Pantai Sari Ringgung, Lebih Sempurna Saat Di Puncak Indah

Pantai Sari Ringgung, keindahan, dan keseruannya bukan hanya sebatas hiperbola dari kata-kata saja. Namun menjadi sebuah fakta, dan menjadi sebuah destinasi wisata kebanggan masyarakat Lampung.

Terdapat beberapa alasan kenapa Pantai Sari Ringgung selalu ramai dikunjungi oleh para wisatawan, salah-satunya karena lokasi Pantai Sari Ringgung sangat strategis, dekat dengan pusat Kota Bandar Lampung.

Tidak berhenti hanya sampai disitu saja, alasan selanjutnya karena di Pantai Sari Ringgung terdapat banyak sekali ragam wahana, serta fasilitas penunjang yang akan menambah keseruan aktivitas wisata para pengunjung.

Yang paling penting ialah bahwa mayoritas spot wisata yang ada di Pantai Sari Ringgung sangat cocok untuk destinasi wisata keluarga di akhir pekan, atau saat liburan tiba.

view pantai sari ringgung
view pantai sari ringgung. google maps. sumber: Anirahmawari Wati

Simak juga: Beragam lokasi Wisata Di Lampung.

Pantai Sari Ringgung menjadi wisata Lampung yang sangat recommended banget. Tetapi para pengunjung harus selalu update terlebih dahulu terkait objek wisata yang akan dikunjungi di masa pandemi.

Karena rata-rata objek wisata yang ada di Indonesia terdampak kebijakan pencegahan penularan virus Covid-19. Terutama pembatasan jam operasionalnya, atau tutup dan bukanya.

Lokasi & Alamat Pantai Sari Ringgung

Alamat Pantai Sari Ringgung berada di Jl. Way Ratai No.KM 14, Desa Sidodadi, Kecamatan Teluk Pandan, Kabupaten Pesawaran, Lampung.

Lokasi Pantai Sari Ringgung sekitar 1 jam dari Bandar Lampung.

landmark pantai sari ringgung
landmark pantai sari ringgung. google maps. sumber: Tanjung priehatmoko

Rute Menuju Pantai Sari Ringgung

Rute menuju Pantai Sari Ringgung dari Bandar Lampung dengan menuju ke arah Padang Cermin, kamu akan menemukan petunjuk jalan yang menunjukkan pantai-pantai yang ada.

Pantai Sari Ringgung hanya berjarak sekitar 15 menit dari Pantai Mutun. Sedangkan dari arah Bandar Lampung akan memakan waktu sekitar 30 hingga 60 menit saja.

Untuk menuju Pantai Sari Ringgung dapat dengan menggunakan angkutan umum, seperti angkutan pedesaan atau ojeg. Jika hendak menggunakan angkot daru Terminal Rajabasa yang mengarah ke Ramayana.

pantai sari ringgung
pantai sari ringgung. google maps. sumber: Riki Tenggara

Setlah tiba di Ramayana, berganti angkot yang berwarna merah hati turun di gudang lelang. Kemudian berjalan beberapa meter hingga menemukan angkutan pedesaan yang berwarna hitam.

Setelah naik angkutan pedesaan, turun di pintu masuk yang bertuliskan Pantai Sari Ringgung.

Jam Buka Pantai Sari Ringgung

Jam operasional Pantai Sari Ringgung dibuka setiap hari Senin hingga Minggu.

Dan dibuka mulai pukul 06.00 hingga pukul 17.00 waktu setempat.

Tiket Pantai Sari Ringgung

  • Tiket masuk Pantai Sari Ringgung cukup dengan membayar Rp. 20.000,- per orang.
  • Parkir motor sebesar Rp. 5.000,-
  • Dan Rp. 10.000,- untuk parkir mobil
tersedia gazebo
tersedia gazebo. google maps. sumber: Let’s Go Serbia

Fasilitas Pantai Sari Ringgung

Fasilitasn Pantai Sari Ringgung sudah lengkap, hal tersebut ditandai dengan adanya:

  • Area untuk menyimpan kendaraan
  • Taman bermain anak
  • Kamar mandi
  • Warung-warung makanan dan minuman
  • Wahana permainan
  • Penginapan

Daya Tarik Pantai Sari Ringgung

1. Pantai Di Lampung Yang Cocok Sebagai Wisata Keluarga

bermain wahana yang ada
bermain wahana yang ada. google maps. sumber: Let’s Go Serbia

Simak juga: Pantai gigi hiu.

Daya tarik yang pertama dari Pantai Sari Ringgung adalah pantai yang cocok sebagai destinasi wisata keluarga di Lampung. Tentu saja bukan tanpa alasan.

Yang pertama, dikarenakan ombak Pantai Sari Ringgung tidaklah besar. Air di tengah lautan berwarna biru, serta warna air yang berada di tepian pantai memiliki warna hijau toska.

Pasir pantainya putih, dan tempat yang nyaman untuk bermain dan membangun kehangatan bersama keluarga. Di beberapa titik terdapat ayunan di tepian pantai.

Ada juga ayunan yang sedikit ke tengah, menjadi spot selfie yang bagus. Karena latarnya merupakan lautan lepas dengan panorama alam yang sangat menawan.

mengabadikan keindahan pantai
mengabadikan keindahan pantai. google maps. sumber: Andrio Tri Nugroho

Satu hal lagi, terdapat wahana seluncuran yang berada di atas air laut. Biasanya wahana seluncuran air kita temukan hanya di area kolam renang air tawar.

Di Pantai Sari Ringgung wahana seluncuran tersebut langsung menuju air laut. Bukankah wahana seperti itu jarang kita temui di objek wisata bertemakan pantai?

Ada juga area Pasir Timbul, pasir tersebut terbentuk secara alamiah. Dan spot Pasir Timbul menjadi salah-satu spot yang sering dikunjugi oleh para wisatawan.

2. Puncak Indah

Daya tarik selanjutnya dari Pantai Sari Ringgung adalah Bukit Puncak Indah, atau disebut juga sebagai Puncak Indah. Sebuah lokasi yang nyaman untuk menikmati panorama alam sekitar Pantai Sari Ringgung dari ketinggian.

puncak indah
puncak indah. google maps. sumber: Mulyadi Hadiwijaya

Simak juga: Snorkeling Gili Ketapang.

Bukit tersebut cukup tinggi, namun terdapat anak tangga yang disediakan pihak pengelola untuk memudahkan trekking pengunjung menuju Puncak Indah.

3. Water Sport

Keseruan saat berada di Pantai Sari Ringgung tidak berakhir sampai disitu saja. Karena di Pantai Sari Ringgung terdapat banyak sekali ragam wahana yang bisa dicoba oleh para pengunjung. Diantaranya:

  • Bananaboat
  • Speed boat
  • Kano
  • Air tumpah

Jangan lupakan juga bahwa Pantai Sari Ringgung merupakan lokasi yang nyaman untuk melakukan aktivitas snorkeling, ataupun diving.

Karena kondisi air Pantai Sari Ringgung masih terjaga dengan baik, di beberapa titik bahkan view yang ada di dasar air bisa terlihat langsung oleh mata.

bermain banana boat
bermain banana boat. google maps. sumber: Richard Atherton

Simak juga: Puncak Bukit bintang.

4. Masjid Terapung

Sedikit bergeser dai lokasi Pantai Sari Ringgung, tepatnya di lokasi Keramba Apung, terdapat sebuah masjid terapung. Tentu saja lokasi masjid yang berada di atas air laut menjadi panorama yang langka, sehingga memunculkan minat wisatawan untuk mengunjunginya.


Tinggalkan komentar