Pantai Wates Rembang, Pasir Putih Dihiasi Hijaunya Pohon Cemara

Pantai merupakan salah satu wisata air yang paling diminati, dengan usaha yang terbilang mudah kita dapat langsung menikmati indahnya pantai.

Di Kabupaten Rembang, tepatnya di Dusun Wates terdapat sebuah pantai yang sangat indah bernama Pantai Wates. Pantai ini terkenal memiliki hamparan pasir putih yang indah nan bersih.

Deburan ombaknya yang tenang membuat kita merasa nyaman dan tentram, sedikit dapat melupakan semua rutinitas yang membuat penat.

Jika biasanya pantai memiliki hawa yang panas dan terik, lain halnya dengan Pantai Wates. Di pantai ini terdapat hutan cemara yang menyejukkan. Pohon cemaranya sangat rindang, kamu dapat berteduh diantara deretan pohon cemara tersebut.

Pasir Putih Beach Wates
Pasir Putih Beach Wates. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Simak juga: Tirto Arum Kendal, Oase di Panasnya Pantura

Selain itu, banyak keseruan lainnya yang dapat kamu lakukan ketika berada di Pantai Wates. Simak ulasan lengkap berikut ini ya:

Lokasi Pantai Wates Rembang

Lokasi Pantai Wates Rembang berada di Dusun Wates, Desa Tasikharjo, Kecamatan Kaliori, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah.

Rute Menuju Pantai Wates Rembang

Rute menuju Pantai Wates Rembang jika bergerak dari alun-alun Kota Rembang hanya akan memakan waktu sekitar 15 menit saja. Untuk menuju Pantai Wates Rembang kamu bisa melalui Jalur Pantura, kemudian belok kiri menuju Dusun Wates.

Setelah memasuki area perkampungan tinggal mengikuti petunjuk arah yang sudah tersedia untuk menuju lokasi, tak berselang lama tibalah kamu di area parkir Pantai Wates Rembang. Jalannya mudah dilalui oleh kendaraan jenis apapun serta mulus, tidak ada hambatan yang berarti.

Jam Buka Pantai Wates Rembang

Jam operasional Pantai Wates Rembang dibuka setiap hari Senin hingga Minggu mulai pukul 06.00 sampai dengan pukul 17.00 sore.

Tiket Pantai Wates Rembang

Untuk memasuki Pantai Wates Rembang kamu hanya akan dikenakan biaya tiket parkir saja, dengan rincian sebagai berikut:

  • Untuk tiket parkir Mobil sebesar Rp. 10.000 per unit
  • Motor dengan membayar Rp. 5.000 per unitnya
  • Untuk kamu kamu yang menggunakan Elf cukup membayar Rp. 15.000 per unit
  • Sedangkan untuk Bis sebesar Rp. 20.000
Bermain Seru Pasir Putih Pantai Wates
Bermain Seru Pasir Putih Pantai Wates. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Simak juga: Menyejukkan jiwa di Mangrove Brebes

Fasilitas Pantai Wates Rembang

Fasilitas umum yang ada di Pantai Wates Rembang diantaranya:

  • Area parkir yang dapat menampung mobil maupun motor
  • Warung-warung makanan dan minuman
  • Gazebo
  • Kamar mandi
  • Mushola
  • Spot foto

Daya Tarik Pantai Wates Rembang

Pantai Wates Rembang selalu ramai dikunjungi wisatawan yang berasal dari berbagai daerah, karena memiliki daya tarik seperti:

1. Indahnya Hutan Cemara

Kawasan Hutan Cemara
Kawasan Hutan Cemara. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Perjalanan menuju Pantai Wates diawali dengan berjalan diantara rindangnya pohon cemara, kamu akan disambut olehnya. Pohon-pohon tersebut berderet dengan sangat rapih, seakan memayungimu dari teriknya sang mentari.

Udara sejuk dan teduh akan kamu rasakan di sepanjang hutan cemara ini. Tak sedikit pun terlintas bahwa kamu sedang berada di pantai.

Kawasan Hutan Cemara cocok untuk menggelar tiket dan berpiknik bersama dengan keluarga tercinta. Bercengkrama bersama sambil menikmati makanan yang kamu bawa dari rumah, merupakan salah satu cara untuk merekatkan kembali waktu yang telah hilang karena kesibukan.

Hutan Cemara merupakan salah satu ikon dari Pantai Wates Rembang, perpaduan yang ajib banget yang jarang kamu jumpai di pantai manapun.

Di sekitar Hutan Cemara terdapat warung-warung makanan dan minuman, jadi kamu tak perlu khawatir jika tak membawa bekal dari rumah.

