Pantai Tarimbang, Hidden Paradise di Selatan Sumba Timur

Pantai Tarimbang adalah satu dari sekian objek wisata alam menawan di yang diiliki oleh Sumba. Bagi yang tertarik dan berencana untuk pergi menikmati keindahan alam Sumba, maka pastikan untuk mengunjungi lokasi wisata ini.

Pantai Tarimbang adalah satu dari sekian objek wisata alam menawan di yang diiliki oleh Sumba.
Pantai Tarimbang. Image via: @explore.sumba

Pantai Tarimbang merupakan sebuah hidden Paradise yang sangat mengagumkan dan indah. masih alaminya alam Pantai yang terletak di antara Sumba Barat dan Timur ini menjadi sebuah jaminan bagi pengunjung yang ingin merasakan keindahan alam untuk mendapatkan apa yang anda inginkan tersebut.

Kegiatan yang dapat pengunjung lakukan di sekitaran pantai selain bermain air, adalah berenang. Juga bersantai sambil bercengkerama dengan ombak yaitu menyewa papan seluncur.

Bagi pengunjung lokal maupun mancanegara yang menggemari olahraga selancar, keberadaan Pantai Tarimbang tentunya menjadi magnet dan daya tarik tersendiri karena tak hanya gulungan ombaknya dan keindahan lanskapnya saja.

Di waktu-waktu tertentu, pengunjung bisa melakukan banyak kegiatan air seperti ski air. Juga menyewa papan seluncur untuk menikmati bercengkrama bersama ombak dari Pantai Tarimbang. Yang enggan masuk ke air, bisa bersantai di pinggiran pantai yang bersih dan hening.

pengunjung bis amengistirahatkan badan bersantai di pasir pantai Tarimbang.
Santai di Tarimbang. Image via: blog.fun-adventure.com

Simak juga: 11 lokasi indah di Sumba

Lokasi Pantai Tarimbang

Pantai Tarimbang terletak di Kecamatan Tabundung yang berada di sebelah selatan Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur.

Lokasi ini cukup jauh dari pusat Kota Waingapu, untuk dapat sampai di Pantai indah ini diperlukan waktu perjalanan darat sekitar 3-4 jam menggunakan kendaraan bermotor.

Rute Menuju Pantai Tarimbang

Ada 2 alternatif untuk menuju Pantai wisata ini yaitu via Sumba Barat (Waikabubak) atau dari Sumba Timur (Waingapu). Untuk keduanya baik Waikabubak dan Waingapu, sudah terdapat banyak maskapai penerbangan yang melayani penerbangan ke kedua kota ini dengan transit terlebih dahulu di Bali.

Dari Bandar Udara Umbu Mehang Kunda, Waingapu, jarak Pantai Tarimbang sekitar 89 km. Untuk biaya sewa mobil beserta dengan driver-nya, biayanya berkisar antara 500.000-600.000rupiah.Untuk sewa motor biaya sewanya yaitu kisaran 100.000–150.000 per harinya.

keberadaan beberapa Pohon kering di pantai tarimbang memberikan nuansa magis pada pantai
Pohon kering. Image via: zulfikaralex

Apabila memulai perjalanan dari Waingapu maka tujuan adalah mengikuti jalur lintas Sumba menuju baratnya Sumba (Waikabubak). Kurang lebih 10 km dari pusat Kota Waingapu pengunjung akan melintasi batas Waingapu yang ditandai dengan patung kuda di sisi kanan dan kiri jalannya.

Berbeda dengan kondisi jalan di trans Sumba yang beraspal halus, kondisi jalan raya di sekitar sini berbatu.

Cukup jauh memang perjalanan menuju ke Pantai Tarimbang, namun tidak perlu khawatir karena selama perjalanan pengunjung akan dimanjakan dengan keindahan kontur alam Sumba khusunya perbukitannya yang begitu eksotis di kanan dan kiri jalannya.

Kurang lebih satu setengah jam lamanya akan kembali menemukan sebuah pertigaan yang disebut Simpang Tarimbang. Selanjutnya arahkan kendaraan lurus saja. Masih sekitar 1 jam perjalanan lagi lamanya maka Anda akan sampai di jalan menuju Pantai Tarimbang yang dikelilingi dan tersembunyi di balik hutan asri.

wisatawan surffer umumterlihat di pantai taribang Menunggu ombak.
Menunggu ombak. Image via: travelingyuk.com

Simak juga: Uniknya Pulau Langkadea

Jam Buka Pantai Tarimbang

Pantai tarimbang terbuka 24 jam sehari, sepanjang pekan.

Tiket Pantai Tarimbang

Untuk masuk ke area pantai Tarimbang Gratis, tidak dipungut biaya

Fasilitas Pantai Tarimbang

Fasilitas penunjang belum cukup memadaidi kawasan pantai ini. Namun Justru inilah yang membuat Tarimbang spesial dibandingkan dengan pantai-pantai lainnya. Kesan alami, liar dan tidak “mainstream” justru yang menjadi nilai jual Tarimbang.

Bagi pengunjung yang berniat bermalam di kawasan Tarimbang, da 2 pilihan lokasi hotel yang terletak tak jauh dari Pantai Tarimbang yaitu Homestay Marthen dan Peter’s Magic Paradise Resort dengan kisaran harga 500.000-1.500.000 per malamnya.

Daya Tarik Pantai Tarimbang

  1. Pantai Berpasir putih

Pasir putih pantai tarimbang terbnetang luas menyambut kehadiran pengunjung
Pasir putih. Image via: indonesiakaya.com

Putihnya pasir pantai berpadu dengan hijaunya bukit yang berdiri kokoh di bawah langit biru Sumba Timur. Iii menjadikan Pantai Tarimbang seakan seperti sebuah surga alam yang tersembunyi. Surga yang  jauh dan seakan terabaikan.

