Pantai Teleng Ria, Pantai Menakjubkan Dari Kota 1001 Goa

Pantai teleng ria memiliki ombak yang tidak terlalu besar. Ditambah bibir pantai yang landai, menjadikan pantai ini seru untuk bermain pasir dan berenang. Selain itu, pengunjung juga bisa melakukan olahraga pantai seperti voli, joging, sepak bola, dan sepeda.


Pantai Teleng Ria, pantai landai yang bsia untuk berbagai jenis kegiatan wisata pantai
Pantai Teleng ria. Image via: Nina Mariani

Berjarak sekitar 5 menit dari pusat kota Pacitan Pantai Teleng Ria merupakan obyek wisata yang paling banyak di kunjungi saat berada di Pacitan.

Pantai ini berhadapan langsung dengan Pantai Selatan, dengan hamparan pasir putih sepanjang 3Km. Pantai memiliki hamparan pasir yang luas dan bersih. Pengunjung dapat leluasa bermain main diatas pasir pantai ini. Pantai yang langsungmenghadap ke Samudera Hindia, memebuat pengunjun dapt menikmati view laut yang luas sampai batas cakrawala.

Pemandangan yang melatarbelakangi pantai pun tak kalah indah. Di sekitar pantai dikelilingi oleh rangkaian gunung Limo. Selain sebagai obyek wisata, Pantai Teleng Ria ini juga dijadikankan untuk Tempat Pelelangan Ikan (TPI). Sehingga pengunjung dapat membeli ikan segar yang baru di tangkap oleh para nelayan.

Delman wisata pantai teleng ria, yang bsia digunakan pengunjung untuk menjelajah pantai indah ini.
Delman wisata pantai teleng. Image via: eksotis.net

Simak Juga: Pilihan petualangan di Pacitan.

Lokasi Pantai Teleng Ria

Pantai Teleng Ria berada di wilayah Balong, Desa Sidoharjo, Kecamatan Pacitan, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur

Menuju ke kawasan ini tidak terlalu sulit, cukup mudah hanya membutuhkan waktu 15 hingga 20 menit dari pusat kota.

Rute Menuju Pantai Teleng Ria

Pantai Teleng Ria yang berada di Desa Sidoharjo berjarak kurang lebih 2,5 km dari psuat kota. Jarak ini sekitar 15 sampai 30 menit waktu tempuh di perjalanan.

Akses jalan menuju pantai Teleng Ria sangat mudah. Banyak sekali peta dan petunjuk jalan yang mengarahkan agar tidak tersesat dan sampai ke pantai dengan benar. Karena sudah menjadi tempat wisata unggulan, jalan yang dilalui juga sangat bagus. Pengunjung bisa menggunakan mobil pribadi atau bahkan rombongan bis juga tersedia area parkir yang luas.

Sunrise Pantai teleng ria memebrikan pemandangan yang laur biasa ketika surya tenggelam di cakrawala barat.
Sunrise Pantai teleng. Image via: @bambang_kusaeri

Bagi pengunjung yang datang dari Surabaya dapat mengambil jalur dari Mojokerto sementara yang berasal dari Solo dan Jogjakarta dapat menempuh jalur Solo-Pacitan. Pengunjung yang datang dari Jawa Barat dapat mengambil jalur Tol Cipali dan dari Jawa Tengah mengambil Jalan Nasional III.

Di sepanjang jalan menuju pantai pengunjung disuguhi dengan pemandangan pegunungan yang sangat indah. Selain itu, jalan yang berbukit juga serta berbelok-belok akan membuat perjalanan terasa seru.

Di jalan menuju pantai pun kamu akan menemui banyak sekali para penjual yang menjual oleh-oleh khas Pacitan seperti souvenir, kerajinan asli Pacitan dan beberapa makanan khas.

Jam Buka Pantai Teleng Ria

Untuk menikmati keseruan berkunjung di pantai teleng ria ini pengunjung tidak dibatasi oleh waktu. Pantai ini buka sepanjang hari. 24 jam penuh.

