Pantai Tanjung Aan, Pantai Pasir Merica Lokasi Peristiwa Legenda Putri Mandalika

Pantai Tanjung Aan menjadi salah satu andalan Lombok. Pantai tersebut tidak hanya terkenal karena menyajikan pemandangan indah di sekitarnya, tetapi terkenal juga karena tekstur pasirnya yang unik. Berjalan kaki di pasir pantai ini seperti menginjak butiran merica.

Pantai Tanjung Aan menjadi salah satu andalan Lombok. Pantai tersebut tidak hanya terkenal karena menyajikan pemandangan indah di sekitarnya, tetapi terkenal juga karena tekstur pasirnya yang unik. Berjalan kaki di pasir pantai ini seperti menginjak butiran merica.
Pantai Tanjung Aan. Image via: travelercantik.com

Efek “rasa injak merica” tersebut karena pasirnya termasuk pasir halus yang mudah hancur. Ada sejarah unik tentang pasir bertekstur merica tersebut, konon katanya, pasir tersebut berasal dari fosil-fosil karang yang telah lama hancur.

Warga setempat juga percaya berjalan kaki telanjang di area pantai bisa membantu dalam menjaga kesehatan dan melancarkan peredaran darah. Pasir yang mirip bola merica tersebut kemudian menyentuh kaki dan merangsang saraf-saraf dibalik kulit kaki dan menyehatkan tubuh.

Ombak yang dimiliki Pantai Tanjung Aan tidak begitu besar, bahkan terkadang memiliki ombak yang sangat tenang. Sangat cocok untuk berenang. Kedalaman lautnya terbilang dangkal dengan keindahan bawah laut yang lumayan.

Terik matahari di pantai ini sangat enak, ditambah tiupan angin yang slow membuat mengantuk ketika berjemur di pantai. Tekstur pasirnya yang unik juga dijadikan banyak orang sebagai ladang bermain, khususnya bagi anak-anak. Sangat cocok untuk dikunjungi bersama keluarga.

keberadaan Ayunan Pantai Tanjung Aan menambah romantis lokasi ini
Ayunan Pantai. Image via: lolapantravels.com

Simak juga: 12 lokasi indah di Lombok

Lokasi Pantai Tanjung Aan

Pantai Tanjung Aan berlokasi di desa Lombok, Pujuk, kabupaten Lombok tengah, Nusa Tenggara Barat.

Lokasi pantai indah ini hanya berjarak beberapa kilometer saja dari Pantai Kuta Lombok.

Rute Menuju Pantai Tanjung Aan

Bila pengunjungmenggunakan kendaraan pribadi pastinya sangat mudah ke lokasi tanjung aan. Lama perjalanan memakan waktu 1,5 jam jika route dimulai dari kota mataram kemudian melewati cakranegara, menuju praya, batunyale, rambitan, pantai kuta dan sampai di tanjung aan.

Jika dari pantai terdekatnya Kuta Lombok pengunjunghanya perlu menempuh 15 menit dengan kendaraan dan jarak perjalanan sekitar 3 km. Tapi akan terasa jauh lagi jika pengunjungdari senggigi lombok dengan jarak 72 km atau sekitar 1 jam 46 menit.

Kondisi jalan untuk menuju ke Pantai Tanjung Aan ini terbilang sangat baik sehingga para wisatawan tidak perlu cemas akan kondisi jalan menuju ke lokasi wisata Pantai Tanjung Aan ini.

Payung jerami pantai aan, berjejer sepanjang pantai tampail eksotis menyambut pengunjung
Payung Jerami. Image via: traverse.id

Jika perjalanan menuju ke Pantai ini dimulai dari kota Mataram, bisa melewati jalur bandara Internasional Lombok dan menuju ke Kuta Lombok. Setelah itu akan bertemu dengan bundaran Mandalika Resort dan pengunjung harus belok kiri.

Pengunjung akan menemui beberapa tanjakan, barulah kemudian bisa belok ke kanan untuk menujuh Pantai Tanjung Aan.

