Pantai Semeti, Geowisata Indah Di Lombok Tengah

Pantai Semeti ialah sebuah pantai yang ada di Pulau Lombok yang memiliki keunikan tersendiri. Jika kamu searching di google Pantai Semeti, maka yang muncul ialah Pantai Mawi.

Karena memang Pantai Semeti ini berada di Jl. Pantai Mawi. Keunikan pantai Lombok yang satu ini ialah dengan keberadaan dari batu karang yang memanjang dan bertumpuk sehingga membentuk tebing-tebing.

Batuan karang tersebut biasa disebut dengan Karang Kryptonite, yakni sebuah batu yang ada di cerita fiksi Superman yang mampu melemahkan kekuatan sang pahlawan.

batuan kryptonite
batuan kryptonite. google maps. sumber: Amin Adullah

Simak juga: 12 objek indah di lombok.

Dengan keunikan itulah akhirnya pantai ini selalu dikunjungi wisatawan yang hendak melihat secara langsung keunikan dan keindahan dari Pantai Semeti.

Berikut ini gambaran mengenai Pantai Semeti yang semakin viral didunia maya:

Lokasi & Alamat Pantai Semeti

Alamat Pantai Semeti Lombok ini terletak di Jl. Pantai Mawi, Selong Belanak, Praya Barat, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat.

Lokasinya berada tak begitu jauh dari Pantai Kuta Lombok dan Pantai Mawun.

pasirnya lembut
pasirnya lembut. google maps. sumber: Danang Priambodo

Rute Menuju Pantai Semeti

Rute atau perjalanan menuju Pantai Semeti jika dimulai dari Mataram, akan menempuh perjalanan kira-kira selama 1,5 hingga 2 jam lamanya.

Dengan mengarahkan kendaraan menuju Jl. Aneka Raya kemudian ke Jl. Bypass Bandara Internasional Lombok. Ketika menemukan persimpangan jalan, belok ke kiri untuk menuju Jl, Raya Mandalika.

Dilanjutkan dengan belok kanan menuju Jl. Selong Belanak, lokasi Pantai Semeti sekitar 10 menit dari Pantai Selong Belanak.

Tetaplah berada di jalur menuju Pantai Mawi, karena memang satu arah. Yang perlu kamu ingat ialah lebih baik menggunakan kendaraan mobil yang cukup tinggi, karena jalurnya cukup berbatu.

Jika menggunakan motor pun, sebaiknya hindari penggunaan motor matic. Jalur menuju Pantai Semeti masih belum mendapatkan perhatian dari Pemerintah.

Jam Buka Pantai Semeti

Jam operasional Pantai Semeti ini dibuka selama 24 jam sehari, 7 hari seminggu. Namun karena masih kurangnya penerangan di sepanjang jalan dan pantainya, lebih baik hindari datang terlalu sore.

pantai semeti lombok
pantai semeti lombok. google maps. sumber: Gabor Kristofcsak

Simak juga: Pantai Tebing lombok

Tiket Masuk dan Parkir Pantai Semeti

Biaya retribusi yang harus kamu bayar di Pantai Semeti, yakni:

  • Tiket masuk wisatawan domestik sebesar Rp. 5.000,- jika datang menggunakan kendaraan roda dua dan Rp. 10.000,- jika membawa mobil.
  • Tiket masuk turis mancanegara jika datang menggunakan kendaraan motor dengan membayar Rp. 10.000,- dan Rp. 20.000 jika membawa mobil.

Fasilitas Pantai Semeti

Fasilitas yang ada di Pantai Semeti masih sangat minim, mungkin hal tersebut dikarenakan pantai ini belum seramai Pantai Mawun atau pantai lain yang ada di Lombok.

Fasilitas yang ada seperti:

  • Saung-saung sederhana
  • Warung makanan dan minuman

Ragam Wisata Seru di Pantai Semeti

Perjalanan yang cukup menguras tenaga memang tak pernah sia-sia, setibanya kamu di Pantai Semeti rasa takjub dan kagum semakin menggunung.

