Pantai Tanjung Pasir, Surganya Memancing Di Pantai Tangerang

Pantai Tanjung Pasir berada di Kecamatan Teluknaga, Kabupaten Tangerang. Seperti kamu ketahui, bahwa Tangerang terbagi kedalam dua wilayah yakni Kotamadya dan Kabupaten.

Banyak pengunjung atau wisatawan yang menghabiskan waktu liburannya di daerah Kotamadya saja yang menawarkan liburan dengan gaya modern.

Ternyata di Kabupaten Tangerang terdapat sebuah wisata pantai yang selalu dikunjungi apalagi untuk mereka yang hobi memancing.

Namanya ialah Pantai Tanjung Pasir yang memiliki garis pantai sepanjang 2 km dengan hamparan pasir halus yang berwarna kecokelatan.

Dari bibir pantainya kita dapat melihat barisan pulau-pulau kecil di Kepulauan Seribu, serta hiasan pesawat terbang yang terkadang melintas melewati pantai.

Karena memang pantai yang satu ini lokasinya berdekatan dengan Bandara Intenasional Soekarno-Hatta, yakni hanya sekitar 5 km saja.

senja di pantai tanjung pasir
senja di pantai tanjung pasir. google maps. sumber: fathur fsc

Simak juga: Tempat wisata seru di Tangerang

Berikut ulasan lengkap mengenai Pantai Tanjung Pasir:

Lokasi dan Alamat Pantai Tanjung Pasir

Lokasi Pantai Tanjung Pasir berdekatan dengan Bandara Internasional Soekarno-Hatta. Tepatnya di Tanjung Pasir, Kecamatan Teluknaga, Kabupaten Tangerang.

Rute Menuju Pantai Tanjung Pasir

Rute menuju Pantai Tanjung Pasir sudah mudah diakses oleh berbagai jenis kendaraan, jika kamu bergerak dari Kota Tangerang akan menempuh perjalanan sejauh 25 km.

Kamu dapat mengarahkan kendaraan dari Bandara Soekarno-Hatta arah pintu belakang, yakni melewati Jl. Swadarma, atau biasa juga disebut M1. Terus saja lurus hingga tiba di Kampung Melayu.

Ketika tiba di Kampung Melayu, belok ke kanan menuju Tanjung Pasir, kamu akan melihat banyak empang di kiri dan kanan jalan. Tak berapa lama kemudian tibalah kamu di Pantai Tanjung Pasir.

Jika kamu bergerak dari Kalideres dengan mengarahkan kendaraanmu menuju bandara melalui Rawa Bokor. Kemudian arahkan kendaraanmu menuju Kampung Melayu, kemudian menuju Tanjung Pasir.

tempat berlibur bersama keluarga
tempat berlibur bersama keluarga. google maps. sumber: Sandy Prasetya

Jam Buka Pantai Tanjung Pasir

Jam operasional Pantai Tanjung Pasir dibuka setiap hari selama 24 jam nonstop.

Tiket Pantai Tanjung Pasir

  • Tiket masuk Pantai Tanjung Pasir jika membawa motor dengan membayar Rp. 10.000,-
  • Jika menggunakan mobil dengan membayar sebesar Rp. 20.000,-

Fasilitas Pantai Tanjung Pasir

Fasilitas yang ada di Pantai Tanjung Pasir diantaranya:

  • Area parkir kendaraan
  • Kamar mandi
  • Mushola
  • gazebo sederhana

Ragam Wisata Di Pantai Tanjung Pasir

1. Bermain Air Dan Pasir

pantai tanjung pasir aman untuk semua usia
pantai tanjung pasir aman untuk semua usia. google maps. sumber: cule yt

Simak juga: Pulau Samalona, Sekeping Surga di Makassar

Pantai Tanjung Pasir memiliki hamparan pasir yang cukup luas, sehingga kamu dapat dengan leluasa bermain lembutnya pasir bersama anak-anak.

Dan melihat mereka berimajinasi dengan bebasnya membuat karya dari pasir yang mereka genggam. Selain itu pasir lembutnya akan memudahkan mereka dalam berkarya.