Jam Buka Pantai Tanjung Aan

Pengunjung bisa mengunjungi pantai Tanjung Aan kapan pun. Tentu saja paling ramai dikunjungi pada siang hari yang cerah dan di hari libur. Disarankan untuk pergi sebelum jam 5 sore, karena waktu mengekspor pantai ternyata membutuhkan waktu yang lama.

memandangi keindahan pantai aan dari atas bukit di sisi pantai
Dari atas bukit. Image via: paketwisata.id

Simak juga: Romantisnya pantai Baruna

Tiket Pantai Tanjung Aan

Untuk tarif masuk atau harga tiket masuk Pantai Tanjung Aan ini hampir sama pada lokasi Pantai di Lombok dan Bali pada umumnya, namun disini pengunjung tidak akan dikenakan biaya masuk.

Pengunjung hanya dikenakan biaya parker kendaraan saja. Untuk kendaraan Mobil akan dikenakan biaya parkir sebesar Rp 10.000 dan Rp 5.000 untuk parkir Motor.

Fasilitas Pantai Tanjung Aan

Walaupun terbilang cukup jauh dari kota Mataram, tidak perlu khawatir akan akomodasi dan penginapan.

Di sekitar lokasi pantai ini tersedia fasilitas penginapan, restaurant, area parkir, persewaan alat snorkeling dan perahu lo-boat, penjualan cenderamata dan juga warung-warung makan lokal.

Dan satu yang sangat menguntungkan adalah lokasi Pantai Tanjung Aan terbilang sangat strategis Karena dekat dengan kawasan wisata lainnya.

Daya Tarik Pantai Tanjung Aan

  1. Batu payung

Batu Payung, salah satu spot foto idola di pantai tanjung aan
Batu payung. Image via: wego.co.id

Destinasi pantai ini sangat cocok untuk pengunjung yang senang berenang dan menikmati keindahan pantai. Pasalnya, ombak di sana cukup tenang dan memiliki kedalaman yang cukup dangkal. Pengunjung juga dapat menyewa lo-boat atau perahu nelayan untuk menuju ke batu payung. Sebuah lokasi foto selfie dan bermain air di pinggir batu karang.

Biaya sewa private lo-boat biasanya mereka mematok harga Rp. 300.000 untuk durasi bebas. Harga diatas bisa jauh lebih murah jika pengunjung pandai menawar, saran kami pinter-pinterlah pengunjung menawar.

Saat menjelang sore hari, permukaan air laut disana akan mulai naik dan membuat pantai ini semakin menantang untuk melakukan kegiatan berselancar.

  1. Bukit Merese

Bukit merese di sisi pantai tanjung aan
Bukit Merese. Image via: paketwisatalombok.co.id

Simak juga: Hangatnya pemandian candi umbul

Dikelilingi oleh sejumlah bukit yang menjorok ke tengah laut salah satunya adalah bukit merese yang terkenal. Untuk mencapai puncak bukit merese ini aksesnya sangat mudah dengan melalui jalan setapak menanjak di sebelah kanan pantai tanjung aan.

Jangan lupa gunakan alas kaki sebab tanah karang dan bebatuan cukup membuat telapak kaki sakit dan terluka jika berjalan tanpa alas kaki. Waktu yang tepat berada di bukit merese adalah saat menjelang matahari hendak terbenam.

Sebab saat itu pengunjung akan disuguhkan pemandangan langit jingga dan hamparan lautan serta perbukitan nan indah tiada taranya. Garis pantai seger di sebelah barat, batu payung dan gili anak anjakan di sebelah timur menambah komplit keindahan semesta laut lombok.

Dari pantai pun pengunjung dapat melihat dengan mudah bukit merese nan hijau karena bukit-bukit ini mengapit tanjung aan dari sebelah kanan sehingga menjadikan pantai tanjung aan menjadi sebuah teluk yang tenang bak kolam raksasa.

  1. Payung Pantai Jerami

Payung Pantai Unik berbahan jeami menajd ciri khas pantai pantai di lombok yang juga ada di pantai tanjung aan ini
Payung pantai unik. Image via: nizarnizar.com

Jika pengunjung ingin tahu cara menikmati pemandangan pantai yang indah, cara terbaik adalah di sekitar tempat wisata ini pengunjung dapat melihat payung-payung kayu dengan atap dari rajutan jerami.

