Pantai Sedahan, Pesona Pantai di Antara 2 Bukit Karang

Pantai Sedahan merupakan salah satu pantai berpasir putih di antara barisan pantai pantai indah Gunungkidul. Kepopuleran pantai ini terutama diperoleh dari bentangan Pasir pantai ini berwarna putih. Dan juga adanya dua tebing karang menjorok ke tengah laut, membentengi sisi kanan dan kiri pantai.


pantai sedahan
Pantai Sedahan. Image via: wisatakaka.com

Pengunjung dapat menuju ke puncak tebing karang. Menaikinya melalui jalan setapak yang.Dasar karang hanya terlihat saat ombak sedang surut. Kaki karang ini banyak di temui ganggang dan rumput laut. Pada waktu-waktu tertentu rumput laut yang ada dipanen oleh para petani sekitar untuk dijual ke pengepul dan sebagian digunakan sebagai lauk makan.

Pantai Sedahan pada awalnya mulai ramai digunakan sebagai lokasi memancing. Baik oleh masyarakat sekitar ataupun penghobi memancing dari luar daerah. Namun lama kelamaan pantai ini mulai favorit dijadikan sebagai lokasi camping atau berkemah para anak muda.

Pemilihan pantai ini untuk lokasi camping, karena kondisi yang masih sepi. Tidak seperti pantai populer lain di sebelah barat yang terlalu ramai untuk camping. Para penghobi camping mencoba mencari area pantai lain ke arah timur. Sampailah pencarian mereka itu di Pantai ini.

Lokasi Pantai Sedahan

Alamat Pantai Sedahan tepatnya berada di Desa Jepitu, Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Pantai Sedahan mudah untuk dicapai, namun sekitar satu setengah kilometer sebelum pantai terdapat jalan tanah yang berbatu. Saat pengunjung sampai di parkiran, pengunjung Mesti jalan kaki lagi kurang lebih 30 menit. Dari Kota Jogjakarta, lama perjalanan sekitar  2 jam.

camping
Camping di pantai Sedahan. Image via: alodiatour.com

Baca juga: info tempat wisata di Yogyakarta yang populer

Rute Menuju Pantai Sedahan

Rute menuju Pantai Sedahan tergolong mudah dijangkau. Jika mulai dari pusat Kota Yogyakarta ke arah timur melewati Jalan KH. Ahmad Dahlan menuju Jalan Panembahan Senopati 9. Sampai di perempatan ke arah selatan melewati Jalan Brigjen Katamso, lalu lurut terus sampai di perempatan ke arah timur melewati Jalan Kolonel Sugiyono.

Sampai di pertigaan ke arah selatan melewati Jalan Sisingamangaraja, kemudian lurus terus menuju Jalan Imogiri Barat. Sampai di pertigaan ke arah timur melewati Jalan bakulan Imogiri, sampai dipertigaan ke arah barat melewati Jalan Imogiri Siluk lalu jalan terus melewati Jalan Siluk Panggang, lalu jalan terus mengikuti Jalan Siluk Panggang.

Di pertigaan ke arah timur melewati Jalan Raya Panggang Wonosari, lalu jalan terus menuju Jalan Pantai Sel. Jawa. Sampai di pertigaan ke arah selatan kemudian lurus terus ke Jalan Wediombo Jungwok, terus lurus ke Jalan Pantai Jungwok. Ikuti terus Jalan Pantai Jungwok hingga sampai di Pantai Sedahan.

Jarak dari pusat Kota Yogyakarta ke ini cukup jauh yaitu sekitar 85 Kilometer. Waktu tempuh normal kendaraan bermotor dari pusat Kota Jogja menuju Pantai sekitar 2 jam .

jalan jalan di pasir
Jalan jalan di pasir. Image via: asmarainjogja.id

Jam Buka Pantai Sedahan

Pantai ini terbuka untuk kegiatan wisata 24 jam sehari. Pelayanan 24 jam ini karena pantai selain digunakan aktivitas wisata siang hari, juga ada aktivitas camping.

Tiket Pantai Sedahan

Harga tiket retribusi masuk ke Pantai ini relatif terjangkau. Pengunjung hanya dikenakan biaya RP 5.000.

Sedangkan untuk biaya parkir di Pantai pengunjung dikenakan biaya yaitu Rp 3.000 untuk sepeda motor dan Rp 5.000 untuk mobil.