Berikut beberapa ragam wisata seru yang dapat kamu lakukan ketika berada di Pantai Semeti, yakni:

1.  Menikmati Suasana Pantai

menikmati alam
menikmati alam. google maps. sumber: Lalu Darussalam

Simak juga: Pantai Karang Bolong

Dulunya Pantai Semeti belum banyak yang tahu, dan dengan adanya media sosial pantai ini mulai dilirik wisatawan sebagai salah satu destinasi wisata pantai di Lombok.

Pantai Semeti sungguh unik karena di sekitarnya terdapat beberapa bukit dan tebing seakan berfungsi sebagai pemecah ombak yang datang.

Pantai ini memiliki hamparan pasir putih yang berkilau jika terkena sinar sang mentari, tak sedikit turis mancanegara yang berjemur diatas pasirnya.

Keadaan yang tak terlalu ramai merupakan daya tarik selanjutnya, sehingga kamu dapat menenangkan diri ketika berada di Pantai Semeti.

Mendengar deburan ombak sambil menyaksikan panorama alam yang indah merupakan treatment jiwa yang mujarab untuk membangkitkan kembali semangat,.

2. Memanjat Tebing Kryptonite

memanjat tebing kryptonite
memanjat tebing kryptonite. google maps. sumber: Nabila Putri Az

Simak juga: Pantai Karang Tawulan

Telah disebutkan di awal bahwa di Pantai Semeti terdapat batuan karang yang biasa disebut dengan batu Kryptonite. Kehadirannya merupakan magnet yang cukup besar dalam menarik wisatawan untuk datang ke pantai ini.

Dan kamu bisa mendaki tebing batunya untuk melihat lebih jelas keindahan Pantai Semeti dari ketinggian. Namun haruslah berhati-hati, karena batuannya cukup tajam.

Kehadiran batu karang tersebut, hampir mirip dengan yang ada di Pantai Gigi Hiu, Lampung. Bedanya ialah jika di Pantai Semeti membentuk tonggak-tonggak layaknya kolom yang tumbuh dari bawah untuk kemudian membentuk seperti kristal. Sedangkan di Pantai Gigi Hiu tak membentuk pola apapun.

Menurut ahli geologi batuan tersebut merupakan batuan lava dengan struktur rekahan meniang atau columnar joint, yang berasal dari gunung api purba sekitar 20 juta tahun yang lalu.

Sehingga bukan sebuah khayalan jika Pantai Semeti layak untuk menjadi geowisata, yakni objek wisata yang berbasis geologi yang harus kita jaga dan rawat bersama.

3. Hunting Foto-Foto Kece

suasana sunset di pantai semeti
suasana sunset di pantai semeti. google maps. sumber: Jacky Linton

Tak sedikit dari wisatawan yang datang mengabadikan keindahan Pantai Semeti, khususnya ketika berada di tebing batu kryptonitenya.

Lokasi pantai yang satu ini juga sering digunakan untuk lokasi poto prawedding ataupun kegiatan photo shoot lainnya.

Kisah Mistis Di Pantai Semeti

Selain memiliki keindahan alam yang mengagumkan, ternyata Pantai Semeti juga menyimpan kisah mistis yang tak kasat mata.

Pernah ada satu kejadian buruk menimpa wisatawan yang sedang berkunjung, wisatawan tersebut awalnya berada di pinggiran pantainya, namun entah apa yang terjadi hingga akhirnya dia tertarik ke tengah lautan.

Kawan-kawannya meminta bantuan warga sekitar untuk mencari si korban, dan warga meyakini bahwa ada hal gaib dibalik peristiwa tersebut.

banyak bukit dan tebing
banyak bukit dan tebing. google maps. sumber: Iwan Latu

Kemudian warga sekitar menggunakan sesajen dan tembakau untuk mengeluarkan si korban, dan korban pun muncul ke permukaan namun sudah dalam keadaan tak bernyawa.

Entah apa yang sebenarnya terjadi, namun memang sebaiknya kita harus menghormati adat istiadat atau kepercayaan yang ada di tempat yang kita kunjungi.

Penutup

Pantai Semeti dapat menjadi pilihan destinasi wisata pantai ketika berada di Lombok, rasakanlah sensasi seperti berada di planet lain ketika berada di batuan karangnya.


Tinggalkan komentar