Pasir  pantai teleng ria yang luas dan landai bahkan bsia dipakai utnuk bermian layangan
Pasir luas dan landai. Image via: merahputih.com

Simak juga: Pantai Srau.

Tiket Pantai Teleng Ria

Harga tiket masuk kawasan ini adalah Rp 10.000. Untuk akhir pekan dan hari libur akan naik menjadi Rp 15.000.

Biaya ini nasih di tambah dengan uang parkir sebesar Rp 10.000 untuk mobil dan Rp 5.000 bagi yang membawa sepeda motor.

Fasilitas Pantai Teleng Ria

Pantai teleng ria telah dikelola dengan baik. Terdapat fasilitas umum berupa pondok atau pendopo mewah dengan ornament tradisional seperti wayang, jalan setapak dengan lampu-lampu hias yang nampak bagai Pantai modern.

Tersedia pula mushola, kamar mandi, parkir luas hingga jejeran rumah makan yang menghidangkan masakan laut serta Waterpark. Bagi pengunjung yang ingin menginap, tersedia fasilitas resort dan penginapan mewah.

Daya Tarik Pantai Teleng Ria

  1. Menikmati pantai

Main pasir di pantai teleng ria bukan hanya monopoli anak anak. dewasa pun bsia menikmati permainan ini
Main pasir. Image via: reresepan.com

Pantai teleng ria cocok untuk dikunjungi saat berlibur bersama keluarga tercinta. Pasir putih dan kecoklatan yang bersih menjadi salah satu daya tarik wisatawan khususnya yang membawa anak-anak.

Pengunjung bisa leluasa bermain air di tepian pantai hingga berenang di pantai. Namun pengunjung disarankan untuk berhati-hati, mengingat ombak laut selatan memiliki ombak yang ganas yang tak dapat diduga waktu datang.

Di Pantai Teleng Ria ini, jika ombak laut di rasa cukup besar, maka petugas Pantai akan meniup peluit. Peluit itu untuk memberitahukan kepada para pengunjung pantai yang sedang berenang agar segera menepi.

Berbagai aktifitas lainnya di Pantai Teleng Ria antara lain bermain bola voli, sepak bola dan bersepeda. Bahkan pengunjung juga bisa berjalan menyusuri bibir pantai sampai di ujung yang pada akhirnya akan membawa ke Pantai Pancer Door.

  1. Surfing

surfing di pantai teleng ria, cocok utnuk dicoba terutama bagi kelas pemula atau yang dalam tahap belajar
Menanti Ombak Pantai teleng. Image via: kotapacitanjatim

Simak juga: Pantai Soge.

Pantai Teleng Ria memiliki ombak yang cukup besar, sehingga pantai ini juga terkenal sebagai tempat surfing terbaik di Pacitan. Maka tidak heran juga jika saat mengunjungi pantai ini bertemu dengan beberapa wisatawan asing dari berbagai negara melakukan olahraga surfing.

Di setiap tahun juga pantai ini selalu menyelenggarakan event surfing internasional. Peserta yang ikut bukan hanya dari Indonesia saja, banyak dari turis asing yang ikut lomba tersebut. Pacitan Regency in East Java memang sudah tak asing lagi di telinga wisatawan asing.

Bahkan untuk pengunjung yang bukan dari peselancar yang profesional juga dapat bermain selancar di Pantai Teleng ria sini. Ada tempat persewaan alat-alat beserta pendamping surfing. Pengunjung hanya perlu membayar Rp 70.000 untuk menyewa papan seluncur dan Rp 20.000 untuk pelatihan Surfing.

