menikmati kebersamaan di Jembatan Bambu Pantai Samas. Image via: Tribunnews.com

Dari lokasi parkir, sudah tampak jembatan kayu ini yang memanjang dari bibir pantai sampai wedi kengser atau gundukan pasir yang muncul di dekat pantai. Lebarnya 1 meter, panjangnya sampai 210 meter. Konon jembatan ini dibangun dari 4 ribuan batang pohon bambu. Saat pembuatannya, pak Mugiyono (pemilik jembatan) menghabiskan dana 60 juta rupiah.

Jembatan bambu
Menikmati kesendirian di Jembatan Bambu Pantai Samas. Image via: www.instagram.com/taufikstrauss/

Untuk naik ke jembatan ini, pengunjung dikenakan biaya 5 ribu rupiah saja.

4. Pantai Samas Sunflower Garden

Belum habis kita menikmati cantiknya panorama alam pantai samas, ternyata penduduk lokal malah menambahi lagi pesona itu. Mereka membangun lokasi Taman Bunga Matahari Pantai Samas.

Flower garden
Taman bunga matahari pantai samas. Image via: www.instagram.com/pantai_samas/

Walau area taman ini banyak yang mengatakn kecil, namun kecantikan foto yang diambil di taman bunga ini tak kalah dengan taman sejenis di Bogor atau Magelang. Dan sebagai catatan, di dua taman bunga besar itu tidak ada pantainya. Ini memberikan nilai lebih pada taman bunga matahari Pantai Samas, dibandingkan taman bunga matahari di tempat lain.

Flower garden 2
Spot indah di Taman bunga matahari. Image via: www.instagram.com/jogja/

Lokasinya tak jauh dari pantai Samas. Pengunjung bisa sepuasnya berfoto di taman bunga matahari ini dengan membayar tiket masuk yang seharga Rp. 5000,-.

5. Wisata Kuliner Terapung

Berwisata di pantai samas Bantul memang menarik dan menyenangkan. Setelah asyik menikmati berbagai sajian pemandangan dan obyek wisata pantai Samas, tentu rasa haus dan lapar akan sedikit mengganggu.

Namun itu bukan hal yang susah diatasi di pantai ini. Pengunjung bisa mencoba wisata kuliner di pantai ini. Harga yang diberikan pun terjangkau dengan kualitas rasa yang enak. Yang luar biasanya, disini ada tempat kuliner terapung. Ya terapung!!!  Dibuat dengan meletakkan gazebo di atas ponton-ponton apung di dalam laguna/ pengklik.

kuliner apung
Kuliner apung. Image via: www.tripadvisor.com

Tentunya menikmati kuliner di dekat pantai akan berbeda sekali rasanya, terutama setelah lelah berjalan jalan sepanjang pantai dan foto foto di kebun bunga.

Objek Wisata Dekat Pantai Samas.

Tak seberapa jauh dari pantai samas ada beberapa objek wisata lain yang bisa kita kunjungi, untuk melanjutkan memenuhi rasa haus akankeindahan alam pantai. Yang terdekat, tidak sampai 1 km di sebalah barat, terdapat pantai pandansari dengan mercusuarnya. Lalu kebarat lagi terdapat pantai Goa Cemara. Lalu melanjutkan kebarat lagi, berjajar pantai pantai indah. Berturut turut, pantai Patihan, Pantai Cangkring, Pantai cemara udang, Pantai Kuwaru, dan terakhir pantai Pandan simo. Perjalanan kebarat terhenti sampai dipantai ini, karena kita dihadang oleh muara Kali Progo.

Demikian penuturan singkat nativeindonesia.com soal pantai keramas dengan berjibun keindahannya. Ayo cintai indonesia dengan mengekplor objek objek indah negeri ini.

Akhir kata, nativeindonesia.com berpesan: Selalu jadi traveler cerdas, ambil fotonya jaga alamnya.

Pantai Samas, Laguna Indah Berjuta Rasa
4.6 (92%) 5 vote[s]

Baca juga:

Artikel lainnya:

Leave a Comment