Pantai Soge, Pantai Indah di Tepi Jalur Lintas Selatan

Salah satu pantai yang ada di Pacitan adalah Pantai Soge. Selama ini Pacitan dikenal dengan Kota Seribu Goa. Teryata selain goa, kota yang berada di barat daya provinsi Jawa Timur ini, memiliki banyak sekali destinasi wisata yang bisa dikunjungi. Selain Goa, di Pacitan juga banyak terdapat pantai yang indah.


Pantai Soge
Pantai Soge. Image: ksmtour.com

Keberadaan Pantai Soge adalah bukti betapa luar biasanya keindahan Nusantara ini. Suasana pantai ini masih alami dan perawan. Air lautnya yang biru memesona hati saat memandangnya. Bahkan juga pemandangan disepanjang perjalanan menuju ke sana juga menawan hati.

Pantai sage memiliki banyak hal untuk dibanggakan. Mulai dari pasir pantai yang putih lembut. Juga diperkaya dengan ada nya danau air payau di bawah teduh naungan daun pohon kelapa. Danau yang nyaman dan bisa dinikmati dengan perahu wisata. Seakan belum cukup, keindahan ini disempurnakan lagi dengan muara sungai. Muara sungai yang meliuk sepanjang 150 meter membelah pasir pantai.

Lokasi Pantai Soge

Lokasi Pantai Soge secara Administratif terletak di Desa Sidomulyo, Kecamatan Ngadirojo/lorok. Jarak tempuh Pantai dari pusat Kota Pacitan kurang lebih 30 menit atau sekitar 24 KM.

Letak pantai yang strategis dengan infrastruktur jalan yang sudah memadai kendaraan besar seprti Bus pun bisa masuk ke area Pantai.

Sunset Pantai Soge.
Sunset Pantai Soge. Image Via: pacitanku.com

Rute Menuju Pantai Soge

Kondisi aspal jalan menuju pantai Soge terbilang mulus dan halus.

Rute Pantai Soge dari Solo dapat ditempuh dengan perjalanan darat selama kurang lebih 4 jam. Dengan jarak yang ditempuh dapat dibilang jauh, sekitar 150 km. Pengunjung akan tiba di tujuan dari arah barat.

Selain rute di atas, pengunjung juga dapat menuju kesana dengan mengikuti rute dari Ponorogo. Jarak dari ponorogo sendiri sekitar 70 km. Dengan rute ini akan tiba di pantai dari arah timur. Meskipun lebih dekat, akan tetapi diperlukan waktu yang cukup lama juga yaitu sekitar 2 jam.

Baik rute dari Solo maupun dari Ponorogo, jalan menuju Pantai Soge sama – sama berliku tajam. Jalan dihiasi dengan tanjakan dan turunan yang cukup curam. Jadi, berhati – hati lah sepanjang perjalanan. Pastikan kendaraan dalam kondisi siap jalan.

Sebelum sampai di Pantai Soge, pengunjung terlebih dahulu daapt melihat pemandangan alam yang indah. Terlihat jajaran tebing batu yang dihiasi dengan pepohonan hijau nan rindang. Pemandangan ini membuat perjalanan terasa menyenangkan.

Jika berkendara melalui Jalur Lingkar Selatan, pengunjung akan melewati sebuah jembatan yang mirip dengan Sidney Harbour Bridge.  Jembatan yang menghubungkan Jalur Lingkar Selatan (JLS) ini dijadikan ikon Kabupaten Pacitan dan diberi nama Jembatan Soge. Jembatan ini seakan menjadi menu pembuka bagi wisatawan yang melalui Jalur Lingkar Selatan sebelum menikmati keindahan Pantai.

Rindang Kelapa
Rindang kepala di tepi danau. Image via: wasis10wordpress

Jam Buka Pantai Soge

Tidak ada ketentuan pasti mengenai jam buka dan tutup pantai ini.

Tiket Pantai Soge

Tiket masuk Pantai sebesar Rp 2.000 untuk anak-anak. Sedangkan untuk dewasa Rp.3.000. Harga tiket berbeda di akhir pekan dan hari libur. Rp 3.000 untuk anak-anak dan 5.000 untuk dewasa.

