Pantai Tanjung Bastian, Simfoni Alam Di Kota Kecil Wini

Pantai Tanjung Bastian, sangat layak jika diberikan sebuah diksi hiperbola berupa sepotong surga di tanah Wini, Nusa Tenggara Timur.

Rata-rata objek wisata di Indonesia timur masih alami, jauh dari tangan-tangan jahil, terutama panorama alam pantainya. Termasuk Pantai Tanjung Bastian.

Sebuah pantai yang terkenal dengan ombaknya yang “ramah”, cocok sebagai destinasi wisata keluarga juga. Dengan catatan, aspek keamanan harus tetap diutamakan.

pantai tanjung bastian wini
pantai tanjung bastian wini. google maps. sumber: lh5.googleusercontent.com

Selain itu, lokasi Pantai Tanjung Bastian berada di Wini menjadi keunggulan tersendiri. Karena Wini memiliki pesona wisata bukan hanya terbatas pada pesona alamnya saja, tetapi termasuk budaya, hingga kulinernya.

Sebagai bukti, pada tahun 2018, bulan Desember, di Wini pernah digelar Festival Wonderful Indonesia. Sebuah ajang untuk mempromosikan potensi wisata alam, budaya, kuliner, ekonomi kreatif, kepada negara lain.

Dan Pantai Tanjung Bastian menjadi salah-satu wisata populer Wini, disamping tempat wisata lainnya yang sangat terkenal.

pantai tanjung bastian, wisata wini yang populer
pantai tanjung bastian, wisata wini yang populer. google maps. sumber: lh5.googleusercontent.com

Oh iya, status Wini adalah Kota Kecil (KK), dengan 4 kecamatan, yang secara administratif berada di Kabupaten Timor Tengah Utara, Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Simak juga: 9 Lokasi Indah di Timor Tengah Selatan

Lokasi Pantai Tanjung Bastian

Pantai Tanjung Bastian terletak di Wini, Kecamatan Insana Utara, Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU), Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

Lokais wisata ini  berjarak sekitar 67 kilometer dari pusat Kota Kefamenanu, Ibu kota Timor Tengah Utara.

Rute Menuju Pantai Tanjung Bastian

Bagi pengunjung yang tertarik berkunjung ke Pantai Tanjung Bastian dapat mengambil patokan dari wilayah kecamatan Wini lalu ambil jalan menuju ke arah timur dengan jarak tempuh sekitar lima kilometer saja.

Jika ingin merasakan tantangan berpetualang, pengunjung bisa menuju Pantai Tanjung Bastian dengan sepeda motor. Jika memulai perjalanan dari Kota Kefamenanu, dibutuhkan sekitar satu jam. Jalan menuju pantai berkelok-kelok dan sempit.

Jam Buka Pantai Tanjung Bastian

  • Pantai Tanjung Bastian buka selama 24 Jam
  • Pantai Tanjung Bastian Buka setiap hari, selama sepekan

Simak juga: Hutan Bonsai yang Misterius

Tiket Pantai Tanjung Bastian

Harga tiket masuk Pantai Tanjung Bastian Wini Rp. 3.000 per orang

Fasilitas Pantai Tanjung Bastian

fasilitas di pantai tanjung bastian
fasilitas di pantai tanjung bastian. google maps. sumber: lh5.googleusercontent.com

fasilitas di Pantai Tanjung Bastian di antaranya:

  • Spot selfie
  • Gazebo
  • Area parkir

Penginapan Di Pantai Tanjung Bastian Wini

Untuk saat ini, belum tersedia penginapan di lokasi wisata Pantai Tanjung Bastian Wini.

Ragam Aktivitas Dan Daya Tarik Pantai Tanjung Bastian Wini

Memang betul, bahwa objek wisata yang ada di kawasan Indonesia Timur masih perlu sentuhan penataan, terutama di sisi fasilitas, untuk menghadirkan beragam aktivitas wisata.

Namun bukan berarti objek wisata yang ada tidaklah menarik. Justru sebaliknya, andaikan penataan bisa lebih diopimalkan lagi, tentu saja akan semakin menambah nilai kunjungan wisata.

pesona keindahan pantai tanjung bastian
pesona keindahan pantai tanjung bastian. google maps. sumber: lh5.googleusercontent.com

Termasuk di Pantai Tanjung Bastian Wini. Modal dasar berupa kawasan alam pantai yang sangat mempesona, jika ragam wahana, serta fasilitas semakin dioptimalkan, tentu saja akan berdampak positif terhadap kunjungan wisata ke Pantai Tanjung Bastian.

Dan inilah daya traik dari Pantai Tanjung Bastian Wini, Timor Tengah Utara, NTT :

1. Pantai

ombak pantai tanjung bastian
ombak pantai tanjung bastian. google maps. sumber: lh5.googleusercontent.com

Tentu saja yang menjadi daya tarik yang pertama adalah pesona keindahan Pantai Tanjung Bastian. Ombaknya sangat kecil, serta terkenal sebagai pantai pasir putih.

Bibir pantai, serta hamparan pasir putih tersebut memiliki panjang lebih dari 100 meter. Dan di dekat pasir pantai, terdapat gazebo-gazebo yang sudah tertata baik, serta satu spot selfie dengan latar alam Pantai Tanjung Bastian.

Kondisi air lautnya masih bersih, bahkan banyak titik dimana mata bisa melihat situasi keindahan di bawah air laut tersebut.

2. Alam Sekitar Pantai

Pesona keindahan Pantai Tanjung Bastian bukan hanya sekedar tentang keindahan alam pantainya saja. Tetapi didukung oleh pesona keindahan alam sekitarnya.

Terdapat sebuh bukit batu, atau karang, sebagai spot terbaik menikmati keindahan Pantai Tanjung Bastian dari ketinggian.

panorama alam sekitar
panorama alam sekitar. google maps. sumber: lh5.googleusercontent.com

Saat para pengunjung naik ke bukit tersebut, jangan heran jika keindahan serta kekaguman akan alam sekitar semakin bertambah.

Saat naik ke bukit batu tersebut, mata akan dimanjakan dengan hamparan rumput hijau, serta beberapa pohon rindang, serta panorama kapal-kapal nelayan yang sedang bersandar di tepian pantai.

Bukit tersebut menjadi spot favorit pengunjung untuk melakukan selfie. Tetapi sekali lagi, keselamatan harus tetap diutamakan ya….

3. Pacuan Kuda

Betul sekali, jika Nusa Tenggara Timur, dan Nusa Tenggara Barat terkenal dengan hewan kudanya. Termasuk di Wini, dan Pantai Tanjung Bastian.

festival pacuan kuda
festival pacuan kuda. google maps. sumber: lh5.googleusercontent.com

Di dekat Pantai Tanjung Bastian terdapat sebuah pacuan kuda, dan biasanya setiap bulan Juli sering digelar acara Pacuan Kuda Tanjung Bastian Wini.

Tentu saja menjadi momen yang langka, karena jarang sekali arena pacuan kuda berda sangat dekat dengan pantai. Tentu saja Pantai Tanjung Bastian patut bangga memiliki arena pacuan kuda, yang berpadu dengan keindahan alam pantai.

Penutup

Demikian review Pantai Tanjung Bastian. Patuhi protokol kesehatan, dan selalu prioritaskan keselamatan dalam berwisata.


Tinggalkan komentar