Pantai Semeti, Karang Kryptonite di Pulau Seribu Mesjid

Keindahan Pantai Semeti bahkan telah disejajarkan dengan nama-nama pantai terkenal di dunia. Bahkan, dalam daftar sepuluh pantai tercantik Lonely Planet, nama pantai ini pernah bersanding dengan pantai-pantai lain di Kepulauan Bahama, Hawaii, dan Karibia.


Pantai Semeti Lombok tampil unik dnegans trtur batu karang pantai yang membentuk kolom bagaikan kristal raksasa
Pantai Semeti. Image via: gotravelaindonesia.com

Tak heran sebenarnya, karena Pulau Lombok sendiri telah termasuk dalam lima pulau paling baik sebagai destinasi wisata di Asia. Karena itu, kekayaan pesona alamnya jelas bisa disejajarkan dengan titik-titik wisata legendaris lainnya di dunia.

Suasana pantainya begitu sepi dan tidak ada penduduk yang tinggal di tepi pantai. Satu-satunya bangunan yang ada di areal pantai adalah sebuah pondok atau gazebo. Pantai indah dan unik ini dikenal dengan nama Pantai Semeti.

Pada saat tiba di lokasi pantai, Anda akan langsung disambut dengan bentangan pasir putih yang begitu bersih. Biru kehijauan air laut di pantai ini tampak bergelombang membasuh pasir pantai dan menghantam batu karang di tepi pantai.

pantai Semeti, selain emmeiliki karang yang idnah juga memilki hamparan pasir putih yang datar dan luas
Pasir Pantai Semeti. Image via: rizalzalu

Simak juga: 12 objek indah di lombok.

Lokasi Pantai Semeti

Pantai instagramable yang mengingatkan pada pantai gigi hiu lampung ini berada di Jl. Pantai Mawi, Selong Belanak, Praya Barat, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat.

Lokasi Pantai Semeti berada di Lombok Tengah, yang tidak terlalu jauh dari Pantai Kuta atau Pantai Mawun. Untuk mencapai pantai ini, Anda harus mengalokasikan waktu sekitar dua jam perjalanan dari pusat kota Mataram.

Rute Menuju Pantai Semeti

Perjalanan yang ditempuh akan agak berat karena di akhir dari rute menuju pantai, harus melalui jalanan tanah yang masih belum layak tempuh.

Dari Mataram, ambil Jalan Aneka Raya dan carilah jalan menuju Jalan Bypass Bandara International Lombok. Lanjutkan perjalanan di jalan ini hingga sekitar 17 kilometer, lalu ambil belokan kiri menuju Jalan Raya Mandalika.

pemandangan sunset di pantai semeti terasa mistis dnegan batu karangnya yang eksotis
Pantai Semeti. Image via: kintamani.id

Kemudian, berbelok kanan menuju Jalan Selong Belanak dan teruskan perjalanan Anda di jalan ini hingga sejauh 18 kilometer. Hingga mencapai pantai Seloang Beranak. Pantai Semeti terletak 10 menit jauhnya dari Pantai Selong Belanak.

Ikuti jalur ke kanan pada plang ke Pantai Mawi dan setelah satu kilometer jalanan berbatu, beloklah kiri menuju pantai Semeti.

Jam Buka Pantai Semeti

Pantai ini terbuka 24 jam sehari untuk dikunjungi . Namun demikian tidak disarankan untuk datang berkunjung saat malam hari. Kondisi pantai yang berbatu karang dengan penerangan yang tidak menyeluruh, beresiko pada pengunjung.

Tiket Pantai Semeti

Untuk masuk ke pantai Semeti pengunjung dikenai retribusi sebesar Rp 5.000 jika membawa kendaraan roda dua, dan Rp 10.000 jika membawa kendaraan roda empat.

Sedangkan bagi turis asing, biasanya mereka akan dimintai retribusi sebesar Rp10.000 untuk kendaraan roda dua dan Rp 20.000 jika membawa kendaraan roda empat.

Pantai semeti sering digunakan lokasi pemotretan, karena lokasinya yang indah
Kuikat Janji di Semeti. Image via: @_mrizalp

SImak juga: Pantai Tebing lombok

Fasilitas Pantai Semeti

Pantai ini tergolong baru dan tidak banyak dikunjungi. Sehingga, fasilitas yang ada di pantai masih sangat minim. Saat sampai di bibir pantai, pengunjung bisa menemukan tempat parkir beratap daun pandan/nipah dan bale-bale atau gazebo.