Fasilitas Wisata Pantai Soge

Meskipun pantai ini sudah lumayan ramai oleh pengunjung, namun fasilitas pendukung masih seadanya. Hal ini mungkin berhubungan dengan tipe pengunjung. Pengunjung pantai ini, sebagian besar hanya karena mampir.

Fasilitas yang tersedia seperti halnya kamar mandi, tempat parkir, warung makan dll.

Daya Tarik Wisata Pantai Soge

  1. Danau Alami

danau pantai soge
Perahu Wisata Danau Soge. Image via: Surya TV

Di pantai ini pengunjung tidak sekedar berdiri memandangi ombak di tepian pantai, bermain air. Juga tidak sekadar nongkrong di bawah pohon kelapa sembari menikmati sajian es kelapa muda. Di pantai ini ada wahana hiburan yang bisa dinikmati oleh pengunjung, wahana itu adalah ”danau kecil”.

Danau ini berair asin. Air itu berasal dari ombak yang tidak sepenuhnya kembali ke laut saat sedang surut.  Danau kecil ini dipisahkan dengan laut oleh gundukan pasir putih. Danau ini tidak terlalu luas. Namun cukup luas untuk manuver speed boat ataupun perahu wisata. Ke dua fasilitas itu yang disewakan sejumlah nelayan setempat.

Tak heran jika danau kecil berair payau ini menjadi salah satu paforitpengunjung. Selain posisinya yang teduh di pinggiran kebun kelapa, Biaya sewa perahu juga murah. Hanya dengan biaya Rp 15.000 per orang, pengunjung bisa menyewa jasa perahu wisata mengitari danau.

  1. Pasir Putih yang Nyaman

Pasir pantai Soge
Pasir pantai Soge. Image via: eksotis.net

Kecantikan pantai ini sudah bisa dilihat bahkan sebelum kita menginjakkan kaki di pasir pantainya yang putih. Sekilas, suasana pantai Soge ini agak mirip dengan pantai Senggigi yang ada Lombok. Dimana kecantikan pantai tersebut juga bisa disaksikan dari pinggir jalan.

Pantai Soge menyajikan pemandangan laut yang cantik luar biasa dengan pasir lembut berwarna putih. Juga dengan air laut yang biru menawan. Pantai jauh lebih sepi karna keberadaan pantai ini belum diketahui oleh banyak orang.

Menyaksikan buih yang hilang tersapu ombak selalu bisa memberikan sebuah ketenangan. Dan rasa ini hanya bisa didapatkan jika berada tepat di bibir pantai. Pengunjung bisa berjalan santai bertelanjang kaki menyusuri setiap sudut pantai untuk mendapatkan ketenangan. Kelembutan pasir di pantai Soge yang terasa di telapak kaki menimbulkan rasa nyaman yang menenangkan pikiran. Ditambah lagi embusan angin yang sepoi-sepoi menerpa wajah. Terasa menyegarkan.

  1. Muara Sungai

muara sungai pantai soge
Muara Sungai dari Udara. Image via: pacitanku.com

Pengunjung pantai ini, mulai anak-anak hingga orang dewasa, sangat menikmati bermain air di muara Sungai Soge. Muara ini airnya jernih dengan pasir yang berwarna putih. Alur muara sungai berkelok mengitari pasir putih yang membentang di tengah. Muara sungai indah ini panjangnya sekitar 150-an meter

Muara sungai yang cukup panjang ini, memberi ruang luas utuk bermain. Pengunjung biasa untuk bermain apa saja dan menikmati keindahan wahana alami pantai. Debur ombak terus bergulung dan memecah di tepian Pantai Soge. Pengunjung remaja bisa menghabiskan waktu dengan asyik bermain sepak bola plastik atau sejenis futsal.

