Pantai Samas, Berbenah Menjadi Wisata Internasional

Pantai Samas saat ini sedang berbenah menjadi temapat wisata berskala internasional, atau menjadi Parangtritis Jilid II. Harus diakui bahwa Pantai Samas memang memiliki banyak sekali potensi yang layak untuk dikembangkan.

Rencana besar tersebut mesti didukung oleh semua pihak, tanpa terkecuali oleh para pengunjung. Masih saja terlihat berserakan sampah-sampah plastik di sekitaran Pantai Samas, bekas makanan, dan minuman para pengunjung.

Tetapi, di sisi lain juga tidak bisa disalahkan sepenuhnya ke pengunjung. Jika pihak pengelolapun tidak menyediakan tempat sampah yang memadai di sekitar.

Sejatinya, konsep paling sederhana, dan paling fundamen dari sebuah tempat wisata dimanapun lokasinya, adalah kebersihan, kenyamanan, dan keamanan.

pantai samas
pantai samas. google maps. sumber: Eko Susanto

Baca: tempat liburan di Jogja yang populer

Bersih, dan aman, akan berdampak terhadap kenyamanan. Karena alam dengan caranya sendiri mampu menghadirkan berjuta pesona.

Begitupun dengan Pantai Samas, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, akan mampu menjadi destinasi wisata kelas internasional, jika ditunjang dengan 3 hal tadi, kemudian disempurnakan oleh penataan fasilitas wisata.

Dan inilah review Pantai Samas, lengkap dengan berjuta pesona yang dimilikinya, yang sudah kami siapkan untuk anda, sebagai referensi awal menentukan tempat wisata di Bantul, DIY.

Lokasi Dan Alamat Pantai Samas

Lokasi Pantai Samas terletak di depan Laguna Pesona Pengklik Pantai Samas Bantul, di Jalur Lintas Selatan (JLS). Adapun alamat Pantai Samas Desa Srigading, Kecamatan Sanden, Kabupaten Bantul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Rute Menuju Pantai Samas

Jalan menuju Pantai Samas Bantul, bisa diakses dengan kendaraan roda dua, maupun roda empat. Kondisi jalannya juga bagus, karena berada di jalur Jalan Lintas Selatan.

Jarak Pantai Samas dari Malioboro, Jogja, sekitar 28 kilometer, dengan waktu tempuh sekitar 1 jam perjalanan dengan menggunakan kendaraan pribadi.

Adapn jarak Pantai Samas dari Pantai Parangtritis cukup dekat. Hanya berjarak sekitar 4 kilometer, dengan waktu tempuh sekitar 10 menit perjalanan menggunakan kendaraan pribadi.

bersantai di pantai samas
bersantai di pantai samas. google maps. sumber: Hartono Budi

Simak: keindahan Bukit Panguk Kediwung

Harga Tiket Masuk Pantai Samas

  • Tiket masuk Pantai Samas Rp. 4.000 per orang.
  • Biaya parkir Pantai Samas Rp. 2.000 untuk sepeda motor.
  • Biaya parkir Pantai Samas Rp. 5.000 untuk mobil.

Jam Buka Pantai Samas

  • Dalam situasi normal, Pantai Samas buka dari puku 07.00 – 17.00.
  • Pantai Samas Bantul buka setiap hari.
suasana senja di pantai samas
suasana senja di pantai samas. google maps. sumber: niessa ae

Baca juga: review wisata Pantai Siung

Fasilitas Di Pantai Samas

Fasilitas wisatadi Pantai Samas di antaranya:

  • Area parkir,
  • Laguna,
  • Ladang Bunga Matahari,
  • Penangkaran penyu,
  • Tempat kuliner terapung,
  • Menara pandang,
  • Toilet,
  • Jembatan Bambu,
  • Penginapan,
  • Mushola.

Daya Tarik Pantai Samas

1. Pesona Pengklik Pantai Samas

laguna pengklik pantai samas
laguna pengklik pantai samas. google maps. sumber: A. Widi Astuti

Pesona keindahan Pantai Samas tidak bisa dipisahkan dengan keberadaan sebuah laguna air tawar, yang lokasinya berada sebelum pasir Pantai Samas, atau disebut dengan delta.

Delta tersebut adalah delta Kali Opak. Meskipun begitu, menurut beberapa ahli sangat kuat, dan tahan terhadap abrasi air laut.

Di Pengklik, atau Laguna Pantai Samas terdapat beberapa fasilitas wisata yang akan memanjakan para wisatawan. Di antaranya:

  • Rumah makan terapung,
  • Wahana bermain anak,
  • Gardu pandang.

2. Pantai Samas Sunflower Garden

taman bunga matahari
taman bunga matahari. google maps. sumber: haiban najid

Daya tarik Pantai Samas juga terkenal dengan salah-satu spotnya yang instagramable, yaitu sebuah kawasan, atau ladang bunga matahari, yang tertata secara baik, sehingga menyajikan sebuah spot yang instagramable.

Hanya saja, saat ini kondisinya tidak selebat, dan sebanyak beberapa tahun sebelumnya. Bisa jadi karena sangat dipengaruhi oleh musim.

3. Jembatan Bambu

Satu lagi spot yang instagramable yang ada di Pantai Samas, tepatnya berada di Pengklik, atau Laguna Pantai Samas, yaitu sebuah Jembatan Bambu yang memiliki panjang sekitar 200 meter.

Lagi-lagi, jembatan tersebutpun menjadi tidak optimal karena rusak akibat oleh abrasi dari Pantai Samas. Padahal, jembatan bambu Pantai Samas sering dijadikan spot selfie favorit pengunjung.

jembatan bambu
jembatan bambu. google maps. sumber: Gunawanjir

Itulah review tentang pesona Pantai Samas, Bantul. Mari kita dukung supaya kawasan tersebut mampu menjadi destinasi wisata kelas internasional. Salah-satunya dengan tidak membuang sampah sembarangan.

Cukup mantan saja yang dibuang sembarangan, karena mantan itu nggak ada tempatnya. Jangan lupa juga untuk mematuhi protokol kesehatan ya…


Tinggalkan komentar