Review Pantai Senggigi, Pantai Terindah di Pulau Lombok

Pantai Senggigi, adalah suatu nama yang diambil dari Nama seorang Putri dalam legenda rakyat Lombok. Pantai ini merupakan suatu kawasan utama wisatawan di Lombok yang pengembangan dimulai di awal tahun 1980.


Di Senggigi pengunjung dapat menikmati sunset di tepi pantai dengan pemandangan yang tidak terlupakan dengan latar belakang Gunung Agung di Pulau Bali. Selepas sore, pengunjung dapat menikmati keindahan pantai Senggigi dari atas.

Pemandangan ini lebih sempurna lagi karena gemerlap sinar terpancar dari hotel-hotel yang menerpa bibir pantai. Suasana menjadi sempurna dengan sambil menikmati jagung bakar hangat yang tersaji secara tradisional.

Pantai Senggigi
Pantai Senggigi. Image via: tempatwisataseru.com

Di pagi hari wisatawan dapat melakukan perjalanan ke arah utara dengan kendaraan yang relative murah. Angkutan publik seperti  Cidomo, Bemo dan jasa sewaan, dapat dipakai  untuk menyusuri bibir pantai. Pantai nan elok dengan hamparan biru dan bening air laut serta terpaan semilir angin perbukitan di sekitar.

Lokasi Pantai Senggigi Lombok

Secara administratif, Pantai Senggigi ini berada pada Kecamatan Batu Layar,  Lombok Barat, NTB.

Pantai Senggigi 2
Pasir  pantai landai. Image via: @haja92

Simak juga: daftar tempat wisata di Lombok

Rute Menuju Pantai Senggigi NTB

Rute perjalanan ke Pantai Senggigi Lombok dapat ditempuh dari Kota Mataram. Selama 30 sampai dengan 50 menit dari Bandara Mataram. Jika menggunakan angkutan umum dari Kota Mataram, bisa menaiki angkutan jurusan Sweta – Ampenan dengan biaya Rp 3.000/orang. Setelah tiba di Ampenan, lanjutkan dengan naik angkutan jurusan Ampenan – Senggigi dengan biaya  Rp 2.000/orang.

Saat tiba di kawasan Senggigi, tinggal berjalan kaki sekitar 3 menit untuk dapat tiba di pantai Senggigi. Ketika berjalan kaki, pengunjung akan menjumpai banyak Toko dan warung makanan serta penjual aneka buah tangan untuk oleh-oleh.

Tiket Pantai Senggigi

Untuk masuk ke Pantai ini, anda tidak harus mengeluarkan banyak biaya, karena cukup dengan membayar tiket masuk sebesar Rp.15.000 saja.

Jam Buka Pantai Senggigi

Jam operasional pantai Senggigi 24 jam. Hal ini dikarenakan selain lokasi wisata pada siang hari, lokasi hiburan di malam hari juga ada di sekitar pantai. Hal ini membuat pantai beroperasi 24 jam.

Fasilitas Pantai Senggigi

resort
Fasilitas Resort tepi pantai. @theluxuryasia

Pengunjung tidak perlu khawatir jika haus atau lapar saat berada di tempat wisata. Pantai Senggigi sudah menawarkan fasilitas yang lengkap baik dari segi penginapan, hotel, cafe, resto, pub, live music, bahkan diskotek.

Hotel di pantai Senggigi lombok dan akomodasi mulai dari melati, losmen dan berbintang. Mulai dari harga budget backpacker hingga luxury hotel dan pusat hiburan disajikan di area pantai Senggigi ini.

Baca juga: info seputar wisata Gili Trawangan

Keindahan Pantai Senggigi

Pesona alam Pantai Senggigi Lombok memang tak bisa pungkiri. Kawasan Pantai Senggigi berada di kawasan pantai-pantai teluk yang memiliki garis pantai yang cukup panjang. Pantai-pantai di sekitar Pantai Senggigi juga memiliki keindahan dan karakter yang berbeda-beda. Diantaranya adalah Pantai Batulayar, Pantai Batu Bolong dll. Semuanya dapat dinikmati saat berkunjung ke kawasan Pantai Senggigi Lombok Barat.

