Pantai Soge, Pantai Cantik Di Jalur Lintas Selatan

Berbicara pantai yang ada di Pacitan memang tidak akan pernah ada habisnya. Begitu banyaknya pantai indah dan berpasir putih di kota yang berjuluk Kota Seribu Gua tersebut.

Pantai Soge adalah salah satunya, keindahannya dapat bersaing dengan pantai lainnya seperti Pantai Watu Karung, Pantai Srau, Pantai Banyu Tibo, Pantai Klayar, dan beberapa pantai yang lainnya.

keindahan di jalur lintas selatan
keindahan di jalur lintas selatan. google maps. sumber: dycha amylia

Simak juga: review wisata Pantai Klayar

Semua pantai yang ada memiliki keindahan dan daya tarik tersendiri, Pantai Soge memiliki ciri khas dimana keindahan pantainya sudah dapat terlihat jelas ketika masih berada di jalan raya.

Karena memang Pantai Soge berada di jalur lintas selatan, keindahan yang dimilikinya bahkan disandingkan dengan keindahan Great Ocean Road,  yang ada di Victoria, Australia.

Lokasi Pantai Soge

Lokasi Pantai Soge berada di Desa Sidomulyo, Kecamatan Ngadirojo. Meskipun berada di jalur perbatasan namun pantai ini masih berada di kawasan Kabupaten Pacitan.

landmark pantai soge
landmark pantai soge. google maps. sumber: Phitoet Wulandari

Rute Menuju Pantai Soge

Akses menuju Pantai Soge sudah sangat baik, jalannya sudah beraspal dengan baik serta cukup lebar sehingga dapat dilalui oleh kendaraan jenis apapun bahkan bis sekalipun.

Jalurnya dihiasi dengan pemandangan yang indah, namun kamu harus berhati-hati karena cukup berliku dan dipenuhi dengan tanjakan serta turunan.

Rute yang dapat kamu tempuh dengan mengarahkan kendaraanmu menuju Jalur Lingkar Selatan (JLS), kemudian kamu akan melewati sebuah jembatan yang sangat indah yang menjadi Ikon dari Kabupaten Pacitan. Jembatan tersebut bernama Jembatan Soge.

jembatan soge pacitan
jembatan soge pacitan. google maps. sumber: Bambang Erfanto

Simak: daftar tempat wisata di Pacitan

Jembatan tersebut memiliki panjang kira-kira 50 meter, kamu dapat berhenti dan mengabadikan keindahan dari Jembatan Soge.

Pantai Soge sudah dapat terlihat ketika kamu masih berada di jalur tersebut, kemudian kamu tinggal mencari pintu masuk menuju Pantai Soge.

Jam Buka Pantai Soge

Pantai Soge dibuka setiap hari Senin hingga Minggu, selama 24 jam nonstop.

Tiket Masuk Pantai Soge

Tiket masuk Pantai Soge dengan membayar sebesar Rp. 10.000,- per orang.

bersantai di pantai soge
bersantai di pantai soge. google maps. sumber: Tutik Sugiyartri

Fasilitas Wisata Pantai Soge

Fasilitas yang ada di sekitar Pantai Soge diantaranya:

  • Area parkir kendaraan
  • Warung-warung makanan dan minuman
  • Kamar mandi umum
pantai soge
pantai soge. google maps. sumber: Tutik Sugiyartri

Penginapan

Di sepanjang jalur Pantai Soge banyak terdapat penginapan atau villa yang memberikan kamu fasilitas yang beragam serta harga yang terjangkau.

Daya Tarik Wisata Pantai Soge

Pantai Soge merupakan salah satu pantai di Pacitan yang cukup ramai dikunjungi wisatawan, hal tersebut mungkin dikarenakan pantai ini memiliki daya tarik sebagai berikut:

1. Aksesnya Mudah Dijangkau

aksesnya mudah untuk dijangkau
aksesnya mudah untuk dijangkau. google maps. sumber: Frog_q Agunk

Daya tarik yang pertama ialah aksesnya yang mudah dijangkau, karena lokasinya yang tepat berada di samping jalur Jalan Lintas Selatan.

Ketika masih berada di perjalananpun kamu sudah dapat menyaksikan keindahan dari Pantai Soge ini, hamparan pasir serta laut birunya terlihat dengan jelas.

Bahkan ada pengunjung yang nekat untuk berfoto di tengah jalan, dengan latar keindahan Pantai Soge. Hasilnya memang indah, tapi itu terlalu berbahaya.

2. Keindahan Alam Yang Tersaji

Pantai Soge memiliki panorama alam yang luar biasa cantik, Pacitan memang bisa dibilang surganya pantai di Jawa Timur. Birunya laut berpadu dengan deburan ombak yang cukup kencang.

Dilengkapi dengan bukit-bukit yang memiliki warna hijau menenangkan. Cuma sangat disayangkan di Pantai Soge, kamu tak dapat bermain air atau berenang.

bendera pembatas bermain air
bendera pembatas bermain air. google maps. sumber: Adam Yuli

Di sepanjang tepi pantai terpasang bendera yang menjadi batas kamu ketika bermain air, hal tersebut dilakukan untuk mencegah kemungkinan buruk yang akan terjadi.

Karena Pantai Soge memiliki deburan ombak yang cukup kencang, apalagi ketika sedang pasang. Sehingga akan sangat berbahaya.

Namun keseruan kamu ngga akan berkurang, karena di sekitar Pantai Soge terdapat sebuah danau yang dipisahan dengan laut oleh gundukan pasir putih.

Danau tersebut memang tidak terlalu besar, tapi kamu dapat bermain beberapa wahana seru seperti mengelilingi danau dengan menyewa speed boat atau perahu nelayan.

3. Hamparan Pasir Putih Yang Lembut

eksplor pantai soge
eksplor pantai soge. google maps. sumber: bocah gunung

Pantai Soge memiliki hamparan pasir putih yang lembut, sekilas mirip dengan Pantai Senggigi yang ada di Lombok. Kamu dapat bertelanjang kaki jalan-jalan di atas pasir putihnya.

Banyak pengunjung yang bersantai di atas hamparan pasirnya sambil menikmati pemandangan indah yang coba disajikan, apalagi jika sambil menyaksikan matahari terbenam.

4. Muara Sungai

Jika dilihat dari atas dengan menggunakan drone, maka akan tampak landscape Pantai Soge yang sangat mengagumkan, dimana terdapat sebuah aliran sungai yang seakan membelah Pantai Soge.

Sungai tersebut berkelok-kelok dengan panjang sekitar 150-an meter dan berkelok-kelok mengitari pasir putihnya yang lembut.


Tinggalkan komentar