Pantai Walaikiri, 1 Kenangan Terakhir Dari Album Terakhir Glenn Fredly

Pantai Walikiri merupakan pantai yang memiliki hamparan pasir putih serta pohon-pohon mangrove yang menghiasinya. Pohon mangrove unik pantai inilah yang digunakan sebagai ilustrasi pada sampul album Terakhir penyanyi Glend Fredly. Selain itu jejeran pohon-pohon kelapa yang terdapat di pantai ini dapat memberi keteduhan dan suasana nyaman.

Pantai Walaikiri memiliki mangrove yang unik dengan hamparan pasir putih. Pesisir pantai dihiasi jajaran pohon kelapa, memberi keteduhan dan suasana nyaman.
Mangrove Pantai Walaikiri, di sampul album Alm Glenn. Image via: kompas.com

Selain pepohonan mangrove yang dapat dijumpai, pengunjung juga akan mendapati dua jenis pasir yang berbeda tekstur. Pasir yang berada di tepi pantai merupakan pasir yang nampak pada umumnya takni berwarna putih gading dengan tekstur yang kasar. Sedangkan di sisi lain, pasir di area bekas laut yang surut pasirnya halus seperti bedak dan juga padat.

kemudian, pemandangan petang hari pada saat matahari terbenam mampu menghipnotis siapa pun yang datang mengunjungi pantai ini. Mata pengunjung akan dimanjakan dengan langit senja yang memukau dan membentuk silurt pohon mangrove.

Pantai Walaikiri ternyata tak hanya menyuguhkan panorama alam yang indah, pengunjung juga dapat bersenang-senang menikmati jernihnya laut biru laut dengan berenang dan menyelam. Maka dari itu pantai satu ini bisa dikatakan memiliki segala aspek yang dapat membuat wisatawan merasa betah lama-lama disini.

Setelah masuk ke kawasan wisata pantai walaikiri ini, isatawan dapat menikmati pesona pantai sepuasnya karena hamparan pasir putih yang bersih dan hutan mangrove di pantai serta pohon kelapa membuat suasana pantai ini menjadi nyaman.
Aku, kamu, dan pantai. Image via: bisniswisata.co.id

Simak juga:

Lokasi Pantai Walaikiri

Objek wisata Pantai walikiri berada di wilayah Tatumbaka, Pandawai, Kabupaten Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur.

Rute Pantai Walaikiri

Bagi pengunjung yang tertarik mengunjungi lokasi ini, pengunjung dapat menempuh perjalanan dari Denpasar Bali ataupun Kupang NTT melalui Bandara Umbu Mehang Kunda, Waingapu. Sesampainya di Bandara pengunjung bisa menlanjutkan perjalanan menggunakan taxi atau mbil sewaan.

Kemudian, perjalanan dilanjutkan dengan waktu 15 menit. Di sepanjang jalan pengunjung akan akan dimanjakan dengan hamparan padang sabana sebelum memasuki lokasi pantai Walaikiri ini

Kita dan senja menyatu dalam keindahan pantai Walaikiri.
Kita dan senja. Image via: salamransel.com

Jam Buka Pantai Walaikiri

Danau ini sebuah kawasan terbuka. Jadi tidak ada pintu masuk dan keluar, maka lokasi ini dapat dianggap terbuka 24 jam sehari.

Tiket Pantai Walaikiri

Untuk memasuki tempat wisata Pantai Walaikir, pengunjung sama sekali tak dipungut biaya tiket masuk.

Khusus untuk wisatawan yang membawa kendaraan, hanya dikenakan biaya parkir. Yakni untuk mobil Rp 10.000 dan untuk motor Rp 5.000.

Fasilitas Pantai Walaikiri

Tak perlu khawatir usai berenang, karena di pantai Walaikiri ini telah tersedia fasilitas toilet umum untuk membasuh badan usai berenang. Kemudian pengunjung juga akan dengan mudah menjumpai sejumlah villa dengan harga yang terjangkau. Tak hanya itu cafe-cafe pun tersedia dan siap mengisi perut pengunjung bila terasa lapar.

Nyiur melambai di pantai Walaikiri.
Nyiur pantai Walaikiri. Image via: @monalisadwaa

Daya Tarik Pantai Walaikiri

Meskipun berada di dekat pemukiman warga dan cukup ramai dikunjungi oleh para pelancong baik dari dalam kota maupun luar kota.