Di pagi hari, sinar mentari yang perlahan menyeruak muncul dari perbukitan akan menyapa siapa saja ada di hadapan nya. Jernih air laut dan pasir pantai yang memantulkan cahaya mentari akan terlihat begitu elok dan menarik hati siapa saja. Laut yang tenang, pesisir yang indah bak permata, segala pesona ini akan membius siapa saja yang melihat.

Ada berbagai kegiatan menarik yang bisa dilakukan untuk menikmati keindahan pantai Senggigi.

Sunset yang Indah

sunset
Sunset ber-latar Gunung Agung. Image via: merdeka.com

Keindahan sunset terkenal mampu mengalihkan pandangan seseorang. Bahkan tidak jarang para penikmat sunset akan berbondong-bondong ke lokasi yang cocok untuk menikmati sunset tersebut. Berburu sunset selalu menjadi kegiatan wisata yang menyenangkan dan menenangkan.

Saat Sunset, langit biru berubah menjadi jingga atau bahkan orange. Dengan bola mentari yang bulat indah dan perlahan tenggelam memberikan kesan yang menawan. Phenomena sunset menyadarkan manusia betapa kebesaran Tuhan yang menciptakan hal luar biasa itu.

Di Pantai Senggigi pengunjung akan mendapati Matahari terbenam dengan pemandangan yang lebih istimewa dibandingkan dengan matahari terbenam di Pantai pada umumnya. Hal khusus itu berupa pengunjung yang dapat melihat penampakan dari Gunung Agung yang ada di Bali yang terlihat seperti piramida hitam besar yang menjulang ke langit dan seakan-akan mengapung di lautan.

Snorkeling

snorkeling
Snorkeling tepi pantai. Image via: tempatwisatadilombok.com

Tidak sedikit di antara para traveler yang berkunjung ke pantai ini, sengaja menghabiskan waktu mereka dengan menikmati keindahan bawah laut melalui kegiatan snorkeling. Wisatawan bisa menyewa peralatan snorkeling dengan harga murah meriah.

Yang paling penting, pengunjung tidak perlu berenang terlalu ke tengah untuk bisa bersnorkeling ria. Karena di pinggir pantai saja, ikan-ikan warna-warni dengan aneka ragam ukuran serta bentuk, bisa kita saksikan langsung tanpa harus menyelam jauh ke dasar laut.

Tidak hanya ikan-ikan cantik yang menghiasi pemandangan bawah laut di tempat ini, melainkan terumbu karang dengan aneka rupa dan bentuk juga turut membuat suasana bawah laut di Senggigi semakin menarik. Kegiatan snorkeling terasa semakin sempurna karena air laut di Pantai Senggigi juga tergolong jernih. Sehingga, pengunjung leluasa dalam melihat.

Kondisi pantai yang landai dan dangkal serta ombak yang tidak besar, membuat siapapun bisa melakukan kegiatan snorkeling tanpa harus takut terseret ombak. Menurut penuturan pengunjung yang juga sudah mencoba spot snorkeling lain, di sini yang paling menakjubkan.

Surfing Pemula

surfing
Belajar Surfing. Image via: Nayaka Surf School

Surfing adalah kegiatan menarik yang bisa pengunjung lakukan ketika berwisata ke Pantai Senggigi. Bagi pengunjung yang tidak membawa peralatan surfing sendiri, tidak perlu khawatir, karena disini ada banyak surf shop yang menawarkan jasa sewa atau tempat membeli peralatan Surfing.

Senggigi dikenal sebagai salah satu tempat surfing para pemula dan bagi mereka-mereka yang ingin belajar. Bersama-sama dengan beberapa pantai di sekitarnya, seperti Pantai Jeeva dan Pantai Mangsit, Senggigi merupakan tempat favorit untuk belajar surfing. Di sini ada banyak instruktur surfing profesional yang siap berbagi ilmu.