  1. Jembatan

jembatan Pantai Soge
Jembatan Pantai Soge. Image via: yukkitasepedaan

Jika berkendara menuju pantai ini melalui Jalur Lingkar Selatan, pengunjung akan melewati sebuah jembatan yang mirip dengan Sidney Harbour Bridge.  Jembatan yang menghubungkan Jalur Lingkar Selatan (JLS) ini dijadikan ikon Kabupaten Pacitan dan diberi nama Jembatan Soge. Jembatan ini seakan menjadi menu pembuka bagi wisatawan yang melalui Jalur Lingkar Selatan sebelum menikmati keindahan Pantai.

Jembatan Soge di salah satu ruas jalur lintas selatan setempat yang dibuat futuristik. Desain konstruksi jembatan didominasi pipa lengkung di bagian atasnya sehingga menyerupai rangka kubah raksasa. Banyak pengunjung dan juga warga lokal yang sengaja berhenti di sekitar jembatan Soge. Jembatan yang panjangnya sekitar 50 meter ini sering digunakan untuk sekadar berfoto. Selain itu dari atas jembatan juga bisa menikmati pantai dari celah alur muara Sungai Soge.

  1. Gazebo Tepi Pantai

Berteduh di Pantai
Berteduh di tepi pantai Soge. Image via: tempo.co

Fasilitas yang bisa dinikmati disini adalah gazebo yang jumlahnya cukup banyak. Gazebo tersebut sengaja disediakan bagi pengunjung yang ingin menikmati Pantai Soge. Pengunjung yang sudah  masuk ke dalam kawasan Pantai bisa menikmati fasilitas Pantai berupa gazebo dengan leluasa.

Gazebo tersebut juga disediakan sebagai tempat beristirahat para pengunjung. Gazebo tersebut juga sering kali dijadikan tempat istirahat para pengendara yang melintasi jalur selatan.

Pengunjung bisa duduk-duduk disini bercanda tawa bersama dengan teman dan juga menikmati pemandangan pantai yang mempesona. Menariknya lagi, angin sepoi-sepoi terasa menyentuh kulit.

Di gazebo ini pula kita bisa membawa bekal dan menikmatinya. Maklum saja, di tempat ini memang belum tersedia banyak pedagang makanan. Karena itu pengunjung sebaiknya membawa sendiri dari rumah.

dari ketinggian bukit
Dari ketinggian. Image via: https://backpackerjakarta.com/pantai-soge-keindahan-lain-pesisir-pacitan/

Objek Wisata Dekat Pantai Soge

Saat mengunjungi objek wisata di Pacitan, tentukan terasa rugi jika hanya mengunjungi 1 objek wisata. Saat berkunjung ke pacitan, ada baiknya juga mengunjungi obek wisata lain yang berdekatan dengan pantai Soge.

Terletak sekitar 2 km di sebelah barat dari soge. Bantai ini akan sangat ramai di kunjungi wisatawan saat akhir pekan tiba. apalagi saat sore hari tiba karena sangat cocok untuk menikmati indahnya sunset. Pantai ini memiliki ciri khas pantai dengan batu karang. Di lokasi pantai watu bale ini anda akan menikmati suasana angin spoi-spoi, dan juga panorama yang begitu indah.

Pantai Pidakan merupakan pantai terdekat ke dua dari Pantai Soge. Jaraknya 3.5 km ke arah barat. Pantai Pidakan mempunyai ciri khas hamparan pasir yang cukup kasar. Pantai ini mempunyai spot foto yang keren dengan adanya mercusuar. Pantai ini masih tergolong sepi karena mungkin kurang promosi.

Pantai Tawang terletak di sebelah timur pantai Soge. Lokasinya sekitar 3 km. Di pantai ini, pengunjung bisa membeli oleh oleh ikan segar untuk di bawa pulang. Bahkan juga bisa di makan langsung di lokasi di bibir pantai.

Pantai Soge adalah salah satu bukti nyata, mengenai betapa cantik nya negeri ini. Keindahannya bisa melenakan pikiran, untuk relaksasi sejenak dari kesibukan harian. Ayo berkunjung ke pantai Soge, dan nikmati pengalaman akan keindahan yang tak tergantikan ini.

Baca juga:

Artikel lainnya:

Leave a Comment