Pantai Sari Ringgung, Mempesona Dengan Masjid Terapunnya

Pantai Sari Ringgung merupakan salah satu pantai yang jaraknya terdekat dari kota Bandar Lampung. Hanya menempuh perjalanan selama 30-40 menit saja. Selain jaraknya yang dekat, di pantai ringgung juga banyak lokasi yang menarik, seperti Puncak indah dan Pasir Timbul.


pantai sari ringgung tampil unik dnegan keberadaan mesjid apung
Pantai Sari Ringgung. Image via: piknikasik.com

Saat ini Pantai Sari Ringgung telah menjadi tempat destinasi favorit warga Bandar Lampung bahkan luar kota yang ingin berlibur dan menikmati keindahan pantai dan rekreasi bermain wahana air.

Objek paforit di pantai ini Pasir Timbul merupakan pasir yang terbentuk secara alami di tengah lautan. Di pinggir Pasir Timbul juga terdapat dermaga yang digunakan sebagai lokasi Cafe D’Apung. Juga terdapat beberapa pondokan fasilitas kamar mandi dan WC Umum.

Untuk di pantai sendiri, Sari ringgung memiliki fasilitas yang lengkap. Berbagai wahana permainan air seperti kano, banana boat, sped bot, sampai jet ski terdapat di pantai ini. Juga ada fasilitas untuk olahraga seperti voli pantai dan futsall.

Icon Pantai Sari Ringgung Lampung yang ditata dengan artistik
Icon pantai. Image via: lampung-helau.com

Simak juga: Beragam lokasi Wisata Di Lampung.

Lokasi Pantai Sari Ringgung

Pantai Sari Ringgung terletak di Desa Sidodadi Kecamatan Padang Cermin Kabupaten, Lampung.

Perjalanan menuju Pantai Sari Ringgung membutuhkan waktu sekitar satu jam dari Bandar Lampung.

Rute Menuju Pantai Sari Ringgung

Untuk menuju pantai Sari Ringgung, dari kota Bandar Lampung Pengunjung Anda membutuhkan waktu sekitar 30-60 menit. Untuk rutenya cukup mudah.

Dari Bandar Lampung, pengunjung bisa menuju ke daerah Padang Cermin, Pesawaran. Pengunjung akan melewati banyak pantai di sana, juga rambu petunjuk jalan. Dari pantai Mutun, akan membutuhkan waktu sekitar 15 menit untuk menemukan plang bertuliskan, “Selamat Datang di Pantai Sari Ringgung”

Jika ingin menaiki angkutan umum, bisa menaiki bus travel, bus Damri, ojek, maupun angkutan pedesaan. Khusus bus Damri, biasanya bus ini berangkat jam 6 pagi.

Untuk angkutan pedesaan, bisa menggunakan angkutan kota hingga ke terminal Rajabasa. Dari sana naik angkutan warna biru telur asin menuju Ramayana, lalu naik angkutan warna merah hati dan turun di gudang lelang.

Dari gudang lelang, dengan berjalan beberapa meter akan menemukan banyak angkutan pedesaan berwarna hitam, berbentuk kotak, dan bagian belakang terbuka lebar. Pengunjung bisa menaikinya, dan turun di plang pantai Sari Ringgung.

Cantik di pantai Sari ringgung yang ditata cantik dan rapi
Cantik di Pantai. Image via: lampung.tribunnews.com

Jam Buka Pantai Sari Ringgung

Pantai ini buka mulai pukul 06.00 hingga pukul 17.00 sore. Dengan demikian pengunjung dapat berlama-lama menikmati keindahan pantai ini.

Tiket Pantai Sari Ringgung

Pantai Sari ringgung mengenakan tiket masuk sebesar Rp 5.000. Harga tiket dapat berubah pada akhir pekan dan hari libur.

Biaya parkir yaitu Rp 5000 untuk motor dan Rp 20.000 untuk mobil serta untuk bus dikenakan biaya yang lebih mahal.

Fasilitas Pantai Sari Ringgung

Fasilitas di pantai ini sudah lengkap. Ada taman bermain anak, penginapan dan hotel-hotel melati. Kamar mandi dan WC umum pun tersedia. Bahkan pengunjung juga bisa memilih untuk berkemah.

Wahana permainannya pun cukup banyak, dari mulai banana boat, speedboat, dan waterboomkecil. Ada juga lapangan voli, ayunan, serta perosotan di pinggir pantai.