  1. Water park

water park pantai teleng ria, memebrikan alternatif bagi pengunjung yang enggan turun ke laut
Water Park Pantai Teleng. Image via: pacitantourism.net

kehadiran water park di tengah keindahan pesona alam Pantai teleng ria tentu melengkapi liburan keluarga. Terutama bagi anak-anak yang umumnya menyukai wahan air. Letak dari waterpark ini ada di sebelah kanan pintu masuk Pantai Teleng Ria. Tiket masuk untuk waterpark ini sangat murah yaitu hanya dengan Rp 10.000 saja.

Water park ini memiliki banyak sekali wahana permainan air yang sangat disukai. Bukan hanya anak-anak, orang dewasa juga tak jarang datang ke sini hanya untuk mencoba wahana yang sudah disediakan.

Wahana itu seperti kolam renang anak, kolam renang dewasa, perosotan air dan air mancur. Tempat ini bisa menjadi pilihan lain untuk pengunjung yang enggan bermain pasir atau berpanas-panas di pantai.

  1. Hutan cemara

HUtan pinus pantai teleng ria berjajar rapi, bahkan apda bebeapa bagian menimbulkan efek gua.
Dalam Lorong Goa Cemara. Image via: @rforizky

Simak juga: Pantai Banyu Tibo.

Di balik kesejukan udara tentu terdapat rimbun pohon. Rimbun pohon di sini bukan deretan pohon yang mengitari bibir Pantai. Melainkan benar-benar sebuah hutan eksotis yang ditumbuhi pohon cemara dengan berbagai bentuk. Hutan cemara ini tumbuh secara alami yang kemudian juga berfungsi sebagai benteng penangkal abrasi.

Pohon-pohon cemara ini begitu rimbun sehingga banyak sekali pengunjung yang menggelar tikar dan duduk santai di bawah sejuk suasana pantai.

Selain itu di tempat pohon cemara ini juga bagus dijadikan spot pengambilan foto. Tak jarang ada komunitas pecinta fotografi yang juga datang untuk berfoto-foto dengan pohon cemara sebagai background pengambilan gambar.

  1. Gunung Limo

Pantai teleng ria dikelilingi oleh pagar alam gunung limo.
Berpagar gunung limo. Image via: pacitantourism1

Hal yang membuat Pantai ini tampak menarik dan eksotis adalah keberadaan pantai yang diapit oleh Gunung Limo. Posisi gunung Limo membuat pantai terlihat menyerupai huruf U. Pengunjung yang memiliki kecintaan pada hal-hal ekstrim dan menantang dapat mencoba mendaki gunung Limo. Puncak Gunung Limau di pantai teleng ria memiliki kontur landai dan tidak terlalu ekstrim.

Saat pengunjung sudah sampai di puncak Gunung Limo, suasana tentu akan berbeda dari pada saat di pantai. Pengunjung dapat merasakan hembusan angin yang lebih sejuk.

Dari atas sini juga dapat dilihat bahwa bentuk gunung yang mengapit Pantai  Teleng Ria di tengahnya benar-benar menyerupai huruf U. Dan juga memperlihatkan bahwa posisi Pantai tersebut memang terlihat landai.

  1. Spot foto

banyak spot foto cantik di pantai teleng ria, yang menantang kreatifitas untuk dioleh menjadi foto yang indah
Foto di pantai. Image via: Bakul Micin

Simak juga: Pantai Jogan.

Bagi pengunjung yang menyukai seni fotografi, di tempat ini akan dimanjakan dengan berbagai pemandangan dan spot-spot foto yang menarik. Dimulai dengan tepi pantai dengan latar belakang laut biru. Di sana pengunjung bisa memanfaatkan lingkungan di sekitarnya sebagai tempat untuk berfoto.

Ada juga spot di area Kampung Cemara yang sangat teduh dan rimbun. Pengunjung juga bisa mengabadikan berbagai panorama yang ada di sekitar pantai, seperti batu karang yang eksotis. Dan juga karena terdapat banyak nelayan, pengunjung bisa memanfaatkan pemandangan perahu-perahu mereka untuk dijadikan sasaran target lensa kamera.

