Pantai Tarimbang, Pesona Salah-Satu Pulau Terindah Di Dunia

Sebuah hal yang patut dibanggakan, dari sekian banyak pulau indah yang ada di dunia ini, ternyata Pulau Sumba masuk ke dalam 33 besar pulau terindah di dunia.

Tentu saja banyak kriteria dari penilaian tersebut. Seperti : keindahan alam, kelestarian ekosistem, serta kebersihan kawasan pulau.

Di Pulau Sumba, terdapat sebuah pantai cantik, surga bagi para peselancar. Nama pantai tersebut adalah Pantai Tarimbang.

Pantai Tarimbang
Pantai Tarimbang. Google Maps. Sumber : Umbu Kapu

Pantai Tarimbang menjadi pelengkap puzzle kesempurnaan keindahan Pulau Sumba. Faktanya, meskipun lokasinya sangat jauh dari Ibu Kota Jakarta, tetapi banyak sekali wisatawan asal Ibu Kota yang datang.

Perlu diketahui, bahwa Pantai Tarimbang memiliki ombak yang tidak terlalu besar, dan tidak terlalu tinggi. Dengan demikian, lokasi Pantai Tarimbang bisa menjadi destinasi wisata keluarga.

Ombak Pantai Tarimbang
Ombak Pantai Tarimbang. Google Maps. Sumber : Kasandra

Meskipun demikian, aspek keamanan adalah hal yang harus tetap diutamakan dalam berwisata. Akses menuju Pantai Tarimbang bisa dengan menggunakan kendaraan roda dua, atau dengan kendaraan roda empat.

Dan selama di di perjalanan bersama keluarga, banyak sekali pemandangan indah yang bisa dinikmati. Sebelum sampai di lokasi utama, sebetulnya Pantai Tarimbang sudah dapat terlihat.

View Sebelum Sampai Di Lokasi Utama
View Sebelum Sampai Di Lokasi Utama. Google Maps. Sumber : rendy radjah

Tidak lama dari lokasi tersebut, anda akan memasuki kawasan pemukiman penduduk. Lalu kendaraan anda akan berjalan lurus diantara rindangnya pepohonan, hingga sampai ke lokasi dekat Pantai Tarimbang.

Setelah itu, para pengunjung tinggal berjalan beberapa langkah. Hingga akhirnya kaki pengunjung sampai di hamparan pasir putih, dengan view di depan mata sebuah hamparan laut dengan warna airnya yang biru.

Daya Tarik, Dan Ragam Aktivitas Wisata Di Pantai Tarimbang

Secara umum Pantai Tarimbang masih sangat terjaga ekosistem, serta kebersihan kawasan pantainya. Hal tersebut disebabkan minimnya “tangan jahil” yang datang ke lokasi tersebut.

Selain itu, terdapat beberapa pesona keindahan lainnya yang dapat dinikmati oleh pengunjung saat berada di lokasi utama Pantai Tarimbang. Diantaranya:

1. Pasir Putih

Beruntunglah pantai yang memiliki hamparan pasir putih, dan lembut. Karena kondisi tersebut merupakan hal yang sangat disukai oleh para wisatawan.

Pantai Tarimbang adalah satu dari sekian banyak pantai yang beruntung mempunyai hamparan pasir putih, nan lembut.

Pasir Putih Pantai Tarimbang
Pasir Putih Pantai Tarimbang. Google Maps. Sumber : Yoyo Ijonk

Aktivitas wisata yang dapat dilakukan di spot tersebut adalah :

  • Bermain Air Atau Bermain Ombak
  • Bermain Istana Pasir Bersama Keluarga
  • Menikmati Keindahan Alam Pantai, Sambil Menikmati Makanan, Dan Minuman
  • Menaiki Kuda Sumbawa Di Atas Pasir Putih

Sebagai catatan, bahwa fasilitas di Pantai Tarimbang belum lengkap. Oleh karena itu, perbekalan makanan harus dibeli terlebih dahulu di lokasi sebelum Pantai Tarimbang.

Catatan yang ke dua, untuk menaiki kuda Sumbawa, para pengunjung harus terlebih dahulu konfirmasi kepada penduduk sekitar yang menyediakan jasa penyewaan kuda tersebut.