Walaupun dengan fasilitas sangat minim, namun masih bisa ditemukan penjaja makanan dan minuman ringan di sekitar pantai. Jadi minimal selama menikmati keindahan pantai tidak akan kelaparan dan kehausan.

Aktivitas Menarik di Pantai Semeti

Perjalanan yang berliku bahkan melalui jalan tanah, tidak akan sia-sia ketika tiba di pantai Semeti. Keheningan dan suasana alami akan menyambut pengunjung. Area pantai yang bahkan sepi dari jamahan manusia dikarenakan tidak adanya pemukiman warga.

Pengunjung akan merasa bagaikan berada di serpihan surga tersembunyi yang jauh dari hiruk-pikuk kehidupan kota dan segala kerumitan yang menyertai. Berikut ini coba kami deskripsikan 3 daya tarik dari pantai Semeti.

  1. Tebing Kryptonite

Tebing Kristal Kriptonite pantai semeti menantang untuk didaki. Panorama dari atas tebing ini lebih indah dari pada dari tepi pantai
Mendaki Tebing Kryptonite . Image via: lomboktourplus.com

Memasuki wilayah Pantai Semeti di Lombok, suasana pemandangan yang benar-benar indah bakal langsung terasa. Bahkan, Anda bakal merasakan suasana seperti berada di planet lain. Suasana tersebut bisa Anda saksikan ketika melihat keberadaan batu karang berlapis yang ada di perairan sekitar Pantai.

Batu karang yang ada di area sekitar pantai, memiliki struktur yang berlapis dan meruncing. Struktur berlapis yang ada pada batu karang di pantai ini membuatnya seolah-olah suasana di Planet Krypton dalam film Superman. Oleh karena itu, tak heran kalau ada sebutan lain, yakni Pantai Krypton yang disematkan pada Pantai Semeti Lombok.

Batu karang ini mengingatkan pada pantai gigi hiu di lampung. Namun tekstur batu di sini berbeda. Batu karang disini membentuk tonggak– tonggak seperti berbentuk kolom-kolom yang tumbuh dari bawah dalam bentuk kristal. Sementara karang di Gigi hiu random dan tidak punya pola tertentu.

Jika bermain dan naik ke batu karang di sekitar pantai, yang pengunjung perlu perhatikan adalah warna batu karang dan batas air laut. Jika batu karang berwarna kecoklatan itu merupakan batas deburan ombak.

  1. Aquarium Laut

Aquarium laut pantai semeti terbentuk dari sisa ombak yang terjebak dalam cekungan batuan karang pantai
Aquarium PAmtai Semeti. Image via: caderabdul

Simak juga: Pantai Karang Bolong

Pantai Semeti juga terkenal karena akuarium-akuarium alamnya yang membuat takjub. Bukan terbuat dari kaca, akuarium ini terjadi secara alami karena adanya cekungan pada batuan.

Akuarium-akuarium alam tersebut berada pada cekungan karang-karang pantai tempat habitat kumpulan terumbu alam warna-warni dan ikan-ikan cantik yang berenang ke sana ke mari. Jernih airnya membuat keindahan tersebut jelas teramati. Ketika ada ombak besar menghantam, cekungan-cekungan akuarium tersebut akan dibanjiri dengan air laut.

Kemudian, buih putih ombak laut tersebut akan menyelip keluar dari celah-celah karang kembali mundur ke samudera. Begitu buih-buih putih air laut tersebut menghilang, kejernihan panorama  akuarium alam Pantai Semeti akan kembali bersama tenangnya air.

Akuarium-akuarium tersebut terlihat berwarna-warni dari kejauhan karena terumbu karang hidup yang mendiaminya. Biota laut yang kaya dan sehat adalah anugerah alam yang bisa dengan bebas kita nikmati dan foto di pantai ini.

