Pantai Wates Rembang, Pantai Berpasir Putih Berair Jernih

Pantai Wates Rembang menyejukkan badan dan juga hati. Pasir putih, pepohonan cemara, dan ombak yang tenang, sungguh memberikan tempat bagi mengistirahatkan badan. Dan juga tentu mengistirahatkan mental yang selama hari kerja ditekan oleh berbagai tuntutan dead-Line.

Pantai Wates Rembang menyejukkan badan dan juga hati. Pasir putih, pepohonan cemara, dan ombak yang tenang, sungguh memberikan tempat bagi mengistirahatkan badan
Pantai Wates Rembang. Image via: @santy_shann

Pantai ini dipenuhi oleh pohon cemara yang menjulang tinggi di sepanjang pantai. Selain menjadi pencegah terjadi abrasi, pohon cemara juga menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung pantai.

Di antara rimbun pohon cemara, pengunjung juga dapat memanfaatkan untuk bersantai dengan menggelar tikar sambil bercengkerama dengan keluarga atau bersantai di beberapa rumah pohon dan juga berfoto ria di sana.

Selain pohon cemara yang mempesona, butiran pasir putih di sepanjang pantai juga menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Menurut pengalaman admin sendiri, pantai Wates merupakan pantai dengan pasir paling putih di Kabupaten Rembang.

Keunggulan lain di Pantai Wates yaitu ombaknya yang tenang dan air laut yang cukup jernih. Pengunjung dapat bermain air di sini dengan aman dan nyaman tak terkecuali anak-anak.

pengunjung dapat berfoto ria di pantai wates rembang ini
Spot Fotoyang cantik. Image via: penawisata.com

Simak juga: Tirto Arum Kendal, Oase di Panasnya Pantura

Lokasi Pantai Wates Rembang

Pantai Wates Rembang terletak di Desa Tasikharjo, Kecamatan Kaliori, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah.

Pantai ini memang terbilang istimewa, karena ada kawasan hutan cemara yang membuat udara menjadi sejuk.

Rute Menuju Pantai Wates Rembang

Untuk menuju Pantai Wates tidaklah sulit karena lokasinya sangat dekat dengan Jalan Pantura yaitu sekitar 600 meter. Jika ditempuh dari pusat Kota Rembang, berjarak sekitar 10 kilometer menuju ke barat yaitu ke arah Kecamatan Kaliori.

Ada papan petunjuk jalan yang terpampang sebagai tanda letak pantai tersebut. Ketika memasuki gang ke arah pantai, disambut oleh pohon Cemara Udang yang berjajar di tepi jalan. Dulunya sih ditanami pohon Memba, sekarang digantikan oleh pohon Cemara.

Sedangkan untuk kondisi jalannya sendiri terbilang cukup bagus walapun tidak lebar dan ada beberapa lubang kecil tetapi masih aman bagi pengendara.

Gerbang Pantai menuju pantai yang penuh hutan cemara
Gerbang Pantai. Image via: @wahyu_sapta

Jam Buka Pantai Wates Rembang

Secara resmi pantai Wates rembang dibuka dari pagi jam 07.00 hingga sore jam 18.00. Namun ada kalanya pengunjung tetap bertahan di pantai untuk menanti hingga moment sunset berakhir.

Tiket Pantai Wates Rembang

Untuk sekedar datang berkunjung ke pantai rembang wates ini, pengunjung tidak dikenakan biaya tiket, alias Gratis. Pengunjung hanya dikenakan biaya jika membawa kendaraan bermotor, yaitu Rp 3000 untuk parkir Sepeda motor, dan Rp 8.000 untuk parkir Mobil.

Jika datang bersama rombongan besar, kendaraan Elf kena biaya parkir Rp 10.000 dan Bus dikenakan biaya Rp 12.000.

di pantai wates rembang ada sebuah jembatan menuju pantai yang sengaja dibuat, untuk menuju ke arah pantai lebih dalam. Membawa pengunjung seolah-olah berada di tepian laut lepas
Jembatan Pantai Image via: @pantai_wates_rembang

Simak juga: Menyejukkan jiwa di Mangrove Brebes

Fasilitas Pantai Wates Rembang

Beragam fasilitas tersedia di tempat itu. Mulai dari tempat parkir yang luas, kamar mandi, hingga mushola. Juga ada hutan pohon cemara, spot foto instagramable, dermaga, hingga akses terdekat menuju Pulau Gede.

Jika lapar saat sedang menikmati pantai pasir putih di Wates ini, maka jangan khawatir, karena di sana berjajar warung yang bisa dikunjungi. Berbagai makanan siap saji, menunggu pembeli, sembari mereka menikmati indah pantai pasir putih.

Daya Tarik Pantai Wates Rembang

  1. Pantai yang Indah

Pantai indah ini memiliki beberapa spot foto yang cantik. Spot-Spot ini bisa untuk berswa foto. Sangat istagramable
Pantai yang indah. Image via: idntimes.com

Pantai indah ini memiliki beberapa spot foto yang cantik. Spot-Spot ini bisa untuk berswa foto. Sangat istagramable. Salah satunya ada tulisan Love Wates yang ditata cantik dengan latar belakang pantai. Pemandangan alami yang memang sudah cantik, maka hasil foto akan menjadi keren.

Lalu sebuah jembatan menuju pantai yang sengaja dibuat, untuk menuju ke arah pantai lebih dalam. Membawa pengunjung seolah-olah berada di tepian laut lepas. Angin yang menderu, kesunyiannya, menjadikan kita lebih segar. Mampu memahami alam. Bersendau dengan alam.