Untuk makan, ada banyak warung makan dan restoran di sekitar yang menyediakan aneka menu seafood dan makanan khas daerah Sari Ringgung.

Daya Tarik Pantai Sari Ringgung

  1. Pasir Timbul

pasir timbul pantai Sari Ringgung, lokasi indah di tengah teluk lampung
Pasir timbul. Image via: winnymarlina.com

Simak juga: Pantai gigi hiu.

Tak jauh dari pantai Sari Ringgung ada salah satu objek wisata yang kini sedang naik daun di Lampung. Objek wisata bahari Pasir Timbul demikian orang menyebutnya. Hanya membutuhkan waktu sekitar 15-25 menit menggunakan perahu kecil Anda sudah bisa sampai di sini.

Perahu-perahu kecil dengan kapasitas 10-15 orang siap mengantarkan pengunjung. Biaya yang ditawarkan juga cukup terjangkau. Pengunjung bisa diantar oleh para nelayan setempat. Mereka menyambi menjadi jasa penyewaan jasa perahu.

Selama di pasir timbul, pengunjung bisa sepuasnya menikmati wahana pasir timbul di sini tanpa adanya keterikatan waktu.

Objek wisata Pasir Timbul ini sebenarnya bisa dicapai dari berbagai pantai lain. Misalnya Pantai Duta Wisata, Pantai Mutun, Pantai Queen Artha, Pantai Tirtayasa. Namun, tarif yang dikenakan jauh lebih mahal. Jalur yang paling dekat untuk mengakses pantai ini ada lewat Pantai Sari Ringgung.

  1. Masjid Terapung

Mesjid apung Pantai Sari Ringgung Lampung
Masjid Apung. Image via: lampung.co

Ada hal yang unik selama perjalanan dengan perahu menuju pasir timbul. Disana ada kawasan keramba ikan milik warga setempat. Di kawasan keramba apung itu ada sebuah masjid unik, yaitu masjid terapung al-aminah. Kawasan keramba memang dihuni oleh warga. Jadi keramba itu semacam perkampungan terapung lengkap dengan masjid terapungnya.

Masjid ini resmi dijadikan objek wisata religi oleh Pemkot Lampung pada tahun 2015 silam dan ramai dikunjungi.

Berbeda dengan “masjid terapung” di tempat lain yang dibangun di atas tanjung kecil atau lahan reklamasi. Masjid terapung di Pantai Sari Ringgung ini benar-benar terapung di lautan. Masjid Terapung Al Aminah ini menggunakan sistem keramba. Sewaktu-waktu masjid ini bisa bergerak mengikuti arah gelombang.

dermaga pantai sari ringgung lampung, penyeberangan ke pasir timbul
Dermaga. Image via: pergidulu.com

Bagian halaman masjid adalah keramba warga. Sementara pada bagian pojok kanan bagian depan masjid ada semacam pondokan yang bisa digunakan untuk bersantai. Masjid ini tidak terlalu luas. Masjid ini sepertinya mampu menampung jamaah hingga 60 orang dewasa.

Bagian samping masjid ada selasar yang juga bisa digunakan untuk bersantai atau istirahat. Sementara pada bagian kiri ada warung yang dibuka oleh marbot . Warung ini menjual aneka kebutuhan warga. Mulai makanan ringan hingga bahan bakar perahu nelayan yang biasa hilir mudik di perairan Ringgung.

Walaupun terletak di tengah lautan, aktivitas keagamaan disini lumayan aktif. Hampir setiap pekan bisa dipastikan ada pengajian di masjid unik ini. Ibu-ibu pengajian dari berbagai kota di Lampung biasa mengadakan pengajian di masjid ini.

Dermaga Pantai Ringgung merupakan dermaga satu-satunya agar bisa sampai ke Masjid Terapung Al Aminah

  1. Water Sport

snorkeling pantai sari ringgung lampung. sangat nyaman di air yang bening
Snorkeling. Image via: pantaisariringgung.com

Simak juga: Snorkeling Gili Ketapang.

Pantai Sari ringgung menyediakan fasilitas untuk kegiatan water sport. Walau namanya sport, kegiatan ini lebih banyak unsur hiburan dari pada olahraga. Mungkin olahraga rekreasi air lebih cocok untuk penamaannya.

Pantai Sari ringgung juga menyediakan fasilitas yang menarik untuk pengunjung dengan pemandangan yang menyejukkan mata, dengan adanya bukit hijau. Pantai ini menyediakan fasilitas meliputi kegiatan: Kano, banana boat, Speed boat, Snorkeling, tong air tumpah, Waterboom tengah laut.