  1. Pantai yang Indah

Pantai semeti memiliki pasir merica yang cukup luas
Pasir Merica Semeti. Image via: caderabdul

Pasir di Pantai Semeti halus seperti pasir dipantai lainnya, tapi pasir di dekat parkiran kasar seperti butiran merica, tapi pasirnya ini lebih halus kalau di bandingkan dengan pasir di Pantai Kuta Lombok.

Air laut disini sangat jernih di saat pasang ataupun surut. Saat air laut surut, pengunjung bisa melihat bebatuan berserakan yang lumayan besar menghadap ke arah laut.

Jika ingin menikmati pemandangan yang lebih luar biasa menakjubkan, pengunjung dapat naik ke beberapa bukit yang ada disekitar Pantai Semeti. Melalui atas bukit ini pengunjung bisa menyaksikan pemandangan lebih luas dan bebas dengan pemandangan nya yang begitu indah. Disepanjang garis Pantai, pengunjung dapat melihat debur ombak yang tak henti – henti menghantam batu karang.

Selain menikmati panorama alam dan keindahan pantainya, menikmati pantai semeti bisa dilakukan dengan kegiatan memancing di pantai. Banyak penduduk setempat atau pun pengunjung yang berkunjung sengaja untuk memancing di pinggir pantai sembari menikmati suasana pantai.

Gazebo Pantao Semeti dengan atap nipah alami, berserak di tepai pantai untuk tempat istirahat meupun duduk menikmati pemandangan pantai
Gazebo Beratap Nipah Pantai Semeti. Image via: Nobu Otani

Simak juga: Pantai Karang Tawulan

Tips Mengunjungi Pantai Semeti

Berikut beberapa Saran yang bisa kami berikan untuk calon pengunjung pantai Semeti, agar bisa menikmati pantai dengan maksimal.

  • Membawa bekal dari rumah.

Anda harus membawa bekal dari rumah untuk makanan dan minuman karena belum adanya pedagang yang berjualan di sekitar pantai dan ingat untuk selalu menjaga kebersihan pantai.

  • Gunakan pelindung

Pemakaian topi, kacamata dan sunblock untuk melindungi Anda dari panas nya sinar matahari.

  • Pakaian ganti

Ingat untuk membawa pakaian ganti. Kalau sampai lupa maka akan rugi besar karena tidak bisa berenang menikmati pantai ini.

  • Bawa Power Bank

Inget untuk membawa kamera untuk mengabadikan panorama Pantai Semeti yang indah. Sebaiknay sekalian baterai cadangana tau power bank untuk HP.

  • Singgahi Desa Sade

Tak jauh dari Pantai Semeti ada sebuah desa yang bisa Anda kunjungi untuk melihat kehidupan Suku Sasak Lombok dan belajar menenun adalah Desa Sade.

di puncak karang Kryptonite pantai semeti memebrikan pandanganpanorama yang luas dan indah. juga cantik untuk lokais pegambilan foto
Di puncak Kryptonite. Image via: pesona.travel

Objek Wisata Dekat Pantai Semeti

Seperti juga sisi barat laut pulau yang penuh dengan pantai indah macam Senggigi, sisi selatan pulau juga tidak kalah koleksi pantai yang indah. Tidak seberapa jauh di sebelah utara pantai Semeti, kurang dari 6 km terdapat pantai Selong Belanak. Pantai ini terkenal karena keindahan dan keasriannya serta kebersihan area pantai. Pantai ini memiliki garis pantai yang melengkung seperti bulan sabit. Dengan beberapa bukit di bagian ujung sabit.

Sedikit agak jauh ke timur, dalam jarah 20 km terdapat pantai legendaris Kuta beach Lombok. Walau belum sepopuler Kuta Bali, pantai indah ini memiliki hamparan pasir yang lebih bersih dan putih. Serta garis pantai yang lebih bergelombang, dengan jajaran terumbu karang yang sehat. Sehingga menyuguhkan kepada Anda pemandangan yang romantis nan menakjubkan.

Demikian ulasan singkat mengenai Pantai ini yang dapat kami susun. Sangat menarik bukan?. Buat kalian yang masih bingung mencari tempat wisata di saat liburan mendatang, coba alternatif menarik dengan mengunjungi Pantai indah di Lombok. Nikmati indahnya hamparan pasir dan batuan karang laut unik Pantai Semeti.

Baca juga:

Artikel lainnya:

Leave a Comment