Pantai Sayang Heulang, Destinasi Wisata Pilihan Di Garut Selatan

Pantai Sayang Heulang merupakan sebuah pantai yang ada di Garut Selatan, tepatnya di Kecamatan Pameungpeuk, Desa Mancagahar.

Pantai ini memiliki bentangan sekitar 3,5 km dengan hamparan pasir yang dihiasi batuan karang, air lautnya bersih dengan deburan ombak yang cukup kencang.

deburan ombak di pantai sayang heulang
deburan ombak di pantai sayang heulang. google maps. sumber: Ikhsan Muhamad Ikbal

Di Pameungpeuk sendiri memiliki beberapa pantai yang dapat kamu kunjungi, diantaranya:

  • Pantai Santolo,
  • Pantai Karang Paranje,
  • Pantai Cijeruk Indah,
  • Pantai Manalusu, dll.

Dan hampir semua pantainya memiliki deburan ombak yang cukup kuat, namun hamparan alamnya yang masih alami dan asri sungguh memikat.

Kali ini saya akan mengulas tentang Pantai Sayang Heulang, Pameungpeuk.

Mitos di Pantai Sayang Heulang

P‌antai ini diberi nama Pantai Sayang Heulang, karena dulunya di lokasi ini banyak sekali Burung Elang atau Heulang dalam bahasa sunda bersarang.

Sehingga dinamakanlah Sayang Heulang (Sarang Elang), namun sayang sekali saat ini burung-burung Elang yang ada diburu oleh manusia hingga punah dan tidak ada lagi.

tugu burung elang
tugu burung elang. google maps. sumber: Dodi_Rustandi71

Kehadiran sebuah tempat wisata alam terkadang tak bisa dipisahkan dari mitos atau kisah yang ada dibaliknya, begitupun dengan Pantai Sayang Heulang.

Masyarakat sekitar percaya bahwa tempat ini “dijaga” oleh “kuda putih”, dan disebutkan pernah beberapa orang melihat kuda putih tersebut berjalan di tengah lautan.

Entahlah hal tersebut benar atau tidak, namun yang pasti kita hidup memang berdampingan dengan makhluk lain. Dan harus saling menghargai serta menghargai mitos yang telah ada tentang suatu tempat.

Lokasi & Alamat Pantai Sayang Heulang

Lokasi Pantai Sayang Heulang berada tak jauh dari Pantai Santolo, secara administratif masuk wilayah Desa Mancagahar, Kecamatan Pameungpeuk, Kabupaten Garut, Jawa Barat.

bukit teletubies
bukit teletubies. google maps. sumber: Harisukma 21

Rute Menuju Pantai Sayang Heulang

Rute menuju Pantai Sayang Heulang, jika berangkat dari Garut kota dengan mengarahkan kendaraan menuju Cikajang kemudian Pameungpeuk hingga melihat tanda Bukit Teletubies masuklah ke gapura gang tersebut.

Dari arah gapura teruslah masuk ke arah pemukiman warga, kemudian melewati area pesawahan. Di tengah perjalanan kamu akan dimintai biaya masuk.

Teruskan perjalanan hingga kamu melewati persimpangan jalan menuju Bukit Teletubies, teruslah melaju hingga tiba di Pantai Sayang Heulang.

Jalur dari Garut menuju Pameungpeuk sudah sangat baik dan beraspal, jalannya pun cukup lebar. Hanya saja jalurnya dipenuhi dengan kelokan khas daerah pegunungan.

Jika kamu berangkat dari arah Bandung, dengan menuju Pangalengan kemudian tiba di Rancabuaya hingga akhirnya tibalah di daerah Pameungpek.

Jam Buka Pantai Sayang Heulang

Jam operasional Pantai Sayang Heulang ini tidak ada ketentuan resmi, itu artinya terbuka selama 24 jam sehari dan 7 hari seminggu.

gumuk pasir plus pantai sayang heulang
gumuk pasir plus pantai sayang heulang. google maps. sumber: Ghina meliyani

Tiket Pantai Sayang Heulang

Tiket masuk Pantai Sayang Heulang cukup dengan membayar Rp. 10.000,- per orang. Itu belum termasuk dengan biaya parkir.

Fasilitas Pantai Sayang Heulang

F‌‌asilitas yang ada di Pantai Sayang Heulang diantaranya:

  • Area untuk memakirkan kendaraan
  • Kamar mandi umum
  • Warung-warung makanan dan minuman
  • Mushola
  • Penginapan atau Hotel

Penginapan

Untuk kamu yang datang dari luar daerah, banyak penginapan atau hotel yang ada di sekitar Pantai Sayang Heulang ataupun di sekitar Pameungpeuk sendiri.

Harga dan fasilitas yang ditawarkan pun cukup beragam, kamu tinggal memilih penginapan yang sesuai dengan keinginan dan keuanganmu.

Ragam Wisata Seru di Pantai Sayang Heulang

Ketika berniat untuk mengunjungi Pantai Sayang Heulang, kamu dapat melakukan ragam wisata yang seru dan menarik sebagai berikut:

1. Bersantai di Pantai

bermain air di pantai sayang heulang
bermain air di pantai sayang heulang. google maps. sumber: Husnul Nurassidiq Channel

Pantai Sayang Heulang memiliki hamparan pasir yang dihiasi dengan batuan karang dengan beragam ukuran, kamu dapat duduk-duduk di batuan karangnya sambil menikmati angin laut yang khas.

Deburan ombaknya cukup kencang sehingga menjadi pusat perhatian telinga, air lautnya yang bersih dan berwarna biru menjadi daya tarik tersendiri.

Di sekitar pantai terdapat sebuah saung untuk kamu bersantai dan menikmati alam yang tersaji, apalagi ditambah dengan menikmati air kelapa yang menyegarkan.

2. Eksplor Gumuk Pasir Tungtung Karang Sayang Heulang

gumuk pasir tungtung karang sayang heulang
gumuk pasir tungtung karang sayang heulang. google maps. sumber: angga Sulaeman

Garut ternyata memiliki sebuah gurun sahara layaknya yang ada di Yogyakarta, biasa juga disebut sebagai “Sahara Van Garut”.

Gumuk pasir tersebut berada di ujung Pantai Sayang Heulang, dan diberi nama Gumuk Pasir Tungtung Karang Sayang Heulang.

Area gumuk pasirnya cukup luas, dengan hamparan pasir bak di gurun sahara. Dari atas kita dapat melihat Pantai Sayang Heulang dengan ombaknya yang cukup kencang.

Angin di sekitar gumuk pasir cukup kencang, lokasi ini biasa digunakan oleh para pengunjung untuk menanti kehadiran sunset atau sunrise serta spot untuk berfoto.

3. Camping Di Bukit Teletubies

camping di bukit teletubies
camping di bukit teletubies. google maps. sumber: rahmat garsela

Sebelum tiba di Pantai Sayang Heulang, kamu tadi melihat jalan menuju Bukit Teletubies, disanalah biasanya para pecinta alam mendirikan tenda dan menghabiskan malam bersama alam.

Bukit Teletubies berupa padang rumput dengan view Pantai Sayang Heulang serta beberapa bukit yang ada di sekitarnya.

Penutup

Kabupaten Garut, khususnya wilayah Garut Selatan memiliki potensi wisata yang layak untuk dikembangkan. Dan setelah berkembang dengan baik, alangkah baiknya tetap di maintance supaya terus terjaga dan menjadi destinasi wisata favorit bagi pelancong yang datang dari berbagai daerah.


Tinggalkan komentar