Ada satu spot menarik di pantai Teleng Ria yang menjadi lokasi untuk foto-foto yaitu kawasan Pelabuhan Tamperan. Tempat ini bisa dijangkau melalui jalan utama pantai Teleng Ria kemudian menyeberangi jembatan yang ada di sisi barat pantai.

Untuk memburu foto yang benar-benar cantik, pengunjung sebaiknya datang pada pagi buta sebelum matahari terbit. Itulah saat terbaik untuk menikmati indah sunrise yang perlahan muncul dari balik Gunung Limo.

Di ujung selatan terdapat mercusuar berwarna merah yang digunakan sebagai penanda nelayan saat melaut pada malam hari. Mengambil angle foto dari tempat ini juga menghasilkan gambar yang epik.

  1. Kuliner Ikan Bakar

memebrli ikan di warga sekitar pantai telng ria menjamin kondisi ikan yang bagus dan seger.
Berburu ikan bakar. Image via: denpahlawi

Di tepi pantai, tepatnya di dermaga Teleng Ria Pacitan, terdapat sebuah pasar ikan yang cukup besar. Pasar ini menampung hasil tangkapan nelayan yang pulang melaut, pasar ini menjadi tempat “kulakan” pedagang ikan untuk dijual kembali di pasar.

Lokasi ini menyediakan ikan mentah dengan harga murah, pasar ikan di wilayah Tamperan ini selalu ramai dikunjungi pembeli.

Nah yang Seru untuk wisata kuliner disini adalah Tempat Pembakaran Ikan. Setelah memilih milih ikan segar langsung dari nelayan yang baru datang melaut, pengunjung bisa membawa ikan tersebut ke warung di sekitar untuk diolah.

Warung-warung itu melayani jasa membakar ikan. Tentu ikan bakar ini akan terasa beda nikmat sekali. Selain karena ikan yang benar-benar segar baru diambil dari laut,  juga karena menyantap ikan bakar dengan suasana pantai.

Keberadaan ercusuar di pantai teleng ria,s elain utnuk penunjuk arah bagi nelayan juga bsia dimanfaatkan sebagai latar foto yang cantik
Foto di Mercusuar. Image via: agusstrav12

Simak juga: Pantai Jungwok.

Tips Mengunjungi Pantai Teleng Ria

Ada beberapa tips kecil, yang sebaiknya diperhatikan sebelum memutuskan untuk berkunjung ke pantai teleng ria.

  • Pastikan badan dalam kondisi yang prima
  • Pakailah alas kaki yang nyaman
  • Persiapkan kendaraan yang akan anda gunakan
  • Bawalah bekal makanan dan minuman dari rumah
  • Membawa kacamata atau topi
  • Memakai krim sunblock

Objek Wisata Dekat Pantai Teleng Ria

Bagi pengunjung yang ingin menikmati keindahan pantai lain di wilayah pacitan, bisa mencoba Pantai Klayar. Pantai yang berjarak  28 km ini terkenal dengan fenomena seruling laut. Kontur tebing yang unik, menyebabkan ombak yang datang terdorong ke dalam rekahan ini dan menyembur cukup tinggi disertai dengan suara siulan seperti seruling.

Bagi yang ingin wisata goa. Pacitan adalah sorga Goa. Daerah ini dikenal sebagai kota 1000 goa. Salah satu yang populer adalah Goa Gong. Goa indah ini berjarak  22 km dari pantai teleng ria. Goa Gong dipenuhi formasi stalaktit dan stalakmit yang indah. Pengunjung dapat menyusuri gua hingga 250 meter.

Keindahan Pantai Teleng Ria adalah bukti nyata, betapa kaya negeri ini. Keindahan yang bisa melenakan pikiran, untuk relaksasi sejenak dari kesibukan harian. Ayo berkunjung ke pantai Teleng ria, dan nikmati pengalaman akan keindahan yang tak tergantikan ini.

Baca juga:

Artikel lainnya:

Leave a Comment