Salah satu cara untuk menikmati keindahan pantai ini adalah dengan berbaring di bawah payung jerami tersebut sambil menikmati kelapa muda segar, yang dapat dibeli di sekitar pantai.

Pengunjung juga dapat berkunjung ke salah satu restoran yang berderet di tepi pantai di mana restoran tersebut menyajikan berbagai macam hidangan setempat. Mencoba menu-menu sajian tersebut sembari menikmati keindahan pantai yang begitu menakjubkan.

Pada saat musim liburan, destinasi ini biasanya ramai dikunjungi oleh para turis lokal. Tetapi jika Pengunjung ke sana sekitar bulan Februari, Pantai Tanjung Aan akan dipenuhi oleh wisatawan baik lokal maupun mancanegara.

  1. Bau Nyale Mandalika

Patung lakon Putri Mandalika saat menceburkan diri ke laut
Patung putri Mandalika. Image via: javawisata.com

Simak juga: Pohon menari di pantai walakiri

Di bulan Februari selalu ada event spesial yakni Festival Bau Nyale. Tradisi ini berkaitan dengan mitos penduduk setempat mengenai Putri Mandalika dimana putri tersebut terjun dari bukit dan mengorbankan dirinya untuk menghindari pangeran – pangeran yang berebut ingin mempersuntingnya.

Mitos itu selanjutnya menyebutkan bahwa putri Mandalika telah bereinkarnasi menjadi cacing laut atau disebut dengan nyale setelah warga gagal menemukan jasad sang putri. Jadi nyale itu adalah sebutan dari masyarakat setempat untuk cacing laut yang muncul hanya disaat-saat tertentu.

Tradisi menangkap Nyale sudah ada berabad-abad lamanya dan Nyale tersebut menjadi bahan olahan beberapa jenis masakan lokal. Terdapat 4 spesies nyale dari Famili Eunicidae yakni Eunice viridis, Eunice siciliensis, Licydice collaris, dan juga spesies Nyale Famili Nereidae yakni Dendronereides heteropoda.

Selain di pantai tanjung aan, nyale tersebut juga dapat ditemukan dibeberapa tempat lainnya di nusantara tercinta ini seperti di Maluku, Sumbawa, dan juga Lombok.

Pesona PAntai tanjung aan tergambar kuat dari foto-foto yang diambil di lokasi ini
Pesona Pantai. Image via: buspariwisatalombok.com

Tips Mengunjungi Pantai Tanjung Aan

Dikarenakan cuaca yang cukup terik, disarankan untuk menggunakan sunblock dan sunglasses terutama jika berniat untuk berjemur. Sebaiknya berhati-hati juga jika berniat untuk menaiki bukit marese, gunakan alas kaki yang nyaman dan aman.

Jika hendak membeli cenderamata dilokasi sekitar pantai, jangan sampai harga cendramata yang akan pengunjungbayarkan terlampau mahal. Trik-nya berusahalah menawar sampai dengan setengah harga. Disini lah saat yang tepat untuk mencoba ke-jelian tawar-menawar (bargaining) pengunjungmendapatkan harga terbaik.

papan pengumuman unik soal jagalah kebersihan di pantai tanjung aan
Jagalah kebersihan pantai. Image via: steemit.com

Simak juga: Jernihnya air danau Weekuri

Objek Wisata Dekat Pantai Tanjung Aan

Mengenai objek wisata lain di kabupaten Lombok tengah, terdapat desa legendaris, Desa Tradisional Sade. Desa ini memiliki keunikan tersendiri yaitu masih mempertahankan tradisi turun-temurun dari nenek moyangnya yaitu mengepel lantai dengan kotoran sapi. Juga kegiatan menenun bagi kaum wanitanya.

Pantai yang paling populer, yang juga ada di lombok tengah, tentu adalah Pantai Kuta. Namanya hampir sama dengan pantai Kuta di Bali namun pantai ini memiliki luas yang lebih kecil dibanding pantai Kuta di Bali. Seperti halnya “kakaknya” di bali, pantai ini juga merupakan pusat berjemur para bule.

Itulah lokasi, biaya masuk, rute, hingga berbagai objek wisata di tempat Pantai Tanjung Aan.

Selamat menikmati liburan!

Baca juga:

Artikel lainnya:

Leave a Comment