Pantai Walaikiri, Keindahan Pantai Dengan Dihiasi Mangrove Yang Menari Di Sumba Timur

Pantai-pantai yang terdapat di Sumba Timur dikenal oleh seantero dunia sebagai tempat untuk berselancar yang memiliki keindahan yang luar biasa. Pantai-pantai tersebut diantaranya Pantai Kalala, Pantai Afon Ndawa Lu, Pantai Tarimbang, Puru Kambera, serta Pantai Walakiri.

Kali ini saya akan membahas Pantai Walakiri atau Walaikiri, yang merupakan sebuah pantai dengan memiliki hamparan pasir putih yang bersih serta deretan pohon mangrove yang unik.

Indahnya Pantai Walaikiri
Indahnya Pantai Walaikiri. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Kenapa saya sebut Pohon Mangrovenya unik, karena ukurannya yang tidak terlalu tinggi, bahkan banyak pengunjung yang menyebutnya “Mangrove Kerdil”.

Namun, Pohon Mangrove ini pernah hadir sebagai ilustrasi pada sampul album terakhir penyanyi legendaris Indonesia yakni Glenn Fredly.

Hal menarik yang akan dijumpai ketika berada di Pantai Walaikiri ini ialah terdapat dua jenis pasir dengan struktur yang berbeda. Yakni pasir yang berada di tepi pantai memiliki yang berwarna putih gading dengan tekstur yang kasar. Sedangkan di sisi lainnya, di area bekas laut yang surut tekstur pasirnya sangat halus seperti bedak dan juga padat.

Banyak lagi keseruan lainnya yang dapat kamu jumpai ketika berada di Pantai Walaikiri, yakni:

Lokasi Pantai Walaikiri

Lokasi Pantai walaikiri berada di wilayah Tatumbaka, Kecamatan Pandawai, Kabupaten Sumba Timur, Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Rute Pantai Walaikiri

Rute menuju Pantai Walaikiri atau Walakiri ini, jika kamu berangkat dari Denpasar, Bali atau dari Kupang, NTT dengan menggunakan pesawat terbang dan mendarat di Bandara Umbu Mehang Kunda di Waingapu yang merupakan Ibu Kota Sumba Timur.

Kemudian untuk melanjutkan perjalanan menuju Pantai Walaikiri atau Walakiri dapat menggunakan taxi ataupun dengan menyewa mobil, dengan estimasi waktu sekitar 15 menit perjalanan.

Di sepanjang perjalanan kamu akan akan dimanjakan dengan suguhan hamparan padang sabana yang sangat indah sebelum memasuki lokasi pantai Walaikiri ini.

Jam Buka Pantai Walaikiri

Jam operasional Pantai Walaikiri atau Walakiri dibuka selama 24 jam sehari atau 7 hari seminggu. Jadi kamu dapat mengunjunginya kapan saja kamu mau.

Tiket Pantai Walaikiri

Tiket masuk menuju Pantai Walaikiri atau Walakiri ini tidak dikenakan biaya sepeserpun alias gratis. Kamu hanya perlu mengeluarkan uang untuk membayar tiket parkir sebesar Rp. 5.000 untuk motor dan Rp. 10.000 untuk mobil.

Fasilitas Pantai Walaikiri

Fasilitas yang ada di area Pantai Walaikiri terdiri dari:

  • Area parkir
  • Kamar mandi atau Toilet
  • Cafe-cafe
  • Penginapan

Daya Tarik Pantai Walaikiri

Para wisatawan selalu saja mengunjungi pantai yang satu ini, karena Pantai Walaikiri atau Walakiri memiliki daya tarik sebagai berikut:

1. Pantai Yang Sangat Indah

Lautnya Biru Dan Jernih
Lautnya Biru Dan Jernih. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Pantai Walaikiri atau Walakiri merupakan pantai yang sangat indah, alamnya sungguh masih sangat alami. Deburan ombaknya layak untuk berselancar. Pohon kelapa melambai-lambai terkena hembusan angin.

Sejauh mata memandang lautnya berwarna biru indah sekali, selain itu juga bersih sampai-sampai kamu dapat melihat ke dasar lautan dengan jelas.

