Pantai Sekerat, Wisata Andalan Di Bengalon

Pantai Sekerat merupakan sebuah pantai cantik dengan hamparan pasir putih bersih nan lembut, serta hiasan nyiur yang melambai-lambai di tepian pantai.

Pantai ini masih sepi pengunjung, sehingga merupakan tempat yang tepat untuk menikmati alam dengan menenangkan diri.

Pantai yang terletak di Kabupaten Kutai Timur ini merupakan salah satu destinasi wisata keluarga yang selalu ramai dikunjungi apalagi jika weekend atau hari libur tiba.

pantai sekerat
pantai sekerat. google maps. sumber: iftihal Azzali

Simak juga: Wisata di Samarinda

Objek wisata Pantai Sekerat sempat ditutup pada pergantian tahun lalu, hal tersebut dimaksudkan untuk mencegah terjadinya penyebaran kasus Covid-19 semakin meluas.

Namun saat ini kamu sudah dapat menikmati keindahan Pantai Sekerat lagi, namun harus tetap mematuhi protokol kesehatan yang telah dianjurkan pemerintah, ya!

Lokasi dan Alamat Pantai Sekerat

Lokasi dan alamat Pantai Sekerat berada di Desa Sekerat, Kecamatan Bengalon, Kabupaten Kutai Timur, Kalimantan Timur.

Rute Menuju Pantai Sekerat

Rute menuju Pantai Sekerat jika berangkat dari Kota Samarinda akan menempuh perjalanan sekitar 250 km, namun jika mulai bergerak dari Sangatta (Ibukota Kutai Timur) sejauh 80 km.

Rute yang dapat kamu ambil dari Samarinda ialah dengan menuju Jl. Ahmad Yani menuju Tepian Langsat, setelah tiba di SPBU Simpang Perdau belok ke kanan menuju Jl. Mulawarman.

Ketika tiba di perempatan belok kanan ke arah Port Ling Road. Jalur yang ditempuh masih berupa tanah liat yang akan sangat menantang jika musim hujan tiba.

Jalannya cukup lebar, jika kamu membawa mobil pun ngga masalah. Hanya saja untuk menuju Pantai Sekerat ini masih belum ada akses angkutan umum, sehingga pengunjung diharuskan membawa kendaraan atau dengan menyewanya.

cantiknya alam di senja hari
cantiknya alam di senja hari. google maps. sumber: Yenny Setyawati

Jam Buka Pantai Sekerat

Jam operasional Pantai Sekerat belum ditetapkan secara resmi, itu artinya kamu dapat datang kapan saja. Karena Pantai Sekerat buka setiap hari dan selama 24 jam nonstop.

Tiket Pantai Sekerat

Begitu halnya dengan tiket masuk, belum ada tarif khusus untuk menikmati Pantai Sekerat alias gratis.

ciptakan keseruan bersama
ciptakan keseruan bersama. google maps. sumber: Dian Atika

Fasilitas Pantai Sekerat

Fasilitas yang ada di Pantai Sekerat diantaranya:

  • Tempat memakirkan kendaraan
  • Kamar mandi
  • Gazebo
  • Tempat duduk atau bangku pantai

Daya Tarik Pantai Sekerat

Pantai Sekerat layaknya seorang gadis yang sedang bersolek supaya menarik banyak pengunjung, dan menjadi wisata unggulan di Kabupaten Kutai Timur.

Berikut daya tarik yang dimiliki Pantai Sekerat:

1. Tenangnya Pantai Sekerat

deburan ombaknya tenang
deburan ombaknya tenang. google maps. sumber: Maulita Prygel

Simak juga: Pantai Klara

Arti kata Sekerat yakni pecahan, sepotong, atau sebagian. Entah apa sebabnya wilayah ini diberi nama Sekerat, pastilah ada sejarah atau kisah didalamnya.

Pantai Sekerat memiliki alam yang masih alami, hal tersebut dibuktikan dengan kehadiran pepohonan rindang yang berada di sekitar pantai.

Banyak pengunjung yang membawa serta anggota keluarga, untuk menghabiskan waktu bersama dengan piknik di sekitar pantai.

ramai pengunjung bermain tenangnya air
ramai pengunjung bermain tenangnya air. google maps. sumber: Rizki M

Gazebo-gazebo yang ada di sekitar pantai menjadi saksi akan hangatnya tawa keluarga ketika berkumpul bersama. Tak sedikit dari mereka yang menjadikan pantai ini sebagai tempat untuk menenangkan diri.

Lokasinya yang tenang dan damai membuat kamu dapat menghempaskan rasa penat dan lelah yang menggelayut dalam diri. Namun sangat disayangkan, di beberapa sudut pantai banyak dihiasi sampah.

Ya, masih banyak pengunjung yang tidak ikut menjaga keindahan serta kebersihan area pantai dengan meninggalkan begitu saja sampah yang mereka ciptakan.

2. Hamparan Pasir Putih Kecoklatan Yang Luas

memiliki hamparan pasir yang luas dan landai
memiliki hamparan pasir yang luas dan landai. google maps. sumber: Ady candra

Simak juga: Tanjung Bira.

Daya tarik Pantai Sekerat selanjutnya ialah hamparan pasirnya yang landai dan sangat luas. Anak-anak dapat dengan leluasa berlarian kesana kemari.

Dan tentu saja kegiatan bermain pasirnya akan menjadi lebih jauh menyenangkan. Jika berkunjung ke tempat wisata air pastilah kamu ingin bermain airnya bukan?

Pantai Sekerat memiliki deburan ombak yang cukup tenang, sehingga kamu dan anak-anak dapat dengan tenang bermain air lautnya. Duduk diatas hamparan pasir sambil menunggu deburan ombak yang datang dengan perlahan.

3. Hunting Foto Seru dan Bagus

spot foto favorit
spot foto favorit. google maps. sumber: Suci Pertiwie

Simak juga: Rusa Ranca Upas

Saat ini budaya selfie sudah menjadi sebuah keharusan ketika kamu berada di sebuah tempat yang layak untuk diabadikan.

Demikian halnya dengan Pantai Sekerat, disini ada beberapa spot yang sering digunakan wisatawan untuk berfoto. Diantaranya yakni:

  • Landmark yang bertuliskan Pantai Sekerat
  • Sebuah ayunan
  • Spot layaknya sebuah jendela atau pintu yang diatasnya bertuliskan Pantai Sekerat
  • Dan yang terakhir ialah keindahan pantai itu sendiri apalagi ketika pergantian hari

Penginapan

Kondisi di sekitar pantai masih sangat alami, sehingga untuk penginapan sendiri dapat ditemukan sekitar lebih dari 30 km jauhnya dari Pantai Sekerat.

Karena memiliki kondisi pasir yang cukup luas dan landai sepertinya kegiatan berkemah dan mendirikan tenda diatas pasirnya dapat kamu lakukan.


Tinggalkan komentar