Gulungan ombaknya yang terkenal dengan sembilan ombak gulungan beruntun juga telah berhasil mengundang decak kagum para penggila surfing saat menjajalnya. Sepoi-sepoinya angin kala matahari terbenam dipastikan akan membuat pengunjung terpukau kala mengunjungi Pantai Tarimbang.

Pantai ini juga merupakan salah satu pantai tercantik yang terdapat di Pulau Sumba. Pantai wisata ini adalah teluk yang memiliki panjang pantai kurang lebih sekitar 3 km dengan hamparan pasir putih yang luas dan juga ombak yang tinggi sehingga sangat cocok untuk melakukan kegiatan surfing.

Seperti pantai-pantai lainnya, sunset yang terdapat di pantai ini juga tak akan kalah saing dengan pantai-pantai lainnya.

  1. Tebing Pantai

Perbukitan Pantai tarimbang menjadi tempat ideal untuk menimati pemandangan pantai.
Perbukitan Pantai. Image via: @tinaedenae

Simak juga: Tinggalan Megalitil Lembah Bada

Selain terkenal dengan ombak besar dan pasir putih, jejeran tebing karang yang berada di sepanjang pesisir Tarimbang juga sangat sangat elok untuk dipandang. Hal ini juga dipercantik dengan gradasi warna air laut yang bisa pengunjung nikmati. Saat pengunjung tak berniat untuk menceburkan diri ke dalam laut.

Siang hari adalah waktu yang tepat untuk melihat langsung keindahan lukisan alam di pantai ini karena pada saat itu garis pantai akan memperlihatkan perbedaan yang begitu tegas dari warna bening, hijau, hijau kebiruan sampai biru pekat yang merupakan penanda kedalaman laut.

  1. Laguna air tawar

Laguna air tawar pantai Tarimbang.
Laguna Tarimbang. Image via: indonesiakaya.com

Salah satu ciri khas Pantai Tarimbang yang tak semua pantai memilikinya adalah terdapatnya sebuah laguna air tawar di dekat pantai. Laguna tampak sangat cantik dan memiliki air tawar yang sangat dingin menyegarkan.

Laguna ini yang kemudian memisahkan laut dengan sungai-sungai yang bermuara ke Pantai Tarimbang di Sumba ini. Air laguna ini juga memiliki warna kehijauan yang indah, yang dihiasi dengan adanya latar belakang laguna berupa gugusan hutan kecil menghijau yang berdiri kokoh di perbukitan yang ada di belakangnya.

  1. Lokasi Surfing

Ombak besar pantai tarimbang yang selalu ditunggu wisatawan surfer.
Ombak besar tarimbang. Image via: surftravel.com.au

Simak juga: Memandang borobudur dari bukit barede

Setelah Pantai Nemberala mendapatkan penghargaan sebagai tempat surfing terpopuler tahun 2016, maka pada tahun 2017, Pantai Tarimbang di Sumba Timur ini yang  mendapatkan penghargaan sebagai tempat surfing terpopuler tahun 2017.

Pantai wisata paforit di Tabundung, Sumba Timur ini bisa dibilang jadi surganya peselancar. Memiliki sembilan gulungan ombak yang datang silih bergantian membuat Pantai Tarimbang populer di kalangan peselancar.

Ombak Pantai Tarimbang sudah sangat dikenal oleh berbagai kalangan surfer dunia sebagai pantai yang memiliki sembilan gulungan ombak beruntun. Banyak surfer-surfer lokal maupun asing yang telah datang untuk menjejalnya dan mereka selalu pulang dengan kepuasan.

Tips Mengunjungi Pantai Tarimbang

Jika anggaran jalan-jalan tergolong minim, maka tidak perlu memaksakan diri untuk menyewa penginapan atau hotel yang harganya mahal. Pengunjung bisa untuk menginap di pemukiman warga di Desa Tarimbang.  Hal ini tentu bisa dilakukan tentunya dengan berkomunikasi dan bernegosiasi terlebih dahulu.

Kuda Sumba kadang terlihat dituntun di pasir pantai Tarimbang
Kuda Sumba di Tarimbang. Image via: @ferdie.johanes

Objek Wisata Dekat Pantai Tarimbang

Selain Pantai Tarimbang, Kabupaten Sumba timur juga memiliki berbagai objek wisata alam lainnya.

Salah satunya Bukit Warinding. Bukit Warinding memiliki pesona hamparan rumput yang berbeda warna saat berbeda musim. Topografi Bukit Warinding berlapis-lapis. Medan menuju ke Bukit Warinding tidaklah berat. Cocok untuk kamu yang suka menikmati pemandangan cantik namun malas keluar banyak tenaga.

Ada juga objek alam berupa Air terjun. Salah satunya Air Terjun Laputi. Airnya mengalir sepanjang tahun melalui hamparan bebatuan yang bertingkat-tingkat. Dipuncaknya terdapat sebuah danau keramat, dimana terdapat belut yang tidak boleh ditangkap dan dimakan. Menurut kepercayaan masyarakat setempat jika belut tersebut dimakan maka orang tersebut akan mati.

Sekian kami bisa suguhkan ringkasan soal lokasi, rute, tiket, dan juga daya tarik dari Pantai Tarimbang. Semoga bisa jadi bahan referensi untuk merencanakan kunjungan ke daerah Sumba Timur.

Selamat Berlibur!!

Baca juga:

Leave a Comment