Jika pengunjung memutuskan untuk menginap, per-tenda ada retribusi Rp10.000.

Fasilitas Pantai Sedahan Gunungkidul

Mirip dengan kondisi fasilitas wisata pantai lain di Jogja, Pantai Sedahan juga menyediakan berbagai fasilitas. Fasilitas di Pantai  antara lain toilet nyaman, kamar mandi, mushola dan lain sebagainya.

Di pantai juga tersedia fasilitas persewaan tenda camping. Selain itu, pantai ini juga memiliki warung-warung makan yang menyediakan menu yang lumayan lengkap.

Pantai yang asri dan alami
Pantai yang asri dan alami. Image via: wisatakaka.com

Daya Tarik Wisata Pantai Sedahan

  1. Bukit Karang

Keunikan yang paling menonjol dari pantai ini, tentu adalah keberadaan bukit karang yang indah. 2 bukit karang yang bagaikan penjaga, yang kokoh menjaga sisi kanan dan kiri pantai. Bukit ini sering did aki oleh pengunjung. Dari puncak karang, pengujung juga bisa melihat keindahan alam di sekitar pantai ini dengan lebih leluasa.

Jalan pendakian ke puncak bukit tidak memiliki jalan yang mulus. Sebenarnya jalur nya cukup riskan untuk para pengunjung. Namun hal tersebut justru menjadi sebuah daya tarik sendiri, karena dianggap sebuah tantangan. Apalagi buat pengunjung yang memang suka dengan rintangan alam. Bagi pengunjung berjiwa muda dan juga berjiwa petualang yang tinggi, ini merupakan tempat tujuan yang tepat.

Dari atas bukit, pengunjung dapat memperoleh pemandangan pantai dari sudut pandang yang berbeda. Tentu saja dengan jangkauan pandang yang lebih luas. Dari atas bukit ini, pengunjung juga bisa menyadari kalau Pantai Sedahan memiliki sebuah kondisi alam yang bersih. Juga lebih bisa menyadari bahwa pantai ini nyaman untuk bisa berlama-lama di sana.

di antara 2 bukit
Diantara 2 bukit. Image via: nusaku.id
  1. Lokasi Camping

Camping di pantai memang tengah digandrungi oleh para muda. Selain bisa menikmati suasana pantai seharian, pengunjung juga tak perlu jauh-jauh mencari hotel lagi jika sudah mendirikan tenda di lokasi wisata.

Di pantai Sedahan para pengunjung dapat melakukan camping menghabiskan malam bersama teman maupun keluarga kecil. Pengunjung juga dapat berfoto sepuas nya dengan latar belakang pantai yang sangat indah. Tetapi untuk peralatan camping para pengunjung harus menyediakan sendiri karena disini belum ada fasilitas untuk penyewaan peralatan camping.

Pengunjung bisa mendirikan tenda di atas pasir putih di bibir pantai. Lokasi tenda cukup aman dari jangkauan ombak. Ombak di lokasi pantai sedahan ini cukup tenang. Hal ini lantaran adanya dua bukit hijau yang berada di tengah pantai. Bibir pantainya sendiri berbentuk seperti teluk dengan dipenuhi pasir putih yang cukup luas.

Di pantai sedahan belum ada warung ataupun sumber air. Jadi ketika ingin camping di pantai ini, pastikan membawa logistik yang cukup.

  1. Lokasi memancing

Spot-memancing-
Mancing di Pantai Sedahan. Image via: sahabatmancing.com

Selain menyuguhkan pemandangan yang indah, pantai Sedahan ini juga dikenal oleh banyak orang sebagai lokasi memancing yang menyenangkan. Banyak pengunjung yang menyempatkan datang jauh-jauh hanya untuk memancing ikan di Pantai ini.

Di pantai ini biasanya memancing bisa di lakukan di bukit karang sisi timur pantai. Namun memancing disini harus selalu waspada karena ombak besar sewaktu-waktu datang. Memancing di pantai ini harus sangat berhati-hati, terutama jika hujan. Saat hujan turun, karang bisa menjadi sangat licin bagi para pemancing.

Tantangan tersendiri memancing di lokasi ini adalah sering sekali pancing nyangkut di batu karang. Namun walau demikian, lokasi ini tetap digemari mancing mania. Hal itu karena sering di jumpai ikan-ikan yang cukup besar.