2. Ombak Pantai

ombak pantai tarimbang
ombak pantai tarimbang. Google Maps. Sumber: rambu yosta

Ombak Pantai Tarimbang tidaklah terlalu besar, dan tidak terlalu tinggi. Ombak Pantai Tarimbang terkenal dengan 9 gulungan ombak yang silih berganti.

Kondisi tersebut menjadikan objek wisata Pantai Tarimbang menjadi surga bagi mereka yang sangat suka dengan dunia selancar.

Tetapi bagi para wisatawan yang belum bisa, dan belum pernah, dilarang berselancar tanpa bimbingan dari orang yang sudah profesional.

3. Spot Instagrammable

Spot yang instagrammable, kini menjadi hal primer di dalam dunia wisata. Hal tersebut seiring dengan laju perkembangan media sosial, dan internet.

Terdapat spot alami di Pantai Tarimbang yang sangat instagrammable. Salah – satunya, terdapat sebuat tebing batu, atau tebing karang yang bisa dijadikan latar yang eksotis bagi kebutuhan konten media sosial.

Spot Instagrammable
Spot Instagrammable. Google Maps. Sumber : Ahmad Hamdi Mulyo

Lokasi Pantai Tarimbang

Pantai Tarimbang terletak di Kecamatan Tabundung yang berada di sebelah selatan Kabupaten Sumba Timur, Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Lokasi ini cukup jauh dari pusat Kota Waingapu, untuk dapat sampai di Pantai indah ini diperlukan waktu perjalanan darat sekitar 3-4 jam menggunakan kendaraan bermotor.

Rute Menuju Pantai Tarimbang

Ada 2 alternatif untuk menuju Pantai wisata ini yaitu via Sumba Barat (Waikabubak) atau dari Sumba Timur (Waingapu). Untuk keduanya baik Waikabubak dan Waingapu, sudah terdapat banyak maskapai penerbangan yang melayani penerbangan ke kedua kota ini dengan transit terlebih dahulu di Bali.

Dari Bandar Udara Umbu Mehang Kunda, Waingapu, jarak Pantai Tarimbang sekitar 89 km. Apabila memulai perjalanan dari Waingapu maka tujuan adalah mengikuti jalur lintas Sumba menuju baratnya Sumba (Waikabubak). Kurang lebih 10 km dari pusat Kota Waingapu pengunjung akan melintasi batas Waingapu yang ditandai dengan patung kuda di sisi kanan dan kiri jalannya.

Berbeda dengan kondisi jalan di trans Sumba yang beraspal halus, kondisi jalan raya di sekitar sini berbatu. Cukup jauh memang perjalanan menuju ke Pantai Tarimbang.

Namun tidak perlu khawatir karena selama perjalanan pengunjung akan dimanjakan dengan keindahan kontur alam Sumba khusunya perbukitannya yang begitu eksotis di kanan dan kiri jalannya.

Kurang lebih satu setengah jam lamanya akan kembali menemukan sebuah pertigaan yang disebut Simpang Tarimbang. Selanjutnya arahkan kendaraan lurus saja. Masih sekitar 1 jam perjalanan lagi lamanya maka Anda akan sampai di jalan menuju Pantai Tarimbang yang dikelilingi dan tersembunyi di balik hutan asri.

Jam Buka Pantai Tarimbang

Pantai Tarimbang buka selama 24 jam sehari, dari mulai hari Senin sampai dengan hari Minggu.

pantai yang catik sekali (1)
pantai yang catik sekali. Google Maps. Sumber: Koen Vanhollebeke

Tiket Pantai Tarimbang

Untuk masuk ke area pantai Tarimbang Gratis, tidak dipungut biaya

Fasilitas Pantai Tarimbang

Fasilitas penunjang belum cukup memadai di kawasan pantai ini. Oleh karena itu, persiapkan segala hal yang dapat menunjang kenyamanan wisata anda secara baik, jangan sampai ada yang ketinggalan.

Bagi pengunjung yang berniat bermalam di kawasan Tarimbang, terdapat 2 pilihan lokasi hotel yang terletak tak jauh dari Pantai Tarimbang yaitu Homestay Marthen dan Peter’s Magic Paradise Resort dengan kisaran harga 500.000-1.500.000 per malamnya.


Tinggalkan komentar