Pantai Teleng Ria, Update Kodisi Terkini Saat Pandemi Di Pacitan

Pantai Teleng Ria selalu menjadi wisata Populer di Pacitan, terutama saat di akhir pekan. Pantai Teleng Ria terkenal sebagai sebuah wisata pantai yang cocok sebagai destinasi wisata keluarga.

Kondisi Pantai Teleng Ria saat ini tentu saja suasananya sangat jauh berbeda dengan situasi sebelum pandemi. Pantai Teleng Ria saat ini memang tidak terlalu ramai, banyak juga warung – warung yang tutup.

Kondisi tersebut bukan karena pesona alam di sekitar Pantai Teleng Ria yang memudar, tetapi dikarenakan kebijakan protokol kesehatan, serta upaya pencegahan penularan virus Covid-19.

Kondisi Pantai Teleng Ria saat ini terjadi juga di banyak tempat wisata lain yang ada di Indonesia, bahkan di dunia. Di sisi lain, pemerintah sedang berupaya keras membangkitkan sektor wisata dalam koridor kepatuhan terhadap prokes tentunya.

pantai teleng ria
pantai teleng ria. google maps. sumber: Gylang Aryandaru

Simak Juga: Pilihan petualangan di Pacitan.

Dan inilah deskripsi Pantai Teleng Ria saat ini yang wajib anda ketahui, sebagai sebuah referensi awal menentukan lokasi wisata saat liburan tiba bersama keluarga.

Daya Tarik Pantai Teleng Ria Pacitan

Pacitan adalah kampung halaman, atau tempat kelahiran mantan Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Di akhir tahun 2020, Bapak SBY menyempatkan diri berkunjung ke Pantai Teleng Ria.

Hal tersebut menjadi sebuah isyarat bahwa Pantai Teleng Ria memiliki pesona alam yang sangat menawan, serta memiliki kesan tak terlupakan bagi mereka yang pernah mengunjunginya.

Dan nilah beberapa daya tarik Pantai Teleng Ria Pacitan yang perlu anda ketahui:

1. Wisata Keluarga Yang Nyaman

bermain air di pantai teleng ria
bermain air di pantai teleng ria. google maps. sumber: Eko Hadi

Simak juga: Pantai Soge.

Daya tarik yang pertama dari Pantai Teleng Ria adalah pantai yang sangat nyaman sebagai destinasi wisata keluarga, baik di akhir pekan, maupun saat libur nasional.

Tentu saja kondisi tersebut bukan tanpa alasan. Pantai Teleng Ria memiliki area pasir pantai yang sangat luas, dan panjang. Ditambah ombak laut yang datang ke tepian tidaklah besar.

Area pasir Pantai Teleng Ria menjadi spot terbaik untuk membangun kehangatan, serta keseruan wisata bersama keluarga tercinta.

Selain bermain pasir, atau bermain air, di area pasir Pantai Teleng Ria terdapat delman, atau andong, yang bisa dinaiki oleh para wisatawan untuk menjelajah keindahan pasir Pantai Teleng Ria Pacitan.

2. Pesona Alam Sekitar

berteduh di bawah pohon cemara
berteduh di bawah pohon cemara. google maps. sumber: vicen putra

Simak juga: Pantai Banyu Tibo.

Daya tarik selanjutnya dari Pantai Teleng Ria adalah pesona alam sekitarnya. View gunung yang ada di samping kiri, dan kanan Pantai Teleng Ria beranama Gunung Limo.

Di sisi lain, terdapat juga spot berupa hutan cemara yang sering dijadikan spot selfie pengunjung. Selain itu, area Pantai Teleng Ria bisa juga dijadikan tempat untuk jogging.

Terdapat sebuah jalur trekking yang sering juga dijadikan sebagai trek untuk melakukan jogging. Beberapa tugu yang ada di Pantai Teleng Ria seakan menjadi penyempurna view alam sekitar.

3. Wisata Kuliner

Pantai Teleng Ria juga mampu menjadi sebuah destinasi wisata kuliner Pacitan. Kuliner di Pantai Teleng Ria didominasi oleh seafood goreng, dengan citarasa khas Pacitan.

wahana dan spot foto favorit
wahana dan spot foto favorit. google maps. sumber: RideR SFU

Simak juga: Pantai Jogan.

4. Pagelaran Budaya

Saat pengunjung melewati gerbang utama Pantai Teleng Ria Pacitan, jika mengambil arah ke sebelah kiri, maka anda akan melihat bangunan yang diperuntukkan bagi pagelaran seni dan budaya.

Kondisi tersebut menjadi sebuah penegasan bahwa kunjungan wisata ke Pantai Teleng Ria bukan hanya sebatas keseruan wisata biasa, namun mampu menjadi nilai edukatif atas budaya yang ditampilkan di lokasi tersebut.

Hanya saja, pagelaran budaya di tempat itu tidak dilaksanakan setiap hari, apalagi saat situasi sedang pandemi.

Lokasi dan Alamat Pantai Teleng Ria

Lokasi Pantai Teleng Ria berada di wilayah Balong, tepatnya di alamat Desa Sidoharjo, Kecamatan Pacitan, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur.

seru seruan bareng
seru seruan bareng. google maps. sumber: Fariz Qahhar

Simak juga: Pantai Jungwok.

Rute Menuju Pantai Teleng Ria

Jalan menuju Pantai Teleng Ria dari pusat kota hanya memakan waktu sekitar 15 hingga 20 menit. Akses jalannya pun sangat mudah, karena sudah banyak petunjuk jalan yang akan mengarahkanmu kesana.

Rute dari Surabaya tinggal mengarahkan kendaraan menuju Mojokerto, sedangkan untuk kamu yang berangkat dari Solo dan Jogja dengan menuju Solo-Pacitan.

Sedangkan untuk kamu yang berasal dari Jawa Barat dengan mengambil jalur menuju Tol Cipali, dan untuk kamu yang dari Jawa Tengah dengan menuju Jalan Nasional III.

tugu setelah gerbang utama
tugu setelah gerbang utama. google maps. sumber: Ade Putra

Simak juga: Pantai Srau.

Jam Buka Pantai Teleng Ria

Jam operasional Pantai Teleng Ria dibuka selama 24 jam sehari, dan 7 hari seminggu.

Tiket Pantai Teleng Ria

  • Tiket masuk Pantai Teleng Ria cukup membayar retribusi sebesar Rp. 10.000,- per orang
  • Tiket parkir mobil sebesar Rp. 10.000,-
  • Tiket parkir motor dengan membayar Rp. 5.000,-

Fasilitas Pantai Teleng Ria

Pantai Teleng Ria memiliki fasilitas yang memadai, yakni:

  • Area parkir kendaraan
  • Kamar mandi
  • Mushola
  • Rumah makan
  • Waterpark
  • Gazebo tempat beristirahat
selalu ramai dikunjungi
selalu ramai dikunjungi. google maps. sumber: Joe Ismail

Penginapan dan Resort

Ketika berada di Pantai Teleng Ria, kamu ngga akan kesulitan dalam mencari tempat menginap apalagi untuk kamu yang datang dari luar kota.

Banyak tersedia penginapan atau resort dengan beragam harga dan fasilitas yang ditawarkan, yakni:

  • Hamana Beach
  • Gepeng’s Surf Camp
  • Parai Beach Resort-Hotel
  • Harry’s Oceans House

Tinggalkan komentar