Satu hal yang perlu diperhatikan saat memancing di lokasi ini, ada baiknya untuk membawa perbekalan yang cukup. Karena mengingat belum terlalu banyak fasilitas seperti warung di pantai ini.

Memancing selain hobi kita juga bisa merefresh pikiran, setelah setiap hari menghadapi rutinitas pekerjaan. Di pantai ini juga selain bisa memancing, di kala rumput laut sedang panen pengunjung bisa juga menikmati sensasi makan rumput laut langsung dari laut. Namun untuk mengambil sendiri cukup beresiko, karena harus masuk dalam air laut ketika surut.

camping bareng
Camping bareng. Image via: jejakpiknik.com
  1. Pantai Pendaratan Penyu

Kondisi laut di Pantai Sedahan sangat bersih dan bening. Bahkan Pengunjung dapat melihat ikan-ikan yang sedang menari dari permukaan. Pantai Sedahan juga sering dijadikan tempat bertelurnya penyu. Hal inilah yang juga menjadi keistimewaan tersendiri di pantai ini. Beberapa penyu langka ada yang bertelur di tempat ini dan menjadi daya tarik bagi wisatawan untuk datang ke Pantai Sedahan.

  1. Sunset dan Sunrise

Destinasi ini cocok untuk Anda kunjungi. Jangan lewatkan untuk berburu sunsetnya dari atas tebing.

Pantai Sedahan memiliki tebing karang di sekeliling dan agak menjorok ke tengah laut. Bahkan dari sini, pengunjung dapat menyaksikan sunset yang indah. Pemandangannya terlihat eksotis.

Tips Mengunjungi Pantai Sedahan.

Saat mengunjungi pantai ii ada hal yang harus diingat. Yakni, pengunjung mesti jalan kaki sekitar 30 menit sebelum mencapai Pantai. Untuk itu harus dipersiapkan agar hal itu tidak menjadi halangan dan merepotkan. Beberapa hal yang bisa dicatat meliputi:

  • Pastikan tangki bensin kendaraan penuh, karena jarak yang lumayan jauh. Dan terpenting tidak adanya SPBU di sekitar lokasi.
  • Persiapkan bekal makanan dan minuman, mengingat pantai ini belum ada dagang yang memadai.
  • Masak-masak selama beach camping tentu aktivitas yang asik untuk dikenang. Persiapkan bahan bumbu yang perlu, dan semua peralatan yang penting.
  • Pakai sepatu dengan soal datar. Juga siapkan alas kaki ke dua berupa sandal untuk jalan-jalan di atas pasir pantai.
  • Persiapkan ponsel, kamera dan power bank full-charged.
nikmati kesendrian
Menikmati kesendirian. Image via: phinemo.com

Objek Wisata Dekat Pantai Sedahan

Pantai Sedahan merupakan kawasan pantai berpasir putih di sebelah timur Pantai Wediombo dan berdekatan dengan Pantai Greweng Gunungkidul.

Pantai Wediombo berada sekitar 1,5 km di sebelah barat pantai Sedahan. Jika ditempuh dengan jalan kai, hanya membutukan waktu sekitar 20 menit. Pantai Wediombo terkenal dengan hamparan pasir yang luas. Pantai ini memang memiliki lokasi yang luas dibanding pantai lainnya di satu kawasan. Pantai ini terletak di kawasan Jepitu, Girisubo, Gunungkidul.

Pantai Greweng berada sekitar 300 meter di sebelah barat pantai Sedahan. Ke dua pantai ini dipisahkan oleh tebing batu karang yang tinggi. Pantai Greweng memiliki karakter yang sama dengan pantai Sedahan. Yakni berbatas bukit karang dan berombak tenang. Karena kedua pantai ini berupa teluk.

Demikian pemaparan kami soal keseruan yang bisa diperoleh jika berwisata ke pantai Sedahan. Semoga bisa jadi refrensi dan jadi pegangan awal untuk mengeksplorasi lebih jauh keindahan pantai ini.

Pantai Sedahan, Pesona Pantai di Antara 2 Bukit Karang
4.7 (93.33%) 3 vote[s]

Baca juga:

Artikel lainnya:

Leave a Comment