Proses belajar surfing semakin menyenangkan karena ombak yang ada di pantai ini tidak terlalu tinggi. Rata-rata ombak di Pantai hanya mencapai ketinggian antara 0,5-1 meter. Kondisi ini sangat ideal bagi para pemula yang ingin belajar.

Belanja Oleh-Oleh

Usai menghabiskan waktu berlibur di Pantai Senggigi, tiba saatnya pulang. Tapi sebelum itu sebaiknya jangan lewatkan kesempatan untuk membawa buah tangan untuk keluarga atau kolega. Nah, Pasar Seni Senggigi merupakan pilihan tepat untuk membeli buah tangan.

Pantai Senggigi menyediakan banyak sekali toko pernak-pernik khas Lombok yang bisa dijadikan sebagai oleh-oleh khas Lombok untuk keluarga ataupun kerabat anda.

Bersantai dan Piknik

duduk duduk di pantai
Duduk-duduk di pantai. Image via: dilombok.com

Pantai Senggigi memiliki garis pantai yang cukup panjang. Pasir pantai yang bersih menjadi tempat yang cocok untuk bersantai menikmati pemandangan laut yang mungkin jarang kita dapati di daerah lain. Di beberapa titik juga terdapat pohon-pohon yang tumbuh cukup rimbun. Tentu saja tempat ini juga sangat cocok untuk aktifitas piknik keluarga. Namun jangan sekali-kali meninggalkan sampah bekas makanan yang dapat merusak dan mengotori pantai.

Berenang dan Berendam

Pantai Senggigi memiliki bentuk pantai layaknya teluk, air laut cukup tenang dengan ombak kecil yang menyapu pantai. Kondisi seperti ini sangat cocok bagi para pengunjung yang ingin berenang atau sekedar berendam serta bermain air di sekitar tepi pantai. Meskipun cukup aman untuk berenang, namun para wisatawan harus tetap berhati-hati karena terdapat batas wilayah untuk berenang.

Kuliner

Ayam taliwang
Ayam Taliwang+Plecing Kangkung. Image via: travelsafe-aca.com

Berwisata ke Pantai Senggigi bukan berarti membuat tak bisa menikmati makanan khas Lombok yang super enak. Di sekitar Pantai Senggigi pengunjung bisa menemukan banyak restoran dan warung-warung yang menjajakan masakan khas Lombok seperti: ayam taliwang, plecing kangkung, sate bulayak dan lain-lain.

Tidak ketinggalan juga restoran-restoran yang menawarkan cita-rasa lokal maupun mancanegara. Walau demikian sebagian besar restaurant yang ada di sana memang kebanyakan menjadikan seafood sebagai menu utama.

Di Senggigi, hampir setiap malam diadakan pesta. Lokasi nya pun selalu berpindah-pindah karena pesta tersebut diadakan secara bergiliran oleh bar-bar yang ada di sekitar pantai.

nelayan Senggigi
Nelayan Senggigi. Image via: gotravelaindonesia.com

Objek Wisata Dekat Pantai Senggigi

Pura Batu Bolong jaraknya sektar 10 menit daripantai Senggigi. Pura Batu Bolong merupakan sebuah Pura yang terletak di atas pulau karang seperti Tanah Lot di Bali, unik nya karang di sekitar Pura memiliki lubang di tengahnya, karena itu dinamakan Pura Batu Bolong.

Pasar Tradisional Mataram jaraknya sekitar 40 menit dari pantai Senggigi. Sesuai namanya, di pasar ini pengunjung bisa menemukan barang-barang tradisional khas Lombok, sangat cocok sebagai tempat memburu oleh-oleh di Lombok.

Demikian ulasan singkat tentang Pantai Senggigi yang dapat kami sampaikan. Bagi Anda yang ingin berwisata ke Pantai Senggigi, sendiri atau bersama dengan keluarga dan rekan, Segera lakukan niat itu. Dijamin anda tidak akan rugi mengisi waktu liburan dengan berwisata ke Pantai Senggigi.

Baca juga:

Artikel lainnya:

Leave a Comment