Salah satu hal yang paling populer adalah snorkeling. Untuk pengunjung yang tidak membawa alat, pengelola menyediakan persewaan. Pengunjung dapat menikmati indahnya pesona bawah laut di Pantai Sari Ringgung dengan biaya yang terjangkau.

Di dua lokasi pantai, yakni sisi utara dan selatan, terdapat semacam waterboom kecil, untuk perosotan bagi anak-anak.

Waterboom laut Pantai Sari ringgung cocok untuk anak anak
Waterboom laut. Image via: lampost.co

Waterboom di sebelah utara lebih tinggi dibandingkan dengan yang ada di sebelah selatan. Unutk pengunjung anak umur 3 atau 4 tahun, lebih pas jika mandi di pantai sebelah selatan. Selain waterboomnya lebih pendek, ada juga perosotan dan ayunan di pinggir pantai.

Di waterboom laut ini juga terdapat tong air tumpah. Hanya saja tong tumpah kadang tidak beroperasi pada waktu tertentu.

  1. Arena Olah Raga

Selain olar raga air rekreasi, Pantai Sari Ringgung juga menyediakan tempat olah raga darat bagi pengunjung. Bagi yang suka futsal, tersedia lahan khusus untuk futsal pantai. Bagi yang suka voli, disediakan juga lokasi untuk voli pantai. Bahkan bagi yang hobi camping, juga dapat berkemah di Pantai Sari Ringgung.

  1. Pondok dan Gazebo

Gazebo pantai Sari ringgung Lampung, bisa disewa untuk istirahat dan piknik
Gazebo Pantai. Image via: ksmtour.com

Di Pantai Sari Ringgung disediakan sebuah gazebo dan pondok yang dihiasi payung dan kursi Pantai dengan sistem sewa. pengunjung dapat menyewa tempat ini untuk bersantai sembari menikmati pemandangan Pantai dan sejuknya angin. Gazebo ini sangat cocok untuk Anda yang datang secara rombongan agar biaya sewa per orang lebih murah.

Banyak sekali tersedia pondokan di pinggir pantai untuk berteduh dari sinar matahari. Tarif sewanya sebesar Rp 50.000 tanpa batas waktu. Jika datang beramai-ramai bersama keluarga atau rombongan ada baiknya untuk menyewa pondokan untuk meletakkan barang-barang.

  1. Puncak Indah

Puncak Indah pantai sari ringgung lampung posisi ideal untuk melihat keseluruhan teluk lampung
Puncak Indah. Image via: wisatasumatera.com

Simak juga: Puncak Bukit bintang.

Puncak indah adalah sebuah bukit yang disediakan pengelola pantai untuk dapat melihat pemandangan Pantai Ringgung dari atas. Bukit ini cukup tinggi. Untuk menuju puncak ini cukup menyusuri anak tangga.

Pengunjung dapat naik ke bukit untuk melihat pemandangan pantai dari atas. Dari atas puncak, pengunjung dapat menikmati pemandangan dari atas puncak atau mengambil foto dengan latar belakang laut yang cukup indah.

Tentunya bagi yang tidak terbiasa naik bukit, sedikit capek dan pegel-pegel pada kakinya. Tapi rasa capek akan terbayar lunas saat pengunjung sampai di atas bukit.

Penataan Pantai Sari Ringgung Lampung yang sangat cantik
Dari ketinggian. Image via: pariwisatalampung.com

Objek Wisata Dekat Pantai Sari Ringgung

Di sekitar pantai Sari ringgung terdapat beberapa pantai yang juga indah untuk dikunjungi. Salah satu yang terdekat adalah pantai mutun. Pantai yang terkenal dengan pulau tegal ini berjarak hanya 10 km dari pantai sari ringgung.

Jika ke arah utara ada pantai mudun, di selatan pantai dalam jarak juga 10 km, juga terdapat pantai indah. Pantai dewi Mandapa. Pantai ini terkenal dengan hutan bakau dan berbagai spot foto indah pinggir pantai yang romantis.

Itulah beberapa informasi soal pantai sari ringgung yang bisa kami bagikan. Pada kesempatan liburan selanjutnya, Segerakan menyusun  rencanakan untuk menghabiskan waktu liburan di Lampung. Apalagi Lampung bukan hanya pantai ini saja, ada banyak lagi ojek lain yang bisa dikunjungi di Lampung.

 

Baca juga:

Artikel lainnya:

Leave a Comment