Pantai Sedahan, Tentang Pesona Gerbang Ombak

Pantai Sedahan semakin menegaskan bahwa Kabupaten Gunung Kidul layaknya negeri 1000 pantai. Bukan tanpa alasan, di Gunung Kidul sendiri terdapat puluhan tempat wisata bertemakan pantai.

Hanya saja, tipe pantai di Gunung Kidul memiliki ombak yang besar, karena sebagai bagian dari bentangan pantai selatan yang terkenal dengan ombak besarnya.

pantai sedahan
pantai sedahan. google maps. sumber: Sellvi Dwi

Objek wisata Pantai Sedahan sendiri tergolong sebagai tempat wisata baru di Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Sehingga masih tergolong sebagai pantai perawan.

Sebelum kita lanjutkan pembahasan, dan informasi tentang Pantai Sedahan Gunung Kidul. Penulis perlu menyampaikan bahwa saat tulisan ini diposting masih dalam situasi PPKM Jawa, dan Bali.

Sehingga berdampak terhadap penutupan sementara semua objek wisata yang ada di pulau Jawa, dan Bali, termasuk di Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Jadi, kunjungan wisata ke Pantai Sedahan bisa dilakukan saat kebijakan PPKM dicabut. Tetapi tentu saja dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan, serta selalu mengutamakan keselamatan.

Lokasi Dan Alamat Pantai Sedahan

Lokasi Pantai Sedahan terletak tidak jauh dari Pantai Wediombo Gunung Kidul. Adapun alamat Pantai Sedahan berada di Desa Jepitu, Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Rute Menuju Pantai Sedahan

view lokasi utama pantai sedahan
view lokasi utama pantai sedahan. google maps. sumber: Ismy_0712

Jalan menuju Pantai Sedahan dari Jogja berjarak sekitar 75 kilometer, dengan kisaran waktu tempuh 2 jam perjalanan. Akses jalannya bisa dilalui oleh kendaraan roda dua, maupun roda empat.

Hanya saja belum tersedia angkutan umum untuk sampai di lokasi utama Pantai Sedahan. Serta kondisi jalan ke Pantai Sedahan, terutama saat semakin mendekat ke lokasi utamanya memang belum terlalu bagus.

Harga Tiket Masuk Pantai Sedahan

  • Tiket masuk Pantai Sedahan Rp. 5.000 per orang.
  • Harga tiket masuk Pantai Sedahan belum termasuk biaya parkir.

Jam Buka Pantai Sedahan

  • Dalam kondisi normal, Pantai Sedahan buka selama 24 jam.
  • Pantai Sedahan buka setiap hari selama sepekan.

Fasilitas Di Pantai Sedahan

fasilitas parkir
fasilitas parkir. google maps. sumber: rivan toro

Karena terbilang sebagai objek wisata baru, maka fasilitas di Pantai Sedahan belum lengkap. Belum ada wahana permainan, maupun warung-warung yang menjajakan makanan, dan minuman.

Namun untuk fasilitas primer, seperti area parkir, dan toilet sudah tersedia. Bagi para pengujung yang ingin menginap, bisa memilih opsi camping di Pantai Sedahan.

Mitos Di Pantai Sedahan

mitos pantai sedahan
mitos pantai sedahan. google maps. sumber: Mio Figlio R M

Cerita mitos, legenda, maupun sejarah di sebuah objek wisata adalah sisi lain dari pesona keindahan yang disajikan. Begitupun terdapat mitos di Pantai Sedahan.

Mitos di Pantai Sedahan terkait dengan legenda Nyi Roro Kidul, sebagai penguasa pantai selatan. Serta cerita legenda, dan sejarah tentang Pantai Sedahan yang dianggap pernah dijadikan tempat semedi Presiden Soekarno, tepatnya di sebuah goa.

Daya Tarik Pantai Sedahan

1. Dua Tebing Batu Yang Berhadap-Hadapan

daya tarik pantai sedahan
daya tarik pantai sedahan. google maps. sumber: Iska Iska

Daya tarik yang pertama dari Pantai Sedahan Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, adalah panorama alam, dan pantai yang ada di lokasi utamanya.

Ciri khas dari Pantai Sedahan adalah dua tebing karang yang berhadap-hadapan, seolah-olah menjadi pintu gerbang raksasa bagi datangnya ombak.

Di sisi lain, dua tebing yang berhadap-hadapan tersebut sekaligus menjadi pemecah ombak besar yang datang. Sehingga ombak yang datang ke tepian tidak terlalu besar.

Meskipun begitu, para pengujung dilarang keras untuk berenang terlalu jauh di Pantai Sedahan. Karena arus bawah airnya sangat kuat. Bahkan pernah terjadi peristiwa memilukan yang menimbulkan korban jiwa.

2. Pasir Pantai

pasir pantai sedahan
pasir pantai sedahan. google maps. sumber: Husein Arbi

Pasir Pantai Sedahan merupakan pasir pantai putih yang lembut. Serta dikelilingi oleh bukit – bukit hijau di sekitarnya yang membuat cuaca tidak menjadi terlalu terik.

Pepohonan hijau yang lebat tumbuh indah di bukit-bukit tersebut, menjadikan view semakin nyaman untuk dilihat.

3. Lokasi Camping Yang Nyaman

camping di pantai sedahan
camping di pantai sedahan. google maps. sumber: Alfikri Keriting

Kunjungan wisata ke Pantai Sedahan, layaknya berwisata ke pulau sendiri. Suasana yang nyaman, tenang, adalah sajian yang bisa dinikmati oleh para pengujung.

Bagi para pengunjung yang ingin menyaksikan fenomena sunrise, dan sunset bisa memilih opsi untuk melakukan camping. Peralatan campingnya sudah disediakan oleh pihak pengelola Pantai Sedahan.

Sebagai tambahan, lokasi favorit pengunjung untuk melakukan selfie adalah latar dua tebing yang saling berhadap-hadapan, sebagai view awal sebelum lautan lepas.


Tinggalkan komentar