Pantai Sanglen, Berkemah Seru Di Pasir Putihnya

Jika ingin liburan di Pantai ketika berada di Yogyakarta, Gunung Kidullah tempatnya. Disana terdapat hampir 60 pantai yang dapat kamu kunjungi.

Dimana masing-masing pantai memiliki kelebihan dan keseruan yang berbeda, pantai-pantai yang ada di Gunung Kidul pun terkenal dengan keindahan dan keasriannya.

Kali ini saya akan mengulas salah satu pantai yang masih jarang dikunjungi, yakni Pantai Sanglen. Lokasinya berada di Desa Kemadang, Gunung Kidul.

landscape pantai sanglen
landscape pantai sanglen. google maps. sumber: Dimas Priyantono

Pantai indah yang satu ini memang terdengar asing di telinga, namun ternyata pantai ini menyimpan keindahan yang sangat menenangkan.

Keadaan ombaknya diam-diam menghanyutkan membuat kita harus berhati-hati jika ingin bermain air  ketika sedang pasang, namun ketika surut kamu dapat bemain ombak di sekitar pantainya.

Tak jauh dari area pantai terdapat sebuah bukit dengan hiasan pepohonan yang masih rindang serta berwarna hijau alam, kamu dapat naik ke atas bukit melalui tangga yang sudah disediakan.

bermain air di pantai sanglen
bermain air di pantai sanglen. google maps. sumber: Inof Bima

Simak juga: 47 wisata populer di Jogja

Lokasi Pantai Sanglen

Lokasi Pantai Sanglen berada di Dusun Kelor, Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul, D.I. Yogyakarta.

Rute Menuju Pantai Sanglen

Rute menuju Pantai Sanglen jika berangkat dari Yogyakarta akan menempuh jarak sekitar 70 km, dengan estimasi waktu sekitar 2 jam perjalanan.

Yakni dengan melalui Piyungan kemudian Patuk hingga tiba di GCD sampai akhirnya tiba di Pasar Sambipitu. Lalu kamu akan melewati Hutan Bunder, Lapangan Pemda akhirnya tiba di Wonosari.

Sebelum Polres arahkan kendaraanmu untuk belok ke kanan menuju Jl. Baron, terus lurus hingga tiba di pertigaan Mulo kemudian belok kanan. Ketika tiba di Tepus belok ke kanan lagi untuk menuju Pantai Sanglen.

Jalan yang dilalui sudah beraspal dan mulus, namun memang kondisi jalan mendekati arah pantai belum terlalu bagus dan sempit hanya cukup untuk satu mobil saja.

Ketika sudah tiba di tempat parkir, kamu masih harus berjalan kaki sekitar 15 hingga 20 menit menuju area pantai dengan melewati jalan yang dihiasi pepohonan yang rindang.

hamparan pasir putih
hamparan pasir putih. google maps. sumber: mariska dewi36

Jam Buka Pantai Sanglen

Jam operasional Pantai Sanglen dibuka setiap hari Senin hingga Minggu dan selama 24 jam non stop. Yang harus kamu perhatikan apabila terlalu malam beranjak dari pantai ialah kondisi jalan yang belum dilengkapi dengan lampu penerangan.

Tiket Pantai Sanglen

Tiket retribusi menuju Pantai Sanglen cukup membayar sebesar Rp. 10.000,- saja per orangnya, dimana kamu dapat mengakses beberapa pantai yang lain yang masih satu lokasi. Diantaranya Pantai Watukdok, Pantai Indrayanti dan lainnya.

Untuk biaya parkir sendiri jika kamu menggunakan sepeda motor harus membayar Rp. 5.000,- per unitnya, sedangkan untuk mobil dengan membayar Rp. 10.000 per unit.

menikmati pantai dari atas bukit
menikmati pantai dari atas bukit. google maps. sumber: Ahmad Wiji

Simak juga: Pantai Karangsong

Fasilitas Pantai Sanglen

Fasilitas umum yang ada di Pantai Sanglen diantaranya:

  • Area parkir
  • Warung-warung makanan dan minuman
  • Kamar mandi atau Toilet
  • Tempat penyewaan tenda
  • Area untuk camping

Ragam Wisata di Pantai Sanglen

1. Pantai Sanglen

Pantai Sanglen dikelilingi pepohonan yang masih rindang, diapit oleh dua buah bukit yang cukup tinggi. Hamparan pasir putihnya menghiasi sepanjang bibir pantai.

Deburan ombaknya menenangkan saling berkejar-kejaran di air lautnya yang berwarna biru. Pantai Sanglen memang belum banyak dikunjungi wisatawan, sehingga cocok untuk kamu yang hendak menyepi.

Simak juga: Curug Putri Kencana

Bukit di sebelah timur berdampingan dengan Pantai Watukodok. Pantai Sanglen dihiasi beberapa pohon cemara laut (cemara udang) yang rindang, sehingga kamu dapat berteduh dibawahnya.