2. Pantai Pasir Putih

Hamparan Pasir Putih Pantai Wates Rembang
Hamparan Pasir Putih Pantai Wates Rembang. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Daya tarik selanjutnya dari Pantai Wates Rembang ialah kehadiran pasir putih yang terhampar luas, duduk-duduk di atas pasirnya yang lembut sambil memandangi luasnya lautan dapat membuat jiwa yang stress kembali tenang.

Diiringi dengan deburan ombak yang tenang serta semilir angin yang menyapu tubuhmu. Pantai memang selalu menakjubkan untuk dikunjungi.

Biarkan anak-anak bermain air laut di bibir pantai sambil mencoba membentuk sesuatu dengan pasir putihnya, senyuman akan mengembang di wajah mereka.

Air lautnya cukup tenang jadi anak-anak dapat dengan aman bermain air lautnya, namun tetap saja kamu harus selalu memperhatikan mereka ya!

Dan ternyata di Pantai Wates Rembang ini menyediakan area untuk live karaoke loh, jadi jika kamu punya hobi menyanyi silahkan salurkan dan bernyanyilah untuk semua orang.

3. Hunting Spot Foto

Jembatan Cinta Spot Foto Favorite Pengunjung
Jembatan Cinta Spot Foto Favorite Pengunjung. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Pengelola Pantai Wates Rembang telah menyediakan banyak sekali spot foto di sekitar pantai untuk kamu yang gemar fotografi. Spot foto yang ada di Pantai Wates pasti membuatmu selalu ingin terus mengambil beberapa gambar atau video.

Spot foto yang ada di Pantai Wates Rembang diantaranya:

  • Ayunan
  • Rumah Panggung
  • Jembatan Cinta
  • Teduhnya Pohon Cemara
  • Indahnya Pantai Wates

4. Menjelajah Ke Pulau Gede

Setelah puas menikmati keindahan Pantai Wates, kamu dapat melanjutkan perjalanan dengan mengunjungi Pulau Gede. Lokasinya sekitar 4,3 km dari Pantai Wates dan untuk menuju kesana kamu harus menyewa perahu yang sudah siap sedia di pinggir pantai.

Harga untuk menyewa perahu tersebut sekitar Rp. 300.000 hingga Rp. 400.000 per perahu, harga tersebut termasuk perjalanan pulang pergi ya.

Pulau Gede memiliki suasana yang sangat asri, udara yang kamu hirup pun sangat segar sekali. Ragam wisata yang dapat kamu lakukan ketika berada di sini diantaraya Snorkeling atau Diving.

Dengan melihat keindahan bawah laut yang sangat mengagumkan, airnya yang sangat jerih memudahkanmu menyaksikan ikan-ikan serta yang mengitari terumbu karang. Selain itu, kamu dapat memancing dan berkemah ketika berada di Pulau Gede.

Alam Yang Sangat Indah
Alam Yang Sangat Indah. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Simak juga: Kintamani, wisata sejuk di Pulau Dewata

5. Menikmati Sunset Yang Cantik

Simak juga: Karangasem, mutiara di ujung timur pulau Bali

Satu lagi hal seru yang tak boleh kamu lewatkan ketika berada di Pantai Wates, yakni menyaksikan indahnya perubahan warna alam. Dari siang terang benderang menuju malam yang gelap gulita, tangan Tuhan memang sungguh luar biasa.

Menyaksikan Indahnya Sunset Di Pantai Wates
Menyaksikan Indahnya Sunset Di Pantai Wates. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Tips Wisata

Berikut beberapa tips wisata untuk kamu yang hendak mengunjungi Pantai Wates Rembang, yakni:

  • Karena kamu akan menghabiskan waktu di tempat terbuka, sebaiknya perhatikan kondisi cuaca ketika hendak berangkat supaya lebih nyaman mengeksplore keindahan yang tersaji di Pantai Wates.
  • Jaga dan awasi selalu anak-anak ketika bermain air.
  • Jaga selalu kebersihan dan keasrian area Pantai Wates serta Hutan Cemara.
  • Hindari perbuatan yang dapat merugikan diri sendiri dan orang lain.
  • Siapkan gadget kamu untuk mengabadikan keindahan Pantai Wates Rembang.

Simak juga: 9 wisata malam ramah keluarga di Malang

Penutup

Pantai selalu mempunyai cara tersendiri untuk menghilangkan rasa gundah dan penat dalam diri, deburan ombaknya mampu menghempaskan semua rasa yang tak mengenakkan.

Kunjungilah Pantai Wates Rembang, nikmati dan rasakan sendiri keindahannya!


Leave a Comment