Pantai yang satu ini jika dilihat dari atas nampak seperti sebuah daratan yang menjorok ke laut, sehingga tak salah jika diberi nama Tanjung Pasir.

Setelah bosan bermain pasir, kamu dapat melanjutkannya dengan bermain air. Ombak yang ada di Pantai Tanjung Pasir dapat menciptakan keseruan dalam bermain air laut.

Meskipun airnya tak sebiru pantai-pantai yang ada di Sumba, namun di pantai ini kamu dapat menciptakan keseruan bersama apalagi jika berkunjung bersama keluarga, kawan, atau orang terkasih.

Ditambah kehadiran pepohonan yang ada di tepi pantai membuat suasana menjadi semakin sejuk, dimana kita dapat berteduh sambil beristirahat dibawahnya.

dilengkapi spot foto
dilengkapi spot foto. google maps. sumber: Rici Anggiat

2. Bermain Wahana Lain

SImak juga: Air Terjun Girimanik, Pertapaan Eyang Semar

Selain bermain air dan pasirnya, di Pantai Tanjung Pasir juga ada wahana air lainnya yang harus kamu coba. Yakni mencoba Banana Boat.

Dimana kamu akan dibawa ke tengah laut kemudian berputar-putar untuk melihat lebih dekat lautnya, kemudian ketika tiba di tikungan tajam dijatuhkan begitu saja.

Namun, kamu ngga perlu khawatir karena sebelum naik Banana Boat kamu akan dilengkapi dengan jaket pelampung terlebih dahulu.

3. Memancing

Pantai Tanjung Pasir merupakan surganya para pemancing, banyak tersedia spot-spot memancing di sekitar pantai yang sudah diberi tanda.

Atau bisa juga dengan menyewa perahu untuk mencoba sensasi memancing di tengah lautan, untuk mendapatkan sensasi memancing yang lebih menantang.

memiliki hamparan pasir yang luas
memiliki hamparan pasir yang luas. google maps. sumber: Ferry Gunawan

4. Pulau Untung Jawa

SImak juga: Pulau Rupat, pesona tersembunyi Negeri Melayu Tua

Tak jauh dari Pantai Tanjung Pasir terdapat sebuah pulau yang bernama Pulau Untung Jawa yang berada di kawasan Kepulauan Seribu, kamu dapat menyebrang lautan kemudian mengunjungi pulau dengan menyewa sebuah perahu.

Ketika di Pulau Untung Jawa kamu dapat melakukan beragam kegiatan seru, seperti:

  • Bermain pasir putih
  • Snorkeling
  • Diving
  • Bermain Banana Boat
  • Jetski
  • Mengeksplor Hutan Bakaunya
  • Mengelilingi Pulau dengan perahu
pantai tanjung pasir
pantai tanjung pasir google maps. sumber: Yosugi Chanel

Selain itu kamu juga dapat mengunjugi sebuah penangkaran buaya yang berada tak jauh dari area pantai, dimana terdapat sekitar 500 ekor buaya yang ada di penangkaran tersebut.

Wisata Kuliner

Setelah lelah bermain dan seru-seruan bersama, saatnya mencicipi kuliner yang ada di sekitar Pantai Tanjung Pasir. Disini tersedia beragam restoran yang akan mengisi perutmu yang sudah keroncongan.

Menu yang ditawarkan diantaranya ikan bakar, ikan goreng, sop ikan, ada juga menu olahan seafood lain yang pastinya menggugah selera.

Penginapan Di Sekitar Pantai Tanjung Pasir

Terdapat banyak penginapan ataupun hotel yang ada di sekitar Pantai Tanjung Pasir, sehingga untuk kamu yang datang dari luar Tangerang ngga perlu khawatir mencari tempat menginap.

mengabadikan pantai tanjung pasir
mengabadikan pantai tanjung pasir. google maps. sumber: Nining Kurniati

Penutup

Pantai memang selalu memberikan cara terbaik dalam menghibur kita, apalagi ketika rasa lelah dan penat sudah mulai melanda.

Pantai Tanjung Pasir dapat menjadi alternatif liburanmu bersama dengan keluarga tercinta, apalagi sekarang kamu tidak diperkenankan untuk keluar kota karena kondisi masih dalam keadaan pandemi.


Leave a Comment