Pantai Senggigi, Panorama Pantai Indah Di Lombok Barat

Pantai Senggigi merupakan sebuah pantai yang berada di Lombok Barat, yang memiliki panorama pantai yang sangat indah.

Pantai ini selalu ramai dikunjungi wisatawan lokal maupun luar negeri. Pantai Senggigi berada di kawasan pantai berteluk dan memiliki garis pantai yang cukup panjang.

Lokasi Pantai Senggigi berdekatan dengan Pantai Batu Layar dan Pantai Batu Bolong, sehingga dapat dipastikan memiliki keindahan pantai yang tak dapat terelakkan lagi.

pantai senggigi
pantai senggigi. google maps. sumber: Dwi Suseno

Pantai Senggigi berhadapan langsung dengan Selat Lombok, dimana selat tersebut merupakan pembatas antara Pulau Bali dengan Pulau Lombok. Maka tak heran jika dari pantai ini kamu dapat melihat gagahnya Gunung Agung yang ada di Pulau Bali.

Nama Senggigi sendiri konon katanya diambil dari salah satu nama seorang putri yang dikisahkan dalam legenda cerita rakyat Lombok.

Berikut ini deskripsi tentang Pantai Senggigi serta pesona yang dimilikinya.

Lokasi Dan Alamat Pantai Senggigi

Lokasi Pantai Senggigi dekat dengan pusat kota Mataram, secara administratif berada di Jl. Raya Senggigi km 6-7, Kecamatan Batu Layar, Kabupaten Lombok, Nusa Tenggara Barat.

salah satu fasilitas di kila senggigi beach
salah satu fasilitas di kila senggigi beach. google maps. sumber: 池田恵子

Simak juga: daftar tempat wisata di Lombok

Rute Menuju Pantai Senggigi

Rute menuju Pantai Senggigi dari arah Bandara Internasional Lombok sekitar 51 km, jalan yang dilalui sudah beraspal dan juga mulus.

Pertama kamu akan melewati Bunderan Gerung Lombok Barat, kemudian arahkan kendaraanmu ke sebelah kiri. Lalu kamu akan melewati Tebolaq yakni sebuah jalan atau terowongan dengan design tudung nasi khas Lombok.

Tak jauh dari Tebolaq terdapat Bunderan Jalan Lingkar Mataram, tetaplah berada di kiri jalan. Lokasi Pantai Senggigi dari pusat kota Mataram sekitar 30 menit.

Cara menuju Pantai Senggigi sangat mudah, pantai ini sangat terkenal di Lombok sehingga kamu ngga akan menemui kesulitan yang berarti.

Tiket Masuk Pantai Senggigi

Harga tiket masuk Pantai Senggigi cukup membayar sebesar Rp. 15.000,- saja per orangnya.

Jam Buka Pantai Senggigi

Jam operasional Pantai Senggigi dibuka setiap hari Senin hingga Minggu, selama 24 jam nonstop.

memancing seru
memancing seru. google maps. sumber: satria emon

Baca juga: info seputar wisata Gili Trawangan

Fasilitas Pantai Senggigi

Pantai Senggigi mendapatkan perhatian khusus dari pemerintah setempat, sehingga fasilitas yang ada di sekitar pantai pun cukup lengkap. Yakni:

  • Area parkir kendaraan,
  • Toilet,
  • Cafe dan restoran,
  • Tempat penyewaan peralatan diving, surfing, dan memancing,
  • Penginapan, dan lain sebagainya.

Daya Tarik Pantai Senggigi

Pesona yang dimiliki Pantai Senggigi memang sudah tak dipungkiri lagi, sebelum pandemi covid-19 melanda dunia pantai ini selalu ramai dikunjungi wisatawan yang datang dari dalam ataupun luar negeri.

Suasana Pantai Senggigi saat ini memang tampak sepi, namun daya tariknya tetap saja memikat. Berikut beberapa daya tarik yang dimiliki Pantai Senggigi, Lombok:

1. Alam Yang Memikat

panorama alam di pantai senggigi
panorama alam di pantai senggigi. google maps. sumber: Siswana Purwadi

Pantai Senggigi memiliki garis pantai yang cukup panjang, sebagian bibir pantainya ada yang dipenuhi bebatuan ada pula yang memiliki hamparan pasir putih yang lembut.

Air lautnya terlihat tenang, dengan warna biru yang dominan. Selain itu airnya cukup jernih sehingga terlihat dengan jelas terumbu karang yang menghiasi lautan.

Pintu masuk Pantai Senggigi dapat melalui beberapa tempat, dan pastinya akan menampilkan pemandangan yang berbeda namun tetap seragam.

Keadaan pantai akan semakin cantik tatkala sore hari, dimana langit mulai berubah menjadi jingga dan matahari siap-siap kembali ke peraduannya.

2. Aktivitas Seru Yang Beragam

bersantai di pantai senggigi
bersantai di pantai senggigi. google maps. sumber: Prima Wahyudi

Ketika berada di Pantai Senggigi, banyak ragam wisata seru dan menyenangkan yang dapat kamu lakukan diantaranya:

  • Berjemur dan bersantai,
  • Berenang dan bermain air,
  • Diving dan Snorkeling,
  • Surfing,
  • Memancing, dan
  • Bermain Speed Boat.

3. Fasilitas Yang Lengkap

kila senggigi beach lombok
kila senggigi beach lombok. google maps. sumber: Gen Tamura

Pantai Senggigi merupakan kawasan wisata bahari yang ramai dikunjungi wisatawan, disamping karena keindahan pantai yang dimiliki juga ditambah dengan akses yang sangat mudah.

Sampai-sampai pemerintah setempat pun memberikan perhatian yang lebih pada Pantai Senggigi ini. Sehingga menghadirkan fasilitas yang lengkap dan beragam, yang dapat memanjakan pengunjung atau wisatawan yang datang.

Di sekitar Pantai Senggigi terdapat beberapa resort atau penginapan yang memiliki beragam fasilitas di dalamnya. Misalnya saja Bar atau Mini Bar, Restoran, tempat untuk berolahraga, kolam renang dan lain sebagainya.

Beberapa penginapan yang ada di sekitar Pantai Senggigi diantaranya:

  • Kila Senggigi Beach Lombok,
  • Hotel Bumi Aditya,
  • Puri Senggigi Hotel,
  • Puri Mas Beach Reasort, dll.

Tinggalkan komentar