Dengan duduk-duduk di atas hamparan pasir yang lembut, kamu pandangi dan rasakan betapa indahnya pesona Pantai Walaikiri ini. Tempat yang tepat untuk menghabiskan waktu bersama dengan orang terkasih.

Anak-anak dapat bermain dengan aman di pinggir pantai, atau hanya sekedar bermain pasir. Senyum lebar mereka memancarkan kebahagiaan yang tak terkira.

2. Pasir Yang Lembut

Lembutnya Pasir Pantai Walaikiri
Lembutnya Pasir Pantai Walaikiri. Sumber: wisato.id

Pantai Walaikiri atau Walakiri memiliki hamparan pasir yang putih serta lembut, nyaman sekali kaki ini berjalan tanpa alas kaki di Pantai Walaikiri.

Terdapat dua jenis pasir yang ada di Pantai Walaikiri yakni pasir yang di tepi pantai memiliki tekstur yang kasar namun tak terlalu kasar, sedangkan pasir dekat pohon mangrove sangat lembut sekali.

Pasir Pantai Walaikiri berwarna putih bersih, jika dilihat dari atas sungguh perpaduan yang sangat luar biasa. Antara Birunya laut, hijaunya pepohonan, serta putihnya pasir.

3. Kehadiran Mangrove Kerdil

Kehadiran Mangrove Kerdil Menjadi Daya Tarik Tersendiri
Kehadiran Mangrove Kerdil Menjadi Daya Tarik Tersendiri. Sumber: www.kompasiana.com

Kehadiran Mangrove Kerdil merupakan ikon dari Pantai Walaikiri atau Walakiri ini, banyak pengunjung yang datang untuk melihat secara langsung pohon mangrove tersebut kemudian berfoto dengannya.

Waktu yang tepat untuk mendekati pohon mangrove ialah ketika air laut di sekitarnya mulai surut, namun jika kamu tak sabar kedalaman ketika air belum surut setinggi betis sampai paha orang dewasa.

Lokasi ini merupakan spot foto favorite para pengunjung, deretan pohon mangrove yang tak terlalu tinggi dengan keadaan seperti sedang menari merupakan daya tarik tersendiri.

Mengabadikan Keindahan Alam
Mengabadikan Keindahan Alam. Sumber: www.hipwee.com

Dengan keindahan dan keunikan yang dimiliki lokasi ini sering digunakan sebagai foto Prewedding, karena memang lokasinya yang sangat romantis sekali apalagi jika hari mulai petang.

4. Menikmati Pergantian Hari Yang Sangat Menakjubkan

Jika mengunjungi sebuah pantai menikmati pergantian hari merupakan hal yang wajib untuk dilakukan, sama halnya ketika berada di kawasan wisata Pantai Walaikiri atau Walakiri, Sumba Timur ini.

Saksikanlah keindahan matahari tenggelam dengan dihiasi langit yang berubah menjadi sedikit jingga, juga keindahan matahari terbit yang datang dari sebelah timur Pantai Walaikiri atau Walakiri.

Yang paling ditunggu oleh para pengunjung ialah ketika matahari mulai tenggelam, dimana banyak diantara mereka yang berfoto dengan keindahan siluet pohon Mangrove yang kerdil.

Siluet Mangrove Yang Indah
Siluet Mangrove Yang Indah. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Tips Wisata

Berikut beberapa tips wisata yang coba saya bagikan untuk kamu yang hendak berkunjung ke Pantai Walaikiri:

  • Selalu jaga dan awasi anak-anak ketika sedang bermain air.
  • Jagalah selalu kebersihan dan keasrian lokasi Pantai Walaikiri atau Walakiri.
  • Hindari perbuatan yang dapat merugikan diri sendiri maupun orang lain.
  • Siapkan gadget kamu untuk mengabadikan keindahan Pantai Walaikiri atau Walakiri.
  • Gunakan Sunblock untuk menghindari paparan radiasi matahari berlebih di kulit.

Penutup

Sumba Timur merupakan destinasi wisata yang memiliki keindahan alam yang sangat indah serta masih alami. Keindahan Pantai Walaikiri atau Walakiri merupakan salah satunya.

Kunjungi dan rasakanlah sendiri keindahan Pantai Walaikiri atau Walakiri Sumba Timur!


Tinggalkan komentar