Serta terdapat biota laut terutama rumput laut yang berbentuk seperti rambut gimbal, bergulung-gulung dan berwarna cokelat.

Jika air laut sedang surut kamu dapat melihat bentangan rumput laut yang cukup panjang ke arah pantai karena terdorong oleh ombak.

2. Menyaksikan Cantiknya Sunset

Jika sore mulai menjelang, banyak pengunjung yang duduk di atas hamparan pasirnya menunggu tenggelamnya matahari di sebelah barat.

Panorama alam berubah menjadi lebih cantik berwarna jingga hingga membentuk siluet yang mengagumkan, keadaan alam yang cantik dan suasana yang tenang membuat kamu betah berlama-lama di Pantai Sanglen.

sunset di pantai sanglen
sunset di pantai sanglen. google maps. sumber: Muhammad Luqman Chakim

3. Camping

Pantai Sanglen merupakan tempat yang asyik untuk mendirikan tenda, dan bemalam dengan deburan ombak serta suara alam yang lainnya.

Berkemah di pantai merupakan pengalaman yang mengesankan, dimana kamu akan mendirikan tenda diatas hamparan pasir putihnya.

Ada pula yang mendirikan tenda dekat dengan rindangnya pohon, sambil membuat hammock yang dikaitkan diantara kedua pohon.

berkemah di pinggir pantai
berkemah di pinggir pantai. google maps. sumber: Teguh Kwatno

Simak juga: Kebun Raya Purwodadi

Hammock merupakan cara yang terbaik untuk bersantai sambil menikmati pemandangan Pantai Sanglen, hembusan anginnya menyapu badan hingga membuatmu terlelap.

Jika kamu tak membawa peralatan untuk camping, ngga perlu khawatir karena tersedia tempat penyewaan tenda dengan harga Rp. 75.000,- untuk satu tenda.

Menginap di Pantai Sanglen merupakan alternatif lain dalam menikmati keindahan panorama alam yang tersaji. Selama berkemah kamu ngga perlu khawatir akan perut yang lapar di malam hari, karena disini sudah tersedia warung makanan dan minuman.

Tips Mengunjungi Pantai Sanglen

Berikut beberapa tips wisata untuk kamu yang hendak mengunjungi Pantai Sanglen, yakni:

  • Selalu jaga dan awasi anak-anak yang sedang bermain di pinggir pantai.
  • Berhati-hatilah terhadap bulu babi yang bisa saja kamu jumpai ketika berada di pantai.
  • Ketika hendak berkemah cek kembali perlengkapan sebelum berangkat.
  • Jaga selalu kebersihan dan keasrian lokasi.
  • Hindari perbuatan yang dapat merugikan diri sendiri maupun orang lain.
  • Selalu ikuti tata tertib atau larangan yang ada di Pantai Sanglen.
berfoto bersama pantai sanglen
berfoto bersama pantai sanglen. google maps. sumber: Hardhono Arya Irawan

Simak juga: Air Terjun Kedung Kayang

Penginapan

Terdapat banyak penginapan di sekitar Pantai Sanglen, diantaranya:

  1. Villa Watu Kodok, harga yang ditawarkan sekitar Rp. 680.000,- per malamnya. Villa ini cocok untuk kamu yang datang bersama kawan atau keluarga tercinta, dimana tersedia banyak kasur serta akses menuju pantai yang cukup dekat.
  2. Hotel Kukup Indah, fasilitas yang diberikan untuk pengunjung hotel diantaranya kamar yang sudah dilengkapi AC serta akses wifi. Harga permalamnya sekitar Rp. 127.746,- saja.
  3. Hotel Kampoeng Drini, harga yang ditawarkan hotel ini sekitar Rp. 284.549,- per malam. Lokasinya langsung mengarah ke Pantai Drini.
  4. Hotel Barokah, Fasilitas yang akan kamu dapatkan ketika bermalam disini diantaranya sarapan gratis dan kamar yang dilengkapi AC. Harga per malamnya sekitar Rp. 133.771,-
  5. Penginapan Joko Samudro, lokasi penginapan yang satu ini lebih dekat dengan Pantai Kukup dan tak terlalu jauh dari Pantai Sanglen. Harga yang ditawarkan sekitar Rp. 129.536,- per malamnya. Jika hendak membawa binatang pelihaaraan, kamu harus membayar biaya tambahan.

Peutup

Pantai Sanglen merupakan pantai yang memiliki deburan ombak yang membuat kita betah untuk menghabiskan waktu berlama-lama berada di pinggir pantainya.

Berkemah disini juga merupakan cara terbaik untuk menikmati pemandangan alam yang tersaji, serta merupakan tempat wisata yang cocok untuk membawa serta keluarga tercinta.

Kunjungi Pantai Sanglen weekend ini ya, dan Selamat Berlibur!


Tinggalkan komentar