Bagi pengunjung yang suka berbasah-basahan di Pantai, bisa menceburkan diri ke pantai, basah oleh air laut. Bahkan pengunjung bisa renang agak ke tengah, karena tidak terlalu dalam.

Mencari kerang kecil yang sudah tak berisi. Bermain pasir putih. Bisa juga mengekspresikan diri, dengan menulis sesuatu di tepi pantai. Adalah beberapa keasikan kescil yang bsia dilakoni di Pasir putih pantai Wates ini. Mengasyikkan. Membuat diri lebih rileks.

  1. Pantai Cemara

Hutan Cemara, yang gemerisik daunnya tertiup angin. Seolah membisikkan kata-kata. Simbol bahwa alampun berinteraksi dengan kita.
Di hutan cemara Pantai. Image via: @pantai_wates_rembang

Simak juga: Karangasem, mutiara di ujung timur pulau Bali

Pantai Wates Rembang, dulunya adalah sebuah pantai yang masih alami. Belum dijadikan destinasi wisata seperti sekarang ini. Pantai yang memiliki pasir putih ini, dulunya masih di tumbuhi tanaman Pandan Laut yang memiliki daun berduri. Beberapa pohon Waru yang berjajar di tepi pantai.

Sekarang telah dipercantik dengan ditanami pohon Cemara. Sepanjang pantai berjajar pohon Cemara yang membaris rapi. Bahkan di salah satu tempat yang dulunya adalah tanah lapang yang hanya ditumbuhi rerumputan dan untuk menggembala sapi, sekarang dijadikan Kawasan Hutan Cemara.

Hutan Cemara, yang gemerisik daunnya tertiup angin. Seolah membisikkan kata-kata. Simbol bahwa alampun berinteraksi dengan kita. Pohon Cemara yang baru bertumbuh, jika saatnya tiba, akan menjadi pohon besar. Berbunga. Maka ambil bunganya yang terjatuh di tanah. Bunga cemara itu cantik.

Beberapa pohon Pandan Laut yang berduri, masih dibiarkan menetap di tepi pantai. Tidak digantikan oleh pohon Cemara. Menambah cantik pantai pasir putih ini. Kayu yang kering teronggok di tepi pantai, memberi kesan alami. Bisa dijadikan pertanda, bahwa di sana, alam memiliki kehidupan.

Pepohonan berinteraksi dengan lingkungan. Ada yang mati karena telah tua, ada yang baru bertumbuh. Semuanya bisa dinikmati.

  1. Pulau Gede

Pengunjung bisa melanjutkan liburan ke Pulau Gede. Jaraknya sekitar 4,3 kilometer dari Pantai Wates rembang.
Liburan di Pulau Gede. Image via: kataindonesia.com

Di lokasi ini, Pengunjung tidak hanya akan bisa menikmati keindahan Pantai saja. Pengunjung bisa melanjutkan liburan ke Pulau Gede. Jaraknya sekitar 4,3 kilometer dari Pantai Pasir Putih Wates. Pengunjung bisa menyewa perahu seharga Rp 300.000-Rp 400.000 untuk perjalanan pulang pergi.

Hutan bakau dan bermacam-macam tanaman keras tumbuh liar dan asri di tengah indahnya lautan. Udara bersih dari polusi. Rumah dan gedung, tumpukan sampah, atau semua pemandangan tak sedap seperti di kota, tak ada di pulau itu.

Daratan di tengah lautan yang luasnya sekitar sembilan hektare itu tidak berpenghuni, kecuali serangga dan burung. Ada beberapa jenis vegetasi di sini, di dominasi pepohonan dengan ketinggian antara 4-7 meter. Ada juga beberapa pohon yang menjulang tinggi sampai ukuran puluhan meter namun jumlahnya tidak banyak.

Senja di pulau Gede
Senja di Pulau Gede. Image via: @yusuf_nha

Simak juga: Kintamani, wisata sejuk di Pulau Dewata

Jika cuaca sedang cerah, dari pulau ini tampak jelas Gunung Muria di sebelah barat dan Gunung Lasem di arah timur. Pulau ini banyak dikunjungi oleh orang yang ingin memancing, berkemah ataupun sekedar mencari uadara segar.

Pengunjung juga bisa melakukan kegiatan menyelam untuk sekadar menikmati indahnya pemandangan bawah laut pulau gede. Sekitar 6 meter dari bibir pantai dengan kedalaman sekitar 1 meter, penyelam sudah bisa menemukan beberapa gugusan terumbu karang yang juga dihuni oleh beberapa spesies ikan.

Keasikkan menyelam di lokasi ini juga didukung dengan kondisi air yang cukup jernih, bahkan sangat jernih. Sehingga pengunjung masih bisa menikmati sedikit keindahan pemandangan di bawah air.

Pasir putih pantai wates rembang.
Pasir putih. Image via: caripantai.com

Simak juga: 9 wisata malam ramah keluarga di Malang

Objek Wisata Dekat Pantai Wates Rembang

Selainpantai Wates, di Rembanga da juga beberap apntai populer lainnya. Pantai dampo awang merupakan wisata di rembang yang populer karena letaknya yang dekat dengan kota rembang dan tentunya strategis. Pantai ini juga di kenal dengan sebutan pantai kartini

Ada juga Pantai Karang Jahe. Pantai ini mempunyai garis pantai yang panjang dan luas serta di hiasi oleh pepohonan rimbun yang tumbuh di pesisir pantai. Hal tersebut lah yang menjadi penyebab kenapa pantai karang jahe menjadi primadona berwisata masyarakat lokal.

Demikian cerita kami mengenai keindahan yang dapat dijumpai jika berkunjung ke Pantai Wates Rembang ini.

Selamat Berlibur!!!

Baca juga:

Leave a Comment