  1. Pasir Yang Lembut

Pasir lembut pantai Walaikiri
Pasir lembut pantai Walaikiri. Image via: id.pinterest.com

Pada saat menginjakan kaki di pantai Walikiri, pengunjung akan merasakan pasir yang halus dan lembut. Maka dari itu, pantai ini sanagt cocok dikunjungi bagi pengunjung yang ingin  bersenang-senang bermain pasir atau bermain air laut di pesisir tanpa khawatir kaki terasa sakit.

Selain itu pemandangan yang elok pun turut menjadi penghias pantai yang terjkenal dengan pohon mangrovenya ini. Pohon mangrove yang ada di area ini berukuran lebih kecil dibanding dengan pohon mangrove pada umumnya. Hal ini membuat banyak orang yang menyebut pohon mangrove di kawasan ini denagn nama mangrove kerdil.

  1. Spot Foto

Pantai Walikiri memiliki pohon-pohon mangrove yang unik sebagi ikon utamanya. Maka dari itu tak heran jika spot ini menjadi buruan utama bagi pengunjung yang hendak berfoto. Pada saat air laut surut adalah waktu yang pas bagi pengunjung untuk mengabadikan momen dengan latar phon mangrove kerdil.

Pengunjung dapat memilah-milah sudut yang tepat sehingga didapati hasil jepretan yang sempurna. Indahnya panorama yang tersaji di pantai ini juga menarik cukup banyak pasangan yang hendak melakukan sesi foto pre wedding dengan latar pantai walaikiri dan juga mangrove kerdil.

Dengan panorama unik yang ditawarkan, tempat ini juga kerap dipilih banyak pasangan sebagai tempat untuk menggelar foto pre-wedding
Berburu Foto. Image via: tripadvisor.ie
  1. Sunset

Fenomena matahari terbenam merupakan salah satu momen yang tak boleh terlewatkan jika mengunjungi pantai Walikiri. Pada saat pengunjung menjadi saksi momen sunset di pantai ini pengunjung akan dimanjakan dengan perpaduan yang pas antara langit senja yang berwarna sedikit jingga dengan pohon mangrove yang membentuk silurt pepohonan tersebut.

Siluet pepohonan mangrove yang tercipta inilah yang membuat para pengunjung rela menunggu saat saat yang langka ini.  Maka dari itu banyak sekali wisatawan yang ke sini sengaja untuk menyaksikan sunset di Pantai Walaikiri yang sungguh memesona.

Selain sunset, beberapa wisatawan dan juga fotografer juga sering datang pagi-pagi buta untuk melihat matahari terbit yang juga terlihat dari sisi timur Pantai Walakiri.

Satu hal lagi yang tidak boleh dilewatkan saat berada di Pantai Walaikiri adalah sunset-nya yang unik.
Sunset. Image via: idntimes.com

Objek Wisata Dekat Pantai Walaikiri

Mengunjungi Sumba timur, belum lengkap tanpa singgah ke Bukit Wairinding. Mengunjungi tanah Sumba Timur ini, akan merasa menemukan sekeping surga yang terhampar diantara perbukitan.

Lanskap Bukit Wairinding yang demikian elok dan sangat mempesona, membuat para pengunjung seperti tak ingin berkedip. Hamparan padang savana yang terhampar luas itu akan berwarna kuning saat musim kemarau dan sebaliknya berwarna hijau pada musim penghujan.

Untuk wisata yang berhubungan dengan air tawar, Sumba timur memiliki Air Terjun Tanggedu. Air terjun yang mempesona dengan tebing-tebing curam yang berada di samping kanan kirinya. Air Terjun Tanggedu berdiri anggundi balik tebing-tebing terjal tersebut.

Air terjun ini memiliki karakteristik tersendiri, dengan air yang bening kebiru-biruan membuat air terjun ini indah luar biasa.

Itulah sedikit bocoran dari kami mengenai keindahan Pantai Walaikiri. Pantai wisata alam cantik yang wajib disambangi jika sedang jalan-jalan di sekitaran Sumba. Dijamin tak bakal menyesal deh. Jadi tunggu apa lagi, segera ajak deretan pohon mangrove kerdil di sini menari bersamamu.

Baca juga:

Leave a Comment